Program Loyalitas Berjenjang: Strategi Unggulan untuk Mempertahankan Pelanggan

Program Loyalitas Berjenjang

Saat ini, membangun hubungan yang kuat dan awet dengan pelanggan merupakan sebuah hal penting yang harus dilakukan setiap bisnis. Salah satunya adalah dengan menawarkan program loyalitas berjenjang atau tiered loyalty program. Cara kerjanya adalah dengan menawarkan berbagai tingkatan level kepada pelanggan berdasarkan jumlah yang mereka belanjakan atau berapa banyak interaksi yang mereka lakukan dengan brand.

Sudah ada banyak brand besar dan ternama yang menggunakan program loyalitas berjenjang untuk tetap menjaga pelanggan setia mereka. Semakin tinggi tingkatannya, maka semakin besar dan berharga imbalan yang akan diberikan kepada pelanggan.

Lalu seperti apa gambaran dari program loyalitas berjenjang ini? Apa saja manfaat yang akan didapatkan? Temukan penjelasan lengkapnya di artikel bawah ini.

BACA JUGA: Mengapa Personalisasi Hadiah itu Penting untuk Pelanggan?

Apa itu Program Loyalitas Berjenjang?

Tiered loyalty program atau program loyalitas berjenjang adalah strategi loyalitas pelanggan yang terstruktur dimana para anggotanya akan menerima berbagai tingkatan hadiah dan manfaat berdasarkan tingkat keterlibatan atau pembelanjaan mereka dengan sebuah brand. Tingkatan ini akan dibuat dari yang paling rendah ke yang tinggi, dengan hadiah berbeda di tiap tingkatannya.

Sederhananya, program loyalitas berjenjang merupakan sebuah program dimana pelanggan akan mendapatkan poin dan secara konsisten bisa meningkatkan tingkatannya. Umumnya, ada tiga tingkatan yang digunakan. Yaitu free (dasar), pro (menengah), dan advanced (paling tinggi).

Jika dilakukan dengan benar, program loyalitas berjenjang ini bisa membantu untuk meningkatkan keterlibatan, meningkatkan retensi, dan mendorong kesetiaan jangka panjang. Tingkatan loyalitas ini nantinya akan mengelompokkan pelanggan secara otomatis. Sehingga bisa memudahkan Anda dalam menargetkan kelompok yang berbeda dengan memberikan penawaran dan pengalaman yang dipersonalisasi.

Program loyalitas berjenjang bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan penghargaan berbasis poin. Hal ini bisa meminimalisir kerugian dari setiap poin kadaluarsa yang belum sempat ditukarkan pelanggan.

Manfaat Program Loyalitas Berjenjang

Keuntungan dari program loyalitas berjenjang adalah bisa memotivasi pelanggan untuk meningkatkan frekuensi pembelanjaan mereka agar bisa naik ke tingkat selanjutnya. Selain itu, tiered loyalty program ini juga bisa menciptakan rasa eksklusivitas dan status tersendiri bagi anggota yang berada di tingkatan paling atas.

Berikut beberapa manfaat program loyalitas berjenjang untuk bisnis Anda. Di antaranya adalah:

Program Loyalitas Berjenjang Bisa Meningkatkan Keterlibatan & Motivasi

Manfaat program loyalitas berjenjang yang pertama adalah meningkatkan keterlibatan dan motivasi pelanggan. Hal ini didapatkan dari setiap tingkatan program. Ketika pelanggan berhasil mencapai suatu tingkatan, maka mereka akan terbuka kesempatan untuk mendapatkan hadiah dan manfaat yang berharga melalui proses gamifikasi.

Pendekatan inilah yang bisa memicu keinginan untuk terus mendapatkan status dan pengakuan. Strategi ini juga nantinya akan membantu Anda untuk mempertahankan loyalitas pelanggan serta pembelian berulang.

Mekanisme yang Digunakan Lebih Mudah Dipahami

Tingkatan loyalitas ini sejatinya menggantikan struktur hadiah yang rumit. Sehingga memudahkan pelanggan untuk memahami pengaturan program dan apa yang harus dilakukan oleh mereka untuk bisa naik ke tingkatan teratas agar bisa mendapatkan hadiah dan benefit yang lebih baik lagi.

Mengoptimalkan Profitabilitas & Manajemen Diskon

Skema program loyalitas berjenjang ini memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan yang paling berharga dan aktif untuk layanan premium dan penawaran eksklusif lainnya. Hal ini juga bisa membantu Anda untuk memastikan bahwa diskon dan hadiah tertentu didistribusikan sesuai dengan targetnya. Dampaknya bagi bisnis Anda adalah bisa memaksimalkan laba dan keuntungan.

Segmentasi Kelompok & Meningkatkan CLTV

Dikarenakan pelanggan dalam setiap tingkatan sudah tersegmentasi secara otomatis, maka Anda bisa meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan atau customer lifetime value (CLTV). Setiap tingkatan yang ada akan memberikan wawasan terkait perilaku, preferensi, dan pola belanja pelanggan. Segmentasi inilah yang nantinya bisa memudahkan Anda untuk merancang strategi pemasaran yang dipersonalisasi. Hasilnya adalah meningkatkan pengalaman pelanggan, pemasaran yang lebih besar, tingkat retensi yang lebih baik, dan meningkatkan nilai jangka panjang pelanggan.

Meningkatkan Retensi dan Kesetiaan Jangka Panjang Pelanggan

Selanjutnya, program loyalitas berjenjang ini bisa menumbuhkan kesetiaan jangka panjang dan keterlibatan di antara pelanggan. Struktur yang bertingkat ini juga bisa menumbuhkan hubungan emosional yang lebih dalam antara Anda dengan pelanggan. Semakin tinggi tingkatan mereka, maka mereka akan meningkatkan komitmen mereka terhadap brand. Ikatan emosional inilah yang nantinya akan menjadi penyelamat Anda untuk meminimalisir adanya peralihan pelanggan ke kompetitor.

Membuat Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik dengan Program Loyalitas Berjenjang

Setiap tingkatan memungkinkan Anda memberikan pengalaman yang dipersonalisasi dan lebih bermanfaat untuk pelanggan. Mereka bisa mendapatkan hadiah eksklusif, penawaran khusus, hingga hal-hal lain yang sesuai dengan preferensi pelanggan.

Wawasan untuk Pembuatan Strategi

Satu lagi manfaat program loyalitas berjenjang adalah memudahkan Anda untuk merancang strategi bisnis. Gunakan setiap data dan informasi pelanggan yang Anda dapatkan untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan melakukan analisis pelanggan. Dari data inilah Anda bisa menyempurnakan strategi tiered loyalty program agar bisa memenuhi harapan dan preferensi pelanggan.

Program Loyalitas Berjenjang

Cara Memulai Program Loyalitas Berjenjang

Transparansi dan komunikasi merupakan kunci utama dari sebuah program loyalitas. Pelanggan Anda perlu memahami apa saja yang dibutuhkan untuk bisa mencapai dan mempertahankan setiap tingkatan yang ada. Maka dari itu, Anda harus bisa memberikan informasi dan pesan yang jelas kepada mereka.

Bagi Anda yang ingin memulai tiered loyalty program, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda ikuti, yaitu:

Memilih Metode Pemberian Penghargaan yang Jelas

Cara pertama adalah dengan memilih metode pemberian penghargaan yang jelas. Apakah setiap kali pelanggan belanja dalam jumlah tertentu? Atau ketika mereka merekomendasikan brand Anda kepada orang lain? Atau ketika mereka ikut terlibat dalam setiap campaign yang dibuat? Atau gabungan semuanya? Apapun metode yang Anda pilih, pastikan Anda bisa menginformasikannya kepada pelanggan dengan jelas agar tidak terjadi miskomunikasi. Dan pastikan juga pelanggan merasa dihargai atas setiap kontribusi yang mereka berikan.

Menentukan Jumlah Tingkatan

Seperti yang disebutkan di atas, umumnya ada tiga tingkatan yang digunakan setiap brand untuk tiered loyalty program ini. Namun pada prakteknya, Anda bebas dalam menentukan jumlah tingkatannya. Hanya saja, Anda harus memastikan bahwa jumlah tingkatan yang ada bisa berjalan dengan efektif. Tingkatan yang sedikit mungkin tidak bisa memotivasi pelanggan, akan tetapi bukan berarti tingkatan yang banyak bisa memotivasi mereka. Maka dari itu, Anda harus menentukan jumlah tingkatan agar bisa berjalan dengan optimal dan efektif.

Membedakan Setiap Hadiah & Benefit

Anda tidak bisa memberikan hadiah yang sama untuk setiap tingkatan. Justru, Anda harus memberikan hadiah yang berbeda dan unik agar bisa menarik para anggota untuk naik ke tingkat berikutnya. Pastikan setiap hadiah dan benefit yang ditawarkan sesuai dengan setiap tingkatan yang ada. Pastikan juga pelanggan menerima insentif yang jelas setiap mereka berhasil naik ke tingkat selanjutnya. Perbedaan hadiah dan benefit ini bisa mendorong pelanggan untuk terlibat dengan merek Anda.

Terlibat dengan Pelanggan Melalui Komunikasi Langsung

Gunakan berbagai saluran komunikasi yang Anda miliki. Media sosial, email, event, komunitas, dan lainnya untuk memperkenalkan program loyalitas berjenjang ini serta apa yang akan mereka dapatkan. Jangan lupa menggunakan komunikasi yang dipersonalisasi untuk menarik perhatian mereka.

Pantau Perkembangan Program Loyalitas Berjenjang

Ketika Anda sudah selesai melakukan empat cara di atas, selanjutnya adalah terus memantau perkembangan dan mengoptimalkannya. Tujuannya adalah agar Anda bisa memahami bagaimana program ini bisa mempengaruhi perilaku dan loyalitas pelanggan. Jika ada masalah atau kesulitan yang dihadapi pelanggan, tangani dengan segera dan langsung lakukan perbaikan untuk meningkatkan pengalaman serta kepuasan mereka.

BACA JUGA: Poin Reward Pelanggan: Cara Mengaplikasikan, Dampak Buruk, & Solusinya

Wujudkan Program Loyalitas Berjenjang Bisnis Anda dengan Benefit One Indonesia

Keunikan dari tiered loyalty program ini adalah Anda bisa selalu terhubung dengan pelanggan tanpa harus melakukan transaksi terlebih dulu. Anda bisa membuat nama, branding, skema warna, dan citra di setiap tingkatan yang ada. Sehingga nantinya bisa menciptakan pengalaman tersendiri yang akan meningkatkan keterlibatan emosional pelanggan.

Wujudkan program loyalitas berjenjang bisnis Anda dengan Benefit One Indonesia. Salah satu mitra loyalitas terpercaya dan berpengalaman lebih dari 10 tahun di bidangnya. Bahkan sudah dipercaya berbagai perusahaan besar dan ternama di dunia.

Ada banyak pilihan hadiah eksklusif yang bisa Anda tawarkan untuk pelanggan setia. Program loyalitas dari Benefit One Indonesia juga bisa membantu untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan interaksi dengan brand. Tim kami juga akan menyediakan solusi inovatif dan banyak ide-ide menarik untuk kelangsungan bisnis Anda.Jangan tunggu terlalu lama. Cepat hubungi kami di WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!