Konsep Program Loyalitas Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Konsep Program Loyalitas Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Ada banyak konsep program loyalitas yang bisa Anda temukan. Mulai dari yang paling tradisional seperti mengumpulkan stempel, hingga yang sering digunakan saat ini yaitu mengumpulkan poin digital atau lencana. Perubahan tersebut terjadi karena adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Membuat setiap perusahaan perlu melakukan adaptasi agar tidak ketinggalan zaman.

Namun kira-kira, konsep program loyalitas seperti apa yang cocok untuk perusahaan Anda? Apakah pengumpulan stempel dengan cara tradisional? Atau mengumpulkan poin digital dengan menggunakan aplikasi yang tersemat di ponsel para pelanggan? Jika Anda masih kesulitan untuk memutuskan, maka artikel ini bisa membantu Anda untuk memberikan solusinya. Selengkapnya ada di penjelasan bawah ini.

BACA JUGA: Program Loyalitas Digital di Era Teknologi Canggih untuk Bisnis Anda

Sekilas Tentang Konsep Program Loyalitas

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa, program loyalitas adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh perusahaan untuk memberikan penghargaan kepada para pelanggan atas dukungan yang sudah mereka berikan secara berkelanjutan. Di sisi lain, dengan adanya program ini perusahaan juga bisa mendapatkan banyak informasi dan data yang kemudian bisa digunakan untuk meningkatkan personalisasi dan pengalaman pelanggan.

Konsep program loyalitas itu sendiri adalah seperti sebuah strategi yang dilakukan perusahaan untuk memberikan hadiah dan/atau diskon kepada pelanggan setia mereka. Dengan kata lain, program ini bisa membantu untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, menarik pelanggan baru, hingga meningkatkan penjualan produk.

Tentunya dalam hal ini, pelanggan yang terus melakukan pembelian ulang akan mendapatkan keuntungan yang lebih. Dengan catatan mereka sudah memenuhi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan. Misalnya saja seperti mengumpulkan stempel, poin, atau lainnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh TechJury, menyebutkan bahwa sebanyak 75% pelanggan akan memilih sebuah perusahaan yang menawarkan program berhadiah dan penghargaan untuk pelanggannya. Hal ini bisa membuat mereka akan membelanjakan lebih banyak uang untuk mendapatkan hadiah tersebut. Keuntungannya bagi perusahaan Anda adalah akan mendapatkan keuntungan dan pendapatan yang besar.

Peralihan Konsep Program Loyalitas

Tahukah Anda bahwa, konsep program loyalitas dengan cara mengumpulkan stempel itu sebenarnya sudah terjadi sejak abad ke-17? Bermula ketika para pedagang di zaman itu menemukan ide untuk menukarkan token tembaga dengan barang atau pembelian lainnya. Tujuannya pun tidak lain karena ingin mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian serta membangun hubungan dan kesetiaan antara penjual dan pembeli.

Cara inilah yang menjadi cikal bakal dari ide konsep program loyalitas dan dilakukan hingga bertahun-tahun berikutnya. Bahkan sampai saat ini, masih ada beberapa perusahaan yang menggunakan konsep pengumpulan stempel sebagai bentuk kesetiaan pelanggan.

Barulah ketika kemajuan teknologi dan digitalisasi semakin tersebar, konsep program loyalitas tradisional di atas mulai tergeser. Hampir semua perusahaan kini menggunakan aplikasi buatan sendiri yang memudahkan pelanggan untuk mengumpulkan poin digital. Nantinya, poin ini akan terakumulasi dengan setiap jumlah minimal transaksi yang dilakukan.

Perubahan konsep program loyalitas ini justru memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Personalisasi pelanggan yang lebih sesuai
  • Perolehan informasi dan data yang lebih cepat
  • Komunikasi dengan pelanggan yang lebih tanggap
  • Bisa mengetahui referensi pembelian pelanggan
  • Membangun komunitas yang memiliki kebiasaan dan minat yang sama
  • Menciptakan kompetisi sehat untuk menyelesaikan misi yang diberikan
Konsep Program Loyalitas Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Bagaimana Cara Menentukan Konsep Program Loyalitas yang Tepat untuk Perusahaan Anda?

Lalu bagaimana cara menentukan konsep program loyalitas yang tepat untuk perusahaan Anda? Hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama adalah untuk melakukan penelitian terkait kemampuan program loyalitas yang akan Anda digunakan. Termasuk anggaran budget yang Anda siap keluarkan.

Kemudian jangan lupakan karakteristik pelanggan Anda. Mulai dari jenis kelamin, usia, preferensi belanja mereka, dan karakteristik lainnya yang perlu ditambahkan. Selanjutnya Anda bisa memikirkan kelebihan dan kekurangan dari konsep program loyalitas yang akan digunakan. Baik konsep tradisional dan digital memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini akan sangat mempengaruhi performa program loyalitas yang akan Anda berikan kepada pelanggan.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari konsep program loyalitas tradisional atau pengumpulan stempel, yaitu:

Kelebihan:

  • Biaya terjangkau
  • Bisa digunakan untuk semua kalangan dan segala usia
  • Bisa dipakai berkali-kali sampai batas maksimal pengumpulan stempel berakhir

Kekurangan:

  • Mudah hilang
  • Tidak ada pencatatan khusus terkait transaksi yang dilakukan pelanggan
  • Kesulitan untuk mengetahui preferensi dan/atau kebiasaan belanja pelanggan
  • Komunikasi yang dilakukan kepada pelanggan tidak terjadi secara langsung dan cepat

Biasanya, konsep program loyalitas tradisional seperti pengumpulan stempel ini digunakan untuk beberapa perusahaan yang bergerak di bidang jasa tertentu. Seperti jasa laundry, jasa isi ulang air minum, jasa cuci motor atau mobil, dan bentuk jasa lainnya. Dikarenakan perusahaan yang bergerak di bidang tersebut hanya menawarkan satu macam bentuk penjualan saja. Umumnya penjual akan memberikan diskon atau gratis jasa setelah melakukan beberapa kali transaksi.

Sementara itu kelebihan dan kekurangan dari konsep program loyalitas digital atau pengumpulan poin atau lencana adalah:

Kelebihan:

  • Personalisasi pelanggan yang lebih sesuai
  • Perolehan informasi dan data yang lebih cepat
  • Komunikasi dengan pelanggan yang lebih tanggap
  • Bisa mengetahui referensi pembelian pelanggan
  • Membangun komunitas yang memiliki kebiasaan dan minat yang sama
  • Menciptakan kompetisi sehat untuk menyelesaikan misi yang diberikan
  • Menciptakan hubungan jangka panjang antara perusahaan dengan pelanggannya

Kekurangan:

  • Memerlukan biaya yang tidak sedikit
  • Ada resiko kehilangan minat pelanggan untuk bergabung jika caranya terlalu rumit
  • Tidak ramah untuk semua kalangan dan segala usia
  • Memerlukan update dan internet untuk mengoperasikannya

Berbeda dengan yang tradisional, konsep program loyalitas digital ini cocok untuk digunakan bagi perusahaan yang menawarkan banyak jasa atau produk yang dijual. Seperti grocery, kuliner, retail, dan lainnya.

BACA JUGA: 5 Pro Kontra Program Loyalitas yang Harus Anda Tahu!

Tentukan Konsep Program Loyalitas yang Cocok untuk Perusahaan Anda Bersama Benefit One Indonesia

Kesimpulan yang dapat diambil dari penjelasan di atas adalah Anda perlu menentukan kebutuhan dan tujuan dari program loyalitas yang akan digunakan. Kedua konsep program loyalitas tersebut memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan salah satu atau mungkin menggabungkan opsi keduanya.

Hal penting yang harus Anda perhatikan lainnya adalah membangun jangka panjang dengan pelanggan, menciptakan saluran komunikasi yang tanggap, hingga membentuk personalisasi dan meningkatkan pengalaman pelanggan merupakan bagian penting dari perjalanan mereka bersama perusahaan.

Anda bisa beradaptasi dengan kecanggihan teknologi dan digitalisasi yang berkembang saat ini. Salah satunya adalah dengan membuat pengumpulan e-stamp atau elektronik stempel. Tentunya peralihan konsep program loyalitas dari tradisional ke digital ini bisa menguntungkan dan memuaskan kedua belah pihak.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!