After Sales: Bagaimana Mendekatkan Diri Pada Pelanggan & Strateginya

After Sales, Bagaimana Mendekatkan Diri Pada Pelanggan & Strateginya

Hingga kini, masih banyak perusahaan yang tidak melakukan pelayanan after sales. Padahal menjaga interaksi dengan pelanggan setelah melakukan proses transaksi jual beli itu penting dan berpengaruh pada kelangsungan bisnis.

Sayangnya, jika hal ini terus terjadi maka sebagian besar pelanggan akan merasa kecewa. Mereka mengira akan mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik. Tapi nyatanya mereka tidak menerima pelayanan after sales sama sekali.

Pengertian After Sales

Pelayanan after sales adalah bentuk dukungan dan sumber daya selanjutnya yang disediakan oleh perusahaan untuk pelanggan yang sudah membeli produk dan/atau jasa yang ditawarkan. Pelayanan ini juga sering disebut sebagai bentuk perhatian kepada pelanggan untuk memberi tahu bahwa perusahaan menghargai mereka-bukan hanya uangnya saja.

Bentuk dukungan after sales yang diberikan bisa berupa memberikan jawaban atau solusi atas masalah pelanggan, menjaga koneksi baik dengan program loyalitas pelanggan, memberikan reward berupa voucher belanja atau lainnya, hingga memberikan layanan konsultasi yang cukup.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 83% pelanggan bisa meninggalkan suatu brand yang mereka cintai hanya karena memiliki pelayanan yang buruk. Umumnya sebagian besar terjadi setelah adanya kontroversi. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Maka dari itu, pelayanan after sales harus dilakukan secara rutin dan seimbang. Anggap saja bentuk pelayanan ini sebagai salah satu strategi yang bisa menjaga koneksi dengan pelanggan untuk jangka waktu lama.

Jika pelanggan menerima pelayanan after sales yang memuaskan, maka kemungkinan besar mereka akan melakukan pembelian ulang dan mempromosikan produk dan/atau jasa Anda kepada lainnya. Atau bisa disebut dengan istilah promosi mouth to mouth.

Strategi Pelayanan After Sales

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa pelayanan after sales sangat penting? Perlu Anda ketahui bahwa, sebagian besar perusahaan tidak berusaha untuk menjangkau pelanggan setelah proses transaksi jual beli berakhir. 

Hal yang sering dianggap remeh tapi ternyata bisa berakibat fatal pada pertumbuhan dan perkembang bisnis. Bahkan tidak jarang jika perusahaan ingin memenuhi target kuota pelanggan, dibandingkan menjaga koneksi dengan mereka.

Jika diteruskan, maka Anda akan menyadari bahwa pelanggan merasa tidak dihargai atau diperlakukan sebagaimana mestinya. Tentu Anda ingat dengan istilah “pelanggan adalah raja”, bukan?

Berikut beberapa strategi pelayanan after sales yang bisa Anda lakukan untuk mendekatkan diri pada pelanggan. Di antaranya adalah:

Menghubungi Pelanggan Setelah Transaksi

Strategi pelayanan after sales yang pertama adalah menghubungi pelanggan setelah transaksi jual beli dilakukan. tujuannya adalah untuk menanyakan ulasan atau pengalaman mereka setelah menggunakan produk dan/atau jasa yang dibeli.

Dengan melakukan cara ini, Anda bisa meyakinkan pelanggan bahwa mereka telah membeli produk dan/atau jasa dengan tepat dan memberikan mereka pengalaman yang memuaskan.

Mengirim Email Pada Hari Tertentu

Beberapa perusahaan umumnya akan meminta data diri pelanggan. Mulai dari tempat tanggal lahir, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jika Anda memiliki data ini, Anda bisa mengirim email pada hari tertentu.

Misalnya ketika pelanggan sedang berulang tahun atau perayaan lainnya. Anda bisa mengirimkannya ucapan selamat sekaligus dengan reward digital atau program loyalitas lainnya. Strategi pelayanan after sales ini juga bisa dilakukan dengan memberikan newsletter atau sekedar bertanya kabar pelanggan.

Mengirimkan Ucapan Terima Kasih

Mengirimkan ucapan terima kasih adalah strategi pelayanan after sales yang paling mudah. Anda bisa mengirimkannya dalam bentuk email, surat, atau bingkisan. Cara ini bisa membuat bisnis Anda selalu diingat.

Menyesuaikan Pengalaman Pelanggan

Terakhir, Anda bisa menyesuaikan pengalaman pelanggan. Misalnya dengan memberi tahu jika ada produk baru atau produk yang mereka inginkan dijual di toko. Hal ini bisa memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembelian dalam waktu dekat atau di masa mendatang.

Tingkatkan Pelayanan After Sales Anda dengan Solusi Layanan DIgital Terlengkap

Sekarang setelah Anda mengetahui strategi pelayanan after sales, Anda bisa mulai dengan memberikan program loyalitas, reward digital, atau voucher belanja dengan menggunakan layanan dari Benefit One Indonesia.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!