Bisa dikatakan bahwa faktor kepuasan pelanggan menjadi salah satu hal terpenting dalam kelangsungan bisnis Anda. Pelanggan yang merasa puas dengan produk dan/atau jasa Anda, memiliki potensi yang besar untuk melakukan pembelian ulang dan bisa bertahan hingga lama.
Tidak hanya itu, mereka yang puas juga bisa mendatangkan pelanggan baru dan berbagai keuntungan lainnya. Maka dari itu sebagai pebisnis Anda harus memperhatikan faktor kepuasan pelanggan. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.
Pentingnya Kepuasan Pelanggan
Seperti yang disebutkan di atas, faktor kepuasan pelanggan menjadi kunci sukses untuk perjalanan dan perkembangan bisnis Anda. Pelanggan yang puas bisa membawa banyak keuntungan, sementara pelanggan yang tidak puas atau kecewa bisa membawa kerugian.
Selain dari itu, pelanggan yang puas berpotensi menjadi loyal. Hal ini karena mereka sudah menemukan rasa aman, nyaman, dan puas pada produk dan/atau jasa yang Anda berikan. Sehingga brand Anda sudah memiliki tempat tersendiri di hati mereka.
Namun bukan berarti Anda bisa tenang ketika sudah mendapatkan pelanggan yang loyal. Tahukah Anda bahwa, pelanggan yang loyal bisa berpindah hati jika Anda tidak memperhatikan faktor kepuasan pelanggan? Maka dari itu, meskipun Anda sudah mendapatkan pelanggan yang setia, ada baiknya untuk tetap memperhatikan dan memenuhi kebutuhan serta kepuasan mereka.
Faktor Kepuasan Pelanggan
Ada beberapa faktor kepuasan pelanggan yang perlu Anda ketahui agar bisa memberikan yang lebih untuk mereka. Beberapa di antaranya adalah:
Kualitas Produk
Faktor kepuasan pelanggan yang pertama adalah kualitas produk. Saat ini teknologi dan pengetahuan terus berkembang setiap harinya. Begitu pula dengan kebutuhan pasar yang juga terus bertambah. Jika produk dan/atau jasa yang Anda tawarkan tetap sama dan tidak berkembang, maka hal ini tidak akan memberikan nilai tinggi untuk pelanggan.
Anda perlu melakukan inovasi produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Sebuah produk dan/atau jasa yang berkualitas tinggi, maka bisa memenuhi kepuasan pelanggan. Inilah yang menjadi alasan mengapa kualitas produk menjadi salah satu faktor kepuasan pelanggan yang harus diperhatikan.
Kualitas Pelayanan
Tidak hanya kualitas produk, faktor kepuasan pelanggan lainnya yang perlu Anda perhatikan adalah kualitas pelayanan. Artinya, Anda harus mengimbangi kualitas produk dengan pelayanan yang diberikan. Mereka pasti akan selalu memiliki pertanyaan yang akan diajukan terkait produk dan/atau jasa yang dibeli.
Jika Anda bisa mengambil hati pelanggan dengan kualitas pelayanan yang baik, maka mereka akan merasa puas dan tentunya akan memberikan ulasan yang positif juga. Tentu hal ini sangat bagus untuk kelangsungan bisnis Anda, bukan?
Harga yang Ditawarkan
Faktor kepuasan pelanggan yang ketiga adalah harga yang ditawarkan. Namun hal yang perlu Anda perhatikan adalah harga tersebut harus diimbangi dengan kualitas produk. Jika kedua hal tersebut berbanding terbalik, maka pelanggan bisa berpindah ke produk dan/atau jasa dari kompetitor Anda.
Anda bisa mulai menentukan harga jual produk dan/atau jasa yang ditawarkan dengan melakukan riset dengan pesaing. Kemudian hitung semua ongkos produksi, harga barang, hingga proyeksi keuntungan yang didapatkan.
Kemudahan dalam Mendapatkan Produk dan/atau Jasa
Faktor kepuasan pelanggan selanjutnya adalah kemudahan dalam mendapatkan produk dan/atau jasa. Sederhananya, ketika pelanggan bisa dengan mudah mendapatkan akses terhadap produk dan/atau jasa yang diinginkan, maka hal ini bisa meningkatkan kepuasan. Sebaliknya, jika mereka merasa kesulitan dalam mendapatkannya, maka tingkat kepuasan akan menurun.
Pelayanan After Sales
Terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah pelayanan after sales. Dalam hal ini, Anda harus tetap menjangkau pelanggan meskipun mereka sudah menyelesaikan proses transaksi jual beli. Anda bisa bertanya tentang tingkat kepuasan mereka pada produk dan/atau jasa yang dibeli, dan lainnya.
Manfaatkan faktor kepuasan pelanggan yang ini untuk memberikan reward atau loyalty program untuk mengikat kesetiaan mereka. Di sini Anda harus tetap menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan agar bisnis terus berkembang dan bisa membawa keuntungan lainnya.
Tingkatkan Faktor Kepuasan Pelanggan dengan Solusi Layanan Digital Loyalty Terlengkap
Anda bisa meningkatkan faktor kepuasan pelanggan pada bisnis Anda dengan menggunakan layanan reward digital yang ditawarkan oleh Benefit One Indonesia. Mulai dari pemberian reward, membership, hingga point digital, semua bisa Anda berikan untuk pelanggan dengan mudah dan praktis.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!