Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?

Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?

Personalisasi merupakan sebuah kunci untuk membentuk hubungan yang awet dan tahan lama dengan pelanggan. Ketika Anda mengenali preferensi dan perilaku unik setiap pelanggan, maka hal ini akan menciptakan strategi personalisasi hadiah dengan tingkat yang lebih dalam lagi.

Personalisasi hadiah memiliki kekuatan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong keterlibatan. Disaat yang bersamaan, jenis imbalan ini juga memiliki nilai lebih dibandingkan hadiah tradisional pada umumnya. 

Lalu, strategi apa yang cocok untuk memberikan imbalan ini? Mengapa personalisasi hadiah itu penting untuk pelanggan? Temukan jawaban selengkapnya di penjelasan artikel bawah ini.

BACA JUGA: Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya

Personalisasi Hadiah Merupakan Bagian Dari Program Loyalitas

Fakta menariknya adalah kesetiaan dan personalisasi seperti dua sisi dalam satu koin. Kedua aspek penting dalam program loyalitas ini saling bekerja sama untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan setia. Pada prakteknya, brand dengan program loyalitas yang aktif, bisa memberikan personalisasi hadiah berdasarkan data pelanggan.

Dalam hal ini, data pelanggan merupakan harta karun dari setiap program loyalitas yang bisa memberikan insight untuk membuat strategi selanjutnya. Ketika brand Anda memiliki program loyalitas yang kuat, maka Anda bisa dengan mudah mendekati pelanggan.

Lalu apa yang membuat personalisasi hadiah bisa mempengaruhi kesetiaan pelanggan? Jawabannya sangat sederhana, karena pelanggan membutuhkan pengakuan. Tapi bukan sebagai pelanggan yang melakukan transaksi. Melainkan sebagai individu dengan selera dan kebutuhan yang unik.

Namun sayangnya, tidak semua program loyalitas memiliki aspek penting ini. Mungkin sebagian besar dari program tersebut memenangkan hati pelanggan dengan berbagai voucher, potongan harga, benefits, rewards yang menarik, dan lainnya. Akan tetapi jika tidak ada personalisasi hadiah, maka program loyalitas tersebut bisa kehilangan pelanggan setia. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi, bukan?

Manfaat Personalisasi Hadiah

Melalui personalisasi hadiah, Anda bisa menjalin ikatan atau hubungan yang lebih personal dan dalam dengan pelanggan. Kemudian juga menumbuhkan rasa kepemilikan dan penghargaan. Berdasarkan hasil penelitian menyebutkan bahwa, hanya 18% pelanggan yang mau terlibat dengan program loyalitas yang mereka ikuti.

Berikut beberapa manfaat personalisasi hadiah yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

Personalisasi Hadiah Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Dengan mengetahui, memahami, dan memenuhi kebutuhan serta perilaku pelanggan secara individu, maka personalisasi hadiah bisa mengubah mereka menjadi pendukung merek yang menguntungkan. Mereka akan dengan senang hati setia pada brand Anda dan tidak akan segan menghabiskan banyak uang untuk mendukung produk dan/atau layanan yang dikeluarkan.

Keterlibatan Pelanggan Ikut Meningkat

Secara tidak langsung, Anda ikut mendorong interaksi dan keterlibatan pelanggan ketika menawari personalisasi hadiah. Mereka akan mencari tahu informasi dan berita terkini tentang brand, ikut berpartisipasi dalam setiap acara atau campaign yang dibuat, hingga ikut membicarakan brand Anda di media sosial.

Keunggulan Kompetitif Di Antara Pesaing Lainnya

Tidak semua program loyalitas mau memberikan hadiah yang dipersonalisasi. Artinya, ketika Anda memberikan hal tersebut kepada pelanggan secara individu, maka mereka akan mengingat brand Anda. Lebih baik lagi, hal ini bisa membuat program loyalitas brand Anda lebih unggul dibandingkan pesaing lainnya di industri yang sama.

Memiliki Wawasan Berbasis Data

Agar bisa memberikan hadiah yang dipersonalisasi, Anda membutuhkan banyak data dan insight pelanggan. Informasi ini juga sangat penting dan berharga untuk merancang strategi pemasaran di masa mendatang. Sehingga Anda bisa memasarkan dan menawarkan produk dan/atau layanan dengan tepat.

Efisiensi Biaya

Satu lagi manfaat dari hadiah yang dipersonalisasi adalah efisiensi biaya. Jenis hadiah ini bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan anggaran pemasaran. Fokus Anda pun berubah ke aktivitas yang bernilai tinggi dan menguntungkan.

Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?

Cara Mudah untuk Memulai Personalisasi Hadiah

Sebenarnya, cara mudah, cepat, dan sederhana untuk memulai personalisasi dengan pelanggan adalah menyebut namanya dalam setiap kesempatan. Baik ketika saat bertemu langsung, melalui email, melalui hadiah yang dikirim, dan lain-lain. 

Ketika dirasa hubungan Anda dengan pelanggan semakin dekat, baru Anda bisa menawarkan layanan, dukungan, atau saran yang sesuai dengan kebutuhan serta preferensi mereka. Terakhir, Anda memperbolehkan pelanggan untuk memilih hadiah yang mereka inginkan atau menyesuaikannya dengan preferensi dan minat mereka.

Dibawah ini ada beberapa cara mudah untuk memulai personalisasi hadiah. Meliputi:

Memulai Hubungan dengan Benar

Sejak pertama kali bertemu dengan pelanggan, usahakan bentuk komunikasi yang Anda lakukan sudah memiliki sentuhan pribadi. Manfaatkan pertemuan pertama ini sebagai masa orientasi pelanggan untuk mengajaknya masuk ke dalam program loyalitas. Jabarkan secara detail dengan sentuhan personal (seperti menyebut nama pelanggan) ketika menjelaskan brand Anda. Pastikan Anda mendengarkan dan memperhatikan secara seksama apa yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Sebut Nama Pelanggan Dalam Setiap Penawaran

Cara mudah selanjutnya adalah dengan memberikan penawaran secara berkala. Namun jangan lupa untuk menyebutkan nama pelanggan dalam setiap penawaran dan berikan sentuhan personalisasi. Pastikan mereka tertarik dengan penawaran yang dibuat. Buat mereka merasa istimewa dengan memperhatikan isi pesan penawaran.

Ajak Mereka Terlibat Dalam Program Loyalitas

Berikan semua aktivitas dan manfaat yang bisa didapatkan dari program loyalitas Anda. Ajak pelanggan yang sudah bergabung untuk terlibat dan mengenali merek Anda. Ketika mereka sudah mulai terlibat, lanjutkan dengan memberikan undangan, penawaran khusus, dan/atau ucapan terima kasih atas kesetiaan dan dedikasi mereka secara personal.

Pada prakteknya, pelanggan yang terlibat dalam pendekatan personalisasi cenderung akan menghabiskan banyak uang untuk sebuah brand. Bahkan pendapatan dan keuntungan bisa meningkat berkali lipat. Tidak hanya itu, kepuasan pelanggan pun ikut bertambah sebesar 6.4% dengan strategi personalisasi ini.

BACA JUGA: 6 Cara Mengelola dan Memanfaatkan Database Pelanggan

Pilih Personalisasi Hadiah yang Tepat Bersama Benefit One Indonesia

Tahukah Anda bahwa, brand yang secara aktif menawarkan personalisasi hadiah tidak mungkin dilupakan? Hal ini karena ada peran memori dan pengalaman berkesan yang tertanam di benak pelanggan. Nah, agar hadiah ini bisa memberikan dampak yang efektif, ada baiknya jika Anda bekerja sama dengan mitra loyalitas terbaik.

Benefit One Indonesia adalah salah satunya. Sudah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun dan dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di dunia. Tidak hanya itu, Benefit One Indonesia juga memiliki banyak hadiah yang bisa Anda personalisasi untuk pelanggan.Hubungi kami kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!