7 Cara Menjaga Koneksi Bisnis dengan Pelanggan

Menjaga Koneksi Bisnis dengan Pelanggan

Menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan adalah salah satu hal penting dan harus diperhatikan oleh setiap pebisnis. Mengapa? Sebab, hal ini bisa membantu membuat bisnis Anda tetap hidup dan terus berkembang.

Tentu Anda pernah mendengar dengan istilah a happy customer is the best strategy, bukan? Maka dari itu, Anda harus selalu menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Pentingnya Menjaga Koneksi Bisnis dengan Pelanggan

Sebuah bisnis bisa dikatakan berhasil dan hebat apabila bisa menjaga koneksi bisnis dengan pelanggannya dalam waktu jangka panjang. Anda harus memastikan bahwa pelanggan sudah merasa puas dan kebutuhannya terpenuhi. Sehingga mereka bisa merekomendasikan produk dan/atau jasa yang Anda berikan kepada orang lain.

Dengan kata lain, pelanggan yang berkelanjutan dan loyal bisa memberikan dampak positif dan keuntungan bagi bisnis Anda. Maka dari itu, menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan adalah hal penting. Tentu Anda menginginkan sebuah bisnis yang bisa bertahan lama, bukan?

7 Cara Menjaga Koneksi Bisnis dengan Pelanggan

Menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan agar mereka bisa loyal tidak bisa dilakukan dalam satu arah saja. Artinya, Anda tidak bisa selalu mengandalkan pelanggan untuk selalu membeli produk dan/atau jasa yang dipasarkan. Melainkan harus dilakukan dengan dua arah.

Artinya, Anda juga perlu memberikan “sesuatu” kepada pelanggan sebagai bentuk balasan atas pembelian yang mereka lakukan. Berikut 7 cara menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:

Memberikan Reward

Cara menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan yang pertama adalah dengan memberikan reward. Bisa seperti voucher belanja, potongan harga, poin insentif, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah untuk membuat pelanggan terus membeli produk dan/atau jasa yang Anda jual.

Membangun Kepercayaan

Dalam menjalankan sebuah bisnis, membangun kepercayaan dengan pelanggan bisa meningkatkan loyalitas mereka. Tidak hanya untuk meyakinkan pelanggan bahwa Anda memberikan produk dan/atau jasa yang berkualitas, tetapi juga untuk rasa aman dan nyaman dari pelanggan yang ingin membelinya.

Misalnya saja seperti menunjukan ulasan-ulasan tentang produk dan/atau jasa, bekerjasama dengan influencer yang memang ahli dalam bidangnya, membangun komunitas, dan masih banyak lagi.

Lebih Dekat dengan Pelanggan

Cara lain dalam menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan adalah dengan mendekatkan diri pada mereka. Umumnya cara ini bisa dilakukan dengan memberikan newsletter atau welcoming email untuk pelanggan baru. Tujuannya adalah untuk membuat bisnis Anda selalu diingat.

Berikan Pelanggan Sesuatu yang Melampaui Ekspektasi

Memberikan sesuatu yang melampaui ekspektasi pelanggan bisa dengan memberikan pelayanan lebih. Cara menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan ini umumnya berhubungan dengan customer service atau customer relation. Jika pelanggan meninggalkan keluhan, maka sebisa mungkin harus dijawab di hari yang sama dan memberikan solusi terbaik.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa pelanggan menerima pelayanan yang memuaskan dan ramah. Dengan begitu, bisnis Anda akan mendapatkan tempat di hati pelanggan.

Mendengarkan Umpan Balik Pelanggan

Umpan balik atau feedback merupakan cara untuk menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan. Hal ini juga bisa meningkatkan loyalitas pelanggan karena mereka merasa dihargai dan dibantu. Bahkan hal ini bisa menjadi cara jitu untuk mengatasi umpan balik yang negatif.

Meningkatkan Kualitas Produk dan/atau Jasa

Setiap harinya, teknologi dan pengetahuan semakin berkembang. Agar Anda bisa tetap menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan, Anda juga harus meningkatkan kualitas produk. Seperti melakukan inovasi produk dan menghadirkan produk dan/atau jasa yang baru. Jika Anda tidak melakukan cara ini, maka kemungkinan besar pelanggan akan lari ke kompetitor.

Menawarkan Loyalty Program

Cara menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan yang terakhir adalah dengan menawarkan loyalty program. Seperti membership, dimana Anda bisa menawarkan berbagai pilihan menarik yang bisa membuat pelanggan merasa diuntungkan. Sehingga mereka mau untuk bergabung untuk jangka waktu yang lama.

Menjaga Koneksi Bisnis dengan Solusi Layanan Digital Loyalty Terlengkap

Setelah Anda memahami tujuh cara menjaga koneksi dengan pelanggan seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa mencoba layanan reward digital yang ditawarkan oleh Benefit One Indonesia. Mulai dari pemberian reward, membership, hingga point digital, semua bisa Anda berikan untuk pelanggan dengan mudah dan praktis.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!