Kepuasan karyawan menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan di lingkungan kerja. Dalam prakteknya, faktor terpenting ini menjadi kunci penting untuk kesuksesan dan perkembangan sebuah bisnis. Sudah menjadi rahasia umum jika karyawan yang merasa puas dengan lingkungan kerjanya, mereka akan memberikan produktivitas terbaik.
Begitupun juga dengan Anda sebagai pemberi kerja, harus tetap bisa menjaga kepuasan karyawan. Tujuannya adalah untuk tetap menjaga kinerja produktivitas, inovasi, dan semangat kerja secara menyeluruh. Terutama jika perusahaan Anda bekerja di bidang yang berhubungan langsung dengan pelanggan.
Lalu bagaimana cara menjaga kepuasan karyawan yang efektif di lingkungan kerja? Apa saja faktor yang menyebabkan turunnya tingkat kepuasan tersebut? Mengapa menjaga karyawan merasa puas itu sangat penting? Simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini, ya!
BACA JUGA: Mengapa Anda Perlu Membangun Program Loyalitas Karyawan di Perusahaan?
Apa itu Kepuasan Karyawan?
Sebelum kita membahas bagaimana cara menjaganya, ada baiknya jika kita bahas hal yang paling mendasar terlebih dulu. Apa itu kepuasan karyawan?
Kepuasan karyawan adalah tingkat kebahagiaan atau kepuasan yang dirasakan karyawan atas pekerjaannya. Artinya, jika mereka merasa senang dan puas dengan manajemen dan budaya kerja di perusahaannya, maka mereka akan memberikan upaya terbaiknya untuk ikut memajukan perusahaan tersebut. Sebaliknya, jika mereka tidak merasa puas, maka mereka juga akan merasa enggan untuk berkontribusi demi perusahaan.
Penjelasan lainnya terkait kepuasan karyawan adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan apakah karyawan tersebut merasa senang dan terpenuhi segala keinginan dan kebutuhannya di tempat kerja. Sehingga mereka bisa memberikan kontribusi yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Ketika kita berbicara tentang lingkungan dan tempat kerja, baik si pemberi kerja dan karyawan, sama-sama mencari hal yang lebih dari sekedar untuk “memenuhi harapan” semata. Maka dari itu, sebelum Anda berharap lebih kepada karyawan, ada baiknya untuk memberikan kepuasan yang mereka butuhkan terlebih dulu.
Tentunya, ketika mereka masih dalam tahap mencari pekerjaan, mereka akan memilih perusahaan yang bisa memenuhi ekspektasi dan berbagai macam faktor pendukung lainnya. Kendati demikian, kepuasan karyawan menjadi sebuah tren yang ikut mengalami perubahan dari waktu ke waktu seiring dengan perkembangan industri.
Mengapa Menjaga Kepuasan Karyawan itu Sangat Penting?
Seperti yang disebutkan di atas, karyawan yang merasa puas dengan tempat dan lingkungan kerjanya cenderung akan memberikan yang terbaik untuk memajukan perusahaan. Mereka akan menyelesaikan pekerjaan dengan baik, berkontribusi secara sukarela untuk perusahaan, hingga bertahan lama di perusahaan.
Tidak hanya itu, kepuasan karyawan juga memegang peranan penting untuk menjaga angka retensi karyawan. Ada banyak alasan mengapa menjaga karyawan agar tetap puas itu sangat penting. Di antaranya adalah:
Efisiensi Tempat Kerja
Logikanya, kepuasan karyawan bisa menjaga mereka untuk memiliki fokus yang lebih baik dan membuat mereka merasa bangga atas apa yang dikerjakannya. Hal ini bisa membuat Anda mencapai tujuan bisnis dengan mudah dan cepat. Selain itu, mereka juga akan membangun hubungan internal yang bisa menghasilkan kolaborasi lebih besar, berbagi informasi dengan sesama divisi, hingga meningkatkan kinerja dan efisiensinya secara keseluruhan.
Kepuasan Karyawan Bisa Menjaga Angka Retensi
Angka retensi karyawan mengacu pada seberapa lama mereka bisa bertahan di perusahaan. Melakukan pergantian karyawan bukanlah hal yang mudah dan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Belum lagi Anda harus memberikan kompensasi sebelum mereka keluar dari perusahaan. Maka dari itu, jika Anda ingin menjaga angka retensi tersebut, ada baiknya untuk terus menjaga karyawan Anda merasa puas selama bekerja.
Pelanggan yang Merasa Puas
Pelanggan yang merasa puas juga merupakan hasil dari kepuasan karyawan. Mereka akan dengan senang, ceria, dan menunjukkan antusiasmenya setiap kali berinteraksi dengan pelanggan. Sikap seperti inilah yang dibutuhkan untuk menjaga pelanggan merasa nyaman, senang, dan puas. Alasan ini juga penting untuk membangun hubungan antara pelanggan dan brand.
Faktor yang Menyebabkan Kepuasan Karyawan Menurun
Apakah Anda sudah mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan kepuasan karyawan menurun? Berbagai faktor ini menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan dalam tempat dan lingkungan kerja. Beberapa di antaranya yakni:
- Kompensasi yang Rendah: gaji yang tidak sesuai dengan pasar kerja, tidak adanya kenaikan gaji, gagal untuk menyesuaikan kompensasi untuk karyawan yang memiliki kinerja tinggi
- Kurangnya Perkembangan dan Pertumbuhan Karir: tidak mendapatkan keterampilan, wawasan, pengetahuan baru terkait hal-hal yang bisa membantu karir mereka. Kurangnya kesempatan untuk berkembang
- Manajemen Perusahaan yang Buruk: manajemen yang tidak terlibat, tidak mendukung, tidak kompeten, tidak membantu bisa merusak kepuasan karyawan dengan cepat
- Hubungan Buruk dengan Rekan Kerja atau Manajer: konflik yang tidak kunjung usai, kurangnya rasa percaya, pengucilan, perundungan, hingga pemberian sikap yang tidak adil terhadap karyawan
- Kurangnya Apresiasi dan Pengakuan: kurang atau tidak memberikan pujian terhadap dedikasi dan kontribusi karyawan
- Work-Life Balance yang Tidak Seimbang: sering melakukan kerja lembur, pekerjaan yang menumpuk dan tidak kunjung usai, karyawan yang mengalami kelelahan mental dan fisik, kurangnya waktu untuk istirahat, dan lainnya
Sekarang, coba Anda lakukan penelitian atau survey pada karyawan. Apakah salah satu atau lebih dari faktor di atas ada yang dikeluhkan? Jika ada, maka Anda belum bisa menjaga kepuasan karyawan dengan baik. Lalu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya?
Cara Menjaga Kepuasan Karyawan yang Efektif di Lingkungan Kerja
Jika dari hasil penelitian atau survey yang ditunjukan menyatakan bahwa karyawan kurang merasa puas, artinya Anda belum maksimal dalam memberikan keinginan dan kebutuhan mereka di lingkungan kerja. Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk mengubahnya menjadi lebih baik?
Ada beberapa cara menjaga kepuasan karyawan yang efektif di lingkungan kerja, meliputi:
Ciptakan Lingkungan Kerja yang Positif untuk Menjaga Kepuasan Karyawan
Sudah terbukti bahwa lingkungan kerja yang positif bisa menjaga kepuasan karyawan. Faktor ini bisa menjaga karyawan agar tetap termotivasi selama bekerja yang bisa mempengaruhi kinerja mereka. Lingkungan kerja yang positif merupakan keseluruhan pengalaman yang dirasakan oleh karyawan, atasan, dan budaya perusahaan.
Ciptakan lingkungan kerja yang positif dengan cara:
- Berkomunikasi secara terbuka
- Membangun kepercayaan satu sama lain
- Menciptakan dan membangun hubungan kerja yang sehat
- Mendengarkan dan mempromosikan kesempatan yang sama untuk setiap karyawan
- Memberikan kesempatan untuk berkembang
Jangan Ragu untuk Melibatkan Karyawan
Ketika Anda melibatkan karyawan, artinya Anda turut membangun dan menjaga kepuasan karyawan. Cara ini dilakukan untuk menjaga mereka agar tetap merasa puas dan bahagia menjadi bagian dari perusahaan. Tidak hanya dalam pekerjaan, tetapi juga melibatkan mereka dalam setiap aspek. Dengarkan apa yang mereka butuhkan, keluhkan, dan lainnya. Kemudian berikan semua itu kepada mereka. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai.
Mendengarkan Ulasan atau Umpan Balik dari Karyawan
Ulasan atau umpan balik menjadi hal penting untuk mengukur kepuasan karyawan. Mungkin tidak semua ulasan atau umpan balik tersebut memberikan pujian atau rasa puas. Meskipun begitu, Anda juga harus menerima semua yang masuk, baik yang buruk atau bagus. Apabila tidak ada ulasan atau umpan balik, maka Anda tidak akan pernah tahu apa yang ada di pikiran karyawan, dan bagaimana cara meningkatkan serta menjaga kepuasan mereka.
Kepuasan Karyawan itu Membutuhkan Work-Life Balance yang Seimbang
Tahukah Anda bahwa, work-life balance bisa membantu karyawan untuk menyeimbangkan kehidupan profesional dan pribadi mereka? Tentu ada kalanya dimana karyawan merasa penat akan kerjaan yang menumpuk dan jadwal yang padat. Oleh karena itu, manajemen perusahaan bisa membantu untuk menyeimbangkannya, seperti:
- Memberlakukan jam kerja yang fleksibel
- Memberikan waktu untuk istirahat dan bersantai yang cukup
- Memulai program keseimbangan kehidupan kerja
- Sering melakukan interaksi tatap muka
Berikan Karyawan untuk Mengembangkan Karirnya
Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang bisa memberikan kesempatan karyawan untuk mengembangkan karirnya. Berikan pelatihan dan pengembangan karir yang bisa membantu mereka lebih baik dalam pekerjaannya. Hal ini akan membantu meningkatkan dan menjaga kepuasan karyawan dan efisiensi kerja. Selain itu, kesempatan ini menandakan bahwa Anda peduli terhadap pertumbuhan dan perkembangan karir karyawan.
Jangan Melupakan Kesejahteraan Karyawan
Kesejahteraan karyawan meliputi banyak hal. Mulai dari kesehatan mental dan fisik, finansial, budaya kerja, dan lainnya. Apabila Anda bisa memenuhi semua itu, maka Anda sudah turut menjaga kepuasan karyawan. Faktanya, karyawan yang sehat dan bebas dari rasa stres cenderung memiliki produktivitas yang lebih baik dan rasa tanggung jawab yang lebih besar terhadap pekerjaan mereka. Terlebih, mereka juga tidak akan segan untuk terlibat dan memberikan dedikasi terbaiknya untuk perusahaan.
Menetapkan Tujuan dan Sasaran Bisnis yang Jelas
Tim terbaik dalam perusahaan adalah mereka yang memiliki rasa antusiasme untuk memenuhi tujuan dan sasaran bisnis yang sudah ditentukan. Ketika sebuah perusahaan gagal dalam memberikan tujuan, sasaran, dan nilai perusahaan yang jelas, hal ini bisa menurunkan tingkat kepuasan karyawan. Dengan adanya tujuan, sasaran, dan nilai perusahaan ini bisa memberikan karyawan arahan dan jalan yang membuat mereka untuk terus berkontribusi untuk perusahaan.
Memberikan Penghargaan dan Pengakuan untuk Menjaga Kepuasan Karyawan
Sebuah penelitian menyebutkan bahwa, sebanyak 66% karyawan akan meninggalkan perusahaan yang membuat mereka merasa tidak dihargai dan diakui. Artinya, Anda tidak boleh lupa memberikan penghargaan dan pengakuan untuk karyawan yang sudah berdedikasi tinggi pada perusahaan. Hal ini bisa membangun semangat kerja, produktivitas, dan kepuasan karyawan secara menyeluruh. Salah satunya adalah dengan memberikan program loyalitas karyawan. Sudah mencobanya?
Lakukan Evaluasi dan Pengukuran Kepuasan Karyawan
Terakhir, Anda harus melakukan evaluasi dan pengukuran kepuasan karyawan. Bisa dengan memberikan survey atau bertanya langsung secara personal. Indikator yang bisa Anda tanyakan seputar kerja tim, umpan balik, keseimbangan kehidupan kerja, hubungan kerja, evaluasi diri, dan lainnya. Sesuaikan dengan data apa yang dibutuhkan. Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menempatkan kotak saran karyawan untuk mendengar masukan dari mereka secara anonim. Dari sini Anda bisa melakukan evaluasi dan pengukuran yang dibutuhkan.
BACA JUGA: 9 Cara Mengembangkan Employee Value Proposition Perusahaan Anda
Menjaga Kepuasan Karyawan dengan Program Loyalitas dari Benefit One Indonesia
Pada akhirnya, setiap perusahaan harus menyadari bahwa menjaga kepuasan karyawan dan melibatkan mereka adalah faktor utama untuk menjaga kelangsungan dan kemajuan bisnis. Karyawan yang merasa puas akan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan berdedikasi untuk mencapai tujuan bisnis.
Anda bisa menerapkan program loyalitas karyawan untuk menjaga kepuasan mereka. Di samping itu, program ini juga bisa cara untuk menghargai dan mengakui kontribusi karyawan Anda. Caranya dengan memberikan hadiah atau reward untuk setiap karyawan yang berhasil menyelesaikan misi atau pekerjaannya.
Benefit One Indonesia adalah salah satu mitra loyalitas yang bisa Anda percayakan untuk masalah tersebut. Tidak hanya memberikan solusi pintar saja, tetapi kami juga bisa memberikan ide-ide segar yang bisa membantu perkembangan dan kemajuan perusahaan Anda.Bahkan Anda tidak perlu pusing-pusing untuk memikirkan hadiah atau reward apa yang harus diberikan karena semuanya sudah ditangani oleh tim Benefit One Indonesia. Tertarik untuk mencobanya? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!