7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda

7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda

Customer loyalty dan retention merupakan dua hal penting untuk perkembangan serta pertumbuhan bisnis. Faktanya, pelanggan yang setia tidak hanya bisa memberikan keuntungan bisnis dari pembelian berulang saja, tetapi juga bisa menjadi brand advocate terbaik untuk bisnis Anda.

Agar bisa mendapatkan kedua hal tersebut, Anda harus memiliki strategi yang bisa meningkatkan customer loyalty dan retention. Seperti apa strateginya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 4 Strategi Loyalty Marketing untuk Mempertahankan Pelanggan Setia

Mengapa Customer Loyalty dan Retention Sangat Penting untuk Bisnis Anda?

Ketika Anda menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda menginginkan kesuksesan untuk jangka panjang, bukan? Bisnis adalah tentang sebuah keuntungan. Akan tetapi dari mana keuntungan itu berasal? Jawabannya adalah pelanggan. Mereka menjadi penentu utama apakah bisnis yang Anda jalankan bisa bertahan atau tidak di ketatnya persaingan pasar saat ini.

Di sisi lain, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan juga bisa menjadi kunci utama dari keberhasilan sebuah bisnis. Dalam hal ini, customer loyalty dan retention berperan penting. Pada prakteknya, lebih mudah mengubah pelanggan lama menjadi pelanggan tetap agar bisa menjaga keuntungan tetap di angka tertinggi. Hal ini terjadi karena mereka sudah mempercayai brand Anda dan dari hubungan bisnis yang terjalin.

Lalu mengapa customer loyalty dan retention sangat penting untuk bisnis Anda? Berikut beberapa alasan yang perlu Anda garis bawahi:

  • Tidak memerlukan biaya yang banyak
  • Mendapatkan brand advocate secara cuma-cuma
  • Memperluas jangkauan pasar
  • Keuntungan bisnis yang lebih baik
  • Lebih banyak loyalitas pelanggan yang didapatkan

Customer loyalty dan retention merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Dari retention, Anda bisa mendapat data mengenai transaksi yang dilakukan oleh pelanggan sehingga bisa mempertahankan pendapatan. Sedangkan dari loyalty, Anda bisa mendapatkan wawasan mengenai apa yang membuat pelanggan puas dan tidak pada brand dan mencegahnya untuk terjadi di masa mendatang.

Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention yang Bisa Anda Lakukan

Fokus utama dari sebuah bisnis adalah pelanggan. Jadi, ketika kita membahas mengenai strategi yang akan digunakan, maka orientasinya adalah pelanggan. Semua strategi meningkatkan customer loyalty dan retention di bawah ini, harus difokuskan kepada pelanggan.

Memberikan Pelayanan Pelanggan Dengan Baik

Strategi meningkatkan customer loyalty dan retention yang pertama adalah dengan memberikan pelayanan pelanggan dengan baik. Tahukah Anda bahwa, pelayanan pelanggan merupakan faktor pendorong loyalitas pelanggan? Bentuk pelayanan ini merupakan salah satu customer touch points yang harus diperhatikan. Pastikan Anda sudah menempatkan orang-orang terlatih di bidang ini. Sehingga bisa memberikan kepuasan pada pelanggan.

Tetap Terhubung dengan Pelanggan untuk Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Terutama di era digital seperti saat ini. Ada banyak saluran yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menjangkau mereka. Seperti media sosial, email, iklan, dan lainnya. Tujuannya adalah untuk berkomunikasi kepada mereka, memberitahukan informasi penting terkait bisnis Anda, hingga memberikan penawaran khusus.

Menawarkan Hadiah atau Reward Insentif

Untuk bisa meningkatkan customer loyalty dan retention, Anda harus menawarkan hadiah atau reward insentif untuk menjaga mereka. Misalnya seperti diskon khusus member, penawaran menarik, hadiah eksklusif, cashback, dan masih banyak lagi. Hadiah atau reward insentif ini bisa memberikan nilai lebih kepada pelanggan dan memberikan alasan lain untuk tetap bertahan pada brand Anda.

7 Strategi Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention untuk Bisnis Anda

Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention dengan Menciptakan Personalisasi Pengalaman

Faktanya, saat ini pelanggan memegang kontrol atas bisnis Anda. Bukan sebaliknya. Mereka menuntut dan berharap sebuah brand bisa memberikan sesuatu yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Salah satunya adalah personalisasi pengalaman. Gunakan data pelanggan yang Anda miliki untuk menciptakan personalisasi pengalaman, membuat penawaran, memberikan rekomendasi, hingga komunikasi yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan minat dan preferensi mereka.

Meminta Umpan Balik dari Pelanggan

Hal yang tidak boleh dilewatkan jika ingin meningkatkan customer loyalty dan retention adalah umpan balik dari pelanggan. Semua bentuk umpan balik yang diberikan, baik yang positif atau negatif, semuanya merupakan data dan wawasan yang tidak ternilai. Luangkan waktu untuk membaca atau mendengar semua umpan balik yang diberikan untuk meningkatkan produk, layanan, serta customer experience.

Memahami Pelanggan Sebagai Cara Menjaga Customer Loyalty dan Retention

Sebagian besar bisnis merasa kesulitan untuk membaca dan mengolah data pelanggan yang banyak. Tapi siapa sangka jika dari hal tersebut, Anda kehilangan kesempatan untuk bisa memahami pelanggan lebih jauh. Seperti yang disebutkan sebelumnya, di era digital seperti saat ini ada banyak saluran yang bisa digunakan.

Optimalkan semua saluran yang ada untuk berinteraksi, tetap terhubung, dan memahami pelanggan. Strategi meningkatkan customer loyalty dan retention ini bisa membantu Anda untuk mengetahui dimana pelanggan paling sering berinteraksi dengan bisnis.

Lakukan Hal yang Lebih untuk Pelanggan

Tidak ada salahnya ketika Anda ingin melakukan hal yang lebih untuk pelanggan. Terlebih ketika apa yang Anda berikan, ternyata melampaui ekspektasi mereka. Kejutan-kejutan seperti itu bisa membantu meningkatkan customer loyalty dan retention. Contohnya dengan memberikan pelayanan pelanggan yang memuaskan. Dengan memberikan solusi yang cepat, mengirim teknisi jika diperlukan, atau mengirimkan produk pengganti tanpa biaya tambahan. Tindakan lebih seperti itu bisa mendorong pelanggan untuk tetap setia pada brand Anda.

BACA JUGA: 6 Bentuk Customer Service B2C yang Bisa Diberikan untuk Pelanggan

Meningkatkan Customer Loyalty dan Retention Bersama Benefit One Indonesia

Cara termudah untuk menjaga customer loyalty dan retention adalah dengan membuat program loyalitas. Program ini tidak hanya bertujuan untuk menjaga pelanggan setia, tetapi juga mendorong pembelian berulang. Namun pastikan Anda memberikan hadiah atau reward insentif yang sepadan dengan apa yang mereka habiskan untuk bisnis Anda.

Nah, salah satu pihak ketiga yang bisa membantu Anda untuk mengatasi hal tersebut adalah Benefit One Indonesia. Anda tidak perlu pusing lagi dalam memberikan hadiah atau reward sesuai keinginan pelanggan. Sebab semua masalah tersebut sudah diatasi oleh ahlinya.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!