Sebagai salah satu industri terbesar di Indonesia, FMCG memegang peranan penting dalam gaya hidup masyarakat. Pasalnya, sejak pandemi Covid-19 menyerang, semuanya serba dilakukan secara online atau digital. Di sinilah Anda harus memikirkan strategi pemasaran digital industri FMCG yang inovatif sehingga bisa meningkatkan penjualan dan juga keuntungan.
Sebab secara tidak langsung, perubahan gaya belanja ini juga memaksa semua industri menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan. Perlu diketahui bahwa strategi pemasaran digital industri FMCG merupakan salah satu elemen penting dalam penjualan produk yang bisa mendorong pelanggan untuk terus melakukan pembelian.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa strategi pemasaran digital industri FMCG yang inovatif dan bisa diaplikasikan di tahun 2023 ini. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!
Manfaat Strategi Pemasaran Digital Industri FMCG
Seperti yang diketahui bersama, industri FMCG (Fast Moving Consumer Goods) menjual produk secara massal yang memiliki umur simpan pendek. Biasanya hal ini dikarenakan oleh permintaan dan kebutuhan pasar yang tinggi. Misalnya seperti kebutuhan rumah tangga, obat, kosmetik, hingga makanan dan minuman.
Strategi pemasaran digital industri FMCG pun dilakukan untuk mendapatkan berbagai manfaat utama. Di antaranya adalah:
- Membedakan diri dari kompetitor sejenis
- Memberikan pendekatan inovatif untuk menonjolkan brand Anda
- Membantu Anda untuk memahami tren dan wawasan pelanggan
- Meningkatkan ROI (Return On Investment)
- Membantu Anda untuk mendekatkan diri kepada pelanggan melalui platform online atau digital
Strategi Pemasaran Digital Industri FMCG
Agar bisa memenuhi kebutuhan dan permintaan pasar, Anda harus menggunakan strategi yang bisa mendekatkan diri ke pelanggan dan disaat yang bersamaan juga bisa memenangkan persaingan pasar industri. Berikut beberapa strategi pemasaran digital industri FMCG yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:
Membuat Konten yang Berpusat pada Pelanggan
Biasanya pemasaran industri FMCG hanyalah menonjolkan produknya saja tanpa melibatkan target pasar mereka. Akan tetapi hal tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi di era digital ini. Strategi pemasaran digital industri FMCG haruslah menggunakan konten yang berpusat pada pelanggan.
Misalnya seperti membuat konten yang SEO friendly untuk mendorong pelanggan mengunjungi situs Anda. Kelebihan dari strategi ini adalah bisa mendorong keterlibatan di antara pelanggan dan juga membangun komunitas yang kuat. Di sisi lain, cara ini juga bisa digunakan untuk mempromosikan produk secara efektif dan membangun otoritas di pasar industri.
Pemasaran Digital Industri FMCG Melalui Media Sosial
Kehadiran media sosial membuat banyak perubahan dalam strategi pemasaran digital industri FMCG. Terlebih ketika hampir semua pelanggan bisa dijangkau dengan media sosial. Perlu diketahui bahwa, banyak pelanggan yang mencari informasi terkait produk dan/atau jasa yang direkomendasikan oleh media sosial sebelum akhirnya membeli.
Dari fenomena ini tentu Anda menyadari bahwa kehadiran media sosial berdampak penting untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan dan juga meningkatkan keuntungan. Anda bisa membuat akun untuk setiap saluran media sosial yang ada atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Nantinya dari sini Anda bisa membangun komunitas pelanggan dan meningkatkan interaksi dengan mereka.
Membuat Konten Video
Konten apa yang akan Anda unggah di media sosial? Salah satu konten yang paling banyak mendapatkan perhatian pengguna adalah konten video. Strategi pemasaran digital industri FMCG dalam bentuk video bisa digunakan untuk memperluas iklan dan promosi. Kehadiran media sosial seperti TikTok dan YouTube merupakan bukti nyata bahwa konten video sedang menjadi tren untuk pemasaran bisnis.
Bekerjasama dengan Influencer
Selain koten video, ada banyak strategi pemasaran digital industri FMCG yang bisa dilakukan di media sosial. Anda bisa meningkatkan penjualan produk melalui kerjasama dengan influencer. Hasilnya? Meningkatkan brand awareness, memperluas jangkauan, dan juga membangun kepercayaan pelanggan. Kendati demikian, ada banyak jenis influencer di media sosial. Anda mungkin harus mencari yang sesuai dengan kebutuhan dan bisa mengimplementasikan tujuan bisnis.
Membuat Konten UGC
Anda bisa memanfaatkan konten UGC (User Generated Content) sebagai salah satu strategi pemasaran digital industri FMCG. Melalui konten UGC, Anda bisa lebih sering berinteraksi dengan pelanggan. Di sisi lain, metode ini juga menawarkan bentuk pemasaran mouth to mouth dari pelanggan satu ke pelanggan lainnya. Hal ini juga memungkin pelanggan untuk terus membahas brand Anda.
Penjualan Melalui Ecommerce
Seperti yang disebutkan sebelumnya, banyak masyarakat yang membeli kebutuhan mereka melalui online atau ecommerce. Fenomena ini juga membuat banyak brand FMCG melakukan hal yang sama. Untuk bisa memberikan kemudahan kepada pelanggan, Anda bisa menjual produk di ecommerce. Hal ini tentu lebih menguntungkan dibandingkan dengan menjualnya secara offline.
Promosi Melalui Email Marketing
Dengan menggunakan email marketing, Anda bisa mendorong pelanggan untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Misalnya untuk melakukan pembelian produk tertentu. Selain itu strategi pemasaran digital industri FMCG satu ini dinilai lebih efektif dan tidak menghabiskan banyak biaya.
Mengelola Reputasi Online
Hampir semua pelanggan mengandalkan ulasan dan review yang diberikan orang-orang sebelum membeli sebuah produk. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mengelola reputasi online brand. Anda bisa mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan yang bagus. Sehingga nantinya semakin banyak pelanggan yang percaya produk dari brand Anda.
Membuat Program Loyalitas
Program loyalitas pelanggan merupakan salah satu cara untuk mempertahankan pelanggan di industri FMCG. Di sisi lain, strategi ini juga bisa membangun komunitas yang besar. Anda bisa menawarkan berbagai produk, hadiah, dan/atau reward eksklusif yang bisa menarik atensi pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian berulang.
Terus Berinovasi
Satu lagi strategi pemasaran digital industri FMCG yang bisa Anda lakukan adalah dengan terus berinovasi. Meningkatkan kualitas produk dan pelayanan merupakan hal yang wajib dilakukan untuk bisa memuaskan pelanggan. Jika Anda memiliki aplikasi khusus yang memudahkan pelanggan untuk menjangkau brand, mungkin Anda bisa meningkatkan pengalaman pengguna atau UX experience dalam menjelajah. Atau dengan memberikan pelayanan terbaik dan tercepat di media sosial atau email.
Bangun Strategi Pemasaran Industri FMCG Bersama Benefit One Indonesia
Anda tidak perlu ragu atau bingung ketika ingin mengimplementasikan strategi pemasaran industri FMCG. Benefit One Indonesia siap membantu untuk membangun program loyalitas pelanggan yang lain dari kompetitor Anda. Termasuk dalam pemilihan hadiah atau reward eksklusif untuk pelanggan setia.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!