Brand equity adalah ukuran nilai yang ditujukan pada produk bermerek. Hal ini juga menjadi jawaban bagi pertanyaan terbesar mengapa orang-orang rela membayar lebih mahal untuk produk dan/atau layanan yang memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan yang murah.
Pada prakteknya, brand equity adalah perpanjangan dari brand recognition. Akan tetapi didukung dengan nilai tambah dari merek tersebut. Faktanya, hal ini bisa memberikan dampak langsung pada peningkatan penjualan dan keuntungan perusahaan. Bahkan disaat yang bersamaan juga bisa memberikan reputasi positif untuk perusahaan.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan mengajak Anda untuk memahami apa itu brand equity dan hal-hal yang berkaitan. Selengkapnya ada di bawah ini.
BACA JUGA: Mengenal Empat Tingkatan Brand Awareness dan Strateginya
Brand Equity Adalah
Meneruskan penjelasan sebelumnya, brand equity adalah sebuah nilai premium yang dihasilkan perusahaan dari produk dengan memberikan nama yang mudah untuk dikenal dibandingkan produk sejenis lainnya. Tujuannya adalah untuk membuat produk dan/atau layanan yang ditawarkan mudah diingat, mudah dikenali, dan juga lebih unggul dibandingkan kompetitor sejenis.
Sederhananya, brand equity adalah sebuah istilah pemasaran yang menggambarkan nilai dari suatu merek. Tentu saja nilai ini dihasilkan dari persepsi dan pengalaman pelanggan pada merek tersebut. Artinya, jika pelanggan menganggap tinggi sebuah merek, maka brand tersebut memiliki ekuitas merek yang positif. Dan berlaku sebaliknya.
Dengan memahami konsepnya, brand equity adalah alat yang mudah untuk membantu Anda memenuhi potensi kompetitif dari bisnis. Kendati demikian, untuk membangun sebuah ekuitas merek bukanlah hal yang mudah. Sebelum brand bisnis Anda berhasil mendapatkan nilai premium, sejauh mana orang-orang mengenali brand Anda? Sejauh mana customer journey dan customer experience yang dirasakan oleh pelanggan?
Ada banyak tahapan dan strategi yang harus Anda lakukan sebelum benar-benar berhasil membangun brand equity. Mari kita simak lebih lanjut penjelasan di bawah ini.
Seberapa Penting Brand Equity untuk Bisnis Anda?
Brand equity adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan untuk bisnis Anda. Ada banyak alasan yang bisa menjadi landasan dasar mengapa ekuitas merek penting. Yaitu:
Brand Equity Adalah Loyalitas Pelanggan
Hal ini bisa terjadi karena pelanggan lebih memilih brand Anda dibandingkan dengan lainnya. Meskipun Anda menawarkan harga yang lebih mahal, jika pelanggan sudah mempercayai dan mendapatkan customer experience yang baik dari bisnis Anda, maka mereka akan tetap melakukan pembelian berulang. Sebab ada nilai tambah yang mereka dapatkan setiap kali melakukan hubungan bisnis dengan brand Anda.
Nilai Tambah yang Lebih Tinggi
Fakta menarik dari brand equity adalah pelanggan rela membayar lebih untuk bisa membeli produk dan/atau layanan dari sebuah brand. Bahkan tidak jarang juga dari beberapa perusahaan yang memang menetapkan harga tinggi. Tahukah Anda bahwa, merek yang kuat bisa memberikan keunggulan kompetitif di pasarnya? Hal ini karena pelanggan cenderung memilih brand yang sudah mereka kenal dibandingkan yang baru.
Mendapatkan Reputasi Positif
Satu lagi alasan mengapa ekuitas merek sangat penting untuk bisnis Anda adalah memberikan reputasi positif. Pada prakteknya, bisnis yang memiliki brand equity tinggi dan kuat sering kali mendapatkan reputasi positif. Sebab, harga yang ditawarkan sebanding dengan kualitas produk dan layanan yang diberikan. Sehingga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan.
Elemen Brand Equity Adalah
Hal yang perlu Anda perhatikan dari brand equity adalah hal ini berkembang dan tumbuh sebagai hasil dari customer experience dengan brand Anda. Tentunya proses ini melibatkan hubungan antara Anda si pemilik bisnis dengan pelanggan setia dari merek. Ada beberapa elemen yang harus diperhatikan untuk bisa membangun ekuitas merek. Meliputi:
Brand Awareness
Brand awareness dalam brand equity adalah sejauh mana merek dapat dikenal atau dikenali oleh pelanggan dan banyak orang. Sebuah bisnis yang memiliki ekuitas merek tinggi pasti akan langsung muncul di benak pelanggan ketika mereka ingin mencari produk dan/atau layanan yang berhubungan.
Brand Loyalty
Elemen brand equity kedua adalah brand loyalty atau loyalitas merek. Dimana pelanggan percaya pada nilai yang ada di dalam produk dan/atau layanan dari brand tertentu. Mereka pun tidak akan ragu untuk melakukan pembelian berulang dan tidak akan beralih ke bisnis lain.
Brand Image
Selanjutnya ada brand image. Dimana hal ini mengacu pada persepsi yang dimiliki pelanggan terkait atribut dari merek tersebut. Meliputi kualitas produk dan/atau layanan, keandalan, keunikan, dan lainnya.
Brand Associations
Jika elemen brand equity sebelumnya berhubungan dengan atribut dari merek, brand associations berhubungan dengan citra merek secara keseluruhan. Artinya bagaimana pelanggan melihat manfaat, fungsional, sosial, atau emosional dari produk dan/atau layanan yang Anda tawarkan. Jika pelanggan mengasosiasikan semua atribut dengan positif, maka ekuitas merek yang dihasilkan pun juga tinggi.
Brand Value
Teakhir dari elemen brand equity adalah brand value. Elemen ini mengacu pada manfaat yang dirasakan dan nilai produk dan/atau layanan secara keseluruhan yang kemudian diasosiasikan oleh pelanggan terhadap suatu merek. Singkatnya, nilai sebuah brand yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian.
Strategi Membangun Brand Equity Adalah
Tahukah Anda bahwa, membangun brand equity yang kuat merupakan pondasi dan dari kesuksesan jangka panjang sebuah bisnis? Hal ini bisa dilakukan dengan memperkuat dan berinvestasi pada elemen brand equity di atas.
Berikut beberapa strategi membangun brand equity untuk bisnis Anda. Di antaranya adalah:
Membangun Brand Awareness yang Kuat
Strategi membangun brand equity pertama adalah dengan membangun brand awareness yang kuat. Di sini Anda bisa mulai menciptakan atribut merek yang positif, kuat, unik, dan tentunya mudah untuk diingat dan dikenali oleh pelanggan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah mengiklankan produk dan/atau layanan di berbagai media yang ada, terlibat dengan berbagai komunitas di media sosial, hingga membuat konten viral yang relevan.
Memposisikan Brand Anda Secara Stabil dan Konsisten di Pasar
Ketika Anda memposisikan brand secara stabil dan konsisten di pasar, pelanggan tidak akan bingung atau ragu untuk memperjuangkan bisnis Anda. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperjelas ciri khas bisnis pada produk dan/atau layanan yang ditawarkan, menjelaskan manfaat yang bisa mereka dapatkan dari produk dan/atau layanan tersebut, hingga menyampaikan nilai dan makna dari brand Anda secara sadar dan konsisten.
Membuat Asosiasi Merek yang Positif
Dari asosiasi merek yang kuat, Anda bisa membangun loyalitas pelanggan yang kuat juga. Strategi membangun brand equity ini bisa meningkatkan cara pelanggan memandang merek Anda. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan iklan yang menarik, jelas, padat, informatif, sosial, serta emosional dari produk dan/atau layanan Anda. Lalu Anda juga menggunakan jasa influencer atau tokoh publik lainnya untuk memasarkan bisnis.
Memperkuat Hubungan yang Sudah Terjalin
Selanjutnya, Anda bisa melakukan strategi membangun brand equity adalah memperkuat hubungan yang sudah terjalin dengan pelanggan. Bisa melalui media sosial, email, melacak pemberitaan dan komentar negatif, hingga menyediakan layanan pelanggan yang responsif dan selalu ada setiap saat.
BACA JUGA: 9 Strategi Direct Selling Yang Bisa Menguntungkan Bisnis
Membangun dan Meningkatkan Brand Equity Bersama Benefit One Indonesia
Brand equity adalah hal yang mengacu pada nilai tambah sebuah merek dari produk dan/atau layanan yang Anda berikan. Tentu saja hal ini juga berkaitan dengan persepsi positif atau ketertarikan emosional yang dimiliki pelanggan terhadap sebuah merek. Maka dari itu, untuk bisa membangun brand equity yang baik dan efektif, Anda harus bisa memberikan customer experience yang baik.
Anda tidak perlu pusing lagi bagaimana caranya untuk mengajak pelanggan ikut terlibat. Benefit One Indonesia akan membantu Anda dalam urusan tersebut. Tidak hanya meningkatkan engagement, Benefit One Indonesia juga bisa membantu untuk meningkatkan keuntungan dan nilai bisnis Anda.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!