5 Strategi Meningkatkan Customer Service Bank

5 Strategi Meningkatkan Customer Service Bank

Salah satu industri terbesar di Indonesia adalah perbankan. Dibalik keberhasilannya, ada customer service bank yang berperan penting untuk mendatangkan, menjaga, dan mempertahankan nasabah. Penelitian menyebutkan bahwa sebanyak 75% nasabah akan memilih bank berdasarkan pelayanan yang diberikan.

Artinya ketika Anda memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, hal ini akan memberikan pengalaman pelanggan yang positif juga. Kendati  demikian, meningkatkan customer service bank bukanlah hal yang mudah. Sebab ada banyak karakteristik pelanggan yang tidak diduga-duga.

Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa strategi meningkatkan customer service bank yang bisa Anda lakukan, dan mengapa pelayanan yang baik itu harus dilakukan. Selengkapnya ada di bawah ini.

Hal yang Membuat Customer Service Bank Terlihat Baik

Pada prakteknya, setiap pelanggan mau dilayani dengan cepat dan efisien. Tidak terkecuali dengan nasabah bank. Jika Anda ingin meningkatkan kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan, maka Anda harus bisa memberikan pelayanan dengan cepat dan efisien. Hal ini tidak hanya akan meningkatkan hubungan baik, tetapi juga bisa mengurangi keluhan nasabah terkait pelayanan yang buruk.

Artinya, Anda harus memberikan pelayanan yang berkualitas untuk nasabah. Ketika nasabah merasa dihargai, mereka juga akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhannya dengan lebih efektif. Nilai tambahnya, Anda bisa meningkatkan retensi pelanggan secara keseluruhan.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah lembaga keuangan memiliki biaya akuisisi pelanggan tertinggi di industri untuk saat ini. Sehingga ketika Anda mencoba mendapatkan pelanggan baru, hal ini malah akan memberatkan biaya hingga lima kali lebih banyak dibandingkan dengan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Oleh karena itu, setiap orang yang bekerja di industri perbankan haruslah bisa memberikan customer service bank yang baik. Satu hal penting yang mendasari pelayanan pelanggan adalah memberikan tingkat layanan yang unggul kepada mereka.

Strategi Meningkatkan Customer Service Bank

Pengalaman pelanggan atau customer experience adalah kunci yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor. Tidak hanya di industri perbankan, tetapi juga di semua industri. Hal ini dibuktikan dengan adanya penelitian yang menunjukkan bahwa, sebanyak 84% bisnis yang fokus untuk meningkatkan pengalaman pelanggan berhasil meningkatkan keuntungannya dan disaat yang bersamaan juga berhasil menambah jumlah pelanggan setia. Tentunya hal ini bisa menjadi salah satu strategi meningkatkan kualitas customer service bank.

Dalam hal ini, Anda perlu menggunakan beberapa strategi yang bisa meningkatkan customer service bank kepada nasabah. Berikut beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:

Menyediakan Live Support

Di era digital seperti saat ini, hampir segala sesuatu dilakukan dengan online. Tidak terkecuali di industri perbankan. Dimana nasabah ingin mendapatkan solusi atas masalah yang dihadapinya dengan cepat dan online. Dalam hal ini, live chat bisa membantu mereka untuk mendapatkan solusi dengan cepat dan real time.

Kehadiran live chat tidak hanya membantu pelanggan saja, tetapi juga bisa meningkatkan konversi penjualan, mengirimkan file dengan aman jika diperlukan, mengatasi kekhawatiran pelanggan secara langsung, mengurangi biaya customer support.

Bentuk live support ini bisa Anda berikan di website, aplikasi, WhatsApp, hingga video call. Dengan begitu, Anda bisa memberikan customer service bank yang baik untuk para nasabah, dan disaat yang bersamaan memberikan mereka pengalaman yang positif.

Pendekatan Omnichannel

Strategi pendekatan omnichannel untuk meningkatkan customer service bank tidak lepas dengan semakin banyaknya saluran digital yang tersedia. Hal ini juga membuat kebutuhan pelanggan terus mengalami perubahan. Mereka membutuhkan pembayaran yang cepat dan tersedia di semua saluran tanpa harus pergi ke bank.

Pendekatan ini juga memungkinkan Anda untuk menggunakan semua saluran pemasaran yang tersedia untuk mendapatkan pengalaman pelanggan yang terintegrasi dan lancar. Artinya, ketika bank terlibat di semua saluran baik online maupun offline dan memberikan dukungan yang konsisten, maka hal ini akan meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.

Komunikasi yang Jelas dan Transparan

Kepercayaan menjadi pondasi terpenting dalam industri bank. Cara terbaik untuk bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan menjalin komunikasi yang jelas dan juga transparan. Dalam hal ini untuk memberikan customer service bank terbaik, Anda harus bisa memperlakukan pelanggan seperti teman atau anggota keluarga dan memastikan mereka memahami keputusan keuangan yang akan dilakukan.

Melatih Interpersonal Skill Karyawan

Anda mungkin berpikir bahwa dengan menjalin komunikasi yang transparan dan jelas sudah cukup. Namun faktanya, Anda juga harus melatih interpersonal skill dari setiap karyawan. Terutama bagi mereka yang sering berhubungan langsung dengan nasabah.

Ada kalanya dimana nasabah tidak berhasil mendapatkan pinjaman dari bank dan hal mengecewakan lainnya. Untuk bisa memberikan customer service bank terbaik, Anda perlu menunjukkan rasa empati dan bisa menjaga ketenangan nasabah sampai prosesnya selesai. Hal ini tidak hanya memberikan rasa aman kepada nasabah, tetapi juga meyakinkan mereka bahwa bank yang dituju adalah yang terbaik.

Tindakan yang Proaktif

Satu lagi strategi untuk meningkatkan customer service bank yang baik adalah memberikan tindakan yang proaktif. Artinya, Anda harus selalu memantau tingkat kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan sejumlah survei atau meminta pelanggan untuk memberikan feedback.

Tanyakan pada mereka apa yang dibutuhkan dan apa yang perlu ditingkatkan dari pelayanan customer service bank. Disaat yang bersamaan juga, Anda bisa memberikan penawaran program loyalitas, produk keuangan baru, atau penawaran khusus kepada nasabah. Tujuannya adalah untuk mencegah nasabah pindah ke kompetitor.

Percayakan Customer Experience Pelanggan Anda dengan Benefit One Indonesia

Ketika pelanggan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, Anda akan juga akan mendapatkan insight baru untuk bisa terus meningkatkan kualitas customer service bank. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajak nasabah untuk bergabung dengan program loyalitas yang sudah Anda buat.

Seperti memberikan point reward, hadiah eksklusif, dan hal lainnya yang bisa membuat nasabah percaya dan memilih bank Anda. Untuk hal ini, Anda bisa mempercayakan kepada ahlinya, yaitu Benefit One Indonesia.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!