Loyalty marketing adalah salah satu pendekatan strategis yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan dari pelanggan yang sudah ada. Disaat yang bersamaan, strategi ini juga bisa mempertahankan pelanggan dan advokasi merek. Akan tetapi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus memiliki strategi yang efektif.
Sebab, keberhasilan dari loyalty marketing ini bergantung pada keselarasan antara tiap aspek pemasaran yang Anda lakukan. Di bawah ini, ada penjelasan lengkap terkait apa itu loyalty marketing, manfaatnya untuk perusahaan Anda, dan beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Simak sampai selesai, ya!
BACA JUGA: Apa itu Brand loyalty dan Bagaimana Cara Membangunnya di Bisnis Anda?
Apa itu Loyalty Marketing?
Apa yang dimaksud dengan loyalty marketing? Pemasaran loyalitas atau loyalty marketing adalah sebuah strategi yang digunakan oleh pebisnis untuk mendapatkan dan sekaligus mempertahankan pelanggan setia mereka dengan menggunakan pemberian insentif. Bisa berupa hadiah, reward, atau diskon produk.
Pengertian lainnya dari loyalty marketing adalah strategi yang digunakan sebuah bisnis untuk menarik pelanggan, membangun kepercayaan mereka, dan juga mempertahankan mereka dengan menawarkan berbagai insentif menarik. Insentif yang diberikan umumnya berupa produk gratis, diskon produk, tunjangan, atau berupa poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah tertentu.
Pada prakteknya, bisnis tidak hanya sekedar menarik pelanggan baru saja. Tetapi juga bagaimana Anda mempertahankan pelanggan yang ada dan membujuk mereka untuk tetap melakukan pembelian berulang. Terutama di era persaingan industri yang ketat seperti saat ini. Banyak produk dengan harga bersaing yang semuanya berlomba-lomba untuk menarik hati audiens.
Di sinilah loyalty marketing berperan besar dalam bisnis Anda. Caranya adalah membangun hubungan dengan pelanggan, menciptakan kepercayaan di benak mereka, hingga akhirnya Anda bisa mendapatkan loyalitas mereka. Namun kembali lagi ke awal, untuk bisa mendapatkan semua itu, ada usaha, waktu, dan juga beberapa strategi efektif yang perlu dilakukan.
Manfaat Loyalty Marketing untuk Perusahaan Anda
Ada beberapa manfaat loyalty marketing yang bisa dirasakan oleh perusahaan Anda. Yaitu:
Loyalty Marketing Bisa Meningkatkan Nilai Brand
Manfaat loyalty marketing pertama adalah bisa meningkatkan nilai brand Anda. Peningkatkan nilai ini bisa didapatkan dari pemberian produk gratis yang diberikan untuk pelanggan. Logikanya, semakin banyak produk gratis yang diberikan, maka semakin besar nilai yang mereka lihat untuk setia pada brand Anda. Nilai tambah ini juga bisa membantu pelanggan untuk lebih memilih produk dan/atau layanan dari merek Anda dibandingkan pesaing.
Membedakan Aktivitas Bisnis Anda dengan Pesaing
Tahukah Anda bahwa, melalui loyalty marketing, Anda bisa memotivasi pelanggan untuk terlibat dengan bisnis saat sebelum dan sesudah melakukan transaksi? Hal ini bisa dilakukan dengan menawarkan insentif untuk menjaga perhatian pelanggan. Pemberian insentif ini juga bisa membedakan produk dan pengalaman yang Anda berikan kepada pelanggan. Ketika mereka menganggap bahwa hadiah atau insentif yang diberikan sepadan, maka mereka akan lebih ingin terlibat jauh dengan bisnis Anda.
Memungkinkan Bisnis Anda Melakukan Banyak Pemasaran
Melalui program loyalitas, Anda bisa mengiklankan banyak produk dan/atau layanan secara tidak langsung dan gratis. Cara ini sangat membantu untuk memasarkan produk dan/atau layanan baru dari perusahaan Anda. Bahkan sebagai awal, Anda bisa memberikan sampel gratis kepada mereka untuk mengetahui reaksi, ulasan, dan pikiran pelanggan terkait produk dan/atau layanan baru tersebut. Pelanggan yang merasa tertarik, kemungkinan besar akan melakukan pembelian di kemudian hari.
Tujuan Loyalty Marketing
Setiap strategi membutuhkan tujuan yang harus dicapai agar bisa terlihat keberhasilannya. Adapun tujuan loyalty marketing yang umum adalah:
Meningkatkan Keuntungan Bisnis Sebagai Tujuan Loyalty Marketing
Dengan mempertahankan pelanggan untuk jangka waktu yang lama, Anda bisa menggunakan loyalty marketing untuk menghasilkan keuntungan yang lebih banyak lagi dari setiap pelanggan yang ada. Terlebih ketika Anda juga menggunakan program loyalitas. Anda bisa memanfaatkan program ini untuk memasarkan produk dan/atau layanan melalui kampanye iklan.
Menambahkan Tingkat Konversi
Faktanya, seorang pelanggan yang mempelajari produk dan/atau layanan dari loyalty marketing memiliki peluang lebih besar untuk melakukan pembelian. Bahkan ketika ada pelanggan baru yang potensial, mereka akan menunjukkan tanda-tanda sedang mempertimbangkan pembelian. Tujuan ini bisa membuat tingkat konversi bisnis Anda bertambah.
Jumlah Pelanggan Tetap Bertambah
Tujuan loyalty marketing lainnya adalah menambahkan jumlah pelanggan tetap. Mengapa? Sebab pelanggan tetap akan melakukan pembelian berulang dan membelanjakan uangnya lebih banyak daripada pelanggan baru. Selain itu, mereka juga bisa beradaptasi dengan pembaruan merek hingga merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
Mengumpulkan Data Pelanggan Penting
Dari loyalty marketing, Anda bisa mengumpulkan banyak data pelanggan yang penting. Data ini bisa diambil dari demografi, jenis iklan yang paling sering diklik pelanggan, hingga riwayat pembelian yang mereka lakukan. Tujuannya adalah untuk bisa menentukan produk yang diminati pelanggan, memahami pelanggan, dan menyesuaikan produk dan/atau layanan yang diberikan.
Memprediksi Keberhasilan Suatu Produk
Satu lagi tujuan loyalty marketing adalah bisa memprediksi keberhasilan suatu produk. Data pelanggan yang sudah dikumpulkan sebelumnya, memungkinkan Anda untuk memprediksi pertumbuhan produk dan keberhasilannya. Sehingga bisa membantu tim pemasaran untuk membuat bahan iklan yang sesuai dan juga membantu perusahaan untuk mengembangkan produk dan/atau layanan guna meningkatkan yang sudah ada.
Strategi Loyalty Marketing yang Bisa Anda Lakukan
Fokus utama dari loyalty marketing adalah membawa kembali dan mempertahankan pelanggan yang ada dan pelanggan lama dengan memberikan inisiatif dan insentif yang lebih baik dari sebelumnya. Tapi, apakah Anda menyadari bahwa kesetiaan pelanggan itu adalah sebuah hal yang rumit?
Terbilang rumit karena pelanggan tidak terikat apapun untuk bisa tetap bertahan dengan bisnis Anda. Salah satu fakta pahit yang harus diyakini adalah pelanggan setia bisa berpindah ke lain hati hanya karena beberapa alasan. Seperti kemudahan ketika diakses, pelayanan yang cepat dan tanggap, harga produk yang bersaing, dan masih banyak lagi. Terkesan sepele, tapi beberapa hal itu bisa menjadi penyebab Anda kehilangan banyak pelanggan setia.
Oleh karena itu, Anda harus memiliki strategi loyalty marketing untuk bisa tetap mempertahankan mereka dan juga membuat pelanggan merasa bahagia serta puas melakukan hubungan bisnis. Di antaranya:
Mintalah Umpan Balik dari Pelanggan
Meskipun pelanggan yang datang dan pergi merupakan hal yang wajar dalam praktek bisnis, Anda harus bisa meminimalkan tingkat penurunan tersebut. Jangan biarkan ada banyak pelanggan yang pergi meninggalkan bisnis Anda. Strategi loyalty marketing yang bisa Anda lakukan adalah meminta umpan balik dari pelanggan.
Strategi loyalty marketing ini bisa membantu Anda memahami mengapa ada pelanggan yang memutuskan untuk pergi dan mengapa mereka bertahan. Sediakan beberapa platform untuk mengumpulkan umpan balik ini. Media sosial, email, survey, aplikasi ponsel, dan lainnya.
Perlakukan Pelanggan Setia dengan Istimewa
Dari setiap umpan balik yang Anda dapatkan, Anda bisa mengetahui siapa pelanggan baru dan siapa pelanggan setia. Setelah mengetahuinya, Anda harus bisa membuat pelanggan setia merasa istimewa dengan perlakuan-perlakuan spesial. Misalnya dengan membuat konten UGC (User Generated Content) untuk mengajak pelanggan terlibat dan berinteraksi dengan bisnis Anda. Strategi loyalty marketing ini merupakan kesempatan besar untuk mempromosikan pelanggan setia Anda di media sosial atau situs website.
Memberikan Insentif untuk Pembelian Berulang Sebagai Strategi Loyalty Marketing
Dikarenakan loyalitas bersifat dinamis dan bisa berubah-ubah, Anda harus terus memberikan alasan kepada pelanggan untuk kembali. Inilah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi loyalty marketing yang efektif. Salah satunya adalah dengan memberikan insentif yang sesuai dan sepadan. Tanpa disadari, hal ini merupakan cara efektif untuk mendorong pelanggan agar bisa mendukung bisnis Anda dalam jangka waktu lama.
Contohnya seperti memberikan poin setiap kali pelanggan melakukan check-in di aplikasi, memberikan poin banyak setiap ada pelanggan yang berulang tahun, memberikan jumlah poin insentif untuk setiap pembelian tertentu, dan masih banyak lagi. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis dan pelanggan.
Gunakan Referral Programs untuk Merekomendasikan Produk
Apakah bisnis Anda memiliki referral programs? Jika belum, mungkin Anda ingin mempertimbangkan strategi loyalty marketing yang satu ini. Program ini juga bisa menjadi jembatan antara mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru. Strategi ini juga bisa dilakukan dengan promosi mulut ke mulut. Dimana pelanggan yang menyukai sebuah produk dan/atau layanan dari sebuah bisnis, mereka akan merekomendasikannya kepada banyak orang. Nantinya, dari setiap orang yang berhasil diajak, pelanggan tersebut berhak untuk mendapatkan insentif.
BACA JUGA: Buzz Marketing: Cara Membuat Orang-orang Membicarakan Brand Anda
Menciptakan Strategi Loyalty Marketing yang Sukses Bersama Benefit One Indonesia
Kesimpulannya, loyalty marketing adalah lebih dari sekedar keterlibatan antara pelanggan dengan bisnis Anda atau pemberian hadiah, insentif, dan lain sebagainya. Pemasaran loyalitas ini adalah bagaimana Anda mengakui dan menghargai atas apa yang sudah diberikan pelanggan kepada bisnis.
Jika Anda berencana ingin memulai membuat program loyalitas pelanggan sebagai salah satu strategi loyalty marketing, Anda berada di halaman yang tepat. Anda bisa mempercayakan Benefit One Indonesia untuk membantu memberikan solusi tersebut.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!