Pada dasarnya, program loyalitas bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia. Namun, ada beberapa pro kontra program loyalitas yang harus Anda tahu. Banyak pelaku bisnis yang menerapkan strategi ini untuk mempertahankan pelanggan, mengubah pembeli baru menjadi pelanggan setia, meningkatkan pendapatan, dan masih banyak lagi.
Anda perlu memperhatikan pro kontra program loyalitas agar bisa membuat keputusan bisnis yang tepat. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!
BACA JUGA: 12 Mitos Program Loyalitas Pelanggan dan Faktanya
Mengapa Program Loyalitas itu Penting?
Pengertian sederhana dari program loyalitas adalah untuk mengubah pelanggan menjadi setia pada merek dengan memberikan insentif agar mereka mau melakukan pembelian berulang sebanyak mungkin. Tujuannya adalah untuk memberikan apresiasi atau penghargaan kepada pelanggan yang sudah terlibat dalam bisnis.
Logikanya, semakin banyak produk yang dibeli oleh pelanggan, maka semakin banyak hadiah yang bisa ditukarkan. Sebenarnya, program loyalitas ini muncul ketika banyak pelaku bisnis mulai merasa adanya keunggulan kompetitif yang tidak bisa dilihat dari diferensiasi produk saja. Hal tersebut tidaklah cukup untuk mempertahankan pelanggan.
Meskipun memiliki tujuan yang bisa menguntungkan bisnis, ada pro kontra program loyalitas yang perlu Anda perhatikan. Mengapa? Sebab hal tersebut bisa membantu Anda untuk membuat keputusan bisnis yang tepat.
Pro Kontra Program Loyalitas Pelanggan untuk Bisnis Anda
Persaingan industri semakin ketat. Jika Anda tidak bisa memikirkan strategi terbaik, maka bisnis Anda bisa saja kalah. Kendati demikian, ada baiknya untuk memahami pro kontra program loyalitas untuk bisnis Anda. Seperti penjelasan di bawah ini. Yaitu:
Pro Program Loyalitas
Seperti yang disebutkan sebelumnya, program loyalitas memiliki banyak tujuan yang bisa menguntungkan bisnis Anda. Namun bukan berarti Anda bisa memainkannya tanpa strategi yang matang. Berikut beberapa pro program loyalitas yang perlu Anda ketahui, meliputi:
Customer Retention Meningkat
Pro program loyalitas pertama adalah meningkatnya customer retention. Anda bisa mempertahankan pelanggan dengan memberikan penghargaan atau apresiasi atas interaksi bisnis yang dilakukan. Misalnya melakukan pembelian berulang, menyelesaikan misi yang diberikan, merekomendasikan merek Anda kepada orang lain, dan sebagainya. Ketika mereka merasa diapresiasi, maka mereka akan dengan senang hati terlibat lebih jauh dalam bisnis.
Bisa Menarik Pelanggan Baru
Tahukah Anda bahwa, sebuah program loyalitas yang dirancang dengan baik bisa menarik pelanggan baru? Dengan cara menerapkan pemberian poin insentif, diskon, hingga promosi menarik lainnya. Cara untuk memaksimalkan pro program loyalitas ini adalah dengan mengajak mereka untuk bergabung dengan milis bisnis. Hal yang perlu Anda lakukan adalah mengirimkan berbagai penawaran menarik untuk mengajak mereka bergabung.
Menjalin Komunikasi yang Lebih Baik dengan Pelanggan
Salah satu pro program loyalitas adalah Anda bisa menjalin komunikasi yang lebih baik dengan pelanggan. Program ini merupakan salah satu cara terbaik untuk berkomunikasi dengan mereka. Tentunya hal ini juga memudahkan Anda untuk membangun brand awareness dan meningkatkan loyalitas. Anda bisa memberikan wawasan dan informasi mengenai brand, penawaran dan promosi produk, hingga hadiah yang bisa ditukarkan secara teratur.
Data dan Wawasan Pelanggan yang Berharga
Ketika ada pelanggan yang bergabung dengan program loyalitas, maka Anda akan mendapatkan informasi mengenai data dan wawasan mereka. Hal ini merupakan bentuk aset yang sangat berharga. Dari data dan wawasan ini, Anda bisa menentukan personalisasi yang akan diberikan, menentukan perilaku, mengetahui tren, hingga preferensi pelanggan. Jika dilakukan dengan baik, maka pro program loyalitas ini bisa membantu Anda untuk membagi mereka ke dalam beberapa kelompok. Sehingga Anda bisa mengetahui mana pelanggan yang memberikan keuntungan dan mana yang tidak.
Meningkatkan Penjualan
Terakhir, pro program loyalitas adalah bisa meningkatkan penjualan. Dari data dan wawasan yang sudah dikumpulkan tadi, Anda bisa melakukan penjualan silang di berbagai saluran dan meningkatkan penjualan. Bahkan Anda bisa memberikan nilai tambah untuk menarik perhatian mereka. Misalnya seperti menawarkan garansi produk, gratis pengiriman produk, menawarkan produk lain yang masih berhubungan, dan lainnya. Keuntungan lainnya, Anda bisa menargetkan promosi kepada pelanggan tertentu untuk memberikan rasa kepuasan yang lebih baik.
Kontra Program Loyalitas
Dibalik pro program loyalitas yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa kontra yang harus Anda perhatikan juga. Apabila Anda menyepelekannya, besar kemungkinan kontra ini bisa merugikan bisnis. Oleh karena itu, mari kita pelajari apa saja yang menjadi kekurangan dari program loyalitas. Seperti:
Kesulitan untuk Membedakan Pelanggan Setia
Kontra program loyalitas yang pertama adalah Anda akan merasa kesulitan untuk membedakan pelanggan setia. Ironisnya, tidak semua pelanggan yang sering melakukan pembelian berulang bisa dikategorikan pada pelanggan setia. Bisa saja mereka melakukan hal tersebut karena tertarik dengan fasilitas atau hadiah yang ditawarkan. Akan tetapi hal ini bisa diubah menjadi keuntungan dengan strategi pemasaran advokasi. Anda bisa meminta pelanggan untuk merekomendasikan brand kepada orang lain, dan sebagai gantinya mereka akan mendapatkan imbalan yang sesuai.
Keuntungan Bisnis yang Tidak Seimbang
Selanjutnya ada keuntungan bisnis yang tidak seimbang. Mengapa demikian? Pada dasarnya, dalam menjalankan sebuah bisnis keuangan adalah komponen yang paling rentan. Jika tidak dikelola dengan baik, komponen ini bisa merugikan bisnis dan sebaliknya. Untuk mengatasi kontra program loyalitas yang satu ini Anda harus memastikan bahwa program yang ditawarkan memiliki harga wajar dan efektif. Artinya, Anda harus menyeimbangkan antara produk terjual dengan diskon yang diberikan untuk menutup kerugian.
Mengalami Kejenuhan Pasar
Faktanya, hampir semua program loyalitas setiap bisnis memiliki cara kerja dan pola yang sama. Lama kelamaan, hal ini bisa menyebabkan kejenuhan pasar yang merupakan salah satu dari kontra program loyalitas. Agar bisa menarik perhatian dan membuat pelanggan bertahan, Anda harus membuat program yang unik dan beda dari kompetitor. Coba bicarakan kepada Benefit One Indonesia yang bisa membantu Anda untuk mengatasi masalah ini.
Kendala dalam Mengumpulkan Data
Perlu diketahui bahwa, tidak semua orang merasa nyaman dalam membagikan data pribadi mereka. Kontra program loyalitas ini tentu akan menjadi masalah bagi perkembangan bisnis Anda karena hanya bisa melacak histori pembeliannya saja. Bahkan sebagian besar pelanggan merasa tidak ingin membagikan data pribadi mereka hanya untuk menukarkan hadiah saja. Cara mengatasinya adalah dengan memberikan imbalan untuk setiap data yang dibagikan.
Profitabilitas yang Tidak Konsisten
Satu lagi kontra program loyalitas yang perlu Anda perhatikan adalah profitabilitas yang tidak konsisten. Seiring berjalannya waktu, hal-hal seperti pendapatan, kebutuhan, tren, dan juga gaya hidup akan mengalami perubahan. Nantinya hal ini juga bisa mempengaruhi pola pembelian pelanggan. Besar kemungkinan mereka juga akan meninggalkan program loyalitas. Anda bisa mengakali hal ini dengan menyesuaikan preferensi pelanggan dan mengikuti perkembangan pasar yang ada.
BACA JUGA: 8 Kesalahan Umum Program Loyalitas dan Solusi untuk Mengatasinya
Bicarakan Pro Kontra Program Loyalitas dengan Benefit One Indonesia
Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa, bisnis yang menawarkan program loyalitas tidak boleh hanya bergantung pada perilaku pelanggan di masa lalu untuk memperkirakan pendapatan di masa depan. Sebab, kebutuhan, pendapatan, tren, dan juga gaya hidup akan terus mengalami perubahan yang bisa mempengaruhi pola belanja pelanggan.
Maka dari itu, ada baiknya jika Anda benar-benar memperhatikan pro kontra program loyalitas ini bersama mitra yang tepat. Benefit One Indonesia adalah salah satunya. Dengan menyediakan program loyalitas pelanggan yang berkualitas, dijamin Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan cara untuk memuaskan pelanggan!
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!