Mengenal Empat Tingkatan Brand Awareness dan Strateginya

Mengenal Empat Tingkatan Brand Awareness dan Strateginya

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan salah satu hal penting yang harus dimasukan dalam strategi pemasaran Anda. Pernahkah Anda mendengar orang-orang mengatakan: “saya suka produk A”, “kalau untuk minuman, produk B jagoannya”, atau seperti “produk C memiliki kualitas yang baik, makanya saya suka”.

Jika pernah, ketahuilah bahwa pernyataan tersebut merupakan salah satu hasil dari brand awareness bisnis Anda. Yaitu penanaman nama bisnis di benak, gaya hidup, dan kebiasaan pelanggan sehari-hari. Hal ini bisa membuat pelanggan membeli produk dan/atau layanan Anda tanpa berpikir dua kali.

Agar lebih jelasnya, pada artikel kali ini Benefit One Indonesia akan memberikan panduan terkait empat tingkatan brand awareness dan juga beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkannya. Selengkapnya ada di bawah ini!

BACA JUGA: Pentingnya Brand Ambassador Marketing untuk Bisnis Anda

Apa itu Brand Awareness?

Sebelum itu, mari kita membahas apa itu brand awareness. Pada praktek bisnis, istilah kesadaran merek ini digunakan untuk menggambarkan cara dan upaya pelanggan dalam mengenali merek tertentu terkait produk dan/atau layanannya melalui gambar, logo, atau kualitas terkait lainnya.

Pengertian lainnya terkait brand awareness adalah sebuah ukuran yang digunakan untuk mengukur seberapa baik orang-orang mengenali brand bisnis Anda. Termasuk kesadaran mereka atas merek Anda. Mulai dari traffic hingga keterlibatan di media sosial. Hal ini nantinya bisa menciptakan tren sehingga brand Anda bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Hal yang perlu ditekankan adalah 95% keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan dilakukan secara tidak sadar. Maka dari itu sangat penting untuk sebuah bisnis meningkatkan brand awareness. Terlebih saat ini ada banyak desain kemasan yang serupa. Jika Anda tidak memainkan strategi yang benar, bisa-bisa pelanggan akan beralih ke kompetitor.

Seberapa Penting Brand Awareness untuk Bisnis Anda?

Tahukah Anda bahwa, brand awareness bisa menciptakan loyalitas pelanggan? Tentu saja semua ini berawal dari pelanggan yang menyadari keberadaan brand Anda, hingga menggunakan produk dan/atau layanannya berulang kali. Memang bukan hal yang mudah, namun harus dan layak untuk dilakukan.

Pertanyaan terbesarnya adalah “seberapa penting brand awareness untuk bisnis Anda?”. Mari simak beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, di bawah ini. Yaitu:

Brand Awareness Bisa Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Pelanggan

Sebelum memutuskan untuk melakukan pembelian dan menggunakan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda, pelanggan cenderung akan melakukan riset atau setidaknya bertanya pada orang-orang yang mereka percaya. Begitu ada pelanggan yang terikat dengan brand Anda, disaat itu jugalah orang tersebut akan mempercayai bisnis Anda. Nantinya hal ini bisa menular ke banyak orang, sehingga bisa membuat pembelian berulang dan meningkatkan penjualan.

Menciptakan Asosiasi dengan Brand Awareness

Asosiasi yang dimaksud di sini adalah bagaimana cara Anda mendorong pelanggan untuk mengganti kata-kata umum dengan istilah bermerek. Misalnya, ketika Anda ingin mencari informasi tentang sesuatu, maka Google adalah solusinya. Lalu ketika Anda memesan makan, pasti minumnya Teh Botol Sosro. Atau ketika Anda ingin membuat salinan dokumen, pasti Anda mencari Xerox.

Penggunaan istilah bermerek tersebutlah yang nantinya bisa menciptakan asosiasi bisnis Anda. Dan hal baik yang didapatkan adalah promosi gratis dari pelanggan yang sudah menggunakan dan mempercayai brand Anda.

Membangun Ekuitas Merek dengan Brand Awareness

Satu lagi manfaat brand awareness adalah membangun ekuitas merek. Hal ini menggambarkan bagaimana nilai sebuah merek ditentukan oleh customer experience dan persepsi keseluruhan terhadap merek tersebut. Dari pengalaman dan persepsi yang positif akan menciptakan ekuitas merek yang positif juga.

Begitu pelanggan menyadari keberadaan bisnis Anda, maka mereka akan mulai mengenalinya tanpa bantuan apapun, melakukan pembelian, hingga menimbulkan loyalitas merek, dan kelebihannya lainnya adalah bisa merekomendasikan produk dan/atau layanan Anda kepada orang lain.

Empat Tingkat Brand Awareness

Ada empat tingkatan brand awareness yang harus Anda pahami. Setiap tingkatannya memiliki tahap yang berbeda-beda dalam customer journey. Empat tingkatan ini terjadi secara berurutan. Mulai dari recognition, recall, top-of-mind, dan brand preference. Dengan memahami hal ini, Anda bisa menentukan strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek. Berikut uraian penjelasannya:

Recognition

Tingkatan brand awareness yang pertama adalah recognition atau pengenalan merek. Pada tahap ini, Anda bisa berindikasi bahwa pelanggan sudah melihat dan mengetahui merek bisnis Anda. Dalam prakteknya, brand bisnis harus bisa dikenali oleh target pelanggannya. Tujuannya adalah agar mereka bisa mempertimbangkan untuk melakukan pembelian.

Gunakanlah visual yang menarik, kuat, dan unik dalam mempromosikan produk dan/atau layanan Anda. Namun harus tetap memastikan bahwa alat promosi tersebut bisa dibaca dan ditampilkan dengan baik dan jelas.

Recall

Recall atau mengingat kembali merupakan tingkatan brand awareness kedua. Di tahap ini, pelanggan dapat mengingat merek ketika melihat produk dan/atau layanannya, namun masih memerlukan bantuan. Hal inilah mengapa Anda harus menggunakan nama brand yang mudah diingat dan dilafalkan. Tujuannya adalah untuk memudahkan pelanggan dalam mengingat merek Anda.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyertakan brand di setiap iklan, slogan, jingle, atau mengasosiasikan merek dengan emosi positif. Sehingga bisa menarik atensi target pelanggan Anda.

Top-of-Mind

Top-of-mind atau ketika merek bisnis Anda sudah tertanam di benak pelanggan, memungkinkan mereka untuk membelinya tanpa sadar. Ketika ditanya tentang suatu hal yang berkaitan dengan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda, mereka akan memikirkannya pertama kali. Anda bisa meningkatkannya melalui iklan, hingga menciptakan customer experience yang positif dan berkesan.

Brand Preference

Tingkatan brand awareness terakhir adalah brand preference atau preferensi merek. Tahapan ini menunjukkan bahwa pelanggan lebih memilih untuk menggunakan brand bisnis Anda dibandingkan dari kompetitor yang sejenis. Ketika hal ini terjadi pada bisnis Anda, maka besar kemungkinan merek Anda akan mengalami perkembangan yang signifikan dan bisa sukses untuk waktu yang lama.

Mengenal Empat Tingkatan Brand Awareness dan Strateginya

Strategi Membangun Brand Awareness

Faktanya, untuk bisa membangun brand awareness yang efektif tidak semudah membalikan telapak tangan. Artinya, Anda harus menggunakan beberapa strategi yang bisa membuat pelanggan menyadari keberadaan bisnis Anda.

Berikut beberapa strategi membangun brand awareness yang bisa dilakukan untuk bisnis Anda. Di antaranya adalah:

Membangun Brand Awareness dengan Mengenali Pelanggan

Strategi membangun brand awareness yang pertama adalah dengan mengenali pelanggan Anda. Ketahui apa yang mereka sukai, hal apa yang mereka butuhkan, apa yang membuat mereka semangat, hingga hal apa yang bisa memuaskan mereka. Gunakan data tersebut dalam setiap promosi produk dan/atau layanan dari bisnis Anda. Hal yang harus Anda pastikan adalah customer centricity. Dimana pusat bisnis Anda adalah pelanggan itu sendiri. Bukanlah diri Anda sebagai sebuah perusahaan bisnis.

Bersosialisasi untuk Meningkatkan Brand Awareness

Cara agar Anda bisa tetap berhubungan dengan pelanggan adalah bersosialisasi. Namun bukan sosialisasi bisnis yang dimaksud. Strategi membangun brand awareness yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat konten yang sesuai, merespon semua pertanyaan, ulasan, pesan masuk, dan review yang diberikan oleh pelanggan, hingga menyukai konten yang mereka bagikan ke Anda.

Faktanya, 50% reputasi merek berasal dari aktivitas sosialisasi secara online. Dengan begitu Anda bisa lebih dikenal dan tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Serta disaat yang bersamaan juga meningkatkan kesadaran merek.

Bercerita Narasi

Menceritakan narasi merupakan salah satu strategi membangun brand awareness yang efektif dan ampuh. Sebab hal ini seperti Anda memberikan suatu hal nyata yang berkaitan dengan apa yang dialami oleh pelanggan. Membuat narasi seputar merek Anda juga bisa memanusiakan brand Anda dan memberikannya nilai lebih. Sementara itu, memasukan narasi dalam promosi bisa membantu meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan penjualan produk.

Memudahkan Pelanggan untuk Berbagi

Strategi membangun brand awareness yang terakhir adalah memudahkan pelanggan untuk berbagi. Misalnya dalam media sosial, buatlah akses yang mudah bagi pelanggan yang ingin membagikan konten Anda atau sebaliknya. Strategi ini bisa digunakan sebagai promosi mulut ke mulut yang paling efektif untuk membangun kepercayaan dan juga menjaga hubungan baik dengan mereka.

Hal ini adalah penggambaran terkait interaksi Anda dengan pelanggan dengan cara yang tidak menuntut. Apakah Anda sudah melakukannya?

BACA JUGA: Panduan Membuat Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Ingin Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda? Benefit One Indonesia Solusinya!

Setelah Anda memahami pengertian brand awareness dan mengetahui seberapa pentingnya, tentu Anda ingin segera meningkatkan hal tersebut, bukan? Kendati demikian, meningkatkan kesadaran merek juga harus didukung dengan alat bantu. Maka dari itu, Anda bisa memulainya bersama Benefit One Indonesia.

Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk mengenali dan terlibat dengan pelanggan internal dan eksternal. Didukung dengan pengetahuan dan wawasan yang lebih banyak mengenai pelanggan.

Sehingga nantinya Anda bisa memberikan penghargaan atau hadiah yang paling sesuai kepada mereka. Dengan kata lain, Benefit One Indonesia mengajak Anda untuk terlibat, mengenali, memberikan penghargaan, dan meningkatkan brand Anda.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!