Tahukah Anda bahwa, hingga saat ini game masih digemari oleh banyak orang? Hampir semua umur dari berbagai kalangan memainkan game di ponselnya. Hal inilah yang mendasari adanya strategi gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan. Cara ini jug a bisa digunakan untuk meningkatkan customer engagement dan mempertahankan pelanggan setia.
Kendati demikian, Anda harus menyesuaikan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan tersebut dengan karakteristik mereka. Disaat yang sama, strategi ini juga bisa meningkatkan customer experience dan membangun hubungan serta komunitas pelanggan.
Pada kesempatan kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan secara langsung pentingnya gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan dan juga beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk membuatnya. Selengkapnya ada di bawah ini.
BACA JUGA: Membangun Customer Loyalty Di Industri FMCG
Mengapa Harus Ada Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan?
Sebelumnya, mari kita membahas apa itu gamifikasi. Adalah sebuah elemen dan mekanisme seperti game pada umumnya namun dalam konteks non-game. Jika Anda melihat ada banyak konten yang mengajak audiensnya untuk bermain atau terlibat langsung dengan isi pesannya, maka hal itu dinamakan konten gamifikasi.
Seiring dengan semakin berkembangnya tuntutan atas kebutuhan dan pengalaman pelanggan, perusahaan mulai memutar otak untuk memenuhi permintaan mereka. Salah satunya adalah dengan menempatkan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan. Faktanya, hal ini jauh lebih efektif untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun brand awareness, dan menumbuhkan customer lifetime value.
Gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan dibuat sedemikian rupa dengan memanfaatkan data dan informasi yang ada. Nantinya, dari data tersebut Anda bisa menciptakan pengalaman yang dipersonalisasi untuk meningkatkan customer experience yang lebih baik lagi.
Faktanya, Anda bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui strategi ini sebanyak 47%, lalu 15% untuk meningkatkan brand awareness, dan 22% untuk meningkatkan loyalty brand.
Jika target utama pasar Anda adalah generasi Z, maka cara ini adalah yang terbaik untuk dilkaukan. Sebab mereka tumbuh dan hidup berdampingan dengan teknologi canggih dan terkini. Sehingga Anda bisa dengan mudah meminta mereka untuk melakukan beberapa hal yang diinginkan (call to action).
Namun jangan lupa untuk memberikan balasan yang sesuai. Misalnya, Anda meminta pelanggan untuk memberikan ulasan positif tentang produk dan/atau layanan yang mereka gunakan. Maka nantinya setelah selesai, Anda bisa memberikan sejumlah poin yang jika dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah menarik.
Bagaimana Cara Menggunakan Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan?
Tertarik ingin mencobanya? Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam cara menggunakan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan. Yaitu:
Gamifikasi dalam Program Loyalitas Harus Memiliki Tujuan Utama
Anda perlu menetapkan tujuan utamanya. Apa yang ingin Anda capai dari gamifikasi ini. Apakah untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan? Meningkatkan brand awareness? Atau hal lainnya? Pastikan Anda sudah mengetahui dan memahami apa tujuan utamanya.
Siapa Target Pelanggan Anda
Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda harus menyesuaikan strategi gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan berdasarkan karakteristik mereka. Dengan begitu Anda jadi mengetahui jenis permainan apa yang sekiranya cocok dan bisa dilakukan oleh semua orang. Sehingga nantinya pelanggan juga akan menikmati konteks non-game ini tanpa harus mengeluh.
Dimana Pelanggan Anda Aktif
Ada banyak jenis saluran yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan. Media sosial, aplikasi pihak ketiga, email, situs website, dan lainnya. Nah sekarang tugas Anda adalah untuk mencari tahu di saluran mana mereka paling aktif. Lalu buatlah konten gamifikasi sesuai dengan saluran tersebut. Perlu digaris bawahi bahwa, setiap saluran memiliki bentuk konten yang berbeda-beda.
Apa Balasan untuk Pelanggan
Satu lagi hal yang perlu Anda perhatikan adalah apa balasan untuk pelanggan. Setelah mereka mengikuti konten non-game yang Anda berikan, jangan lupa untuk memberikan balasan yang sesuai. Misalnya dengan memberikan sejumlah poin, atau kupon belanja, dan lainnya. Jika bisa, usahakan untuk memberikan balasan yang lebih personal. Dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan.
Alasan Menambahkan Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan
Gamifikasi adalah penggunaan mekanisme permainan dan desain pengalaman yang bisa melibatkan dan memotivasi orang secara digital untuk mencapai tujuan mereka. Dengan kata lain, gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan bisa meningkatkan customer engagement.
Berikut beberapa alasan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya adalah:
Konten Gamifikasi Menarik Bagi Semua Kalangan
Alasan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan yang pertama adalah menarik bagi semua kalangan. Game bisa dinikmati siapa saja. Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan psikologi manusia dalam beberapa cara berbeda. Hal pertama adalah gamifikasi bisa memberikan rasa pencapaian seperti “menghadiahi” otak setiap kali seseorang sudah mencapai tujuannya. Dengan begitu orang tersebut bisa melakukan kegiatan yang sama untuk terus mendapatkan hadiah yang diinginkan.
Kedua, sifat game adalah kompetitif. Dalam program loyalitas pelanggan, tentu ada pembagian kelompok yang didasari atas jumlah pembelian. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat konten gamifikasi yang bisa mendorong sisi kompetitif pelanggan. Sehingga mereka akan berlomba-lomba untuk menjadi yang teratas.
Ketiga, game bisa membentuk sebuah kebiasaan. Misalnya dengan fitur daily log in. Dimana pelanggan yang melakukan log in aplikasi setiap harinya akan diberikan jumlah poin tertentu. Hasilnya, pelanggan akan terus menerus untuk log in agar bisa mendapatkan poin gratis tersebut. Mereka akan selalu kembali untuk mendapatkan hadiah gratis.
Membuat Program Loyalitas Pelanggan Anda Berbeda dengan yang Lain
Jika dijabarkan, ada banyak program loyalitas pelanggan saat ini. Namun tidak banyak pelanggan yang secara aktif menggunakannya. Untuk mengakalinya, Anda bisa membuat konten gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan Anda yang bisa menjadi pembeda dengan lainnya.
Meningkatkan Keterlibatan, Perjalanan, dan Pengalaman Pelanggan
Saat ini, konten gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan sepenuhnya sudah bertransformasi ke digital. Dimana hal ini juga akan membantu Anda untuk meningkatkan keterlibatan, perjalanan, dan pengalaman pelanggan secara digital juga. Untuk mengoptimalkannya, Anda bisa meminta pelanggan untuk membagikannya ke media sosial. Sehingga Anda bisa mendapatkan anggota baru.
Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan untuk Memberikan Insentif
Membuat gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan bisa membuat mereka merasa dihargai tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Namun, Anda harus melengkapinya dengan hadiah virtual berupa insentif dan reward. Nantinya keseluruhan paket tersebut bisa memberi nilai lebih kepada pelanggan.
Mendorong Pelanggan untuk Berinvestasi
Investasi yang dimaksud bukanlah dalam bentuk uang. Melainkan dalam bentuk waktu dan upaya untuk bisa terlibat dengan pengalaman yang diberikan oleh bisnis Anda. Sama halnya seperti daily log in yang disebutkan di atas. Konten gamifikasi mendorong mendorong pelanggan untuk melakukan kegiatan berulang. Dengan begitu, Anda juga bisa memperdalam dan memperpanjang pengalaman mereka dengan bisnis secara keseluruhan.
Memungkinkan Gamifikasi Pengalaman Pelanggan
Satu lagi alasan gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan adalah memungkinkan gamifikasi pengalaman mereka. Cara ini merupakan yang termudah jika Anda ingin mendeteksi mana hal yang paling disukai pelanggan dan mana yang menginginkan pengalaman lebih. Perhatikan selalu kolom ulasan dan review yang diberikan oleh pelanggan untuk membuat konten personalisasi lebih baik lagi.
Fitur Terbaik Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan
Secara garis besar, konten gamifikasi non-game adalah konten yang berisikan tentang beberapa hal yang harus dilakukan oleh pelanggan. Mulai dari mengisi kolom komentar, memberikan ulasan dan bintang lima, menyukai konten yang Anda unggah, membagikannya ke media sosial, dan masih banyak lagi.
Berikut beberapa fitur terbaik gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan yang bisa Anda lakukan. Meliputi:
Tantangan dan Lencana
FItur pertama yang bisa Anda terapkan adalah tantangan dan lencana. Tujuannya adalah untuk mendorong perilaku berulang dengan memberikan pelanggan rasa pencapaian untuk menyelesaikan tantangan. Nantinya Anda bisa memberikan tantangan yang harus diselesaikan. Setiap satu tantangan yang berhasil diselesaikan, mereka akan mendapatkan lencana atau badges. Mulai dari pangkat rendah hingga tinggi. Semakin banyak tantangan yang diselesaikan, maka pangkat lencana mereka juga akan semakin tinggi.
Interaksi Sosial Sebagai Konten Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan
Media sosial menjadi salah satu faktor yang menguatkan hubungan bisnis dengan pelanggannya. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mencapai beberapa tujuan. Misalnya untuk menerima umpan balik, mendapatkan wawasan dan pengetahuan terkait pelanggan, promosi mouth-to-mouth, dan lainnya. Anda bisa mengubah pelanggan menjadi pendukung bisnis Anda dengan memberikan reward.
Kuis dan Survei Sebagai Konten Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan
Selanjutnya, Anda bisa mencoba membuat konten kuis dan survei. Sebab pelanggan lebih menyukai dan tertarik pada konten yang menyenangkan. Buatlah desain visual yang menarik. Isi kontennya bisa berupa kuis atau survei. Mintalah pelanggan untuk berpartisipasi. Hal ini juga bisa meningkatkan customer engagement.
Treasure Hunt!
Umumnya, konten gamifikasi seperti treasure hunt ini mengajak pelanggan untuk mencari produk yang ditandai. Ketika mereka menemukannya, maka ada hadiah yang bisa langsung ditukarkan. Tujuan utama dari fitur ini adalah memungkinkan pelanggan untuk melihat beberapa produk lainnya yang mungkin disukai dan akan dibeli. Sehingga bisa membantu meningkatkan penjualan produk.
Leaderboards atau Papan Peringkat
Fitur gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan kali ini cocok bagi Anda yang menyertakan skor atau nilai setiap pelanggan. Bisa didasari atas pembelian terbanyak, jumlah poin yang dikumpulkan, jumlah tantangan yang diselesaikan, atau lainnya. Intinya mengajak pelanggan untuk terus berkompetisi dan mendapatkan hadiah baru.
Prize Wheel atau Roda Hadiah
Siapa yang tidak suka hadiah secara cuma-cuma? Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan mengajak pelanggan untuk terlibat. Gunakan prize wheel yang berisikan beberapa hadiah. Pelanggan diminta untuk memainkan roda hadiah tersebut dan menerima sesuai apa yang didapatkannya. Fitur ini merupakan cara terbaik untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan membangun antisipasi.
Menggunakan QR Codes
Penggunaan QR Codes saat ini sudah diimplementasikan dimana-mana. Fitur ini sangat cocok untuk membangung dan meningkatkan kesadaran program loyalitas pelanggan bisnis Anda. Ketika ada seseorang yang memindai kode QR tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman tujuan. Jangan lupa untuk memberikan hadiah sebagai imbalan atas upaya mereka, ya!
BACA JUGA: Memaksimalkan Program Insentif Untuk Meningkatkan Market Share
Gunakan Fitur Gamifikasi dalam Program Loyalitas Pelanggan Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Salah satu hal termudah untuk melakukan strategi gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan jasa pihak ketiga. Dimana ada banyak pilihan reward digital yang bisa terhubung langsung dengan aplikasi yang Anda buat. Percayakan saja pada ahlinya, Benefit One Indonesia!
Benefit One Indonesia bisa membantu Anda untuk mengurus semua hal tersebut. Anda hanya perlu duduk santai dan membiarkan kami memberikan pengalaman yang terbaik untuk pelanggan Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!