Pain points home appliances merupakan sebuah tolak ukur yang harus selalu diperhatikan para pelaku bisnis di industri ini. Tujuannya tentu saja untuk bisa terus maju, berkembang, dan juga memenuhi kebutuhan pelanggannya. Dengan memahami masalah yang dialami pelanggan terkait produk dan/atau layanan yang diberikan, Anda bisa memberikan solusi tepat dengan produk dan/atau layanan sama atau berbeda.
Kendati demikian, tidak dapat dipungkiri bahwa industri home appliances memegang peranan penting dalam pertumbuhan dan hidup setiap rumah yang ada. Industri ini secara berkelanjutan berkontribusi memberikan produk dan/atau layanan terbaik di bidangnya masing-masing. Akan tetapi, jika Anda tidak bisa memahami pain points home appliances, bagaimana Anda bisa memberikan solusinya?
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan mengajak Anda untuk memahami beberapa pain points home appliances yang sering ditemui dan apa solusi yang bisa diberikan. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini.
BACA JUGA: 4 Jenis Program Insentif Karyawan Bank, Tantangan, & Strateginya
Kehadiran Industri Home Appliances
Faktanya, industri home appliances sudah menjadi salah satu bagian dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari perabotan rumah tangga, peralatan elektronik, dan perlengkapan lainnya yang dibutuhkan sehari-hari. Produsen pun selalu melakukan perkembangan dan inovasi untuk bisa memberikan produk terbaik kepada para pelanggan setianya.
Namun dalam penggunaan produknya, cepat atau lambat akan ada masalah yang muncul. Bisa seperti mesin yang tidak mau bekerja, keterbatasan suku cadang, hingga mesin yang sudah rusak total dan harus dibuang. Semua itu termasuk dalam pain points home appliances yang harus Anda perhatikan.
Dengan memberikan solusi dari beberapa pain points home appliances tersebut, Anda bisa mempertahankan pelanggan dan juga memuaskan pengalaman mereka dengan bisnis. Dengan begitu, ketika produk yang mereka gunakan mengalami kerusakan, mereka akan mencari solusi dengan menghubungi layanan pelanggan Anda, bukan dengan membeli produk lain dari kompetitor.
5 Pain Points Home Appliances yang Perlu Diperhatikan
Produk dari home appliances adalah produk yang bisa digunakan untuk jangka waktu panjang. Namun tidak menutup kemungkinan jika di tengah jalan ada masalah atau kerusakan pada produk tersebut. Sebagai produsen, tentu Anda harus menyiapkan dan memberikan solusi dengan cepat serta tanggap.
Sebelumnya, mari kita pelajari dulu apa saja pain points home appliances yang perlu Anda perhatikan. Seperti:
Perubahan dan Perkembangan Teknologi
Teknologi selalu mengalami perkembangan setiap saat. Hal ini jugalah yang menjadi alasan utama mengapa produsen home appliances selalu melakukan inovasi dengan teknologi terkini pada setiap produknya. Sayangnya, tidak semua pelanggan bisa menikmati perubahan dan perkembangan teknologi ini.
Umumnya, pain points home appliances ini berlaku pada pelanggan yang sudah berusia tua. Mereka terbiasa menggunakan produk rilisan pertama yang lebih sederhana dan mudah untuk diaplikasikan. Lalu ketika produk tersebut sudah tidak mampu bekerja, dan harus digantikan produk baru yang lebih canggih, mereka cenderung tidak bisa menggunakan. Biasanya hal ini terjadi karena mereka kesulitan untuk beradaptasi dengan teknologi baru.
Produk Ditampilkan Secara Nyata
Siapa yang menyangka jika kehadiran ecommerce bisa menyebabkan salah satu pain points home appliances. Kelebihan dari toko online adalah pelanggan bisa berbelanja tanpa harus datang ke toko. Akan tetapi, hingga saat ini masih banyak pelanggan yang merasa kecewa dengan produk fisik yang tidak sesuai dengan apa yang ada di deskripsi atau foto.
Pembelajaran Pelanggan Terkait Pain Points Home Appliances
Salah satu pain points home appliances adalah pembelajaran untuk pelanggan. Ketika produk yang mereka gunakan mengalami masalah, mereka akan mencari sebuah video atau instruksi terkait perbaikan produk tersebut sebelum menghubungi teknisi terkait. Mereka membutuhkan instruksi, bimbingan, dan juga arahan terkait masalah yang mereka alami.
Perubahan Perjalanan Pelanggan
Tidak hanya produk saja yang mengalami perkembangan dan teknologi setiap saatnya. Perjalanan pelanggan juga mengalami perubahan. Pain points home appliances ini berkaitan dengan pengalaman pelanggan dalam setiap touchpoint yang dihubunginya. Jangan sampai pelanggan merasa bisnis Anda tidak memberikan apa yang mereka butuhkan, jika Anda tidak ingin kehilangan mereka.
Pain Points Home Appliances Terkait Sustainability
Satu lagi pain points home appliances yang perlu Anda perhatikan adalah sustainability atau produksi berkelanjutan. Saat ini semakin banyak pelanggan yang memperhatikan produksi berkelanjutan agar bisa menjaga bumi. Dalam kasus ini, pelanggan akan mencari produsen yang sejalan dengan prinsip dan nilai mereka. Bahkan mereka tidak segan-segan akan beralih ke kompetitor jika produk anda belum memenuhi standar yang mereka inginkan.
5 Solusi yang Bisa Diberikan Terkait Pain Points Home Appliances
Kelima pain points home appliances di atas adalah beberapa dari masalah umum yang ditemukan di pelanggan. Agar bisa terus mempertahankan pelanggan dan menjaga hubungan baik dengan mereka, bisnis Anda harus bisa memberikan solusi dengan cepat dan tanggap.
Berikut beberapa solusi yang bisa Anda berikan terkait pain points home appliances, yaitu:
Memberikan Bimbingan Untuk Pelanggan Usia Tua
Memang tidak dapat dipungkiri, pelanggan yang sudah lanjut usia cenderung susah beradaptasi dengan teknologi canggih. Solusi yang bisa Anda berikan terkait pain points home appliances ini adalah dengan memberikan bimbingan. Anda bisa mengirim karyawan ke rumah mereka untuk menjelaskan cara pakai produk terbaru dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan inovasi produk baru yang dikhususkan untuk pelanggan yang sudah berusia tua. Pastikan produk tersebut memiliki teknologi canggih yang dibutuhkan dan juga mudah untuk diaplikasikan.
Menampilkan Produk Secara Nyata
Perkembangan teknologi saat ini sudah bisa membantu mengatasi masalah pain points home appliances. Jika pelanggan menginginkan tampilan produk secara nyata tanpa harus datang ke toko, Anda bisa menggunakan teknologi AR atau Augmented Reality. Teknologi ini memungkinkan menampilkan proyeksi objek dua atau tiga dimensi ke dalam dunia nyata. Jadi pelanggan bisa memperkirakan bagaimana rupa produk yang mereka inginkan.
Menyediakan Video Pembelajaran Terkait Pain Points Home Appliances
Anda bisa menyediakan video atau artikel pembelajaran untuk pelanggan terkait pain points home appliances yang mereka alami. Solusi ini disebut juga dengan self service solution. Dimana pelanggan mencari secara mandiri terkait masalah yang dialaminya. Berikan video atau artikel pembelajaran di saluran yang sering mereka gunakan. Misalnya seperti di situs website, media sosial, YouTube, dan lainnya.
Berikan Kesan yang Positif dan Menyenangkan untuk Menjawab Masalah Pelanggan
Pastikan pelanggan mendapatkan kesan positif dan menyenangkan untuk setiap saluran titik kontak yang mereka gunakan. Kesan positif ini berfungsi untuk menjaga interaksi dan hubungan baik dengan pelanggan. Dengan memberikan kesan yang positif dan menyenangkan, pelanggan juga merasa bahwa Anda menghargai dan menghormati mereka. Sehingga mereka akan kembali lagi di kemudian hari.
Inovasi Produk Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan
Solusi yang bisa Anda berikan terkait pain points home appliances selanjutnya adalah melakukan inovasi untuk produk ramah lingkungan dan berkelanjutan. Untuk bisa mewujudkannya, Anda harus melakukan riset dan percobaan terlebih dulu. Meskipun tidak bisa diwujudkan dalam waktu cepat, inovasi ini bisa membuat perbedaan yang besar di pasar dan juga keuntungan bisnis Anda. Cara ini juga bisa membuat Anda mempertahankan pelanggan dan mendatangkan yang baru.
BACA JUGA: Customer Appreciation Adalah: Pengertian, Strategi, & 10 Idenya
Mempertahankan Pelanggan dengan Program Loyalitas & Memberikan Solusi Pain Points Home Appliances
Sebuah perusahaan yang bisa mengatasi masalah umum pain points home appliances ini akan mendapatkan kekuatan tersendiri di dalam pasar industri. Brand Anda akan dikenal oleh masyarakat luas dan kompetitor pun ikut melakukan hal yang sama. Dalam memberikan solusi, Anda juga harus memperhatikan ekspektasi pelanggan dan tantangan baru di masa mendatang.
Salah satu cara untuk bisa mempertahankan pelanggan sambil memberikan solusi atas pain points home appliances, Anda bisa menggunakan program loyalitas pelanggan. Program ini bertujuan untuk membuat pelanggan melakukan pembelian berulang, melakukan interaksi dan keterlibatan, hingga membentuk komunitas tertentu.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!