Penerapan kupon bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Terlebih di era digital seperti saat ini dimana penjualan melalui online lebih unggul dibandingkan penjualan dari toko fisik. Tidak hanya itu, penggunaan kupon ini juga bisa membangun basis pelanggan yang solid.
Kini banyak perusahaan yang secara teratur dan berkala menambahkan kupon dan diskon ke dalam strategi penjualan. Jika Anda belum melakukannya, maka ini saatnya untuk Anda memulai. Tenang saja, pada kesempatan kali ini Benefit One Indonesia akan menjelaskan strategi penerapan kupon yang bisa Anda gunakan serta perbedaannya dengan kupon fisik. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini, ya!
BACA JUGA: Membangun Program Loyalitas Pelanggan yang Optimal & Efektif
Apa itu Kupon Digital?
Di era digital seperti sekarang, semuanya serba digital. Mulai dari penjualan, layanan, hingga pemberian promosi dan potongan harga. Termasuk salah satunya adalah kupon digital. Lalu apa itu kupon digital?
Kupon digital adalah sebuah kode diskon untuk produk dan/atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memberikan diskon memuaskan kepada pelanggan mereka. Cara kerjanya pun sama seperti kupon fisik pada umumnya. Perbedaannya adalah adanya kode QR atau barcode yang bisa dipindai untuk mengaktifkan kupon tersebut.
Pengertian lain dari kupon digital adalah diskon, penawaran, dan promosi yang ditawarkan oleh toko online kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Tujuannya adalah untuk menarik atensi mereka agar mau melakukan pembelian di toko tersebut.
Salah satu kelebihan dari penerapan kupon digital ini adalah tidak mudah hilang. Sebab tersimpan dalam bentuk elektronik di dalam email atau aplikasi pihak ketiga. Cara kerjanya pun sangat mudah. Anda cukup memberikan kode unik di dalam kupon yang nantinya bisa ditukarkan untuk potongan harga atau hadiah gratis ketika pelanggan melakukan transaksi pembelian.
Jika Anda belum mulai melakukan penerapan kupon digital, maka Anda kehilangan beberapa manfaat yang bisa didapatkan. Seperti:
- Meningkatkan penjualan dengan memberikan penawaran menarik
- Mendatangkan lebih banyak pelanggan
- Mengarahkan traffic ke situs website
- Meningkatkan brand awareness melalui media sosial
- Membersihkan stok produk yang sudah terlalu lama
- Membangun image positif terkait bisnis
Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?
Perbedaan Penerapan Kupon Digital dan Kupon Fisik
Pertanyaan terbesarnya adalah apakah penerapan kupon masih berlaku dan penting? Jawabannya adalah iya. Sebab, hampir seluruh pelanggan yang ada di dunia selalu mencari kupon untuk mendapatkan penawaran terbaik atas pembelian yang mereka lakukan. Dalam hal ini, Anda harus memanfaatkan data statistik yang ada untuk merencanakan strategi pemasaran agar bisa menghasilkan pendapatan yang besar.
Lalu apa bedanya kupon digital dan kupon fisik? Kendati memiliki tujuan yang sama, ada beberapa perbedaan mendasar dari kedua jenis kupon tersebut. Seperti:
Penerapan kupon fisik membutuhkan banyak biaya. Anda harus memikirkan biaya percetakannya, penyisipan ke dalam produknya, hingga membagikannya kepada pelanggan. Selain itu, keberadaan kupon fisik cenderung menyebabkan tertundanya keputusan pembelian, sehingga bisa menurunkan angka penjualan. Belum lagi sasaran pelanggan yang tidak sesuai target.
Sementara itu penerapan kupon digital tidak memakan biaya, waktu, dan tenaga. Saking mudahnya, Anda bisa mengirimkan kupon digital tersebut melalui email, teks, atau saluran lainnya. Akan tetapi kelemahannya adalah bisa diabaikan oleh pelanggan. Hal ini bisa terjadi karena adanya banyak email di dalam kotak masuk mereka. Sehingga email penawaran menarik dari bisnis Anda tidak terlihat.
Strategi Penerapan Kupon Digital di Bisnis Anda
Sebelum Anda memutuskan untuk memberikan kupon, mungkin Anda perlu memahami kapan waktu terbaik untuk memberikannya, berapa banyak kupon yang harus dibagikan, berapa besar potongan harga yang diberikan, hingga apa yang mendasari Anda ingin membagikan kupon tersebut kepada pelanggan.
Semua jawaban itu bisa Anda dapatkan dari data statistik penjualan bisnis. Namun perlu diketahui bahwa, penerapan kupon bisa menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan konversi dan juga mendorong loyalitas pelanggan agar melakukan pembelian berulang. Kendati demikian, Anda harus menggunakannya dengan bijaksana dan tepat waktu. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan kerugian yang besar untuk bisnis Anda.
Di bawah ini adalah beberapa strategi penerapan kupon yang bisa Anda lakukan. Meliputi:
Penerapan Kupon Mingguan atau Bulanan
Umumnya, penerapan kupon mingguan atau bulanan digunakan ketika Anda ingin menjual produk dan/atau layanan dari stok musiman. Tujuannya adalah untuk menghabiskan sisa inventori dan juga menutupi kekosongan penjualan. Sehingga nantinya Anda bisa dengan mudah menyisipkan promosi produk baru kepada pelanggan.
Deals Musiman
Pada momen tertentu, Anda bisa mengeluarkan kupon musiman. Misalnya waktu liburan sekolah, perayaan hari besar, waktunya kembali ke sekolah, tahun baru, tanggal kembar, dan masih banyak lagi. Penerapan kupon ini sangat efektif untuk mendorong pembelian dalam jumlah banyak di satu waktu tertentu.
Kupon Peluncuran Produk Baru
Cara terbaik mempromosikan produk baru adalah dengan memberikan potongan harga atau penawaran menarik lainnya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic dan juga menarik atensi pelanggan pada produk dan/atau layanan baru tersebut. Penerapan kupon ini juga bagus untuk membangun brand awareness bisnis Anda.
Penerapan Kupon Di Newsletter
Anda juga bisa menyisipkan kupon digital pada email atau newsletter yang dikirimkan ke pelanggan. Disaat yang bersamaan, penerapan kupon ini juga bisa memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan, meningkatkan kesetiaan pelanggan, dan memasarkan berbagai produk dan/atau layanan baru di masa mendatang.
Kupon Peringatan Produk yang Tertinggal
Faktanya, sebanyak 70% pelanggan sering meninggalkan produk tertentu di keranjang mereka. Manfaatkan hal ini untuk memberikan kupon dan penawaran menarik lainnya yang bisa mendorong mereka untuk mengosongkan keranjangnya.
Kode Promo Referral
Pada prakteknya, orang akan lebih cenderung membeli produk dan/atau layanan ketika mereka mendapatkan referensi dari orang yang dipercayainya. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan memberikan penawaran kepada orang yang mereferensikan, orang yang direferensikan, atau keduanya.
Penerapan Kupon Diskon Pembelian Minimum
Strategi penerapan kupon diskon pembelian minimum bisa mendorong pelanggan untuk membelanjakan lebih banyak lagi produk. Anda bisa memberikan penawaran untuk koleksi tertentu, buy two get one, dan masih banyak lagi.
Penerapan Kupon Digital untuk Pelanggan Baru
Tahukah Anda bahwa, beberapa calon pelanggan merasa ragu melakukan pembelian di toko Anda? Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan kupon khusus untuk pelanggan baru. Hal ini juga bisa mendorong mereka untuk membeli dan menjadi pelanggan tetap di bisnis Anda.
Penawaran Sosial Menarik
Jangan lupa untuk memanfaatkan keberadaan media sosial. Anda bisa memberikan penawaran sosial menarik untuk membangun loyalitas dan komunitas pelanggan. Strategi penerapan kupon ini juga bisa mendorong mereka untuk mengikuti akun media sosial bisnis Anda. Sehingga pemasaran produk dan/atau layanan lainnya bisa dengan mudah.
Penerapan Kupon Melalui Influencer
Influencer masih memiliki peranan penting untuk memasarkan produk dan/atau layanan Anda. Bekerjasama dengan influencer bisa meningkatkan penjualan dan exposure brand. Anda bisa memberikan kode khusus yang melibatkan nama influencer tersebut. Tujuannya adalah mendorong para pengikutnya untuk melakukan pembelian produk dan/atau layanan yang dipromosikan.
Diskon Pencapaian Pelanggan
Memberikan diskon pencapaian pelanggan merupakan salah satu strategi penerapan kupon yang dipersonalisasi. Sebab, cara ini bersifat pribadi dan Anda bisa menunjukkan bahwa mereka sangat penting. Misalnya dengan memberikan kupon di hari ulang tahun, perayaan hari jadi ketika mereka pertama kali bergabung dengan bisnis Anda, dan lainnya. Membangun hubungan secara personal bisa meningkatkan loyalitas pelanggan.
Program Loyalitas Pelanggan Juga Memerlukan Penerapan Kupon
Satu lagi strategi penerapan kupon yang bisa Anda lakukan adalah menyisipkannya di program loyalitas pelanggan. Pada dasarnya, kupon ini lebih untuk memberikan balasan atas jumlah uang yang mereka belanjakan di bisnis Anda. Kelebihan dari cara ini adalah bisa dipersonalisasi sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pelanggan.
BACA JUGA: Strategi Reward Redemption Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Banyak Pilihan Penerapan Kupon Digital di Benefit One Indonesia
Agar mempermudah bisnis, Anda bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga untuk melakukan penerapan kupon pada strategi pemasaran yang ada. Selain banyak pilihan jenis hadiah yang tersedia, Anda juga tidak perlu khawatir terkait laporan statistik dan lainnya. Anda hanya perlu mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia.
Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk mengenali dan terlibat dengan pelanggan internal dan eksternal. Didukung dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak mengenai pelanggan.
Sehingga nantinya Anda bisa memberikan penghargaan atau hadiah yang paling sesuai kepada mereka. Dengan kata lain, Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk terlibat, mengenali, memberikan penghargaan, dan meningkatkan brand Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!