Faktanya, banyak dari pelanggan yang masih bingung ketika ingin mencoba produk dan/atau layanan baru. Bahkan mereka cenderung mencari rekomendasi dan ulasan positif dari orang lain yang dipercaya. Disinilah peran brand ambassador marketing untuk membantu bisnis Anda memasarkan apa yang dijual kepada target pelanggan.
Seorang brand ambassador akan membantu Anda dalam menjawab beberapa keraguan pelanggan, dan sekaligus bisa mengajak mereka untuk menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini!
BACA JUGA: Bisnis B2C: Pengertian, Jenis, dan 8 Strateginya di 2023
Apa itu Brand Ambassador?
Pada dasarnya, brand ambassador adalah seseorang yang mewakili dan mengiklankan sebuah bisnis atau perusahaan, mendukung semua hal yang ditawarkan oleh bisnis tersebut, hingga bertindak sebagai representatif atau identitas bisnis melalui kata-kata dan tindakan.
Pengertian lainnya dari brand ambassador adalah seseorang yang mendukung produk dan/atau layanan dari perusahaan tertentu. Orang tersebut ditugaskan untuk menjadi sumber informasi bagi para pelanggan bisnis. Sehingga pelanggan bisa semakin mempercayai produk dan/atau layanan yang ditawarkan dari bisnis tersebut.
Singkatnya, seorang brand ambassador merupakan orang yang ahli dalam membicarakan brand bisnis Anda secara online maupun offline. Tugasnya secara umum meliputi mengatur dan menyelenggarakan demonstrasi produk dan/atau layanan dari bisnis, mengulas produk dan/atau layanan baik online maupun offline, menulis blog atau cerita singkat yang positif untuk bisa menginformasikan pengalaman pelanggan yang diberikan oleh bisnis.
Umumnya, orang yang ditunjuk untuk menjadi brand ambassador adalah mereka yang memiliki kepopuleran dan bisa memberikan pengaruh di bidangnya. Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk membuat sebuah kesan tersendiri di benak pelanggan dan disaat yang bersamaan bisa mendorong penjualan.
Mereka yang terpilih juga biasanya diikutsertakan dalam berbagai kegiatan brand marketing. Misalnya seperti campaign sosial atau yang paling sederhana adalah mempromosikannya melalui akun media sosial pribadi.
Apa yang Dilakukan Brand Ambassador?
Secara garis besar, tugas utama dari seorang brand ambassador adalah menjadi jembatan antara perusahaan dengan pelanggannya. Baik itu dengan melakukan promosi secara online atau offline, memberikan ulasan positif terkait perusahaan, hingga meningkatkan brand awareness.
Brand ambassador berperan penting dalam marketing campaign yang tujuannya adalah untuk menarik pelanggan baru. Mereka juga bertugas untuk mendorong pertumbuhan brand untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut beberapa tugas utama dari seorang duta mereka yang umumnya dilakukan. Di antaranya adalah:
- Memberikan informasi seputar produk dan/atau layanan yang ditawarkan perusahaan
- Mengedukasi pelanggan terkait cara penggunaan, cara perawatan, dan hal lainnya yang diperlukan agar pelanggan menjadi mengerti tentang produk dan/atau layanan yang akan dibelinya
- Menyapa dan berinteraksi secara langsung dengan pelanggan
- Memberikan ulasan positif terkait produk dan/atau layanan yang sedang dipromosikan
- Mengumpulkan berbagai ulasan positif yang didapatkan dari pelanggan
Seberapa Penting Brand Ambassador untuk Perkembangan Bisnis Anda?
Meneruskan pembahasan mengenai apa yang dilakukan oleh brand ambassador, berikut beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika menggunakan duta mereka. Yaitu:
Brand Ambassador Bisa Memberikan Sentuhan Manusiawi untuk Bisnis Anda
Manfaat brand ambassador yang pertama adalah bisa memberikan sentuhan manusiawi. Artinya, pelanggan bisa melihat wujud nyata dari identitas brand Anda. Dibandingkan menggunakan desain atau animasi, pelanggan lebih menyukai jika diikuti dengan bukti nyata. Mereka bisa melihat bagaimana produk dan/atau layanan yang ditawarkan bisa menjawab permasalahan mereka.
Solusi untuk Kehadiran Sosial Bisnis
Seperti yang disebutkan sebelumnya, umumnya orang yang ditunjuk sebagai brand ambassador adalah mereka yang memiliki tingkat popularitas tinggi di media sosial dan bisa memberikan pengaruh besar. Maka dari itu, sering kali orang yang ditetapkan sebagai duta mereka diminta untuk membangun reputasi brand di dunia maya. Baik itu di media sosial atau di situs website
Memperluas Cakupan Pasar dengan Brand Ambassador
Hal lainnya dari manfaat brand ambassador adalah bisa membantu Anda untuk memperluas cakupan pasar. Terutama untuk Anda yang ingin membuka pasar baru. Ketika Anda ingin membuka pasar baru di kota tertentu. Tentunya untuk bisa menarik perhatian target pelanggan yang ada di kota tersebut, Anda harus menjangkaunya dengan bantuan dari beberapa orang lokal yang dianggap bisa mempromosikan brand.
Membantu Memperkuat Tim Pemasaran
kehadiran brand ambassador sebagai perwakilan bisnis bisa membantu memperkuat tim pemasaran. Terutama dengan promosi mulut ke mulut yang merupakan cara paling efektif untuk meningkatkan penjualan. Hal pemasaran ini dilakukan dengan memberikan ulasan positif terkait produk dan/atau layanan yang bisa mengubah persepsi publik terhadap brand Anda.
Brand Ambassador Adalah Pemecah Masalah yang Praktis
Tidak ada satupun bisnis yang luput dari ulasan negatif. Hal yang bisa Anda lakukan untuk menutupi semua ulasan negatif tersebut adalah dengan bantuan dari brand ambassador. Mereka memiliki kekuatan untuk menepis semua ulasan buruk yang ada. Salah satunya adalah dengan memberikan ulasan positif dan bentuk nyata dari penggunaan produk dan/atau layanan yang dijual.
Bisa Memberikan Apa yang Dibutuhkan Pelanggan: Kejujuran
Ketika brand ambassador mempromosikan produk dan/atau layanan secara langsung, maka hal yang terlintas di benak pelanggan adalah bukti nyata atau kejujuran. Tentunya hal ini akan memberikan dampak positif pada perusahaan.
Sebagai Salah Satu Bentuk dari Customer Support
Faktanya, banyak pelanggan yang merasa ragu ketika ingin mencoba produk dan/atau layanan baru. Ada banyak pertanyaan yang terlintas di benak mereka sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakannya. Nah, salah satu manfaat brand ambassador adalah untuk menjawab pertanyaan tersebut. Membuat pelanggan merasa tertarik dan akhirnya memutuskan untuk membeli merupakan bagian dari tugas seorang duta merek.
BACA JUGA: 12 Strategi Penerapan Kupon yang Bisa Meningkatkan Penjualan
Tingkatkan Brand Awareness Bisnis Anda dengan Benefit One Indonesia
Jika Anda memiliki program loyalitas pelanggan atau hal lainnya, Anda juga bisa memanfaatkan kehadiran brand ambassador untuk meningkatkan kesadaran merek di benak pelanggan. Tapi jika Anda belum memiliki program tersebut, mungkin Anda bisa mencoba menggunakan produk dari Benefit One Indonesia yang memang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!