Membangun Customer Loyalty Di Industri FMCG

Membangun Customer Loyalty Di Industri FMCG

Seperti yang kita ketahui bersama, industri FMCG merupakan salah satu bisnis yang populer dan terbesar di Indonesia. Produk yang mereka jual banyak digunakan oleh masyarakat dan dijual dengan harga murah. Namun siapa sangka jika industri ini memiliki kelemahan yang tidak terlihat.

Kelemahannya adalah tidak dapat menjalin komunikasi secara langsung kepada pelanggan setianya. Lalu bagaimana industri ini bisa mempertahankan pelanggannya? Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membangun customer loyalty di industri FMCG. Selengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Industri FMCG

Industri FMCG yang merupakan singkatan dari Fast Moving Consumer Good, merupakan bentuk bisnis yang bergerak di bidang produk konsumen sehari-hari atau yang sering digunakan dan dikonsumsi. Karena harga jualnya yang cenderung murah dan terjangkau, semua produk yang dijual selalu habis dalam waktu cepat.

Pada dasarnya, produk kebutuhan konsumen itu dibagi menjadi tiga kategori. Yaitu produk yang tahan lama, produk tidak tahan lama, dan jasa. Pelanggan dari industri FMCG adalah segmentasi terbesar semua produk tersebut. Mereka cenderung membeli produk yang tidak tahan lama dan menggunakannya secara langsung.

Faktanya, hampir semua orang menggunakan produk-produk dari industri FMCG. Bahkan produk yang dijual mudah dijangkau dan tersedia dimana-mana. Seperti kebutuhan sehari-hari, produk makanan, produk rumah tangga, produk kesehatan, dan masih banyak lagi.

Namun seperti yang disebutkan sebelumnya, industri FMCG tidak dapat menjalin komunikasi secara langsung atau tatap muka dengan pelanggannya. Hal ini karena mereka tidak memiliki point of sale system atau POS. Mereka mengandalkan beberapa retail yang menjual produknya untuk mendapatkan data atau insights terkait pelanggannya.

Lalu bagaimana caranya membangun customer loyalty di industri FMCG?

Cara Membangun Customer Loyalty di Industri FMCG

Bisa dikatakan bahwa, industri FMCG menghabiskan seluruh anggarannya untuk keperluan pemasaran produk. Karena mereka tidak bisa bertemu langsung dengan pelanggan untuk menanyakan apa yang mereka butuhkan, industri ini menghabiskan banyak uang untuk memproduksi iklan yang bisa menarik atensi pelanggan.

Lalu bagaimana cara industri FMCG melalui semua itu dan di saat yang bersamaan juga tetap menjaga pelanggan setianya? Jawabannya adalah melalui program loyalitas pelanggan. Berikut cara dan penjelasannya.

Membangun Komunikasi Langsung dengan Pelanggan

Memang sebelumnya disebutkan bahwa, industri FMCG tidak dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggannya. Tapi bagaimana jika, sebuah brand FMCG memberikan insentif kepada pelanggannya melalui produk yang mereka beli? Anda bisa saja memberikan ajakan untuk bergabung dengan program loyalitas pada setiap kemasan produk yang dijual.

Misalnya seperti memberikan kode unik yang nantinya bisa ditukarkan menjadi poin dan dikumpulkan untuk mendapatkan hadiah tertentu. Dengan begitu, pelanggan akan menjadi tertarik untuk mengunduh aplikasi tertentu atau memasukkan kode uniknya melalui website. Di sinilah nanti Anda bisa menanyakan lebih lanjut kepada mereka terkait apa yang dibutuhkan, apa yang perlu ditingkatkan, dan hal lainnya.

Cara ini juga bisa membantu industri FMCG untuk memberitahukan kepada pelanggan mereka jika ada produk baru, promosi menarik, dan lainnya. Sehingga brand tersebut tidak perlu memanfaatkan retailer atau toko-toko untuk menjual produknya.

Gunakan Data Pelanggan

Cara membangun customer loyalty di industri FMCG selanjutnya adalah dengan menggunakan data pelanggan yang sudah masuk di program loyalitas. Di sini Anda bisa mengetahui siapa nama mereka, apa yang mereka beli, dimana mereka membeli produk, kapan membelinya, dan seberapa sering mereka membelinya.

Anda bisa meminta pelanggan untuk melakukan scan atau foto struk belanjaan setelah membeli produk. Lalu nanti dari struk tersebut pelanggan akan mendapatkan sejumlah poin yang bisa ditukarkan dengan hadiah atau reward. Hal ini bisa membantu industri FMCG dalam membuat strategi pemasaran yang lebih tepat dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Personalisasi

Setelah mengetahui apa yang pelanggan beli, Anda bisa memberikan sejumlah penawaran, komunikasi, hingga hadiah yang sesuai untuk setiap pelanggan. Hal inilah yang disebut dengan personalisasi. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik dan optimal, hal ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan mencapai 64%.

Cara inilah yang bisa membuat industri FMCG berkomunikasi langsung dengan pelanggannya. Dengan mengoptimalkan customer experience, sehingga Anda bisa mendapatkan insight yang berharga.

Meningkatkan Hubungan Jangka Panjang dengan Industri FMCG

Perlu diketahui bahwa, program loyalitas pada industri FMCG bisa memberikan nilai kumulatif yang sangat relevan untuk pelanggannya, meningkatkan hubungan jangka panjang, hingga meningkatkan loyalitas pelanggan. Di era digital seperti saat ini, semuanya sudah menggunakan teknologi terbaru. Termasuk dalam memberikan program loyalitas pelanggan.

Jika Anda tidak memanfaatkan teknologi terkini untuk menjembatani kesenjangan komunikasi yang terjadi, bisa-bisa brand Anda malah akan ditinggal oleh pelanggan. Anda bisa mempercayakan hal ini kepada Benefit One Indonesia. Didukung teknologi terkini yang bisa langsung terhubung dengan website Anda, sehingga bisa dipantau secara real time.

Percayakan Program Loyalitas Bisnis Anda pada Benefit One Indonesia

Sebagai informasi, Benefit One Indonesia menyediakan semua fitur utama untuk melibatkan, memberi hadiah atau reward, hingga membantun loyalitas pelanggan Anda untuk jangka waktu yang panjang. Benefit One Indonesia juga bisa meningkatkan keuntungan dan nilai dari bisnis Anda di industri FMCG. Mulai dari beragam pilihan hadiah, hingga bentuk dukungan real time yang dibutuhkan.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!