Akhir-akhir ini, penggunaan e-voucher menjadi populer untuk dijadikan sebagai hadiah ke pelanggan. Baik untuk pelanggan setia maupun pelanggan baru. Kelebihan dari voucher elektronik ini adalah bisa dijadikan sebagai solusi hadiah di menit-menit terakhir. Bahkan voucher ini bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti uang.
Setiap bisnis bisa mengeluarkan e-vouchernya sendiri dengan bantuan mitra loyalitas terpercaya. Jenis hadiah ini merupakan salah satu hadiah yang sifatnya fleksibel dan bisa digunakan kapan saja sebelum tanggal berakhirnya kupon. Lalu bagaimana cara kerjanya? Apakah voucher elektronik ini aman untuk digunakan?
Temukan penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini.
BACA JUGA: Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?
Apa itu E-Voucher?
E-voucher adalah sebuah kupon dengan nilai tertentu yang dapat digunakan untuk membeli suatu produk dan/atau layanan dari sebuah toko atau situs web tertentu. Pelanggan yang memiliki kupon ini bebas membeli apa yang mereka mau selama tidak melebihi nominal yang tertera.
E-voucher merupakan bentuk digital dari gift card yang dikirim secara online melalui email atau SMS dengan pesan personalisasi dari sebuah brand
Umumnya, e-voucher dibuat untuk digunakan di berbagai toko offline atau retail tertentu. Namun kini penggunaannya sudah menyebar ke ranah online. Seperti yang kita ketahui bersama, saat ini sejumlah ecommerce sering kali membagikan kupon elektronik ini. Ada yang berupa potongan harga, gratis ongkir, hingga kupon belanja dengan nominal tertentu.
Meskipun bisa digunakan untuk membeli apa yang pelanggan mau, perlu diperhatikan bahwa tidak semua e-voucher bisa digunakan di semua toko. Artinya, ketika pelanggan mendapatkan kupon elektronik dari toko A, maka ia hanya bisa membeli produk dan/atau layanan dari toko tersebut.
Selain memiliki nominal tertentu, e-voucher juga memiliki tanggal expired. Pelanggan harus menggunakan kupon tersebut sebelum tanggal yang tertera. Jika tidak digunakan, maka voucher tersebut akan hangus dan sudah tidak bisa digunakan atau diuangkan.
Bagaimana Cara Kerja E-Voucher Dalam Bisnis?
Pada dasarnya, e-voucher merupakan solusi terbaik untuk menarik pelanggan baru. Kupon ini juga menjadi pilihan alternatif terbaik ketika Anda tetap ingin memberikan hadiah untuk pelanggan namun tidak memiliki budget yang cukup.
Cara kerja e-voucher itu sama dengan gift cards. Anda menentukan jumlah nominal dan masa berlaku yang tertera di voucher. Lalu nanti Anda bisa memberikannya kepada pelanggan, dan nantinya mereka akan menggunakan kupon tersebut untuk membeli sesuatu.
Pelanggan akan mendapatkan e-voucher melalui email. Setelah diklaim dan diaktifkan, maka mereka baru bisa menggunakan kupon tersebut untuk berbelanja. Kendati demikian, pelanggan juga bisa mengaktifkannya di toko dengan bantuan staff. Lalu bagaimana cara membagikannya kepada pelanggan?
Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membagikan voucher elektronik tersebut kepada pelanggan. Seperti:
- Menawarkannya kepada pelanggan yang baru pertama kali membeli baik secara online maupun langsung datang ke toko
- Memberikan penawaran khusus apabila pelanggan melakukan pembelian selanjutnya
- Memberikan insentif kepada pelanggan agar terus mau kembali bertransaksi di brand Anda
E-voucher bisa dijadikan sebagai alat pemasaran terbaik untuk jenis bisnis apapun. Baik itu industri retail, otomotif, food and beverages, hingga pelayanan jasa sekali pun. Kehadiran kupon ini memberikan cara yang nyaman dan mudah untuk mengajak pelanggan bertransaksi dengan sebuah brand.
Kini, banyak pelaku bisnis yang menawarkan kupon elektronik ini untuk menarik pelanggan dan mengajak mereka untuk terlibat. Dan secara tidak langsung, strategi ini bisa meningkatkan kesadaran pelanggan akan produk dan/atau layanan dari bisnis Anda.
Manfaat Menggunakan E-Voucher
Sejatinya, penggunaan e-voucher jauh lebih menguntungkan dibandingkan voucher kertas pada umumnya. Selain mudah untuk diklaim, Anda juga bisa melacak jumlah kupon elektronik yang digunakan. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk meminimalisir kerugian di masa mendatang dan strategi pemasaran berikutnya.
- Mudah untuk dibuat
- Hemat biaya produksi
- Tidak membebankan biaya tambahan kepada pelanggan
- Voucher dapat diterima secara langsung, dimana pun, kapan pun
- Ramah lingkungan karena dikirim melalui email atau secara online
- Solusi hadiah di menit-menit terakhir
Apakah E-Voucher Bisa Dipersonalisasi untuk Bisnis?
Jawabannya adalah bisa. Kupon yang dipersonalisasi akan membawa keuntungan bagi Anda (pelaku bisnis) dan pelanggan. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda mencari dan bekerja sama dengan mitra loyalitas yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya.
Kustomisasi dan personalisasi memungkinkan Anda untuk membuat desain voucher sendiri, menyisipkan nama pelanggan atau pesan personalisasi, penawaran khusus dan eksklusif, dan lainnya. Dengan begitu, Anda bisa memberikan e-voucher kepada pelanggan yang sudah ditargetkan. Sehingga lebih mudah bagi Anda untuk melacak dan melakukan analisis terkait pola perilaku dan preferensi belanja mereka.
Apakah Penggunaan E-Voucher Cukup Aman?
Sebelum membagikan e-voucher kepada pelanggan, Anda harus memastikan sistem keamanannya. Mulai dari log in akun yang terdiri dari email dan kata sandi. Kedua hal ini harus dipastikan keamanan informasinya. Tujuannya adalah untuk menghindari penyalahgunaan, mencegah kehilangan, hingga perubahan informasi yang diterima.
Oleh karena itu, Anda harus melacak semua pengiriman kupon elektronik ini dengan sebuah sistem. Pastikan e-voucher diterima oleh penerima yang berhak dan tidak disalahgunakan.
BACA JUGA: Manfaat Experiential Rewards untuk Pelanggan & Bisnis
Percayakan E-Voucher Anda Benefit One Indonesia
Menjual atau membagikan e-voucher untuk bisnis Anda adalah sebuah strategi terbaik. Selain bisa memberikan kemudahan bagi pelanggan, Anda juga bisa menghemat biaya. Pastikan kupon elektronik Anda memiliki keamanan yang tinggi agar tidak mengecewakan pelanggan.
Jalin kerja sama dengan Benefit One Indonesia untuk membuat kustomisasi dan personalisasi e-voucher bisnis Anda. Benefit One Indonesia sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh berbagai perusahaan terbesar dan ternama di dunia.Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut terkait pembuatan e-voucher yang dipersonalisasi, Anda bisa hubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!