Manfaat Experiential Rewards untuk Pelanggan & Bisnis

Manfaat Experiential Rewards untuk Pelanggan & Bisnis

Setiap tahunnya, program loyalitas mengalami inovasi mengikuti perkembangan pola perilaku pelanggan, teknologi, serta tren. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan dan mempertahankan pelanggan. Di tahun 2024 ini, ada salah satu jenis imbalan yang sedang tren. Yaitu experiential rewards.

Jika biasanya jenis rewards yang diberikan kepada pelanggan berupa diskon, potongan harga, atau produk gratis, maka hal ini berbeda dengan experiential rewards. Jenis imbalan ini fokus pada pengalaman unik yang berkesan kepada pelanggan. Sebuah imbalan dimana pelanggan ikut merasakan apa yang diterimanya.

BACA JUGA: 8 Tren Program Loyalitas Pelanggan 2024 & Harapannya

Apa itu Experiential Rewards?

Hadiah pengalaman atau experiential rewards adalah imbalan dengan menciptakan sebuah pengalaman yang unik, pribadi, dan tidak terlupakan untuk pelanggan. Jenis imbalan ini fokus untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan berkesan bagi pelanggan. Fokusnya adalah untuk menjalin hubungan emosional, interaksi yang dipersonalisasi, dan peluang unik yang berbeda dari jenis imbalan pada umumnya.

Pada prakteknya, experiential rewards ini ditujukan kepada pelanggan tertentu. Misalnya, pelanggan VIP, pelanggan yang sudah bertransaksi sejumlah nominal tertentu, dan/atau pelanggan yang memiliki lencana atau badge paling tinggi. Intinya, pelanggan spesial yang akan mendapatkan imbalan ini.

Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan emosi yang bisa mengarah pada loyalitas pelanggan yang tahan lama. Tentu Anda menginginkan hal ini, bukan?

Manfaat Experiential Rewards untuk Pelanggan

Dapat dikatakan jika hadiah pengalaman ini memainkan peranan besar untuk membantu memberikan nilai lebih pada sebuah program loyalitas. Kunci utama dari experiential rewards ini adalah bias kognitif yang tersimpan di dalam pikiran. Dengan kata lain, ketika pelanggan ikut merasakan, maka mereka juga ikut menyimpan pengalaman yang mereka rasakan saat itu dalam pikiran.

Berikut beberapa manfaat experiential rewards untuk pelanggan, yaitu:

Pelanggan Akan Terus Mengingat

Imbalan tradisional seperti voucher memiliki masa kadaluarsa. Selain itu, voucher juga merupakan sebuah alat yang digunakan pelanggan untuk mencapai tujuan pelanggan, untuk membeli suatu produk. Akan tetapi, ketika mereka berhasil membeli produk dengan voucher tersebut, mereka hanya akan mengingat produknya bukan vouchernya.

Hal ini berbeda dengan experiential rewards. Ketika pelanggan ikut dalam pengalaman yang diberikan, mereka akan menyimpan kenangan tersebut ke dalam pikiran dan menjadi bagian dari ingatan mereka.

Adanya Keinginan untuk Terus Membeli

Program loyalitas tradisional cenderung mengajak pelanggan untuk terus bertransaksi agar bisa mendapatkan hadiah tertentu. Sementara itu, konsep dari experiential rewards adalah menjadikan hadiah tersebut sebagai sebuah kesempatan yang diberikan atas loyalitas mereka.

Sebagai contoh, sebuah bisnis memberikan imbalan eksklusif berlibur di pulau selama tiga hari dua malam. Tentunya untuk mendapatkan hadiah tersebut pelanggan harus melakukan transaksi yang bisa mengumpulkan poin. Akan tetapi karena yang dijual adalah pengalamannya, maka pelanggan akan menganggap imbalan tersebut sebagai hadiah atas loyalitas mereka. Bukan karena terus menerus melakukan transaksi berulang.

Menjadi Kebanggan Tersendiri

Satu lagi manfaat experiential rewards adalah bisa menjadi kebanggan tersendiri. Pelanggan tentu akan membagikan pengalamannya ke media sosial dan orang-orang. Di sisi lain, Anda akan mendapatkan pemasaran gratis dari pelanggan karena hadiah pengalaman yang mereka dapatkan. Sehingga nantinya brand Anda bisa menjadi viral.

Manfaat Experiential Rewards untuk Pelanggan & Bisnis

Manfaat Experiential Rewards Bagi Bisnis

Tidak ada salahnya jika Anda ingin menyisipkan hadiah pengalaman ini di dalam program loyalitas tradisional. Justru hal ini bisa membuat program loyalitas bisnis Anda menonjol dan memperkuat hubungan pelanggan. Jika manfaat sebelumnya dilihat dari sisi pelanggan, maka kali ini untuk para pelaku bisnis. Di antaranya adalah:

Menjalin Hubungan Emosional yang Awet & Membangun Lifetime Value

Tahukah Anda bahwa, pengalaman bisa menciptakan sebuah kenangan yang beresonansi dengan pelanggan di tingkat emosional? Hal yang harus Anda lakukan adalah menawarkan pengalaman yang sesuai dengan nilai perusahaan dan juga minat pelanggan. Sehingga nantinya bisa menciptakan hubungan yang awet dan lebih dari sekedar transaksi semata.

Di sisi lain, loyalitas yang awet bisa mengarah pada pembelian berulang dan penurunan biaya akuisisi. Dampaknya hal ini bisa membantu meningkatkan customer lifetime value.

Tampil Beda dari Program Loyalitas Lainnya

Bukan berarti imbalan tradisional seperti voucher atau potongan harga tidak memiliki nilai. Hanya saja, ketika Anda menawarkan sesuatu yang benar-benar unik dan tidak didapatkan pelanggan dari brand lain, maka hal ini bisa menjadi keunggulan kompetitif.

Experiential Rewards Mendorong Pemasaran Mulut ke Mulut

Seperti yang disebutkan di manfaat untuk pelanggan di atas, pelanggan yang puas merupakan alat pemasaran paling efektif. Mereka akan dengan senang hati membagikan pengalamannya kepada banyak orang melalui media sosial atau secara langsung dengan promosi mulut ke mulut. Dan seperti yang kita ketahui bersama, rekomendasi dari orang terpercaya merupakan iklan paling ampuh untuk sebuah bisnis.

Mengumpulkan Data Pelanggan yang Berharga

Dari program loyalitas, Anda bisa mendapatkan banyak data pelanggan yang berharga. Mulai dari perilaku belanja, preferensi, hingga keluhan. Semua data tersebut akan membantu Anda untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, meningkatkan produk dan/atau layanan, hingga menciptakan imbalan yang dipersonalisasi. Intinya, semakin banyak Anda meminta umpan balik, maka semakin banyak informasi data yang Anda dapatkan.

Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Memulai Experiential Rewards

Jika Anda baru mau mulai menawarkan experiential rewards, maka ada beberapa langkah yang harus diperhatikan. Meliputi:

Experiential Rewards Adalah Tentang Personalisasi Hadiah

Ketika Anda sudah mengenal pelanggan dengan lebih dekat, maka secara otomatis Anda mengetahui hadiah apa yang mereka sukai. Dengan begitu Anda bisa menyiapkan experiential rewards yang sesuai. Misalnya, pelanggan Anda menyukai makanan Italia. Maka Anda bisa menyiapkan hadiah seperti kesempatan makan malam di restoran Italia terbaik dan dibuat langsung oleh chef-nya.

Sentuhan personal seperti ini akan menunjukkan bahwa Anda menghargai mereka sebagai pelanggan dan memahami apa yang mereka inginkan.

Cari Mitra Loyalitas Terpercaya

Setelah Anda mempertimbangkan jenis pengalaman apa yang akan diberikan, maka langkah selanjutnya adalah mencari mitra loyalitas yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Dengan begitu Anda bisa memenuhi minat pelanggan setia dan sekaligus menjaga biaya hadiah agar tetap terkendali.

Pertimbangkan Biaya Hadiah Sewajarnya

Satu lagi hal yang harus Anda perhatikan dari experiential rewards adalah biaya yang sewajarnya. Menjual pengalaman memang membutuhkan biaya yang lebih. Namun Anda bisa mengakalinya dengan membuat early access. Sehingga memungkinkan banyak anggota baru memiliki kesempatan untuk mendapatkan kesempatan ini. Atau Anda bisa mengakalinya dengan memberikan hadiah pengalaman ini kepada pelanggan dengan loyalitas tertinggi atau terlama.

BACA JUGA: Apa itu Customer Experience Management (CXM) & Pentingnya untuk Bisnis Anda

Wujudkan Experiential Rewards Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia

Apabila dilakukan dengan benar, maka hadiah imbalan ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran terbaik yang bisa membawa keuntungan untuk bisnis Anda. Dengan berinvestasi pada pengalaman yang tak terlupakan untuk pelanggan, Anda bisa menumbuhkan rasa loyalitas mereka, mengungguli pesaing, dan mengumpulkan banyak informasi yang dibutuhkan untuk mempertahankan pelanggan dalam waktu yang lama.

Disebutkan di atas bahwa Anda perlu menjalin kerja sama dengan mitra loyalitas yang terpercaya dan berpengalaman di bidangnya. Jawabannya adalah Benefit One Indonesia. Dalam prakteknya, Benefit One Indonesia sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di dunia.

Kelebihan dari Benefit One Indonesia adalah bisa memberikan beragam pilihan rewards untuk pelanggan setia, meningkatkan keterlibatan, dan juga memberikan solusi untuk kelangsungan bisnis dan perusahaan Anda.Tertarik untuk mencobanya? Segera hubungi tim marketing kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!