Seorang marketer yang baik pasti mengetahui bahwa, sebelum memasarkan apa yang dijual, wajib hukumnya untuk mencari tahu siapa target pelanggannya. Dan customer persona adalah salah satu solusi untuk menemukan jawaban itu. Misalnya untuk menjawab pertanyaan besar seperti “apa minat mereka?”, atau “apa yang mereka butuhkan?”, dan masih banyak lagi.
Namun sayangnya, Anda tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk setiap pelanggan. Pada satu waktu tertentu, Anda mungkin akan membutuhkan apa yang disebut dengan personalisasi dan generalisasi. Maka dari itu, customer persona adalah jawaban yang tepat untuk membantu Anda mengatasi hal tersebut.
Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian dari customer persona, mengapa hal tersebut sangat penting, hingga cara membuatnya. Semuanya bisa Anda temukan di artikel bawah ini.
BACA JUGA: Customer Experience Adalah: Pengertian, Alasan & Strateginya
Customer Persona Adalah
Melansir dari laman Semrush, customer persona adalah profil fiksi atau tidak nyata terkait pelanggan ideal bisnis Anda yang didapat dari riset pasar dan audiens. Atau dengan kata lain merupakan orang imajiner yang bisa mewujudkan karakteristik terpenting dari jumlah audiens yang sangat luas.
Sumber lain dari Gartner menyebutkan bahwa, customer persona adalah alat bantu yang bisa membantu Anda dalam hal pemasaran dan perencanaan customer experience. Sebab hal ini bisa memberitahukan Anda terkait wawasan dan pengetahuan atau data tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan dan bagaimana mereka akan terlibat di dalam proses tersebut,
Umumnya, penggunaan customer persona adalah untuk merancang pesan, customer journey, peningkatan pengalaman layanan dan produk, hingga hal lainnya yang bisa memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan dari bisnis Anda.
Hal yang diperlukan dalam membuat customer persona adalah profil demografis, psikografis, tren perilaku atau pola pembelian, nilai, keinginan, paint point, dan afiliasi. Meskipun bentuknya tidak nyata atau fiksi, profil ini harus dibuat sedetail dan sebaik mungkin. Sebab kedepannya, hal ini bisa membantu Anda untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik lagi.
Mengapa Customer Persona Penting untuk Bisnis Anda?
Pertanyaan terbesar tentang customer persona adalah seberapa penting profil fiksi ini untuk bisnis Anda? Salah satu tujuannya adalah untuk membuat Anda tetap fokus dalam menangani apa yang pelanggan butuhkan. Dengan kata lain, Anda harus memprioritaskan pelanggan lebih dulu. Bukan bisnis Anda sendiri.
Tidak hanya itu, customer persona juga akan membantu Anda untuk memahami pelanggan dan calon pelanggan baru dengan lebih baik lagi. Tentu saja hal ini nantinya akan memudahkan Anda dalam membuat pesan atau konteks, melakukan pengembangan produk dan/atau jasa, yang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan menjadi solusi atas masalah yang mereka hadapi.
Mari kita ambil contoh. Misalkan, target pelanggan Anda adalah seorang ibu rumah tangga. Tapi apakah Anda mengetahui apa kebutuhan dan minat mereka? Nah, untuk memahami hal tersebut, Anda harus membuat customer persona yang baik dan detail untuk bisnis Anda.
Setelah itu, Anda baru bisa membuat konten organik atau iklan yang sesuai dengan profil fiksi yang sudah dibuat. Anda bisa membuat strategi yang bisa membantu pelanggan Anda untuk mencapai tujuannya. Hasilya? Tidak hanya meningkatkan angka konversi bisnis, tetapi juga pelanggan akan menaruh kesetiaan dan kepercayaan mereka terhadap brand Anda.
Berikut beberapa manfaat lain dari customer persona adalah:
- Memandu pengembangan produk dan/atau jasa dari bisnis Anda
- Memberikan data atau wawasan tambahan untuk menindaklanjuti prospek
- Membuat dan meningkatkan strategi akuisisi dan retensi pelanggan
- Afiliasi pelanggan
- Kampanye pemasaran yang murah, sederhana, dan efektif.
Faktor dan Cara Membuat Customer Persona Adalah
Ada banyak cara untuk membuat customer persona. Bisa melalui riset, survei, hingga wawancara dengan spesifik atau banyak pelanggan. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnis dan promosi.
Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat customer persona adalah:
Data Demografis
Pertama-tama, Anda harus memetakan data demografis para pelanggan. Demografis adalah karakteristik dari suatu populasi tertentu yang berkaitan dengan identitas individu yang bisa memberikan dampak besar bagi pengalaman berbelanja mereka.
Data ini meliputi usia, jenis kelamin, lokasi, status keluarga, dan tingkat pendidikan. Demografis dalam customer persona adalah bagian terpenting dari customer experience. Maka dari itu, faktor ini tidak boleh tertinggal.
Status Profesi
Selanjutnya Anda harus menentukan status profesi dari pelanggan. Faktor ini mengacu pada status pekerjaan pelanggan di dalam audiens pasar bisnis Anda. Hal ini juga bisa menentukan keberhasilan dari kampanye iklan yang dilakukan.
Meliputi jabatan pekerjaan, industri pekerjaan, pengaturan kerja (work form office atau work from home), hingga pendapatan yang didapatkan per bulannya. Peran faktor status profesi dalam customer persona adalah untuk membantu Anda dalam pengambilan keputusan strategi bisnis.
Customer Persona dari Psikografis
Psikografis dalam customer persona adalah bagian dari kepribadian, nilai, minat, dan sikap audiens. Faktor ini digunakan untuk membantu data demografi yang bisa mengidentifikasi karakteristik psikologi individu yang mempengaruhi perilaku mereka sebagai pelanggan.
Hal ini meliputi nilai-nilai, kepercayaan, pandangan politik, hingga gaya hidup. Dalam prakteknya, ketika Anda memahami psikografis seseorang, hal ini dapat membantu menciptakan hubungan yang lebih emosional dan bisa meningkatkan konversi.
Pengaruh dan Sumber Informasi
Influences and Information Resources atau pengaruh dan sumber informasi dalam customer persona adalah data yang bisa memberitahu Anda dimana mereka menghabiskan waktu, dari mana mereka mendapatkan informasi, hingga siapa yang mereka percayai untuk mendapatkan produk dan/atau jasa bisnis Anda.
Contohnya adalah situs web dan blog yang mereka sukai, akun media sosial yang mereka ikuti, siapa yang memberikan pengaruh dan/atau siapa yang mereka jadikan panutan, hingga acara-acara tertentu yang mereka sukai. Informasi tersebut merupakan hal yang sangat berharga untuk upaya pemasaran dan komunikasi bisnis.
Paint Points
Setiap pelanggan pasti memiliki masalah dan tantangan spesifik yang dihadapi untuk memenuhi kebutuhan mereka. Peran faktor ini dalam customer persona adalah untuk mengetahui dan memahami masalah apa yang mereka hadapi dengan memberikan solusi dari produk dan/atau jasa bisnis Anda.
Customer pain points meliputi rasa frustasi, ketidaknyamanan, hambatan, ketidakkonsistenan, hingga rasa ketidakpuasan.
Proses Pembelian
Data yang Anda dapatkan dari proses pembelian pelanggan bisa menjadi informasi yang penting. Dari sini, Anda bisa memahami perspektif dan pengalaman mereka dalam melakukan pembelian. Sehingga nantinya Anda bisa meningkatkan penjualan dan juga membangun hubungan untuk jangka waktu yang panjang dengan mereka.
Hal ini mencakup peran dalam proses pengambilan keputusan, potensi siklus seumur hidup, dan hambatan dalam proses pembelian.
Berikut ada beberapa cara praktis yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat customer persona adalah:
- Melihat database kontak pelanggan Anda untuk mengetahui tren terkait prospek pelanggan tertentu
- Menggunakan formulir yang berisikan data dan informasi penting di situs web Anda
- Mengambil data dari umpan balik yang diberikan oleh pelanggan
- Wawancara kepada beberapa pelangan untuk mengetahui apa yang mereka sukai dari produk dan/atau jasa bisnis Anda
BACA JUGA: Customer Retention: Pengertian, Cara Hitung, Strategi & Contohnya
Lengkapi Data Customer Persona Anda dengan Bantuan Benefit One Indonesia
Salah satu cara untuk mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat customer persona adalah dengan melengkapi data pelanggan. Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk mengenali dan terlibat dengan pelanggan internal dan eksternal. Didukung dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak mengenai pelanggan.
Sehingga nantinya Anda bisa memberikan penghargaan atau hadiah yang paling sesuai kepada mereka. Dengan kata lain, Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk terlibat, mengenali, memberikan penghargaan, dan meningkatkan brand Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!