Strategi Marketing & Resiko Industri Home Appliances

Strategi Marketing & Resiko Industri Home Appliances

Di tahun 2023, bisnis di bidang industri properti semakin meningkat dan berkembang dengan pesat. Dari hal ini bisa diprediksikan bahwa, industri home appliances juga ikut menerima sisi positifnya. Rumah yang dihuni tentunya membutuhkan perabotan dan alat-alat lainnya.

Nah jika bisnis Anda bermain di industri home appliances, maka Anda tidak boleh melewatkan kesempatan ini begitu saja. Ketahui strategi marketing yang tepat agar bisa mendapatkan pelanggan dan keuntungan banyak.

Di artikel kali ini, kita akan membahas mengenai strategi marketing industri home appliances yang bisa Anda lakukan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Industri Home Appliances di Indonesia

Setelah melalui badai pandemi Covid-19, gaya hidup masyarakat Indonesia berubah. Mulai dari yang sering bepergian, berubah menjadi harus selalu di dalam rumah. Ternyata, hal ini juga mempengaruhi keberadaan industri home appliances di Tanah Air.

Mengapa? Sebab ketika kita menghabiskan banyak waktu di rumah, tentu kita membutuhkan alat-alat yang bisa membantu untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya seperti vacuum cleaner untuk membersihkan lantai, alat penyaring udara, penyejuk ruangan, dan masih banyak lagi.

Tentunya hal ini menjadi lampu hijau bagi industri home appliances. Anda harus jeli memperhatikan perubahan tren dan gaya hidup masyarakat jika ingin mendapatkan keuntungan dan pelanggan yang banyak.

Peluang pelanggan membeli alat-alat atau perabotan untuk memenuhi rumahnya adalah sangat besar. Kendati demikian semua itu perlu strategi pemasaran yang baik dan optimal. Jika tidak, bisnis Anda akan kalah saing dengan kompetitor sejenis.

Strategi Marketing Industri Home Appliances

Strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis. Tanpa strategi yang baik, bisnis Anda bisa berhenti di tengah jalan tanpa membawa keuntungan banyak. Terutama bagi Anda yang bermain di industri home appliances.

Anda harus memanfaatkan potensi pasar Indonesia untuk memperluas bisnis dan meningkatkan penjualan.

Nah berikut ada beberapa strategi marketing industri home appliances yang bisa Anda lakukan. Di antaranya  adalah:

Ketahui Siapa Target Pasar Anda

Strategi pertama adalah mengetahui siapa target pasar Anda. Misalnya seperti ibu rumah tangga membutuhkan vacuum cleaner untuk membersihkan rumah dan sebagainya. Atau seorang anak yang baru masuk sekolah dan membutuhkan meja belajar. Dengan mengetahui siapa target pasar, Anda bisa menjual dan menawarkan produk yang tepat pada pelanggan yang tepat.

Cari Tahu Apa yang Mereka Butuhkan

Setelah mengetahui siapa target Anda, strategi selanjutnya adalah mencari tahu apa yang mereka butuhkan. Industri home appliances tidak hanya terpaku pada barang-barang saja. Anda juga bisa memberikan hal lainnya. Misalnya seperti memberikan konsultasi terhadap apa yang mereka butuhkan, membantu instalasi produk, dan lainnya.

Buat Konten tentang Industri Home Appliances

Di dunia pemasaran, konten adalah raja. Dengan adanya konten, artinya Anda memberitahu kepada pelanggan apa yang dijual. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat konten-konten lainya. Seperti video tutorial pemasangan produk, informasi ada produk baru, penawaran promosi, dan masih banyak lagi.

Personalisasi Pesan

Salah satu keuntungan mengetahui siapa target pasar Anda adalah bisa mempersonalisasi pesan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika target pasar Anda adalah seorang ibu rumah tangga, maka Anda bisa membuat pesan pemasaran yang sesuai. Usahakan untuk membuat pesan yang relate dengan kehidupan seorang ibu rumah tangga.

Update Konten!

Memiliki konten yang banyak saja belum tentu cukup. Produk-produk di industri home appliances terus mengalami pertumbuhan dan pembaharuan. Jika Anda tidak update konten, dari mana pelanggan Anda akan mengetahuinya?

Gunakan SEO

Strategi marketing terakhir di industri home appliances adalah menggunakan SEO (Search Engine Optimization). Dengan begitu Anda bisa mempromosikan produk Anda ke pasar yang lebih luas lagi. Terutama jika Anda menggunakan website untuk menggapai pelanggan.

Resiko Industri Home Appliances

Meskipun memiliki potensi pasar yang besar, nyatanya industri home appliances ini juga memiliki beberapa resiko. Sama seperti jenis bisnis pada umumnya, berikut beberapa resiko yang perlu Anda cermati dan cara mengatasinya:

Sepi Pelanggan

Industri home appliances bukalah industri yang menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti industri FMCG. Sehingga produk yang dijual tidak cepat habis. Selain itu harga jualnya pun bervariasi. Mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal. Hal-hal itulah yang bisa menyebabkan bisnis ini memiliki resiko sepi pelanggan.

Kendati demikian, cara mengatasinya adalah dengan membuka toko di tempat yang ramai. Misalnya di dekat perumahan, pusat perbelanjaan, atau membuat toko online untuk memudahkan pelanggan menggapai Anda.

Kualitas Produk yang Menurun

Produk-produk yang dijual tentu akan mengalami penurunan kualitas jika hanya disimpan di gudang saja. Terutama untuk produk yang menggunakan material bahan yang cepat memuai. Bahkan produk yang sering tertutupi oleh debu dan jarang dibersihkan pun bisa mengalami penurunan kualitas. Tentunya jika tidak segera dijual hal ini bisa menyebabkan kerugian. 

Cara untuk mengantisipasinya adalah dengan melakukan stock opname, yaitu melakukan perhitungan stok yang tersedia di gudang. Tujuannya adalah untuk mengetahui mana produk yang harus segera dijual dan mana yang masih bisa bertahan lama.

Anda juga bisa memberikan penawaran terbaik untuk membantu penjualan produk yang sudah lama ada di gudang. Misalnya dengan promosi bundle buy one get one, atau satu harga untuk tiga produk, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang dan juga bisa meningkatkan keterlibatan mereka.

Keuangan yang Tidak Menentu

Berkaitan dengan dua resiko sebelumnya, jika toko Anda sepi pelanggan lalu adanya produk yang mengalami penurunan kualitas, hal ini bisa menyebabkan kerugian. Resiko ini bisa menjadi parah jika produk yang Anda jual mengalami kerusakan sebelum dibeli oleh pelanggan.

Maka dari itu, di industri home appliances Anda harus benar-benar mengetahui siapa target pasarnya. Sehingga Anda bisa menjual produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dan jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan arus kas masuk dan arus kas keluar.

Persaingan Bisnis

Jika dilihat-lihat, ada banyak industri home appliances yang ada di Indonesia. Hal ini yang membuat tingkat persaingan ketat. Bahkan tidak sedikit di satu wilayah memiliki beberapa toko yang menjual perabotan rumah tangga. Lalu bagaimana cara mengantisipasinya?

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan segmentasi pelanggan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan segmentasi terhadap pendapatan pelanggan. Misalnya, Anda menargetkan pelanggan yang memiliki pendapatan ekonomi menengah ke atas. Maka Anda bisa menawarkan produk-produk ternama.

Selanjutnya, ketahui dulu siapa kompetitor Anda di wilayah yang sama. Pelajari bagaimana cara mereka memasarkan produk, kelebihan dan kelemahannya. Lalu jadikan data tersebut sebagai strategi pemasaran bisnis Anda.

Resiko Tidak Terduga

Resiko tidak terduga di industri home appliances ini meliputi pencurian, kebakaran, bencana alam, dan lainnya. Cara untuk mengantisipasinya adalah dengan memasang kamera CCTV yang bisa mengawasi keadaan toko sepenuhnya. Lalu jangan lupa untuk menyiapkan fire extinguisher di dalam toko. Jangan lupa untuk mengasuransikan toko Anda jika sewaktu-waktu terjadi bencana. Sehingga sebagian besar kerugian bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Mempertahankan Pelanggan Setia Bersama Benefit One Indonesia

Untuk memastikan pelanggan setia Anda tidak pergi ke kompetitor, Anda bisa mengikatnya dengan memberikan program loyalitas. Manfaat lain dari adanya program ini adalah mengajak pelanggan untuk terlibat di bisnis Anda. Seperti memberikan saran dan kritik, melakukan pembelian berulang, reward redemption, dan masih banyak lagi.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!