Apa itu Customer Relation dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

Apa itu Customer Relation dan Pentingnya untuk Bisnis Anda

Customer relation atau hubungan Anda dengan pelanggan, ternyata memiliki peranan penting dalam urusan keuangan bisnis, lho. Sebab, dengan membangun hubungan yang kuat, mereka berpotensi menjadi pelanggan setia yang tentunya bisa meningkatkan keuntungan dari pembelian yang berulang.

Meskipun terdengarnya mudah, pada prakteknya masih ada saja yang gagal dalam membangun customer relation. Hal ini biasanya karena mereka tidak terlalu memperhatikan beberapa aspek penting lainnya. Tapi tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas terkait semua hal yang perlu Anda ketahui tentang menjalin hubungan dengan pelanggan. Simak sampai selesai, ya!

Apa itu Customer Relation?

Melansir dari Hubspot, customer relation adalah sebuah strategi yang digunakan perusahaan untuk melakukan interaksi dengan pelanggan guna meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Dalam hal ini termasuk juga ketika Anda memberikan solusi atas masalah yang dialami pelanggan sehingga bisa memenuhi kepuasan mereka.

Di sisi lain, customer relation juga menggambarkan upaya yang dilakukan perusahaan untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan jangka panjang dengan pelanggannya. Misalnya saja seperti melakukan pendekatan khusus yang sudah dipersonalisasi untuk masing-masing pelanggan.

Tentunya tujuan dari semua itu adalah untuk mempertahankan lingkungan yang konstruktif guna memberikan solusi dan disaat bersamaan juga mengumpulkan ulasan serta feedback yang berharga. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk pengambilan keputusan dan perbaikan bisnis di masa mendatang.

Sejatinya, customer relation ini tidak hanya untuk menciptakan hubungan semata. Ketika Anda menjalin hubungan dengan mereka, kedua belah pihak lah yang saling diuntungkan. Sebab sama-sama memberikan nilai untuk pelanggan dan juga bisnis Anda.

Mengapa Customer Relation itu Penting?

Tahukah Anda bahwa, dengan membangun customer relation yang baik bisa mempertahankan pelanggan? Membangun hubungan dengan pelanggan sama dengan Anda membangun kepercayaan dengan mereka. 

Melalui customer relation juga bisnis Anda dapat melakukan pendekatan proaktif. Artinya Anda mengajak mereka untuk terlibat langsung dalam bisnis. Misalnya seperti memberikan saran dan kritik yang bisa membantu menentukan arah bisnis untuk kedepannya. Hal ini juga bisa membangun rasa kepercayaan pelanggan dengan bisnis Anda.

Tujuan utama dari adanya hubungan pelanggan ini adalah untuk menciptakan hubungan yang saling menguntungkan sehingga bisa melampaui jumlah pembelian di awal-awal. 

Setiap karyawan di perusahaan memainkan peranan penting dalam membangun customer relation ini. Mulai dari tim customer service, tim pemasaran dan penjualan,  hingga tim pengembangan produk. Semuanya harus saling mendukung untuk terus membangun hubungan pelanggan yang sehat dan berkelanjutan.

Aspek Terpenting untuk Membangun Customer Relation

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dalam membangun customer relation ada beberapa aspek penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Hal ini tentunya untuk membantu Anda memahami sifat pelanggan dan juga cara untuk memperluas dan memperdalam hubungan tersebut.

Berikut aspek-aspek yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Saling Ketergantungan

Aspek yang pertama menekankan pada sejauh mana hubungan Anda dengan pelanggan saling terkait. Umumnya hal ini bisa dibentuk dari seberapa sering Anda berhubungan dengan mereka dan sejauh apa pelanggan terlibat dalam setiap kesempatan yang ada.

Komitmen Pribadi

Ketika Anda dan pelanggan sudah saling berkomitmen satu sama lain, maka akan timbul keinginan untuk meningkatkan dan/atau mempertahankan kualitas hubungan kedepannya. Bahkan hal ini bisa menimbulkan rasa bersalah pada salah satu pihak jika hubungan yang sudah dibangun tersebut terganggu.

Love and Passion

Sama seperti bentuk hubungan pada umumnya, aspek love and passion juga dibutuhkan untuk membangun customer relation. Dalam praktek bisnis, biasanya hal ini dilihat ketika pelanggan tidak bisa menggunakan brand lain atau akan merasa kesal ketika tidak memakai produk dari bisnis Anda.

Hubungan Nostalgia

Hubungan nostalgia selalu didasarkan pada kenangan masa-masa indah yang pernah terjadi. Misalnya seperti ketika brand Anda mengingatkan pelanggan pada tempat yang pernah dikunjunginya atau hal-hal lainnya.

Konsep Diri

Aspek konsep diri pada bisnis seperti ketika pelanggan memiliki minat, aktivitas, dan/atau pendapat yang sama. Artinya, brand Anda mencerminkan minat dan aktivitas yang sering dilakukan oleh pelanggan.

Keakraban

Hubungan keakraban yang terjalin antara Anda dengan pelanggan sehingga kedua belah pihak bisa saling mengetahui informasi tertentu. Anda bisa menjalin keakraban dengan melakukan penjualan secara langsung atau face to face. Sehingga pelanggan bisa mengetahui lebih banyak terkait brand Anda, dan sebaliknya.

Kualitas Mitra

Satu lagi aspek yang bisa membantu Anda membangun customer relation adalah kualitas mitra. Hal ini meliputi bentuk evaluasi satu sama lain. Ketika pelanggan merasa dihargai oleh sebuah brand, maka mereka cenderung tidak suka dengan brand lainnya.

Membangun Customer Relation dengan Layanan Solusi Digital Bersama Benefit One Indonesia

Di era digital seperti saat ini, interaksi secara langsung semakin jarang terjadi. Umumnya pelanggan melakukan transaksi semuanya secara online. Tetapi hal tersebut bukanlah masalah besar. Anda juga bisa menggapai pelanggan dengan cara yang sama. Tentunya dengan hal ini, Anda akan menciptakan customer experience yang berbeda dan menarik.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!