Hal-hal yang Perlu Anda Ketahui dari Program Loyalitas Otomotif

Program

Adanya peningkatan kebutuhan pelanggan di industri otomotif, membuat para perusahaan otomotif berlomba-lomba untuk menujukkan strategi terbaiknya untuk bisa menarik pelanggan. Tidak terkecuali dengan program loyalitas otomotif yang bisa membantu untuk mempertahankan pelanggan.

Kendati demikian, program loyalitas otomotif juga memiliki tantangannya tersendiri yang perlu diperhatikan. Jika salah strategi, Anda bisa kehilangan pelanggan dan menurunkan pendapatan bisnis. Pelajari lebih lanjut terkait tantangan tersebut dan penjelasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 9 Alasan Mengapa Anda Harus Menggunakan Sistem Point Rewards

Apa itu Program Loyalitas Otomotif?

Mungkin di Indonesia program loyalitas otomotif tidak sepopuler industri lainnya. Sebab hanya mereka yang membeli kendaraan bisa memiliki akses pada program loyalitas ini. Dan umumnya, program ini juga dijalankan oleh para dealer kendaraan kepada pelanggan setia mereka.

Program loyalitas otomotif adalah program retensi pelanggan yang ditujukan untuk semua entitas industri otomotif. Baik itu untuk produsen kendaraan, dealer kendaraan, penyedia layanan penyewaan, produsen suku cadang asli pihak ketiga, hingga penyedia layanan perbaikan dan perawatan.

Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan customer life value dan mendorong retensi pelanggan. Di sisi lain, jika bisnis Anda mengadopsi program loyalitas ini, maka binsis Anda akan lebih menonjol dibandingkan kompetitor. Ada banyak jenis program loyalitas otomotif yang bisa Anda berikan kepada pelanggan dengan menyesuaikan KPI dari brand masing-masing.

Jenis Program Loyalitas Otomotif

Program loyalitas ini dibuat untuk memberikan sesuatu kepada pelanggan. Jadi, ketika kendaraan pelanggan membutuhkan perawatan dan perbaikan, mereka akan memilih untuk pergi ke dealer resmi dibandingkan ke tempat lain yang tidak resmi.

Seperti yang disebutkan di atas, program loyalitas otomotif ini untuk para pemain bisnis di industri otomotif. Maka ada beberapa jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing organisasi. Seperti:

Program Loyalitas Berbasis Komitmen

Sesuai namanya, jenis program loyalits otomotif yang satu ini berbasis pada komitmen pelanggan. Ketika mereka membeli kendaraan di dealer resmi, pihak dealer akan memberikan potongan harga. Namun sebagai gantinya, pelanggan harus berkomitmen untuk menggunakan layanan dan jaringan perusahaan, menginstal dan menggunakan aplikasi yang diperlukan, hingga mengaktifkan dan menggunakan teknologi mobil yang terhubung untuk berbagi data.

Program Loyalitas Berbasis Keanggotaan

Pada program yang satu ini, siapapun bisa bergabung. Namun tidak ada diskon atau potongan harga yang diberikan. Sebab tujuannya adalah untuk membina pelanggan melalui konten eksklusif anggota. Seperti memberikan penawaran eksklusif dan layanan prioritas. Sehingga nantinya brand tersebut bisa menjadi top of mind di benak pelanggan saat hendak melakukan pembelian atau menggunakan layanan tertentu.

Program Loyalits B2B untuk Mitra

Selanjutnya ada jenis program loyalits otomotif yang ditujukan kepada mitra, pemasok, dan subkontraktor. Jadi program ini bukan untuk pelanggan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kinerja dan memperkuat hubungan dalam jaringan kemitraan dengan memberikan manfaat dan penghargaan.

Program Loyalitas untuk Layanan Tambahan

Terakhir, ada jenis program loyalitas otomotif yang berbasis koalilsi. Termasuk namun tidak terbatas pada penyewaan kendaraan, berbagi kendaraan, perbaikan, dan layanan tambahan lainnya. Program ini memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dari satu merek dan menukarkannya dengan hadiah dari merek lain.

Program Loyalitas Otomotif

Tantangan Program Loyalitas Otomotif

Tidak seperti program loyalitas lainnya, program yang satu ini memiliki tiga tantangan terbesar yang harus menjadi perhatian. Meliputi:

Kesulitan untuk Personalisasi

Kendaraan merupakan salah satu barang yang bernilai tinggi. Sebelum melakukan pembelian pertama dan/atau seterusnya, pelanggan juga memerlukan waktu yang lama untuk berpikir. Oleh karena itu, sulit untuk tetap berhubungan dengan pelanggan dan mempelajari kebutuhan, preferensi, dan kebiasaan mereka untuk menyesuaikan penawaran.

Tidak Ada Waktu untuk Mengajak Pelanggan Terlibat

Faktanya, sebanyak 79% pelanggan melakukan riset kendaraan secara online sebelum memutuskan untuk membelinya. Disaat mereka sudah mendapatkan banyak informasi, maka mereka akan mendatangi dealer resmi. Secara tidak langsung hal ini memberikan sedikit titik kontak dengan pelanggan. Dengan kata lain, tidak ada waktu yang cukup untuk memperkenalkan pelanggan pada merek tertetnu, menumbuhkan loyalitas merek, dan mempengaruhi perilaku pembelian mereka.

Meningkatnya Persaingan Di Antara Produsen Kendaraan

Satu lagi tantangan program loyalitas otomotif adalah meningkatnya persaingan di industri ini. Tanpa disadari, setiap harinya produsen kendaraan dari berbagai merek mengeluarkan banyak jenis, tipe, dan model kendaraan. Akibatnya, faktor penentu untuk tetap setia pada merek kendaraan yang ditunjuk mengalami penyusutan. Sebab, setiap brand pasti selalu melakukan inovasi terbaiknya untuk kualitas kendaraan yang dibuat.

Apa yang Ditawarkan dari Program Loyalitas Otomotif?

Fokus utama dari setiap jenis program loyalitas otomotif adalah untuk retensi pelanggan. Sebab kendaraan merupakan barang mahal yang membuat pelanggan tidak akan sering kembali untuk melakukan pembelian secara terus menerus. 

Namun bukan berarti Anda tidak bisa menerapkan program loyalitas di industri ini. Gunakan program loyalitas ini untuk mengedukasi pelanggam terkait brand Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda tawarkan kepada pelanggan:

Bagi Pemilik Dealer:

  • Pesan personalisasi: segera kirimkan email atau chat atau SMS atau melalui aplikasi tertentu kepada pelanggan setelah melakukan pembelian. Tujuannya adalah untuk mengingatkan mereka bahwa Anda peduli dengan mereka dan menghargai kesetiaan mereka
  • Perawatan kendaran gratis: Anda bsia memberikan perawatan kendaraan gratis kepada pelanggan dengan menukarkan poin yang mereka kumpulkan
  • Diskon untuk memperpanjang garansi atau membeli asuransi: berikan voucher potongan harga kepada pelanggan untuk melakukan pelayanan tersebut. Dengan begitu mereka akan terus menggunakan merek Anda
  • Cuci mobil gratis: pelanggan Anda pasti akan senang jika mereka dapat menukarkan poin untuk cuci mobil gratis
  • Undangan untuk acara merek eksklusif: jika Anda menjalankan program loyalitas berjenjang, Anda bisa menawarkan undangan kepada anggota eksklusif untuk menghadiri acara khusus

Bagi Pemilik Rental Kendaraan:

  • Diskon untuk tarif mobil sewa: berikan diskon kepada pelanggan yang sering menggunakan jasa atau aplikasi Anda. Berikan diskon untuk perjalanan selanjutnya
  • Upgrade gratis: berikan penawaran kepada pelanggan untuk menukarkan poin dengan upgrade kendaraan gratis. Dari kendaraan yang standar ke kendaraan yang lebih baik dan lebih nyaman. Pelanggan Anda pasti akan menyukainya
  • Penyewaan gratis di akhir pekan: jika ada pelanggan yang sudah melakukan lebih dari tiga kali penyewaan, Anda bisa memberikan penyewaan gratis di akhir pekan
  • Layanan prioritas: penawaran ini khusus bagi Anda yang menjalankan program loyalitas berjenjang. Gunakan penawaran ini untuk mempertahankan pelanggan setia yang paling aktif. Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan ketika mereka tiba di tempat rental Andaloyalitas 

BACA JUGA: Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan

Benefit One Indonesia, Mitra Program Loyalitas Otomotif Anda

Sebagai salah satu mitra loyalitas yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, Benefit One Indonesia adalah pilihan yang tepat untuk menjadi mitra loyalitas dari bisnis Anda. Kredibilitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah dipercaya oleh banyak perusahaan ternama di seluruh dunia.

Untuk mendukung dan membantu program loyalitas otomotif Anda, tim Benefit One Indonesia akan memberikan sejumlah pelayanan untuk perkembangan bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan keterlibatan pelanggan, poin insentif, pilihan hadiah atau reward yang banyak, dan lainnya.

Melalui channel dan platform Benefit One Indonesia, Anda bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan yang langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis Anda.

Benefit One Indonesia hadir untuk memberikan program insentif secara digital yang bisa memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Membantu dalam membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan hubungan antara karyawan dengan pelanggan, serta memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.Cukup hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!