Bisa dikatakan jika multichannel marketing merupakan salah satu pendekatan yang paling efisien dan juga efektif untuk memberitahukan nilai dari produk dan/atau layanan yang dijual. Umumnya, strategi ini dilakukan melalui email, situs website, media sosial, iklan display, hingga etalase fisik.
Lalu apa perbedaan multichannel marketing dengan omnichannel marketing? Padahal pada prakteknya, kedua cara penjualan ini sama-sama menggunakan banyak saluran atau media untuk bisa menarik atensi dan juga mendekati pelanggan.
Mari kita bahas lebih lanjut mengenai definisi, strategi, manfaat, tantangan, dan juga saluran yang digunakan oleh multichannel marketing ini. Selengkapnya ada di bawah ini, ya!
BACA JUGA: Membangun Strategi Omnichannel Marketing untuk Bisnis Anda
Apa itu Multichannel Marketing?
Secara garis besar, multichannel marketing adalah sebuah praktek dimana perusahaan melakukan interaksi secara langsung dengan pelanggan melalui banyak pilihan saluran atau channel yang ada. Hal ini bisa dilakukan secara langsung maupun tidak.
Interaksi secara langsung bisa diberikan jika Anda memiliki toko offline atau toko fisik. Dimana Anda akan bertemu dan bertatap muka dengan pelanggan. Sedangkan interaksi tidak langsung biasanya dilakukan secara online. Melalui akun media sosial, email, dan lainnya.
Jika disederhanakan, multichannel marketing adalah tentang sebuah pilihan. Artinya, Anda memilih saluran atau channel mana yang akan digunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Umumnya, hal ini dipilih berdasarkan dimana pelanggan Anda sering ditemui. Apakah di online atau di toko fisik?
Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda bisa menciptakan kehadiran yang konsisten di saluran yang dipilih dan juga bisa menjangkau lebih banyak target audiens. Akan tetapi ada hal yang perlu dicatat, nilai dan pesan yang akan disampaikan terkait produk dan/atau jasa Anda, tidak boleh sama dengan saluran satu dan lainnya.
Artinya, pesan yang Anda sampaikan melalui media sosial Instagram, belum tentu bisa digunakan di TikTok atau Facebook. Sama halnya dengan dengan pendekatan offline. Apa yang Anda berikan di online, tidak bisa diimplementasikan di toko fisik Anda. Maka dari itu untuk mengakalinya, Anda bisa membuat strategi pemasaran lainnya yang disesuaikan dengan pendekatan di setiap saluran atau channel yang dipilih.
Manfaat Multichannel Marketing dan Mengapa Sangat Penting
Faktanya, untuk bisa mendapatkan target audiens, ada banyak pilihan saluran yang bisa digunakan. Bahkan jumlah ini bisa terus bertambah setiap harinya. Strategi multichannel marketing sangat penting karena Anda harus mengetahui dimana pelanggan tersebut berada. Apakah ada di pendekatan online atau offline.
Selain itu menurut sebuah penelitian, multichannel marketing bisa memberikan keuntungan bisnis tiga sampai empat kali lipat dibandingkan dengan menggunakan satu channel saja. Dengan adanya banyak saluran atau channel yang tersedia, maka pelanggan akan memiliki banyak pilihan yang bisa digunakan untuk mendapatkan informasi terkait produk dan/atau jasa Anda.
Berikut beberapa manfaat multichannel marketing untuk bisnis Anda. Di antaranya adalah:
Memiliki Jangkauan yang Luas
Manfaat multichannel marketing yang pertama adalah memiliki jangkauan yang luas. Salah satu kelebihan dari strategi pemasaran ini adalah bisa menjaga pelanggan potensial di satu saluran yang sudah dipilih. Dalam hal ini online atau offline. Kemudian, Anda hanya perlu memperluas strategi campaign di saluran tersebut secara banyak.
Kita ambil contoh, Anda memilih saluran online untuk menjangkau audiens. Dimana media sosial memiliki banyak platform popular yang digunakan. Mulai dari Facebook, Instagram, TikTok, YouTube, Twitter, dan lainnya. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Anda hanya perlu memberikan banyak konten yang sesuai dengan marketing campaign di beberapa akun tersebut.
Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan
Kedua, multichannel marketing bisa membantu meningkatkan keterlibatan pelanggan. Kelebihan lainnya adalah Anda bisa membuka saluran komunikasi baru antara bisnis dengan pelanggan. Maka dari itu, semakin banyak media yang Anda gunakan, maka semakin banyak pelanggan yang akan terlibat.
Menjangkau Pelanggan di Channel Pilihan Mereka
Tahukah Anda bahwa, pelanggan melakukan interaksi dengan banyak channel setiap harinya? Umumnya, mereka mencari informasi terkait beberapa produk dan/atau jasa yang diinginkan. Tapi, dari pada menunggu mereka yang menemukan bisnis Anda, mengapa tidak Anda yang menemukan mereka? Caranya? Anda hanya perlu mengetahui di channel mana pelanggan berada. Apakah melalui media sosial, iklan televisi, iklan radio, situs website, dan lainnya.
Banyak Channel Lebih Efektif
Hal ini bisa terjadi ketika Anda membuat strategi yang bisa menyatukan kampanye dari berbagai saluran yang ada. Di sisi lain, hal ini akan membantu Anda untuk menciptakan peluang dalam memberikan pesan dan nilai yang lebih berdampak dan juga untuk memperhatikan customer journey.
Memiliki Pandangan yang Lebih Jauh Terkait Pelanggan
Satu lagi manfaat multichannel marketing adalah Anda bisa memiliki pandangan yang lebih jauh terkait pelanggan. Dalam hal ini, pandangan tersebut berupa umpan balik atau ulasan yang mereka berikan terkait produk dan/atau jasa Anda. Hal ini bisa membantu Anda untuk memahami dan mengetahui apa yang mereka butuhkan. Sehingga kedepannya, Anda bisa meningkatkan kualitas produk dan/atau layanan, serta mengantisipasi apa yang mereka butuhkan.
Tantangan Multichannel Marketing
Terlepas dari segala manfaat multichannel marketing, nyatanya ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi. Namanya juga berkecimpung di dunia bisnis. Akan selalu ada tantangan dan rintangan yang menghadang.
Berikut beberapa tantangan multichannel marketing yang harus Anda hadapi. DI antaranya adalah:
Konten Multichannel Marketing yang Tidak Konsisten
Tantangan multichannel marketing yang pertama adalah konten yang tidak konsisten. Hal ini terjadi karena setiap saluran yang digunakan memiliki keunikan dan khasnya masing-masing. Seperti yang disebutkan di atas, konten yang Anda unggah di Instagram, belum tentu bisa digunakan di TikTok. Maka dari itu, Anda harus membuat beberapa konten untuk masing-masing media sosial platform.
Teknologi yang Tidak Terkoordinasi
Setiap media sosial memiliki teknologi dan aset yang berbeda-beda. Sehingga hal ini bisa membuat Anda kesulitan dalam mengkoordinasikan satu dengan yang lainnya.
Metrik Pengukuran yang Berbeda-beda
Cara mengukur keberhasilan suatu pemasaran yang dilakukan dari media sosial adalah melalui beberapa matriks. Misalnya seperti reach, followers, engagement, dan lainnya. Namun, metrik pengukuran Instagram tidaklah sama dengan TikTok. Jadi Anda tidak bisa menyamakan keberhasilan Instagram dengan TikTok.
Perbedaan Multichannel Marketing dengan Omnichannel Marketing
Perbedaan multichannel marketing dan omnichannel marketing yang paling mendasar adalah keterbatasan jumlah saluran yang digunakan. Jika dilihat secara definisinya, multichannel marketing adalah banyak saluran, sedangkan omnichannel marketing adalah semua saluran.
Sederhananya, pada multichannel marketing, Anda hanya bisa memilih satu pendekatan saja. Apakah secara online maupun offline. Ketika Anda sudah memilihnya, Anda harus fokus pada saluran atau media apa yang bisa digunakan untuk mendekatkan diri pada pelanggan. Jika Anda memutuskan untuk pendekatan secara offline, artinya Anda bisa menjangkau pelanggan dengan toko fisik, iklan display, bertemu langsung, dan lainnya.
Sementara itu di omnichannel marketing, Anda bisa menggunakan keduanya. Strategi pemasaran ini mencakup keseluruhan customer journey dan fokus untuk memberikan customer experience yang lebih baik lagi. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakan kedua pendekatan baik online maupun offline, Anda hanya perlu memusatkan perhatian kepada pelanggan. Memberikan apa yang mereka butuhkan dan juga memberikan pengalaman yang terbaik.
Strategi Multichannel Marketing
Tentu Anda menginginkan sebuah strategi multichannel marketing yang bisa membawa keberhasilan, bukan? Pada dasarnya, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan. Yaitu:
Buatlah dan Pertahankan Satu Pandangan tentang Pelanggan
Pelanggan akan mencoba untuk melakukan interaksi dengan bisnis Anda dari segala titik. Mulai dari media sosial, telepon, email, situs website, dan lainnya. Di sini, Anda juga perlu memahami bagaimana cara pelanggan berperilaku di setiap titik tersebut. Selain itu, Anda juga perlu membuat data tertentu dari setiap titik yang digunakan pelanggan.
Membangun Multichannel Marketing Platform
Sebuah multichannel marketing platform haruslah memiliki proses dan teknologi yang mendukung untuk penyampaian pesannya. Hal ini mencakup campaign management, bisa memberikan analisis terkini, mudah untuk dioperasikan, bisa melakukan optimasi kegiatan pemasaran yang ada, dan juga mampu mendukung kegiatan digital marketing bisnis Anda.
Sehingga nantinya Anda bisa menjangkau pelanggan yang tepat dengan penawaran yang tepat melalui saluran yang tepat juga. Dan disaat yang bersamaan bisa membantu mengurangi biaya pemasaran dan meningkatkan efektivitas dan kinerja pemasaran.
Konsisten dalam Memberikan Pengalaman Pelanggan di Setiap Multichannel Marketing
Strategi multichannel marketing yang terakhir adalah konsisten dalam memberikan pengalaman pelanggan. Baik untuk pendekatan online maupun offline. Sederhananya, jika Anda memberikan kemudahan A di pendekatan online, Anda juga harus memberikan hal yang sama di pendekatan offline.
BACA JUGA: Memaksimalkan Program Insentif Untuk Meningkatkan Market Share
Tingkatkan Strategi Multichannel Marketing Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Seperti yang disebutkan sebelumnya, konsistensi merupakan salah satu kunci yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan strategi multichannel marketing Anda. Misalnya dengan memberikan hadiah atau reward menarik di setiap pendekatan yang ada. Artinya, jika Anda memberikan pengalaman yang sama di setiap saluran. maka Anda berpotensi memberikan customer experience yang baik juga.
Maka dari itu, Anda bisa mempercayakan hal tersebut ahlinya. Benefit One Indonesia bisa membantu Anda untuk mengurus semua hal tersebut. Anda hanya perlu duduk santai dan membiarkan kami memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!