Pernahkah Anda mendengar istilah buzz marketing? Secara garis besar, cara kerja teknik pemasaran yang satu ini adalah dengan menghasilkan hype dan trend di sekitar brand Anda. Entah itu pada saat anda meluncurkan produk dan/atau layanan baru, mempromosikan penawaran khusus untuk produk yang sudah ada, membawa tamu spesial untuk acara offline, atau hal lainnya.
Inti dari buzz marketing adalah bagaimana cara membuat orang-orang membicarakan brand Anda. Beruntungnya, dengan teknologi dan bantuan internet, teknik pemasaran ini terlihat seperti mudah dilakukan. Media sosial menjadi salah satu alat promosi yang bagus untuk pemasaran ini. Tapi, apakah benar semudah itu?
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan mengajak Anda menyelam lebih jauh terkait buzz marketing. Mulai dari pengertiannya secara umum, manfaat, kelebihan dan kekurangan, hingga tips untuk melakukannya agar bisa memberikan hasil optimal. Selengkapnya bisa Anda baca di artikel bawah ini.
BACA JUGA: Viral Marketing Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Strateginya
Apa itu Buzz Marketing?
Apa yang dimaksud dengan buzz marketing? Sejatinya, buzz marketing adalah sebuah teknik pemasaran viral yang digunakan untuk memaksimalkan potensi promosi dari mulut ke mulut terkait produk, layanan, penawaran khusus, acara tertentu, dan lainnya dari brand Anda.
Teknik buzz marketing bisa membuat, menciptakan, dan memacu percakapan di antara banyak orang dan pelanggan dengan skala besar melalui sebuah platform media sosial. Ketika ada banyak orang yang membicarakan brand Anda, maka hal ini bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness, meningkatkan traffic online, hingga meningkatkan penjualan dan keuntungan untuk bisnis Anda.
Pengertian lain dari buzz marketing adalah sebuah pendekatan yang dilakukan dengan membuat kampanye iklan terkait produk, layanan, acara, atau lainnya dengan lucu, unik, dan kontroversial. Dalam melakukan promosinya diperlukan bantuan dari para influencer untuk membuat sensasi dan mengajak orang-orang membicarakan brand Anda.
Buzz marketing bekerja dengan membuat pelanggan, influencer, dan juga banyak orang membicarakan brand Anda. Sederhananya, teknik pemasaran ini adalah promosi mulut ke mulut di era digital yang lebih kekinian. Tidak hanya bisa meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis saja, jika dilakukan dengan benar, hal ini bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan, membangun citra brand yang positif, dan juga menghemat anggaran biaya pemasaran.
Apakah Buzz Marketing Efektif untuk Pemasaran?
Teknik pemasaran yang satu ini memerlukan dan mengandalkan opini atau rekomendasi dari orang-orang tertentu. Seperti influencer, public figure, atau tokoh penting lainnya yang dianggap bisa mempengaruhi pola perilaku pembelian masyarakat.
Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus menyiapkan kampanye yang menarik, lucu, unik, kontroversial, dan juga berpotensi untuk viral ketika disebarluaskan di media sosial atau media promosi lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan sensasi, promosi mulut ke mulut, membicarakan brand Anda, hingga merekomendasikan produk dan/atau layanan ke orang lain.
Faktanya, sebanyak 92% pelanggan saat ini lebih mengandalkan rekomendasi dari orang-orang yang mereka percaya untuk membeli atau menggunakan sebuah produk dan/atau layanan. Hal inilah yang merupakan salah satu alasan mengapa buzz marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang efektif. Apakah Anda sudah melakukannya?
Manfaat Buzz Marketing untuk Perusahaan Anda
Buzz marketing menjadi salah satu strategi pemasaran yang populer saat ini. Tentu saja hal ini karena beberapa manfaat yang bisa dirasakan brand setelah menggunakannya. Di antaranya adalah:
Penyebaran Buzz Marketing Sangat Cepat
Manfaat buzz marketing yang pertama adalah kecepatannya. Jenis promosi yang digunakan adalah word of mouth yang bisa menyebar dengan cepat. Sehingga bisa memudahkan Anda menyebarkan informasi mengenai produk dan/atau layanan dari brand kepada pelanggan dan banyak orang.
Mendapatkan Brand Ambassador yang Banyak
Selain influencer dan tokoh penting lainnya, orang biasa yang tidak terkenal pun bisa membantu mempromosikan brand Anda. Dari sini nantinya akan ada banyak konten yang dibagikan, rekomendasi yang diberikan, hingga banyak orang yang penasaran dan mencoba produk dan/atau layanan tersebut sendiri. Singkatnya, buzz marketing adalah sebuah iklan berjalan.
Buzz Marketing itu Hemat Biaya
Selanjutnya, manfaat buzz marketing yang bisa Anda rasakan adalah menghemat biaya. Anggaran biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan menggunakan teknik pemasaran konvensional umumnya. Bahkan teknik ini bisa meningkatkan pendapatan dan juga meningkatkan ROI brand dengan mudah.
Menonjolkan Keunikan Brand
Bisa dikatakan jika buzz marketing adalah strategi pemasaran yang berbeda, unik, dan tidak sama seperti teknik pemasaran konvensional umumnya. Justru Anda harus memanfaatkan hal ini untuk menonjolkan keunikan dari brand yang bisa menjadi kualitas atau faktor penentu yang bisa membuat pelanggan mencoba produk dan/atau layanan yang ditawarkan.
Brand Dikenal Banyak Orang
Manfaat buzz marketing lainnya adalah bisa membuat brand Anda dikenal banyak orang. Teknik pemasaran ini menciptakan brand awareness, meningkatkan keterlibatan audiens atau pelanggan, hingga menciptakan prospek dan konversi. Hal ini juga bisa membuat pembelian berulang dan membawa pelanggan setia.
Meningkatkan Popularitas Brand
Kehadiran internet sudah mengubah semua aspek kehidupan yang ada. Bahkan kini, media sosial menjadi salah satu platform yang efektif untuk buzz marketing. Sehingga bisa meningkatkan popularitas sebuah brand dan disaat yang bersamaan bisa memperluas jangkauan pasar.
Bisa Dilakukan Oleh Semua Jenis dan Skala Bisnis
Terakhir, manfaat buzz marketing adalah bisa dilakukan oleh semua jenis dan skala bisnis. Biasanya, bisnis kecil yang baru mulai mengalami kesulitan dalam mempromosikan produk dan/atau layanannya. Tetapi dengan menggunakan teknik pemasaran ini, semuanya bisa mempromosikannya. Menjadikan buzz marketing sebagai alat promosi yang sempurna untuk semua jenis dan skala bisnis. Menguntungkan, bukan?
Kelebihan dan Kekurangan Buzz Marketing yang Perlu Diketahui
Sebelum kita membahas lebih jauh, Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan buzz marketing. Berikut adalah rinciannya, yaitu:
Kelebihan Buzz Marketing
- Tidak memerlukan biaya banyak, bahkan bisa dilakukan secara gratis
- Bisa menjangkau pelanggan yang potensial dengan lebih baik
- Memungkinkan penjualan produk dan/atau layanan dengan cepat
- Mendapatkan umpan balik dengan cepat
- Memberikan pemahaman brand yang lebih baik lagi kepada pelanggan
- Meningkatkan margin keuntungan bisnis
Kekurangan Buzz Marketing
- Kesulitan menentukan dan membuat konten yang berpotensi viral
- Jika memanfaatkan iklan berbayar, maka Anda harus memiliki anggaran biaya yang cukup untuk mendapatkan hasil optimal
- Sangat mengandalkan pelanggan untuk meningkatkan penjualan produk dan/atau layanan
Terlepas dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, untuk bisa menciptakan buzz marketing yang efektif dan optimal, Anda perlu melakukan riset terlebih dulu. Jika tidak, maka hasilnya juga tidak efektif dan lebih buruk lagi bisa menyebabkan kerugian.
Strategi Membuat Buzz Marketing yang Efektif
Dari penjelasan diatas, sekarang kita akan membahas cara membuat buzz marketing yang efektif. Harap dicatat bahwa, ketika Anda melakukan strategi ini dengan benar, maka hasil yang dirasakan sangat besar. Kemudian fokus pada bagaimana caranya membuat kampanye yang sedang berjalan terus diperbincangkan dan berkembang.
Identifikasi Pelanggan Potensial dan Saluran yang Digunakan
Strategi buzz marketing yang pertama adalah dengan mengidentifikasi pelanggan potensial dan saluran yang digunakan. Cara ini merupakan hal dasar yang harus dilakukan pertama kali. Tujuannya adalah untuk menciptakan customer persona. Coba jawab pertanyaan di bawah ini:
- Siapa target pelanggan Anda?
- Apakah mereka pekerja?
- Berapa rentang usia mereka?
- Masalah apa yang mereka miliki?
- Dimana mereka mencari informasi terkait masalah tersebut? Apakah di internet, media sosial, atau yang lainnya?
- Apa yang menjadi faktor penentu saat mereka memilih sebuah brand?
- Bagaimana cara Anda untuk membuat mereka terlibat?
Ketika Anda sudah menemukan jawabannya, maka Anda sudah bisa menentukan siapa pelanggan potensial dan dimana mereka bisa ditemukan.
Bekerjasama Dengan Influencer untuk Menciptakan Buzz Marketing
Influencer atau tokoh penting lainnya merupakan kunci utama dari buzz marketing. Anda harus bekerjasama dengan mereka untuk menciptakan gebrakan sensasi yang bisa menimbulkan minat dan perbincangan di banyak orang. Faktanya, 75% pebisnis lebih memilih menggunakan influencer untuk memasarkan brand mereka. Terutama jika target audiens Anda adalah generasi Z atau generasi muda.
Namun, tidak semua influencer bisa membantu Anda untuk membuat buzz marketing. Setelah Anda mengetahui dimana target potensial berada, maka Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih influencer yang cocok. Seperti:
- Apakah audiens atau pengikut influencer tersebut sama dengan target audiens Anda?
- Apakah kepribadian dan nilai yang diterapkan influencer sesuai dengan kebijakan perusahaan?
- Bagaimana dengan konten yang mereka bagikan di media sosial? Apakah sesuai dengan yang Anda harapkan?
- Seberapa banyak pengikut yang mereka miliki?
- Apakah minat atau bidang yang digelutinya sama dengan brand Anda?
Jangan pernah bekerjasama dengan influencer hanya karena mereka memiliki jumlah pengikut yang banyak. Anda harus memastikan mereka memiliki minat atau bidang yang sesuai dengan brand dan merupakan orang yang tepat untuk target audiens. Agar nantinya kampanye buzz marketing yang Anda lakukan bisa berjalan dengan maksimal dan optimal.
Ciptakan Konten yang Memicu Kontroversi dan Viral
Saat ini, media sosial menjadi platform yang tepat untuk membuat konten yang kontroversial dan viral. Bahkan orang biasa pun bisa menjadi viral karena konten yang mereka buat. Namun, karena Anda mewakili sebuah brand, maka Anda harus lebih berhati-hati dalam menciptakan konten ini.
Sebisa mungkin ciptakan konten yang sesuai dengan citra brand. Bungkus konten tersebut dengan pesan dan cerita yang menarik dan berpotensi untuk viral. Jika perlu, Anda bisa menyesuaikannya dengan tren yang ada. Selain itu, hati-hati dengan reaksi netizen. Sebab mereka bisa menentukan apakah brand Anda patut diperbincangkan atau tidak.
BACA JUGA: Brand Advocate Adalah Cara Terbaik Promosikan Bisnis Anda
Memberikan Penawaran Menarik untuk Buzz Marketing Bersama Benefit One Indonesia
Tahukah Anda bahwa, buzz marketing bisa digunakan untuk mempromosikan suatu penawaran tertentu? Misalnya seperti menawarkan menjadi anggota dari program loyalitas pelanggan. Untuk bisa menarik atensi mereka agar mau bergabung, Anda harus memberikan penawaran yang menarik.
Penawaran menarik seperti memberikan hadiah atau reward tertentu bisa membantu untuk meningkatkan brand awareness, membuat pelanggan lebih terlibat, hingga menciptakan prospek. Bahkan cara ini juga merupakan yang terbaik untuk memenangkan kembali hati pelanggan yang sudah hilang.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!