Apa itu Brand Awareness dan Mengapa Penting untuk Bisnis Anda

Brand Awareness

Strategi brand awareness bisa dikatakan berhasil apabila, sebuah merek sudah tertanam dalam gaya hidup dan kebiasaan pembelian pelanggan sehingga mereka tidak perlu berpikir dua kali untuk membelinya. Bahkan sebelum mereka menjadi pelanggan setia.

Faktanya, pelanggan akan secara langsung akan memperhatikan produk dengan tingkat brand awareness yang lebih tinggi, yang bisa mempengaruhi seberapa baik mereka mengenal dan mengingat merek tersebut. Lalu mengapa kesadaran merek ini sangat penting untuk bisnis Anda? Bagaimana cara kerjanya? Temukan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: Apa itu Brand loyalty dan Bagaimana Cara Membangunnya di Bisnis Anda?

Apa itu Brand Awareness?

Kesadaran merek atau brand awareness adalah istilah pemasaran yang digunakan untuk mengetahui sejauh mana pelanggan mengenali suatu produk dari namanya. Idealnya, hal ini tidak hanya tentang pengenalan merek semata, tetapi juga mencakup persepsi positif terhadap produk tersebut dibandingkan dengan pesaing.

Brand awareness artinya tingkat keakraban pelanggan dengan sebuah merek. Hal ini diukur dari seberapa baik pelanggan dapat mengenali logo, nama, produk, dan aset-aset merek lainnya. Tentunya hal ini juga menjadi bagian dari brand strategy yang secara efektif dirancang untuk mendefinisikan target audiens, mengembangkan proposisi penjualan yang unik (unique selling proposition), dan menciptakan pengalaman merek yang konsisten di seluruh customer touch points.

Pada prakteknya, brand yang memiliki kesadaran merek tinggi umumnya disebut sebagai “tren”, “buzzworthy”, atau “populer”. Membangun brand awareness merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk mempromosikan produk dan wajah dari perusahaan itu sendiri. Dan tentunya hal ini merupakan tahap awal dari berkembangnya sebuah bisnis.

Produk dan/atau jasa dengan kesadaran merek yang tinggi kemungkinan besar akan menghasilkan lebih banyak penjualan. Sebab, ketika dihadapkan dengan pilihan, pelanggan lebih cenderung membeli produk dari merek terkenal dibandingkan yang tidak dikenal sama sekali.

Cara Kerja Brand Awareness

Pada dasarnya, membangun brand awareness dimulai dengan menghubungkan produk dan/atau jasa NAda dengan proposisi nilai yang jelas dan menarik. Strategi utama lainnya adalah membangun kehadiran online yang kuat dengan menggunakan desain yang menarik secara visual. Pastikan Anda juga melakukan interaksi yang aktif dengan pelanggan. Baik itu melalui media sosial, email, atau platform lainnya.

Brand awareness berfungsi untuk membantu membiasakan pelanggan dengan merek atau produk melalui promosi, iklan, media sosial, dan lainnya. Sebuah kampanye kesadaran merek yang sukses akan membantu membedakan suatu merek atau produk dari pesaing sejenisnya.

Banyak merek dapat menghubungkan brand awareness dengan pertimbangan: semakin banyak pelanggan yang mengetahui brand Anda, maka semakin besar kemungkinan mereka mempertimbangkan untuk membeli. Sebuah brand yang dapat menarik perhatian pelanggan dengan pengalaman positif akan membantu meningkatkan kesadaran dan mungkin menginspirasi mereka untuk mencari tahu lebih banyak informasi.

Seberapa Pentingkah Brand Awareness?

Secara tidak langsung, kesadaran merek ini dapat membantu brand Anda menjadi yang teratas di benak calon pelanggan ketika mereka mulai mempertimbangkan keputusan pembelian. Strategi ini juga diperlukan agar ada banyak orang yang mengetahui produk dan bisnis Anda.

Meskipun pada prakteknya merek yang kuat memang penting, brand awareness bisa membantu menumbuhkan kepercayaan, menciptakan promosi dari mulut ke mulut, serta membangun ekuitas dengan pelanggan.

Tidak hanya itu, strategi bisnis ini juga bisa membantu untuk mengembangkan identitas yang kuat dimana perusahaan dapat berbagai nilai dan misinya kepada pelanggan. Hubungan yang seperti ini sangat penting untuk pelanggan. Sebab, sebanyak 79% pelanggan menyebutkan bahwa mereka lebih cenderung membeli dari merek yang memiliki nilai dan misi yang selaras dengan nilai-nilai mereka.

Lalu, apa manfaat brand awareness untuk bisnis Anda?

  • Menumbuhkan kepercayaan
  • Mengasosiasikan tindakan dan produk dengan merek tertentu
  • Membangun ekuitas merek yang ditentukan oleh pengalaman pelanggan dan persepsi keseluruhan terhadap brand tersebut
  • Meningkatkan penjualan
  • Membangun hubungan emosional dengan pelanggan
  • Menumbuhkan loyalitas pelanggan
  • Akuisisi pelanggan melalui rujukan
Brand Awareness

Strategi Membangun Brand Awareness

Brand awareness di antara audiens dan publik tidak terjadi dalam waktu satu malam saja. Artinya, kesadaran merek yang kuat merupakan hasil dari berbagai upaya simultan yang lebih dari sekedar upaya untuk mendapatkan pelanggan yang melakukan transaksi.

Berikut beberapa cara untuk membangun fondasi kesadaran merek yang kuat dan bisa memberikan dampak yang bertahan lama pada audiens Anda. Di antaranya adalah:

Be A Person, Not A Company

Bayangkan, ketika Anda bertemu dengan orang baru dan ingin menjalin pertemanan dengan mereka. Apa yang ingin Anda ketahui tentang merek? Tentulah hal-hal yang menyangkut pribadi Anda. Mulai dari apa yang disukai, hobi, minat, dan banyak lagi. Semua ini merupakan sifat-sifat yang harus ditentukan dan dipromosikan oleh merek terkait jati dirinya.

Untuk memberikan dampak pada audiens, definisikan bisnis Anda lebih dari sekedar perusahaan yang menjual produk dan/atau jasa saja. Pikirkanlah kata-kata yang akan Anda gunakan jika harus mengenalkan merek kepada orang-orang baru.

Mulailah Bersosialisasi

Strategi brand awareness ini merupakan salah satu cara yang harus Anda lakukan jika ingin tetap terhubung dengan pelanggan. Untuk meningkatkan kesadaran merek, Anda harus bersosialisasi. Mulailah Dengan membuat sebuah konten dan unggah di media sosial.

Lakukan interaksi dengan audiens. Cara yang paling mudah adalah dengan mengajukan pertanyaan untuk memancing reaksi mereka, memberikan komentar pada konten pengguna, atau membagikan ulang konten dari audiens yang Anda sukai. Triknya adalah perlakukan media sosial seperti ketika Anda sedang mencari teman, bukan seperti bisnis yang sedang mencari keuntungan.

Menceritakan Narasi

Tahukah Anda bahwa, bercerita merupakan strategi pemasaran yang ampuh? Hal ini terjadi karena audiens adalah sesuatu yang nyata untuk dipegang. Sederhananya, membuat narasi di sekitar merek Anda akan memanusiakan brand itu sendiri dan memberinya kesan mendalam.

Menceritakan narasi ke dalam strategi pemasaran Anda dapat membantu memasarkan merek bersama dengan produk dan/atau jasa yang  ditawarkan. Semua hal bisa dijadikan kisah narasi selama itu benar. Bisa dengan menceritakan tentang berdirinya bisnis Anda, pengalaman berbisnis, dan lainnya. Dengan demikian, taktik ini bisa meningkatkan kesadaran pelanggan terkait sebuah brand.

Mudah untuk Dibagikan

Satu lagi strategi membangun brand awareness adalah mudah untuk dibagikan. Buatlah agar pelanggan atau audiens bisa membagikan konten Anda dengan mudah. Bisa berupa konten blog, konten bersponsor, video, unggahan di media sosial, atau halaman produk. Tidak masalah apa pun itu, selama bisa dibagikan dengan mudah.

Selanjutnya ada pemasaran dari mulut ke mulut yang merupakan cara paling efektif untuk membangun kepercayaan dan keakraban di antara para pelanggan. Dengan kata lain, ketika ada pelanggan yang mendapatkan rekomendasi produk dari orang yang mereka percaya, tentu mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang produk tersebut. Brand awareness adalah tentang dampak jangka panjang.

Bagaimana Mengukur Brand Awareness Bisnis Anda?

Ada beberapa metrik yang digunakan untuk mengukur brand awareness. Metrik ini memungkinkan Anda untuk melacak dan memahami efek dari upaya pemasaran yang sudah dilakukan dan apakah kampanye tersebut dapat membantu pelanggan dalam mempelajari penawaran, nilai, atau kisah dari sebuah merek.

  • Impression: impression adalah metrik sederhana yang digunakan untuk menunjukkan berapa banyak pelanggan pelanggan yang melihat sebuah iklan atau berapa kali iklan tersebut ditampilkan. Biasanya metrik ini disebut views atau tayangan
  • Traffic or Page View: peningkatan traffic website bisa dilihat dari seberapa banyak pelanggan yang mengambil CTA untuk mengunjungi situs dari produk dan/atau layanan atau sumber daya lainnya yang ada di website tersebut
  • New-to-brand: memberikan visibilitas kepada pengiklan untuk menentukan apakah pembelian yang dikaitkan dengan iklan dilakukan oleh pelanggan yang sudah ada atau pembeli baru
  • Marketing reach: jangkauan dalam pemasaran adalah pengukuran ukuran audiens yang telah melihat iklan atau konten kampanye Anda

BACA JUGA: Membangun Brand Community dari Program Loyalitas Pelanggan

Gunakan Brand Awareness untuk Mendapatkan Loyalitas Pelanggan Bersama Benefit One Indonesia

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kesadaran merek sangat berguna untuk menarik pelanggan baru ataupun mengembalikan pelanggan lama. Nah, Anda bisa menggunakan brand awareness untuk mendapatkan loyalitas mereka. Anda dapat mengkampanyekan program loyalitas pelanggan kepada mereka.

Beritahu pelanggan terkait insentif, rewards, dan benefit yang akan mereka dapatkan ketika bergabung dengan program loyalitas Anda. Sehingga nantinya, Anda tidak hanya mendapatkan pelanggan baru saja, tetapi juga anggota baru yang berpotensi menjadi pelanggan setia.

Agar dapat mempertahankan mereka, Anda perlu memberikan imbalan yang sesuai dengan dedikasi dan kesetiaan yang sudah mereka berikan. Misalnya seperti hadiah yang sudah dipersonalisasi. Anda dapat memberikan hadiah fisik atau digital, yang bisa didapatkan dengan bantuan dari Benefit One Indonesia.

Berperan sebagai one stop solution, Benefit One Indonesia tidak hanya bisa memberikan pilihan hadiah terbaik untuk pelanggan Anda saja. Tetapi kami juga bisa menyediakan berbagai solusi inovatif, wawasan dan data pelanggan, serta mengurus program loyalitas pelanggan secara langsung yang bisa terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.Tertarik? Hubungi kami segera untuk mencari tahu bagaimana kami bisa membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan bisnis Anda melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami.