Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda

Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda

Omnichannel marketing mengubah pengalaman pelanggan dalam berbelanja. Hal ini tentu diikuti dengan perubahan teknologi yang semakin maju dan terintegrasi ke kehidupan sehari-hari. Sebagai pemilik bisnis, sudah seharusnya Anda melakukan pendekatan yang memudahkan mereka untuk menjangkau produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

Dari sinilah Anda perlu menciptakan pengalaman omni-channel untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang baik lagi. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai apa itu omnichannel marketing, manfaat, dan bagaimana cara membangunnya untuk meningkatkan pengalaman berbelanja mereka. Selengkapnya di bawah ini!

Apa itu Omnichannel Marketing?

Melansir dari Hubspot, omnichannel marketing adalah sebuah pendekatan yang digunakan untuk mendapatkan prospek dan keterlibatan pelanggan, dimana perusahaan akan memberikan akses ke produk, penawaran, dan layanan dukungan kepada pelanggan di semua saluran, platform, dan juga perangkat.

Sedangkan MailChimp menyebutkan bahwa, omnichannel marketing mengacu pada kehadiran perusahaan di berbagai saluran. Mulai dari website, aplikasi, media sosial, email, dan lainnya selain saluran offline seperti toko fisik.

Perlu dipahami bahwa, pelanggan saat ini juga sudah berevolusi. Mereka menjadi lebih pintar. Mereka mengharapkan interaksi 24/7 dengan brand yang sudah dipercayainya baik secara online maupun offline. Disaat yang sama, mereka juga berharap bahwa bisnis Anda bisa memberikan solusi atau preferensi terkait pembelian mereka.

Kelebihan dari omnichannel marketing adalah bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan menyajikan pesan yang konsisten dan memberikan pengalaman pelanggan yang baik dari semua saluran yang ada. Bahkan hasil akhirnya bisa meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan.

Bisa dikatakan jika pemasaran omnichannel sangat penting karena bisa membantu bisnis Anda untuk menciptakan pengalaman yang positif bagi pelanggan, mengurangi perpindahan pelanggan ke kompetitor lain, dan juga meningkatkan brand awareness.

Manfaat Menggunakan Pendekatan Omnichannel Marketing

Omnichannel marketing membuat pengalaman berbelanja pelanggan yang lebih baik lagi sebab sudah terintegrasi ke seluruh titik akses penjualan yang ada. Baik secara online maupun offline. Dengan pendekatan ini, pelanggan bisa dengan mudah menemukan produk yang mereka mau di media sosial, toko online, dan lainnya.

Dengan menggunakan pendekatan omnichannel marketing dalam strategi penjualan dan layanan, bisnis Anda akan mendapatkan beberapa manfaat. Di antaranya adalah:

Jangkauan yang Lebih Luas

Anda bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas lagi dimanapun mereka berada. Sederhananya, mereka bisa menemukan bisnis Anda dimanapun. Tentunya hal ini berkat kerja keras tim pemasaran bisnis Anda. Mereka hanya berjarak satu klik saja dari pelanggan.

Meningkatkan Keuntungan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pelanggan sudah mulai pintar dalam mengambil keputusan pembelian. Mereka menginginkan produk yang diinginkannya berada dalam jangkauan mereka. Dengan menggunakan omnichannel marketing, Anda memudahkan mereka untuk menjangkau bisnis. Sehingga nantinya akan ada pembelian berulang dari pelanggan.

Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Satu lagi manfaat yang akan Anda dapatkan adalah bisa meningkatkan kepuasan pelanggan. Dalam hal ini, mereka akan merasa lebih senang jika bisa menjangkau bisnis Anda dalam beberapa metode dengan mudah. Tentunya dalam menjalankan bisnis, faktor kepuasan pelanggan menjadi hal yang utama, bukan?

Bagaimana Membangun Omnichannel Marketing yang Sempurna?

Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda

Omnichannel marketing yang sempurna tidak bisa dibangun secara instan. Butuh waktu dan melakukan beberapa penelitian untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Kendati demikian, hal tersebut tidaklah mustahil. Untuk bisa menciptakan pengalaman omnichannel yang baik, Anda perlu menyiapkan beberapa strategi. Hal itu meliputi:

Rencanakan Pengalaman Pelanggan

Strategi yang pertama adalah dengan merencanakan pengalaman pelanggan. Dalam hal ini, Anda perlu memahami saluran atau platform yang sekiranya bisa mempermudahkan mereka untuk menjangkau Anda. Pahami juga bagaimana perilaku mereka di semua channel tersebut.

Gunakan Data Tersebut untuk Menyusun Strategi

Setelah Anda memahami bagaimana perilaku pelanggan di setiap platform, langkah selanjutnya adalah menggunakan data tersebut untuk membuat solusi yang bisa menjawab semua tantangan dan permasalahan mereka. Jika digunakan dengan cara yang tepat, Anda bisa meminimalisir jumlah pelanggan yang hilang atau customer churn.

Omnichannel Marketing yang Disegmentasi dan Personalisasi

Selanjutnya, hasil dari data tersebut Anda bisa dengan mudah melakukan segmentasi pelanggan. Bagi pelanggan berdasarkan perilaku dan kategori tertentu. Tujuannya adalah untuk memudahkan Anda membuat personalisasi customer experience untuk setiap jenis pelanggan.

Gunakan Isi Pesan yang Sesuai

Dalam setiap aktivitas pemasaran, isi pesan merupakan hal yang paling krusial. Termasuk dalam omnichannel marketing. Sebab jika Anda mengirimkan isi pesan yang salah kepada pelanggan yang salah juga, hal ini akan mengurangi waktu interaksi Anda dengan mereka. Sebaiknya, usahakan untuk selalu memastikan isi pesan atau konteks bisnis Anda relevan dan sesuai dengan pelanggan yang dituju, melalui channel yang tepat.

Pilih Automation Tools yang Tepat dan Sesuai

Salah satu cara yang cepat untuk berinteraksi dengan pelanggan adalah menggunakan automation tools atau alat otomasi pemasaran. Biasanya hal ini seperti chatbot atau live chat. Anda bisa memilih mana yang tepat dan sesuai untuk bisnis. Pastikan bahwa alat ini bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.

Berorientasi Pada Pelanggan

Satu lagi cara membangun omnichannel marketing yang sempurna adalah dengan selalu berorientasi pada pelanggan. Dalam hal ini, Anda harus meningkatkan kualitas produk dan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Mulailah dengan memberikan pelatihan kepada karyawan Anda untuk bisa berinteraksi dengan pelanggan sebaik mungkin.

Menciptakan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik Bersama Benefit One Indonesia

Seperti yang disebutkan diatas, bisnis Anda harus berorientasi pada pelanggan untuk bisa menciptakan pengalaman omni-channel yang baik. Selain dengan menggunakan omnichannel marketing, Anda juga bisa memberikan reward kepada pelanggan dalam berbagai bentuk. Misalnya seperti kupon belanja, hadiah menarik, dan lainnya.

Hal ini tidak hanya bisa meningkatkan kepuasan pelanggan saja, tetapi juga bisa menciptakan customer experience yang baik untuk bisnis Anda. Benefit One Indonesia siap membantu Anda memberikan berbagai penawaran reward dan hadiah menarik untuk pelanggan setia.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!