Adanya komunitas dalam program loyalitas bukanlah hal baru. Rasa kebersamaan yang meliputi rasa memiliki, keterkaitan, dan nilai-nilai yang dibagikan bersama terbentuk di antara sekelompok orang. Hal ini bisa meningkatkan ikatan emosional, meningkatkan kepuasan, dan menghasilkan promosi dari mulut ke mulut yang positif.
Pada prakteknya, program loyalitas yang berorientasi pada komunitas bisa menjadi keunggulan yang kompetitif di antara pesaing Anda. Bahkan dengan adanya komunitas ini Anda bisa mengumpulkan banyak umpan balik dan insight, serta menciptakan nilai bersama dengan pelanggan.
Lalu bagaimana kekuatan komunitas dalam program loyalitas yang sesungguhnya? Apa manfaat komunitas ini untuk brand Anda? Temukan jawaban selengkapnya di bawah ini.
BACA JUGA: Membangun Brand Community dari Program Loyalitas Pelanggan
Sekilas Tentang Komunitas dalam Program Loyalitas
Pelanggan zaman sekarang memiliki banyak pilihan dalam pasar industri. Hal ini membuat banyak bisnis berlomba-lomba untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Salah satunya adalah dengan program loyalitas. Bahkan, program loyalitas telah melampaui peran konvensional sebagai insentif transaksional belaka.
Ironisnya, sebagian besar program loyalitas hanya tentang pembelian yang berulang. Bukan tentang kesetiaan pelanggan sama sekali. Pelanggan hanya tertarik untuk bergabung dan terlibat karena ada hadiah yang ingin diklaim. Padahal, keberadaan komunitas dalam program loyalitas bisa membantu Anda untuk membangun hubungan jangka panjang yang melampaui ranah transaksi.
Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa, 66% brand percaya jika komunitas memiliki dampak yang luar biasa untuk mempertahankan pelanggan. Tidak heran jika membangun komunitas atau brand community akan menjadi tren program loyalitas di masa mendatang.
Keberadaan komunitas ini bisa membantu Anda untuk melacak perubahan ekspektasi pelanggan, menyatukan mereka sehingga bisa terjadi interaksi, hingga membuat pelanggan merasa tergerak atas gaya hidup, nilai, manfaat, dan dampak yang diwakili oleh merek tersebut.
Manfaat Komunitas dalam Program Loyalitas
Komunitas bagaikan kelompok kecil yang ada di dalam program loyalitas. Biasanya mereka berkumpul atas ketertarikan dan minat yang sama. Dan tentunya, komunitas ini tercipta karena ada pelanggan yang bergabung dalam program loyalitas Anda.
Berikut beberapa manfaat komunitas dalam program loyalitas yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:
Bisa Memperkuat Program Loyalitas Suatu Bisnis
Sejatinya, komunitas bukanlah program loyalitas yang berdiri sendiri. Melainkan berperan sebagai tambahan pada struktur program loyalitas itu sendiri. Hal ini akan membantu Anda untuk menambahkan customer touchpoints yang baru pada kerangka kerja.
Membentuk & Menambahkan Jumlah Komunitas yang Tidak Terbatas
Tujuan utama dengan membentuk komunitas adalah untuk memberikan pengalaman yang lebih dari sekedar transaksi semata. Pelanggan bisa berbagai informasi, minat, dan ketertarikan satu sama lain tanpa perlu melakukan transaksi atau memikirkan jumlah poin yang dikumpulkan. Tujuan inilah yang bisa membedakan program loyalitas Anda dengan pesaing.
Terhubung dengan Pelanggan Melalui Minat Mereka
Komunitas terbentuk berdasarkan minat, ketertarikan, dan/atau hobi yang sama. Pelanggan bisa terhubung satu sama lain dan saling berdiskusi terkait apa yang mereka sukai.
Mendukung Pembangunan Merek
Rasa kepemilikan yang Anda tawarkan bisa digunakan untuk menarik pelanggan jika dikaitkan dengan brand. Nantinya, rasa kepemilikan ini akan menarik pelanggan dengan minat tertentu sehingga membentuk komunitas yang bisa mendukung pembangunan komunitas.
Pengalaman yang Dipersonalisasi
Satu lagi manfaat komunitas dalam program loyalitas adalah dapat memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan sesuai. Hal ini bisa terjadi karena jumlah target audiens lebih kecil dengan minat yang sama. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam mengenal dan memahami mereka satu per satu.
Cara Memperkuat Komunitas dalam Program Loyalitas
Fakta menarik lainnya adalah komunitas bisa menyatukan pelanggan dan memperluas pengalaman mereka serta menjadikan mereka sebagai pelanggan setia. Bahkan, komunitas ini bisa menciptakan sebuah wadah atau platform yang bisa mengajak pelanggan untuk lebih terlibat dan berinteraksi.
Ada beberapa hal yang bisa membuat pelanggan menjadi loyal pada suatu merek. Yaitu; kepercayaan, nilai-nilai yang dianut bersama, serta pengalaman yang dipersonalisasi. Begitu pula dengan komunitas dan program loyalitas yang saling bekerja sama untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Cara memperkuat komunitas dalam program loyalitas itu ada banyak. Meliputi:
Gunakan Gamifikasi
Cara pertama adalah dengan menggunakan gamifikasi. Sebuah program loyalitas yang di-gamifikasi merupakan salah satu solusi untuk melibatkan pelanggan. Manfaatkan gamifikasi untuk memberikan sebuah misi atau tantangan dengan imbalan hadiah. Secara tidak langsung, pengalaman ini mendorong pelanggan untuk melakukan interaksi lebih sering. Di saat yang bersamaan, Anda juga bisa mengumpulkan banyak data dan informasi berharga milik pelanggan.
VIP Tier
VIP tear merupakan tingkatan VIP atau tingkatan keanggotaan. Anda bisa menambahkan opsi VIP ke dalam program loyalitas. Dengan begitu akan ada banyak pelanggan yang merasa istimewa dan dihargai. Gunakan komunitas VIP ini untuk memastikan jumlah pelanggan setia, menawarkan hadiah eksklusif, hadiah dan/atau pengalaman yang dipersonalisasi, dan early access untuk produk dan/atau layanan yang akan dirilis.
Berkreasi Bersama Komunitas dalam Program Loyalitas
Berkreasi bersama atau co-creation melibatkan pelanggan dalam proses kreativitas dan pengembangan produk dan/atau layanan baru. Cara ini bisa meningkatkan loyalitas pelanggan dengan melibatkan dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari sebuah merek. DI sisi lain, Anda pun bisa lebih memahami preferensi pelanggan terkait produk dan/atau layanan serta pengalaman mereka dengan merek.
Intinya, ketika sebuah merek mau mendengarkan kebutuhan dan keinginan pelanggannya, maka mereka akan merasa dihargai dan dipedulikan oleh merek yang mereka dukung.
Advokasi atau Pendukung Merek
Program loyalitas bisa memberikan insentif kepada pelanggan untuk menjadi pendukung merek dengan menyebarkan berita atau informasi dan merekrut anggota baru ke dalam komunitas. Agar cara ini bisa dilakukan dengan efektif, Anda harus terlebih dulu membangun hubungan dan ikatan emosional dengan pelanggan. Sehingga mereka akan secara sukarela ikut terlibat dengan merek.
BACA JUGA: Apa itu Emotional Loyalty dan Mengapa Penting untuk Bisnis?
Bentuk Komunitas dalam Program Loyalitas Anda Bersama Benefit One Indonesia
Terlepas dari keinginan Anda untuk memperkuat identitas brand atau memupuk rasa kepemilikan di antara pelanggan, hal yang perlu Anda perhatikan adalah komunitas dan program loyalitas harus berjalan seiringan. Hal ini akan mempermudah mereka untuk menjadikan brand Anda sebagai top of mind.
Berikan prioritas pada pengalaman yang dipersonalisasi dan hadiah yang sesuai. Tujuannya adalah untuk memperkuat nilai sebuah brand dan meningkatkan loyalitas untuk waktu yang lama.
Segera hubungi Benefit One Indonesia jika Anda sedang mencari mitra loyalitas yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Tidak hanya memberikan beragam pilihan hadiah eksklusif, Benefit One Indonesia juga bisa memberikan solusi inovatif untuk kelangsungan bisnis Anda.Hubungi kami kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!