Mengenal Employee Wellness Program & Manfaatnya untuk Karyawan

Mengenal Employee Wellness Program & Manfaatnya untuk Karyawan

Employee wellness atau kesejahteraan karyawan dirancang dan dibuat atas dasar pemikiran bahwa karyawan yang sehat bisa memberikan dampak positif dan memberikan keuntungan yang banyak untuk perusahaan. Tentu Anda sering mendengar ucapan “karyawan yang sehat adalah karyawan yang bahagia”, bukan?

Alasan tersebutlah yang menjadi alasan mengapa setiap perusahaan perlu memiliki employee wellness program untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Karena karyawan yang sehat adalah mereka yang mau berkontribusi dan terlibat dalam segala aspek perusahaan.

Apa itu employee wellness? Apa saja manfaatnya untuk karyawan? Apa saja program yang bisa dijalankan? Bagaimana cara membuat employee wellness program? Simak penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini, ya!

BACA JUGA: 9 Cara Menjaga Kepuasan Karyawan yang Efektif di Lingkungan Kerja

Apa itu Employee Wellness Program?

Kesejahteraan karyawan atau employee wellness adalah rangkaian kegiatan dan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan. Caranya adalah dengan membantu karyawan dalam mengelola stress, membangun hubungan yang lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan mengurangi kelelahan.

Sementara employee wellness program adalah sebuah program kesehatan karyawan yang dibuat oleh para pemberi kerja untuk meningkatkan kesehatan karyawan dan untuk membantu mereka secara individu dalam mengatasi masalah kesehatan tertentu. Umumnya, setiap perusahaan menyediakan jasa pihak ketiga untuk menawarkan program kesehatan. Asuransi kesehatan salah satunya.

Di era teknologi dan serba cepat seperti saat ini, karyawan yang merasa lelah dan stress akan pekerjaannya bisa menyebabkan menurunnya produktivitas. Tidak hanya itu, hal ini juga bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mental mereka. Dan tentunya hal ini bisa merugikan perusahaan.

Oleh karena itu, saat ini sebagian besar perusahaan sudah mulai menjadikan kesehatan mental sebagai salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Lagi pula, ketika karyawan merasa didukung, mereka akan memberikan dedikasi dan kontribusi terbaiknya. Employee wellness program merupakan salah satu cara untuk meminimalisir hal tersebut.

Manfaat Employee Wellness untuk Karyawan dan Perusahaan

Sebuah studi menyebutkan bahwa, hanya 46% karyawan merasa didukung oleh perusahaan tempat mereka bekerja terkait employee wellness ini. Meskipun ada sekitar 80% perusahaan yang mengklaim bahwa mereka mendukung kesehatan fisik dan mental dari setiap karyawan.

Faktanya, karyawan yang merasa bahagia dan sehat sangat mudah untuk diajak kerja sama dan kolaborasi. Bahkan bisa memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Termasuk dalam hal bisnis dan apabila Anda sedang mencari karyawan baru. Testimoni yang diberikan karyawan terkait employee wellness di perusahaan Anda bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Berikut beberapa manfaat employee wellness untuk karyawan dan perusahaan, di antaranya adalah:

  • Meningkatnya produktivitas
  • Semangat kerja karyawan yang tinggi
  • Meningkatkan perekrutan dan retensi karyawan
  • Mengurangi angka ketidakhadiran karyawan
  • Meminimalisir resiko kesehatan
  • Membangun keakraban di antara karyawan
  • Keterlibatan karyawan meningkat
  • Rendahnya angka perputaran karyawan
  • Budaya perusahaan yang lebih baik

Jenis-jenis Employee Wellness Program yang Bisa Anda Buat di Perusahaan

Sejatinya, ada banyak pilihan employee wellness program yang bisa Anda buat di perusahaan. Beberapa di antaranya bahkan mudah untuk diimplementasikan dan bisa membantu karyawan untuk menjaga produktivitas dan sekaligus mengembangkan karirnya. Seperti:

Kesehatan Fisik

Kesehatan fisik seperti tubuh yang bugar dan fit juga perlu dimiliki oleh setiap karyawan. Maka dari itu, Anda bisa menyediakan beberapa fasilitas kesehatan di perusahaan. Misalnya; klinik, farmasi, pusat fitness dan gym, ruang istirahat, makanan yang sehat dan bernutrisi, dan lainnya.

Kesehatan Emosional

Kesehatan emosional merupakan bagian dari diri karyawan itu sendiri. Anda bisa membantunya dengan cara mengembangkan kemampuan mereka, memenuhi kesehatan emosional yang dibutuhkan, hingga terhubung dengan tujuan mereka. Bersikap simpati dan empati juga bisa membantu karyawan untuk merasakan bahwa Anda peduli dengan mereka.

Kesehatan Mental

Selain kesehatan emosional, Anda juga perlu menjaga kesehatan mental setiap karyawan. Karyawan yang merasa lelah dengan pekerjaan yang padat dan menumpuk bisa memicu stress berlebih. Jika dibiarkan dan diabaikan terus menerus, hal ini bisa memberikan dampak buruk untuk karyawan itu sendiri. Anda bisa menyediakan fasilitas yoga dan meditasi untuk membantu karyawan dalam mengelola stres.

Kesehatan Finansial

Kesehatan finansial disini mengacu pada stabilitas keuangan seseorang. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, dan utang yang dimiliki. Cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu adalah dengan menyediakan literasi keuangan kepada setiap karyawan. Ajak mereka untuk menggunakan uangnya secara bijak dengan tujuan jangka panjang.

Kebutuhan Sosial

Sebagai seorang makhluk sosial, karyawan juga butuh bersosialisasi dengan banyak orang. Tentu dalam menyelesaikan pekerjaannya, mereka membutuhkan bantuan orang lain. Anda bisa menciptakan employee wellness program yang mendukung interaksi sosial yang positif, meningkatkan kohesi tim, dan meningkatkan keterlibatan.

Mengenal Employee Wellness Program & Manfaatnya untuk Karyawan

Employee Wellness Program yang Berhubungan dengan Pekerjaan

Selanjutnya, Anda bisa membuat employee wellness program yang berhubungan dengan pekerjaan. Artinya, karyawan juga membutuhkan rasa kepuasan, pemenuhan, dan penghargaan selama mengerjakan pekerjaannya. Selain menyediakan benefit yang memuaskan, Anda juga bisa memberikan penghargaan dan apresiasi sebagai bentuk bahwa Anda menghargai dedikasi dan kerja keras mereka.

Tujuan Hidup dan Pekerjaan

Nyatanya, tidak sedikit karyawan yang merasa bingung dengan tujuan pekerjaannya. Apabila Anda menemukan kasus seperti ini pada karyawan, maka ada baiknya untuk segera menyelesaikannya. Sebab, karyawan yang tidak mengetahui tujuannya, akan memperlambat alur produktivitas perusahaan. Anda bisa membantu memberikan arahan dan masukan agar mereka bisa menjadi lebih puas dengan kehidupan mereka, baik secara pribadi dan profesional.

Bagaimana Cara Membuat Employee Wellness Program yang Efektif?

Pada kenyataannya, employee wellness program terus mengalami perubahan mengikuti tren dan kebutuhan karyawannya. Jadi, Anda bisa memulainya dari hal yang paling kecil lalu bertahap sedikit demi sedikit. Adapun cara atau langkah untuk membuat program kesejahteraan karyawan yang efektif adalah sebagai berikut:

Melakukan Survei Pada Setiap Karyawan

Survei ini dilakukan untuk mencari tahu apa yang karyawan inginkan dalam employee wellness program. Pastikan juga untuk menanyakan bagaimana mereka menginginkan sumber daya tersebut. Apakah semua harus ada di perusahaan? Bekerja sama dengan penyedia pihak ketiga? Atau lainnya.

Identifikasi Sponsor Program untuk Employee Wellness Program

Sponsor program yang dimaksud bukan jasa penyedia pihak ketiga. Melainkan karyawan yang bersemangat dan berkeinginan untuk mendukung employee wellness program ini. Biasanya, orang-orang memerlukan dukungan dari yang lainnya untuk mau melakukan sesuatu. Termasuk dalam mengikuti rangkaian program kesejahteraan karyawan ini. Carilah karyawan yang bisa menunjukkan perilaku sehat dan berpartisipasi aktif dalam program. Sehingga nantinya hal ini bisa menginspirasi karyawan lainnya.

Membentuk Komite Kesehatan

Employee wellness program juga memerlukan orang di balik layar agar bisa berjalan dengan sukses dan efektif. Maka dari itu, Anda perlu membentuk komite kesehatan yang bisa berperan sebagai penggerak perubahan ke yang lebih baik lagi. Mereka yang bertugas juga memiliki tanggung jawab untuk meninjau data survei, memilih inisiatif populer, menciptakan tantangan kesehatan baru, dan masih banyak lagi.

Tentukan Tujuan dari Employee Wellness Program yang Dibuat

Anda juga perlu memastikan bahwa employee wellness program yang dibuat memiliki tujuan yang jelas dan bisa searah dengan tujuan bisnis. Pastikan untuk menyampaikan tujuan tersebut kepada setiap lapisan karyawan di perusahaan agar mereka semakin yakin dan ingin berpartisipasi.

Temukan dan Bekerja Sama dengan Mitra yang Tepat

Terakhir, Anda perlu menemukan dan bekerja sama dengan mitra yang tepat. Dimana dalam hal ini adalah mitra kesehatan. Mulai dari rumah sakit/dokter jaga/klinik/farmasi, mitra catering untuk menyediakan makanan yang sehat dan bernutrisi, mitra penyedia alat kesehatan untuk fitness dan gym, dan lainnya. Pilih sesuai kebutuhan dan budget yang Anda miliki.

BACA JUGA: Mengapa Anda Perlu Membangun Program Loyalitas Karyawan di Perusahaan?

Berikan Hadiah dan Reward dari Benefit One Indonesia Sebagai Bagian dari Employee Wellness Program

Memprioritaskan kesejahteraan karyawan di perusahaan Anda adalah suatu kewajiban. Ada banyak manfaat yang dirasakan ketika Anda memiliki employee wellness program. Termasuk di dalamnya bisa membuat bisnis Anda semakin berkembang dan meningkatkan keuntungan.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah memberikan hadiah atau reward sesuai dengan dedikasi dan kontribusi karyawan. Ketika Anda menghargai mereka, maka mereka juga akan mengembalikannya dengan hal yang lebih. Mereka akan dengan senang hati membantu Anda mencapai tujuan bisnis.

Benefit One Indonesia adalah salah satu mitra loyalitas yang bisa Anda percaya untuk urusan pemberian hadiah atau reward. Ditambah dengan solusi pintar, aplikasi yang menggunakan teknologi terkini, hingga bisa membantu memberikan ide-ide segar untuk kemajuan dan perkembangan bisnis Anda.Benefit One Indonesia sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di industri program loyalitas. Dipercaya oleh berbagai perusahaan besar di seluruh dunia. Jika Anda belum mencobanya, maka kini saatnya untuk Anda menghubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!