Sudah bukan rahasia umum lagi, jika kepercayaan pelanggan merupakan kunci sukses dalam menjalankan sebuah bisnis. Ketika mereka percaya pada bisnis Anda, maka mereka tidak akan segan untuk melakukan transaksi. Bahkan bisa berpotensi menjadi pelanggan setia.
Namun perihal mendapatkan kepercayaan pelanggan bukanlah perkara yang mudah. Terutama untuk bisnis baru. Kendati demikian, Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa membantu untuk mendapatkan kepercayaan mereka dengan cepat.
Penasaran apa saja? Simak penjelasan selengkapnya di bawah inI!
Mengapa Kepercayaan Pelanggan itu Penting?
Hal yang perlu digaris bawahi adalah pelanggan di era modern dan digital seperti saat ini semakin cerdas, selektif, dan juga teliti terhadap keputusan pembelian mereka. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Hubspot, sebanyak 55% pelanggan sekarang tidak terlalu percaya pada sebuah bisnis atau brand.
Fakta yang sangat menyedihkan, bukan? Meskipun begitu, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai sebuah peluang untuk bekerja lebih keras lagi agar bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan.
Lebih lanjut dari penelitian yang sama menyebutkan bahwa, sebanyak 93% pelanggan akan melakukan pembelian berulang dari sebuah bisnis atau brand yang menawarkan bentuk pelayanan baik.
Artinya, dengan Anda mengetahui cara membangun dan mendapatkan kepercayaan pelanggan, hal ini akan memberikan dampak positif dan lebih banyak keuntungan untuk perkembangan bisnis. Plus bisa meningkatkan brand awareness dan promosi gratis dari mouth-to-mouth promotion.
Sebaliknya, jika bisnis atau brand Anda gagal untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan, maka bisa-bisa bisnis Anda akan tertinggal dan dilupakan. Tentunya Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?
Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan cepat dan mudah. Teruskan membaca sampai selesai, ya!
Cara Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan dengan Mudah
Seorang motivator asal Amerika bernama Zig Ziglar pernah mengucapkan bahwa, “Jika orang menyukai Anda, mereka akan mendengarkan Anda. Tetapi jika mereka percaya pada Anda, maka mereka akan melakukan bisnis dengan Anda”.
Pada prakteknya, memberikan kualitas produk dan layanan yang bagus kepada pelangan adalah persoalan lain. Hal terpenting adalah bagaimana Anda mendapatkan kepercayaan pelanggan? Jika Anda bisa melakukannya dan mendapatkannya, tentunya pelanggan setia tinggal mengikuti.
Berikut beberapa cara mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan mudah, yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:
Memberikan Bukti Sosial dan Bangun Kredibilitas
Hal yang perlu Anda perhatikan adalah budaya masyarakat Indonesia yang suka mengadopsi atau mengikuti tren terkini. Manfaatkan hal ini untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan memberikan bukti sosial. Misalnya dengan meminta bantuan para influencer untuk memasarkan produk Anda, atau membuat konten yang berhubungan dengan tren tersebut, hingga memberikan testimoni dan ulasan dari beberapa pelanggan yang sudah mencobanya.
Ketika pelanggan melihat adanya banyak ulasan positif terkait produk tersebut, maka lama kelamaan Anda juga akan mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dalam hal ini, ketika pelanggan melihat orang yang dipercayainya atau ulasan positif lainnya, mereka akan cenderung percaya untuk menggunakan produk tersebut.
Sehingga hasil akhirnya adalah Anda juga membangun kredibilitas bisnis. Pelanggan cenderung akan melakukan pembelian dari sebuah bisnis atau brand yang memiliki kredibilitas tinggi.
Kontak Mata itu Penting
Pada saat Anda berkesempatan untuk melayani pelanggan secara tatap muka, jangan lupakan satu hal. Yaitu kontak mata. Mempertahankan kontak mata saat berbicara dengan seseorang merupakan komunikasi nonverbal yang penting dalam membangun kepercayaan. Terutama pelanggan.
Akan tetapi usahakan untuk tidak menatap lebih lama, ya! Setidaknya tujuh sampai sepuluh detik saja sudah cukup. Dan jangan lupa untuk memberikan pelayanan yang ramah dan penuh senyuman.
Bersikap Transparan dan Jujur
Salah satu cara mudah untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan bersikap transparan dan jujur. Meskipun kenyataannya pahit, pastikan untuk selalu bisa bersikap transparan dan jujur kepada mereka. Jika Anda bersikap demikian, maka pelanggan akan lebih percaya dan timbul pemikiran bahwa Anda memperhatikan kepentingan mereka.
Bangun Hubungan dengan Pelanggan
Bersosialiasi dan membangun hubungan dengan pelanggan adalah cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Sejatinya manusia itu adalah mahkluk sosial. Maka sudah sepantasnya ketika kita berinteraksi dengan mereka untuk bersikap tulus dan menunjukan ketertarikan terhadap lawan bicara. Dengan begitu, pelanggan juga akan merasa memiliki koneksi dengan bisnis atau brand Anda.
Menunjukan Rasa Empati
Rasa empati adalah sebuah kemampuan untuk bisa memahami perasaan orang lain. Dalam menjalankan bsinis, tentu pelanggan memiliki masalah terkait produk dan/atau servis yang mereka gunakan. Nah ketika mereka menghubungi Anda untuk meminta solusi, tempatkan diri Anda di posisi mereka. Ketika Anda menunjukan rasa empati kepada pelanggan, mereka akan merasa dihargai.
Menawarkan Jaminan
Menawarkan produk berkualitas tinggi tidaklah cukup untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Anda harus memberikan sesuatu yang lebih. Misalnya seperti jaminan atau garansi. Dengan memberikan kebijakan yang adil kepada mereka, hal ini bisa memberikan efek positif pada bisnis Anda. Mengapa? Sebab dengan adanya jaminan atau garansi, mereka tidak akan kehilangan bentuk investasi. Di sisi lain, Anda juga memberikan rasa aman, nyaman, dan kepercayaan pada pelanggan.
Bersikap Konsisten
Satu lagi cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dengan mudah adalah bersikap konsisten. Mereka akan lebih mempercayai sebuah bisnis atau brand ketika Anda menunjukkan sikap konsisten dari waktu ke waktu.
Sebuah studi menunjukkan bahwa, ketika pelanggan dapat memprediksi perilaku bisnis atau brand Anda, maka mereka akan cenderung mempercayainya. Hal ini akan mengurangi rasa takut ataupun cemas pada diri pelanggan. Tidak hanya itu, pastikan juga untuk selalu menepati janji dan memberikan pelayanan after sales kepada mereka.
Bangun Kepercayaan Pelanggan Anda bersama Benefit One Indonesia
Tahukah Anda bahwa, program loyalitas pelanggan juga bisa meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan? Tidak hanya kepercayaan tetapi juga Anda akan mendapatkan pelanggan setia. Dengan memberikan imbalan atau hadiah yang sesuai dengan jumlah yang sudah mereka keluarkan, pelanggan akan merasa senang dan memiliki keinginan untuk melakukan pembelian berulang. Nah, Anda bisa mempercayakan hal tersebut kepada Benefit One Indonesia.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!