Email marketing tidak hanya digunakan untuk mengembangkan bisnis semata, tetapi ada lebih dari itu. Memang betul, dalam bisnis email bisa menjadi strategi pemasaran yang paling efektif.
Tetapi sudahkah Anda memaksimalkan fungsi email marketing untuk bisnis? Jika belum, di artikel kali ini kita akan membahas mengenai betapa pentingnya email marketing, jenis-jenisnya, fungsi, dan bagaimana cara memaksimalkannya.
Pengertian Email Marketing
Secara umum, pengertian email marketing adalah strategi pemasaran dengan mengirimkan email ke pelanggan yang Anda miliki dan calon pelanggan. Tujuannya untuk meningkatkan brand awareness, mendorong keterlibatan pelanggan, mendapatkan prospek, hingga melakukan penjualan.
Sederhananya, pengertian email marketing adalah pengiriman email ke pelanggan dan calon pelanggan. Email bisa menghubungkan bisnis Anda dengan pelanggan menjadi lebih dekat sehingga strategi pemasaran yang dilakukan bisa berjalan.
Email marketing adalah salah satu cara terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tahukah Anda bahwa, saat ini ada lebih dari empat miliar pengguna email di seluruh dunia?
Bahkan penggunaan email marketing yang efektif bisa menghasilkan ROI (Return on Investment) lebih besar dibandingkan biaya pemasaran yang dikeluarkan. Dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran.
Tidak hanya itu, email marketing juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan kesetiaan pelanggan. Dalam dunia online marketing, email adalah salah satu alat yang memiliki biaya rendah dan hasil efektif untuk melibatkan pelanggan dan meningkatkan penjualan.
Jenis-jenis Email Marketing
Tahukah Anda bahwa, email marketing bisa mengalahkan strategi digital marketing yang lainnya? Hal ini karena email bisa menjangkau lebih banyak target audience dan langsung masuk ke kotak masuk pribadi pelanggan.
Ada banyak jenis-jenis email marketing yang dibagi berdasarkan tujuan dan maksudnya. Beberapa di antaranya adalah:
Email Promosi
Email promosi adalah jenis email marketing yang berisikan informasi seputar produk dan/atau jasa yang baru atau akan dirilis, promosi produk, dan informasi lainnya seputar penawaran bisnis Anda.
Dalam prakteknya, email promosi ditujukan kepada khalayak umum secara merata atau general. Tujuannya adalah untuk menciptakan brand awareness, memperkenalkan bisnis, hingga peluncuran produk dan/atau jasa.
Umumnya email promosi ini berisikan CTA atau call to action yang mengajak pelanggan untuk melakukan aksi tertentu. Seperti melakukan pembelian, berlangganan newsletter, mengunjungi laman tertentu, dan lainnya.
Newsletter atau Email Informasi
Tentu Anda sudah familiar dengan jenis email marketing yang satu ini, bukan? Isinya berupa newsletter yang memberitahu informasi tertentu. Anda bisa memaksimalkan fungsi ini untuk membagikan insight, opini, tips, atau hal yang lainnya yang memberikan nilai atau manfaat bagi pelanggan.
Isi email informasi ini juga bisa disertai oleh artikel, blog, atau beberapa ulasan pelanggan yang bisa memaksimalkan tujuannya. Umumnya, email marketing ini juga dilengkapi dengan CTA atau call to action.
Welcome Email
Selanjutnya ada welcome email yang ditujukan untuk pelanggan baru di bisnis Anda. Tujuannya adalah mengenalkan produk dan/atau jasa dari bisnis Anda. Biasanya isi dari email marketing ini adalah beberapa penawaran atau promosi terbaik.
Seperti potongan harga, voucher belanja, reward digital, program membership, dan lainnya. Kelebihan dari jenis email marketing ini adalah Anda bisa mengetahui siapa saja pelanggan potensial dan bisa berpotensi menjadi pelanggan yang setia.
Re-engagement Email
Re-engagement email atau email keterlibatan ulang adalah jenis email marketing yang bisa membuat Anda untuk berkomunikasi kembali dengan pelanggan. Misalnya ketika ada pelanggan yang sudah lama tidak aktif dalam program membership. Anda bisa menggunakan email ini untuk bertanya kepada mereka.
Email Survey
Feedback dari pelanggan sangat dibutuhkan untuk kelangsungan bisnis Anda. Dalam bisnis, Anda bisa memaksimalkan email survei ini untuk meminta opini mereka. Di sisi lain, jenis email marketing ini bisa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
Mengapa? Sebab dengan email seperti ini, pelanggan merasa seperti dihargai dengan Anda meminta pendapatnya. Gunakan data ini untuk terus meningkatkan kualitas produk, layanan, dan evaluasi bisnis.
Email Musiman
Terakhir ada jenis email marketing musiman atau yang dikenal sebagai seasonal marketing emails. Biasa email ini dikirimkan ketika ada event tertentu. Seperti perayaan hari raya, musim libur sekolah, perayaan anniversary bisnis Anda, dan berbagai event lainnya.
Fungsi Email Marketing
Seperti yang disebutkan sebelumnya, email marketing merupakan strategi pemasaran yang sangat efektif untuk mempromosikan produk dan/atau layanan. Selain itu, ada banyak fungsi email marketing yang bisa Anda dapatkan. Di antaranya adalah:
- Menghasilkan prospek
- Mendorong traffic berkualitas tinggi ke website Anda
- Memelihara hubungan Anda dengan pelanggan
- Membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan audiens
- Meningkatkan konversi penjualan
- Memungkinkan pelanggan untuk terlibat pada semua tindakan yang diharapkan
- Berkomunikasi dengan pelanggan
- Mendekatkan diri pada pelanggan
- Membangun loyalitas pelanggan
- Meningkatkan tingkat retensi
- Menghasilkan penjualan berulang
- Menarik pelanggan baru
Tips Memaksimalkan Fungsi Email Marketing
Jika Anda bisa memaksimalkan fungsi email marketing dengan baik dan efektif, hal ini bisa membuat Anda mendapatkan banyak keterlibatan dari pelanggan lama, menarik pelanggan baru, hingga mencapai tujuan pemasaran.
Namun pada faktanya, marketing campaign yang dilakukan dengan menggunakan email marketing harus didasari oleh rencana yang strategis, pesan yang relevan, dan juga tepat waktu.
Berikut beberapa tips memaksimalkan fungsi email marketing untuk bisnis Anda yang bisa dilakukan. Di antaranya adalah:
Buat Subjek Email yang Menarik
Tips memaksimalkan email marketing pertama adalah membuat subjek email yang menarik. Hal ini bisa menarik atensi pelanggan untuk membuka email. Pastikan isi email juga cukup menarik dan sesuai dengan tujuan promosi Anda agar bisa mendorong pelanggan untuk melakukan CTA yang diminta.
Struktur Email yang Tertata
Pengiriman email marketing tidak boleh sembarangan. Struktur email pun harus diperhatikan. Pastikan Anda menata isi pesan secara efektif sehingga bisa pelanggan bisa menerima dengan jelas maksud dan tujuan dari email marketing tersebut. Selain itu usahakan untuk menggunakan desain email yang simpel.
Berdasarkan hasil penelitian, waktu yang dibutuhkan seseorang untuk membaca email rata-rata adalah 10 detik. Maka Anda harus memaksimalkan waktu tersebut dengan isi pesan yang tertata dan jelas.
Jangan Kirim Email Marketing Terlalu Sering
Tips memaksimalkan email marketing selanjutnya adalah jangan terlalu sering mengirimkan email. Pastikan Anda mengirimkannya jika dirasa diperlukan saja. Jangan membombardir kotak masuk pelanggan dengan puluhan email. Hal ini malah akan membuat mereka membatalkan langganan atau unsubscribe newsletter.
Ketika Anda menggunakan strategi email marketing, yang akan dibahas adalah masalah waktu. Jika Anda mengirimkan email pada waktu yang tepat, hal ini bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memenuhi tujuan pemasaran.
Perhatikan Regulasi yang Berlaku
Dalam mengirimkan email marketing, ada regulasi yang berlaku. Pastikan Anda sudah memahaminya agar email yang dikirimkan tidak dianggap sebagai scam, phising, atau bentuk penipuan lainnya.
Ada beberapa regulasi yang bisa dijadikan acuan untuk mengirim email marketing. Seperti Undang-undang CAN-SPAM di Amerika Serikat, Undang-undang Anti Spam Kanada, dan General Data Protection Regulation atau GDPR di Uni Eropa.
Kumpulkan Semua Data yang Anda Dapatkan
Salah satu kelebihan email marketing adalah bisa menerima data keefektifan kampanye pemasaran secara teratur. Hal ini tentu bisa menjadi insight untuk melakukan pendekatan yang lebih efisien untuk bisa menjangkau lebih banyak lagi target audience.
Dengan memaksimalkan email marketing ini, Anda bisa melakukan pengujian yang dapat membantu untuk meningkatkan kinerja marketing campaign seluruhnya. Sehingga nantinya Anda bisa lebih efisien dalam mengirimkan email kepada pelanggan.
Memaksimalkan Email Marketing untuk Program Loyalitas Pelanggan dengan Benefit One Indonesia
Salah satu hasil yang bisa Anda dapatkan dengan memaksimalkan email marketing adalah memiliki pelanggan yang setia. Anda bisa mulai dengan mengajak pelanggan untuk mengikuti program membership yang nantinya mereka akan mendapatkan segudang benefit lainnya.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!