Sebuah bisnis pasti akan terus mencari cara untuk bisa mendapatkan pelanggan baru setiap saatnya hingga menjadi lebih unggul dari kompetitornya. Bagi Anda para pelaku bisnis, ada satu strategi paling efektif yang bisa mendapatkan kedua hal tersebut. Yaitu dengan memberikan customer reward atau insentif pelanggan.
Strategi ini bisa memberikan banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Mulai dari meningkatnya pendapatan, mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan yang lama, meningkatkan pengalaman dan kepuasan pelanggan, hingga loyalitas pelanggan yang terus bertambah setiap saat.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan memberi sedikit penjelasan terkait customer reward. Termasuk manfaat, jenisnya, dan bagaimana cara menerapkannya. Selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.
BACA JUGA: Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?
Apa itu Customer Rewards?
Customer rewards adalah sebuah insentif atau manfaat yang ditawarkan sebuah brand kepada pelanggan mereka untuk mendorong terjadinya kegiatan bisnis yang berulang dan meningkatkan loyalitas. Ada banyak bentuk insentif yang bisa diberikan. Seperti potongan harga, produk dan/atau layanan gratis, akses eksklusif, poin loyalitas, cashback, dan lainnya.
Insentif ini diberikan ketika pelanggan sudah membantu untuk membangun image brand. Misalnya seperti membagikan konten di media sosial terkait suatu merek, merekomendasikannya kepada orang lain, dan lainnya. Singkat kata, program insentif ini bisa mengubah pelanggan menjadi seorang agen pemasaran untuk bisnis Anda.
Dengan menawarkan pelanggan sesuatu yang tidak memerlukan biaya namun bernilai bagi mereka, Anda bisa dengan mudah mendorong mereka untuk bertindak sebagai duta merek. Oleh karena itu, secara tidak langsung insentif ini bisa menjadi iklan gratis untuk bisnis Anda.
Manfaat Customer Reward untuk Bisnis Anda
Mengapa customer reward sangat penting untuk bisnis Anda? Hal ini karena bisa membantu menumbuhkan loyalitas dan kepercayaan antara bisnis dan pelanggan. Imbalan ini juga bisa membedakan bisnis Anda dari pesaing serta mendorong pelanggan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.
Berikut beberapa manfaat customer reward untuk bisnis Anda, di antaranya adalah:
Meningkatkan Retensi Pelanggan
Imbalan pelanggan bisa membantu brand Anda untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada dengan memberikan insentif untuk terus melakukan hubungan bisnis. Terutama dalam industri yang memiliki banyak persaingan dan pilihan, hal ini sangat penting.
Membangun Loyalitas Pelanggan
Ketika Anda memberikan insentif, hal ini bisa membangun loyalitas dengan menciptakan rasa keterkaitan dan penghargaan. Pelanggan yang merasa dihargai dan diapresiasi, cenderung akan terus melakukan hubungan bisnis dengan sebuah brand dan merekomendasikannya kepada orang lain.
Akuisisi Pelanggan
Manfaat customer rewards berikutnya adalah sebagai alat untuk akuisisi pelanggan dan menarik pelanggan baru dengan memberikan hadiah dan insentif lainnya.
Meningkatkan Pendapatan dan Keuntungan
Pemberian hadiah ini bisa mendorong pelanggan untuk terus membelanjakan lebih banyak uang mereka. Pada akhirnya, hal ini bisa mengarah pada peningkatan pendapatan dan keuntungan bisnis.
Jenis-jenis Customer Reward
Seperti yang disebutkan di atas tadi, ada banyak jenis customer reward yang bisa Anda berikan. Tujuannya tidak lain adalah untuk mendorong perilaku pelanggan dan membangun loyalitas. Lalu, apa saja jenis-jenis insentif tersebut?
- Program Hadiah Berbasis Poin: memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin setiap kali melakukan pembelian dalam jumlah tertentu, yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah seperti diskon, produk dan/atau layanan gratis, hingga pengalaman eksklusif
- Program Cashback: pelanggan akan menerima persentase dari jumlah pembelian mereka kembali dalam bentuk uang tunai atau kredit toko
- Hadiah Berjenjang: menawarkan tingkat hadiah berbeda berdasarkan jumlah uang yang dibelanjakan pelanggan. Mereka yang melakukan pembelian paling banyak, berpotensi untuk menerima hadiah tingkat yang paling tinggi
- Referral Program: menawarkan hadiah kepada pelanggan yang merekomendasikan brand kepada orang lain dan berpotensi menjadi pelanggan baru
- Program VIP: menawarkan manfaat dan fasilitas eksklusif untuk pelanggan setia. Seperti early access untuk produk dan/atau layanan yang akan dirilis, acara khusus, layanan yang dipersonalisasi, dan lainnya
- Gamified Rewards: hadiah yang diperoleh dengan menyelesaikan tantangan atau berpartisipasi dalam permainan di website atau aplikasi khusus dari sebuah brand
- Imbalan Media Sosial: memberikan hadiah kepada pelanggan yang mengikuti semua akun media sosial brand, membagikan konten merek kepada pengikut mereka di media sosial, melakukan interaksi, dan hal lainnya yang bisa dilakukan di media sosial
Bagaimana Cara Menerapkan Program Customer Reward?
Menerapkan program customer reward membutuhkan perencanaan dan pelaksanaan yang cermat. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan agar bisa menerapkan program insentif ini dengan sukses dan efektif. Meliputi:
Menentukan Tujuan Program Customer Reward
Langkah pertama adalah menentukan tujuan programnya. Pikirkan apa yang ingin dicapai dengan mengadakan program ini. Apakah untuk meningkatkan retensi pelanggan? Mendorong lebih banyak rujukan? Mendapatkan pelanggan baru? Apapun tujuan yang ingin dicapai, Anda harus mengetahuinya dengan seksama. Sebab hal ini bisa membantu untuk perancangan strategi dan implementasi program.
Pilih Hadiah yang Tepat
Selanjutnya, Anda harus memikirkan hadiah apa yang tepat untuk bisa diberikan kepada pelanggan. Pastikan juga bahwa hadiah ini sesuai dengan tujuan program yang dibuat. Anda bisa memulai dengan mempertimbangkan apa yang dihargai dan dibutuhkan oleh pelanggan. Apakah itu diskon, produk dan/atau layanan gratis, atau penawaran eksklusif?
Menentukan Struktur Program
Pelanggan harus mengetahui bagaimana cara berpartisipasi, mendapatkan poin reward, menukarkan hadiah, hingga syarat dan ketentuan yang berlaku dari program customer reward ini.
Memilih Platform atau Mitra Loyalitas Terbaik dan Terpercaya
Berikutnya Anda harus memilih platform atau mitra loyalitas terbaik dan terpercaya. Jika Anda ingin meluncurkan dan mengurus semua program ini sendiri, Anda harus memiliki sistem customer relationship management (CRM) atau aplikasi program loyalitas khusus. Jika tidak, Anda bisa menyerahkan semuanya kepada mitra loyalitas yang sudah berpengalaman.
Informasikan Kepada Pelanggan
Jangan lupa untuk memberitahu semua pelanggan Anda terkait adanya program ini. Informasikan kepada mereka melalui semua saluran komunikasi yang Anda miliki. Pastikan semua hal yang berkaitan dengan program imbalan ini sudah jelas dan lengkap.
Memantau dan Mengevaluasi Program
Terakhir, Anda harus memantau dan mengevaluasi kinerja program secara berkala dan keseluruhan. Apakah berjalan dengan efektif? Apakah semua tujuan tercapai? Lalu manfaatkan data dan umpan balik dari pelanggan untuk melakukan perbaikan, penyesuaian, dan peningkatkan yang dibutuhkan.
BACA JUGA: Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan
Bagaimana Benefit One Indonesia Bisa Membantu Anda untuk Menjalankan Program Customer Reward?
Benefit One Indonesia merupakan salah satu mitra loyalitas yang terbaik dan sudah berpengalaman di bidangnya selama lebih dari 10 tahun. Kredibilitas kami juga sudah mencapai pasar global. Banyak perusahaan besar dan ternama yang mempercayai solusi loyalitasnya kepada kami.
Program rewards-as-a-service kami yang modular memberikan kemudahan plug-n-play (pasang dan pakai) yang mudah dengan solusi Anda. Program penghargaan dan pengakuan kami yang fleksibel bertindak sebagai alat one stop solutions untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda.
Kami juga menyediakan banyak pilihan hadiah. Baik itu pilihan hadiah fisik atau hadiah digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Proses penukaran hadian dan verifikasi data secara langsung dengan menggunakan teknologi terkini untuk memberikan solusi yang inovatif untuk kelangsungan bisnis Anda.Tertarik ingin mencoba? Silakan menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!