Membangun brand loyalty media sosial bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terlebih kini, kehadiran media sosial kini menjadi satu alat pemasaran yang wajib diperhitungkan. Faktanya, sebanyak 40% pelanggan menghabiskan banyak waktu untuk berinteraksi dengan sebuah brand dari media sosial.
Tentu saja hal ini akan memberikan dampak baik pada bisnis Anda. Tidak hanya untuk membangun brand loyalty saja, tetapi juga bisa membantu Anda untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan keuntungan lainnya. Maka dari itu, jika Anda belum menggunakan media sosial untuk bisnis, maka Anda sudah ketinggalan jauh!
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan tentang bagaimana cara membangun brand loyalty media sosial, manfaat, dan cara kerja yang perlu Anda ketahui. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini!
BACA JUGA: Apa itu Brand loyalty dan Bagaimana Cara Membangunnya di Bisnis Anda?
Hubungan Membangun Brand Loyalty Media Sosial
Seperti yang diketahui bersama, brand loyalty adalah loyalitas yang didasarkan pada persepsi pelanggan terhadap sebuah merek. Atau bagaimana pelanggan berpihak pada satu bisnis daripada yang lainnya. Secara garis besar, loyalitas merek ini memberikan dampak positif dan banyak keuntungan untuk bisnis Anda.
Mulai dari mendatangkan traffic, promosi word of mouth, prospek pelanggan baru menjadi pelanggan setia, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, membangun brand loyalty bukanlah suatu perkara yang bisa dengan mudah diabaikan begitu saja. Terutama di era digital seperti saat ini dimana semuanya sudah berbasis teknologi canggih dan dukungan internet.
Agar bisa membangun brand loyalty dengan baik dan efektif, Anda harus memanfaatkan salah satu saluran yang paling sering digunakan oleh pelanggan. Yaitu media sosial. Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, Anda bisa membangun hubungan dengan pelanggan dan menghasilkan prospek bisnis yang lebih baik lagi.
Hubungan antara membangun brand loyalty media sosial itu seperti simbiosis mutualisme. Dimana platform ini menawarkan banyak kesempatan bagi sebuah bisnis untuk membangun loyalitas merek melalui jaringan, komunikasi, dan juga komunitas. Dari interaksi real-time inilah Anda bisa meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan brand recognition, dan diakhiri dengan loyalitas merek.
Manfaat Membangun Brand Loyalty Media Sosial
Tahukah Anda bahwa, media sosial merupakan sebuah alat pemasaran yang efektif? Tidak hanya untuk memasarkan atau mengiklankan bisnis saja, tetapi dari platform ini Anda bisa membangun hubungan jangka panjang, merubah prospek, hingga menjangkau target audiens yang lebih luas lagi.
Media sosial tidak hanya ditujukan untuk berinteraksi dengan audiens saja, tetapi juga mendorong keterlibatan mereka pada setiap konten yang dibuat. Lebih baik lagi, media sosial bisa digunakan untuk mengapresiasi pelanggan Anda. Berikut beberapa manfaat membangun brand loyalty media sosial, yaitu:
- Memperbanyak konten UGC terkait brand di media sosial
- Mendapatkan pelanggan baru dengan minim biaya
- Meningkatkan retensi pelanggan dan target pendapatan
- Mengumpulkan bukti sosial atau ulasan terkait brand dengan mudah
- Mendorong keterlibatan pengguna dan menghasilkan traffic yang lebih tinggi
- Tingkat keberhasilan brand campaign lebih besar karena sudah ada basis pelanggan atau komunitas yang akan mengikuti
Cara Kerja Brand Loyalty Media Sosial dalam Membangun Brand Anda
Mungkin sebagian besar dari Anda berpikir bahwa membangun brand loyalty media sosial merupakan hal yang mudah. Faktanya, hal ini membutuhkan keterlibatan aktif dari para pengikut dan juga ketanggapan tim Anda dalam merespon hal tersebut. Cara Anda merespon dengan cepat dan sopan merupakan salah satu hal yang bisa mendorong keterlibatan dan juga meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dengan begitu, mereka akan merasa didengar, dihargai, dihormati, dan terhubung dengan brand Anda. Pendekatan inilah yang bisa membantu Anda dalam membangun brand loyalty lebih dalam dengan pelanggan. Memanfaatkan platform media sosial dan berkomunikasi dengan pelanggan merupakan sebuah kewajiban atau mandatory yang harus Anda lakukan.
Ada banyak platform media sosial yang tersebar dan digunakan saat ini. Seperti Instagram, Facebook, Twitter (X), TikTok, YouTube, LinkedIn, dan lainnya. Membangun brand loyalty media sosial merupakan hal penting untuk bisa menciptakan pelanggan setia dan juga para followers untuk terus membeli produk dan/atau layanan yang ditawarkan.
Kelebihannya dari membangun brand loyalty media sosial adalah Anda bisa menggunakan bantuan dari para influencer, tokoh publik, brand ambassador, brand advocate, dan orang penting lainnya yang bisa mempengaruhi pelanggan untuk membeli dari bisnis Anda. Konten UGC (User Generated Content) yang mereka buat bisa membantu meningkatkan brand awareness dan juga mendorong loyalitas merek.
Cara Membangun Brand Loyalty Media Sosial
Sebelum kita membahas cara membangun brand loyalty media sosial, hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mencari tahu saluran atau platform mana yang paling sering digunakan oleh pelanggan. Caranya sangat mudah. Anda bisa memantau setiap saluran media sosial yang ada secara aktif dan rutin, merespon dengan cepat setiap komentar atau pesan yang masuk, hingga menanggapi setiap mention, dan like dari pelanggan.
Terlibat dengan pelanggan Anda secara aktif merupakan langkah pertama untuk membangun brand loyalty dari media sosial. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendorong pertumbuhan loyalitas merek dari media sosial. Meliputi:
Memilih Teknologi yang Bisa Digunakan untuk Membangun Brand Loyalty Media Sosial
Sebelumnya sudah disebutkan bahwa konten UGC dan keterlibatan pengguna bisa membantu membangun brand loyalty. Akan tetapi, Anda harus bersiap dengan banyaknya konten tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda bisa memilih teknologi atau mitra yang bisa membantu mengatasi hal tersebut.
Menentukan Hasil yang Diinginkan dari Keterlibatan Audiens
Sama seperti alat pemasaran lainnya, Anda juga harus menentukan hasil yang diinginkan. Sebut saja seperti kegiatan mengikuti akun media sosial, membeli produk, mendatangkan traffic website, merekomendasikan produk, dan lainnya. Nantinya, Anda bisa menghubungkannya dengan program loyalitas yang ada untuk membanung brand loyalty.
Promosikan Program Loyalitas yang Anda Miliki
Cara membangun brand loyalty media sosial selanjutnya adalah dengan mempromosikan program loyalitas pelanggan. Jangan membiarkan program loyalitas Anda tersembunyi begitu saja. Justru Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikannya. Jelaskan kepada pelanggan dan audiens tentang manfaat dan kelebihan dari program yang Anda miliki. Usahakan untuk tidak membuat proses pendaftaran atau penukaran hadiah menjadi rumit. Pelanggan tidak menyukai hal tersebut.
Menentukan Cara Main Program Loyalitas
Salah satu hal yang harus Anda manfaatkan dari program loyalitas adalah interaksi timbal balik antara bisnis dengan pelanggan. Pastikan Anda memberikan hadiah atau reward insentif yang sesuai dan sepadan dengan apa yang sudah diberikan pelanggan. Tentukan berapa poin yang bisa mereka dapatkan dari setiap misi atau hal-hal yang sudah mereka lakukan. Sehingga Anda bisa tetap menghasilkan konten UGC untuk membangun brand loyalty.
Memberikan Tanggapan yang Cepat
Agar bisa menggunakan media sosial untuk membangun brand loyalty, Anda harus bisa dengan cepat memberikan tanggapan dan respon yang diinginkan pelanggan. Ketika Anda menanggapinya dengan cepat, maka mereka akan merasa ada hubungan emosional yang terjalin dengan bisnis Anda. Apabila Anda bersikap responsif, maka mereka mau terlibat lebih jauh dengan brand dan memungkinkan Anda untuk terhubung dengan mereka. Sehingga Anda juga bisa mengetahui hal apa saja yang perlu ditingkatkan untuk bisa memuaskan mereka.
Membuat Komunitas untuk Membangun Brand Loyalty Media Sosial
Jika Anda sudah berhasil mendapatkan hati audiens dan pelanggan, cara selanjutnya untuk membangun brand loyalty adalah membuat komunitas. Anggotanya terdiri dari beberapa pelanggan setia dan para pengikut brand Anda yang aktif. Hal ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan brand advocate secara cuma-cuma.
Menyediakan Customer Service Terbaik di Media Sosial
Terakhir, cara membangun brand loyalty media sosial yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyediakan customer service terbaik. Strategi media sosial terbaik adalah dengan memberikan layanan pelanggan yang bisa memuaskan mereka. Latihlah tim yang akan bertanggung jawab untuk hal ini sesuai dengan standar dan ekspektasi pelanggan. Perlu diingat bahwa, customer service merupakan salah satu customer touch points yang harus diperhatikan untuk bisa menentukan persepsi pelanggan pada brand Anda.
BACA JUGA: Buzz Marketing: Cara Membuat Orang-orang Membicarakan Brand Anda
Membangun Brand Loyalty Media Sosial Bersama Benefit One Indonesia
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa cara membangun brand loyalty media sosial yang baik adalah dengan membuat konten UGC dan program loyalitas. Cara ini bisa membantu Anda untuk membangun hubungan dengan pelanggan dalam jangka waktu lama, memberikan nilai lebih, dan juga mendorong keterlibatan pengguna.
Jika Anda masih mencari mitra yang tepat dan cocok untuk membuat program loyalitas, Anda berada di halaman yang tepat! Sebab, Benefit One Indonesia bisa membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut. Dengan menyediakan program loyalitas pelanggan yang berkualitas, dijamin Anda tidak perlu lagi pusing memikirkan cara untuk memuaskan pelanggan!
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!