Kehadiran SaaS (Software as a Service) sangat berperan dalam mengembangkan bisnis Anda. Terutama untuk bisnis B2C. Setelah pandemi Covid-19 terjadi, semua gaya hidup berubah menjadi serba online. Di sinilah para pebisnis harus menyiapkan strategi B2C marketing dengan memanfaatkan SaaS.
Tujuannya adalah untuk tetap terhubung dengan pelanggan meskipun tidak bisa bertemu langsung. Tahukah Anda bahwa, kehadiran SaaS bisa membantu strategi B2C marketing? Bahkan, SaaS juga bisa membantu mengembangkan dan menumbuhkan bisnis Anda lebih baik lagi.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan beberapa strategi B2C marketing dengan memanfaatkan SaaS. Penjelasan selengkapnya ada di bawah ini.
BACA JUGA: 6 Cara Terbaik Meningkatkan User Engagement dengan SaaS
Kehadiran SaaS di Tengah Strategi B2C Marketing
Pertumbuhan SaaS semakin meningkat sejak pandemi Covid-19. Faktanya, di tahun 2021, pertumbuhannya bertambah hingga mencapai 37% dari tahun sebelumnya. Dan kini di tahun 2023 naik hingga 62,1%. Hal ini membuktikan bahwa, banyak perusahaan yang memanfaatkan fitur dan aplikasi SaaS untuk terus terhubung dengan pelanggannya dan disaat bersamaan untuk terus menjalankan bisnisnya.
Fakta menarik lainnya adalah bisnis bukanlah satu-satunya hal yang melakukan investasi pada aplikasi berbasis cloud ini. End consumer atau pengguna terakhir juga akan bergantung pada kehadiran SaaS. Maka dari itu, Anda harus bisa melihat potensi besarnya dan menyiapkan strategi B2C marketing terbaik.
Strategi B2C marketing dengan memanfaatkan SaaS tentu berbeda dengan pemasaran eCommerce. Anda tidak sedang meyakinkan pelanggan untuk membeli benda secara fisik. Tetapi yang Anda lakukan adalah mencoba meyakinkan mereka bahwa, layanan berbasis cloud adalah suatu hal yang tidak bisa mereka lewatkan begitu saja.
Hal yang perlu dilakukan dari strategi B2C marketing adalah meyakinkan mereka bahwa bisnis Anda memberikan solusi yang tepat untuk menjawab masalah mereka. Sehingga pelanggan akan terus menerus menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda.
Manfaat Strategi B2C Marketing dengan SaaS
Jika Anda masih ragu, bagaimana kalau kita melihat mengenai beberapa manfaat strategi B2C marketing dengan SaaS yang akan Anda dapatkan nantinya.. Seperti:
Strategi B2C Marketing Lebih Efisiensi Waktu
Manfaat yang pertama adalah efisiensi waktu. Sebab fitur dan aplikasi SaaS hanya membutuhkan internet untuk bisa terhubung. Bahkan pengguna bisa menikmati layanan dan fitur yang diberikan dalam hitungan detik sampai menit. Cara penggunaannya pun mudah. Pengguna juga tidak perlu melakukan install aplikasi atau konfigurasi lainnya. Hal ini tentu menjadi kelebihan yang harus Anda perhatikan.
Meningkatkan Skalabilitas
Salah satu manfaat strategi B2C marketing dengan SaaS adalah bisa meningkatkan skalabilitas. Artinya, Anda bisa mengembangkan dan menumbuhkan bisnis Anda sesuai yang diinginkan. Sebab dalam aplikasi SaaS, Anda bisa menambahkan banyak akun pengguna dan fitur lainnya untuk meningkatkan layanan tanpa harus mengganggu pengguna lainnya.
Meminimalisir Biaya
Coba bayangkan, Anda hanya perlu menggunakan internet dan cloud untuk bisa membuat fitur SaaS. Hal ini tentu jauh berbeda dibandingkan Anda membuat aplikasi khusus sendiri. Selain memakan banyak biaya, waktu, dan penggunaannya yang rumit bisa membuat pelanggan beralih dan merasa tidak efektif. Salah satu kelebihan SaaS adalah Anda tidak perlu melakukan perbaikan atau upgrade sistem. Karena semua itu dilakukan dari penyedia provider.
Penggunaan SaaS dalam Strategi B2C Marketing Lebih Fleksibel
Manfaat terakhir yang bisa Anda rasakan adalah fleksibilitas. Dengan memanfaatkan SaaS dalam strategi B2C marketing, pengguna bisa mengakses aplikasi tersebut kapan saja, dimana saja, dan pada perangkat apa saja. Kabar baiknya, Anda bisa fokus ke hal lain. Misalnya fokus untuk meningkatkan penjualan atau membentuk interaksi personal dengan pelanggan.
Media yang Digunakan untuk Strategi B2C Marketing dengan SaaS
Selain memanfaatkan internet atau web browser, Anda juga bisa menggunakan beberapa media untuk menerapkan strategi B2C marketing dengan SaaS. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk yang satu ini.
Berikut beberapa media yang bisa Anda gunakan, di antaranya adalah:
Email Marketing
Media pertama yang bisa Anda gunakan adalah email marketing. Sudah menjadi rahasia umum jika email memiliki peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda. Termasuk dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Bahkan email dinilai sebagai salah satu alat pemasaran yang sangat efektif untuk fitur SaaS.
Tentunya untuk bisa menarik perhatian pelanggan, Anda harus bisa membuat pesan atau konteks yang terpersonalisasi. Misalnya dengan menyebutkan nama mereka disaat mengirimkan email. Dengan begitu, mereka akan merasa dihargai sebagai pelanggan.
Media Sosial untuk Menerapkan Strategi B2C Marketing
Kemudian ada media sosial yang tidak kalah efektif dibandingkan email. Bisa dikatakan jika media sosial memiliki kelebihan yang banyak. Bisa menjangkau pelanggan potensial lebih banyak, membangun hubungan dengan pelanggan, membangun komunitas, hingga meningkatkan penjualan dari referral program.
Cara termudah untuk menerapkan strategi B2C marketing adalah dengan membuat konten yang sesuai, menarik, dan juga bisa menarik atensi banyak orang. Tidak hanya Anda akan mendapatkan banyak pelanggan baru, tapi Anda juga bisa memasarkan produk dan/atau layanan Anda dengan SaaS.
Iklan Berbayar
Satu lagi media yang bisa Anda gunakan adalah iklan berbayar. Hal ini merupakan saluran pemasaran digital yang efektif untuk perusahaan B2C. Anda bisa mendapatkan pelanggan potensial yang mungkin saja tertarik dengan produk dan/atau layanan bisnis Anda.
Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk menerapkan strategi B2C marketing dengan iklan berbayar ini. Meliputi Google Ads, Facebook Ads, LinkedIn Ads, dan beberapa iklan media sosial lainnya. Anda hanya perlu menetapkan tujuan dari iklan yang ingin dilakukan. Dan biarkan platform tersebut melakukan triknya.
Strategi B2C Marketing dengan Memanfaatkan SaaS
Sekarang saatnya kita membahas mengenai beberapa strategi B2C marketing dengan memanfaatkan SaaS yang bisa Anda gunakan. Meliputi:
Strategi B2C Marketing dengan Membentuk Komunitas
Strategi B2C marketing pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membentuk komunitas. Setelah Anda mendapatkan banyak pengguna atau pelanggan melalui fitur SaaS, maka Anda bisa membuat grup atau komunitas tersendiri untuk berhubungan dengan mereka. Hasil akhir yang akan Anda dapatkan adalah membangun loyalitas merek dan juga memungkinkan mereka untuk mereferensikan bisnis Anda ke orang lain.
Tidak hanya itu, Anda juga harus memanfaatkan komunitas ini untuk mendapatkan saran, kritik, dan umpan balik dari pelanggan. Sehingga Anda bisa meningkatkan produk dan/atau layanan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Media sosial, forum, atau aplikasi chat bisa digunakan untuk membentuk komunitas ini.
Menggunakan Produk dan/atau Layanan Populer
Sebuah produk dan/atau layanan yang populer tentu akan meningkatkan penjualan Anda. Pelanggan akan terus melakukan pembelian berulang. Dari sini, Anda bisa menerapkan strategi B2C marketing dengan memanfaatkan SaaS. Yaitu membuat mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.
Tiga hal yang perlu Anda lakukan agar strategi ini bisa berhasil efektif. Yaitu membuat desain berbasis pengguna, membuat pengguna membicarakan produk dan/atau layanan Anda, dan memberikan nilai lebih pada bisnis Anda. Jika ketiga hal tersebut berhasil dilakukan, maka Anda bisa meningkatkan penjualan dengan produk dan/atau layanan lainnya.
Membuat Konten Pemasaran yang Relevan
Content marketing atau konten pemasaran merupakan strategi pemasaran inbound yang efektif untuk bisnis B2C yang memanfaatkan SaaS. Buatlah konten yang sesuai dengan pelanggan Anda. Misalnya dengan membuat video solusi masalah mereka, atau membuat konten yang menghibur, atau hal lainnya. Pastikan konten yang Anda buat bisa menarik atensi mereka. Baik itu melalui video, foto, atau teks. Buatlah judul yang kreatif dengan visual menarik.
Memanfaatkan Influencer untuk Menerapkan Strategi B2C Marketing
Influencer pada media sosial bisa mengoptimalkan strategi B2C marketing Anda. Alasannya sederhana, karena pelanggan cenderung membeli produk dan/atau layanan berdasarkan rekomendasi orang yang mereka percaya. Maka dari itu, Anda harus mencari influencer yang sejalan dengan tujuan dan niche pasar. Sehingga pemasarannya bisa menjadi lebih efektif dan optimal.
Membangun Brand Berdasarkan Ulasan dari Pelanggan
Selain dari rekomendasi orang yang dipercayainya, pelanggan juga akan mencari ulasan dari orang lain yang membeli produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus mengumpulkan ulasan positif dari pelanggan untuk membangun citra positif brand.
BACA JUGA: SaaS Adalah: Pengertian, Cara Kerja & 7 Strategi Bisnisnya
Menggunakan Tools yang Tepat untuk Menerapkan Strategi B2C Marketing dengan Benefit One Indonesia
Strategi program loyalitas pelanggan merupakan yang paling populer di bisnis B2C. Tidak hanya bisa mempertahankan pelanggan, tetapi juga bisa meningkatkan penjualan Anda secara optimal. Berikan hadiah atau reward yang sesuai dengan apa yang sudah mereka habiskan untuk bisnis Anda. Dan jika Anda masih ragu, tanyakan saja pada ahlinya, Benefit One Indonesia.
Selain itu, Benefit One Indonesia sudah memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan multinasional besar dalam memenuhi kebutuhan loyalitas mereka. Kami pun memiliki orang yang ahli dalam integrasi di API/SDK/PWA, dalam penanganan administrasi & inventaris hadiah, serta tim IT yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi dan akun manajemen.
Anda pun bisa memiliki akses ke jaringan Benefit One Marketplace Regional dan semua pertanyaan serta dukungan yang dibutuhkan akan sepenuhnya ditangani oleh pihak kami. Terdapat tiga aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk SaaS adalah CERRA POINTS, SPUR, dan Flexible Solution.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!