Pada dasarnya, program loyalitas pelanggan tidak hanya membuat mereka merasa dihargai, tetapi juga bisa memberikan insights kepada Anda yang bisa berguna untuk kepentingan bisnis.
Tahukah Anda bahwa, lebih dari 90% perusahaan sudah memiliki program loyalitas pelanggan? Apakah perusahaan Anda salah satunya? Jika belum, segera buat! Cara ini juga menjadi salah satu strategi untuk menjaga pelanggan setia.
Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian program loyalitas pelanggan, alasan mengapa harus melakukannya, manfaatnya, dan beberapa jenisnya. Selengkapnya ada di bawah ini.
BACA JUGA: Memberikan Hadiah untuk Pelanggan dengan Cara yang Tepat
Pengertian Program Loyalitas Pelanggan
Program loyalitas pelanggan adalah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan kepada pelanggan setia-mereka yang melakukan pembelian ulang secara terus menerus. Hal ini merupakan salah satu strategi retensi pelanggan yang bisa mendorong mereka untuk terus melakukan pembelian ulang pada brand Anda.
Jika pelanggan terus menerus melakukan pembelian, maka mereka juga akan mendapatkan imbalan atau bentuk penghargaan yang lebih banyak lagi. Umumnya, program loyalitas pelanggan ini diprakarsai oleh pelaku usaha atau bisnis dengan cara memberikan hadiah, diskon, poin insentif, dan cara menarik lainnya agar bisa mempertahankan mereka.
Tujuan adanya program ini adalah untuk mendorong pembelian ulang dan juga untuk memberikan hadiah kepada pelanggan yang sudah loyal kepada brand Anda. Selain untuk menjaga pelanggan yang sudah ada, strategi ini bisa meningkatkan penjualan produk.
Selain itu, program loyalitas pelanggan juga bisa memberikan kesempatan untuk mempelajari preferensi pelanggan dan merancang strategi komunikasi yang sesuai dengan mereka. Tahukah Anda bahwa, pelanggan yang setia akan lebih banyak melakukan pembelian berulang dibandingkan pelanggan baru?
Mengapa Harus Membuat Program Loyalitas Pelanggan?
Seperti yang disebutkan di awal, sebanyak 90% perusahaan memiliki beberapa jenis program loyalitas pelanggan. Strategi ini adalah bukti nyata sebagai salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan pendapatan dan menginspirasi loyalitas pelanggan.
Fakta menariknya adalah, sebanyak 84% pelanggan menyebutkan bahwa mereka lebih cenderung bertahan dengan merek yang menawarkan program loyalitas. Dan sebanyak 66% pelanggan menyatakan bahwa dengan adanya imbalan yang diberikan, akan mempengaruhi pola belanja mereka.
Artinya, jika bisnis Anda menawarkan program loyalitas pelanggan, maka mereka akan merasa sangat senang dan tentunya bersedia untuk bertahan. Sederhananya, semakin banyak pelanggan setia, maka semakin baik retensi pelanggan yang bisnis Anda miliki.
Selain itu, program ini juga bisa meningkatkan hubungan Anda dengan pelanggan. Tidak hanya itu, pelanggan setia bisa memberikan Anda angka ROI (Return On Investment) yang lebih baik.
Hal menarik lainnya yang harus Anda garis bawahi adalah, sebanyak 83% pelanggan mempercayai rekomendasi yang diberikan dari teman-teman mereka. Jadi, dengan melakukan program ini, Anda bisa mendapatkan promosi secara gratis dari mulut ke mulut. Tentunya hal ini bisa menghemat biaya pemasaran bisnis Anda, bukan?
Manfaat Program Loyalitas Pelanggan
Manfaat program loyalitas pelanggan tidak hanya akan dirasakan oleh pelanggan saja, melainkan juga ke bisnis yang Anda jalankan. Melalui cara ini, Anda bisa mendapatkan insights dan akses khusus untuk melakukan marketing campaign dan tentunya bisa mengajak pelanggan untuk ikut terlibat.
Sebab ketika ada pelanggan yang mendaftar, Anda akan mendapatkan data berupa informasi pribadi. Seperti nama, kontak, preferensi belanja, riwayat pembelian dan kunjungan, dan masih banyak lagi. Nantinya data ini bisa Anda gunakan untuk menyesuaikan email marketing dan strategi pemasaran lainnya.
Pada dasarnya, program loyalitas pelanggan memiliki dua fungsi utama. Yaitu untuk memberikan penghargaan atau hadiah kepada pelanggan atas pembelian berulang yang dilakukan, dan disaat yang bersamaan, mereka memberikan informasi dan data kepada perusahaan.
Jenis-jenis Program Loyalitas Pelanggan
Ada empat jenis program loyalitas pelanggan yang bisa Anda berikan. Hal yang perlu diperhatikan adalah Anda bisa menggunakan jasa pihak ketiga untuk mengurus semua hal ini. Salah satunya adalah Benefit One Indonesia.
Berikut beberapa jenis program loyalitas pelanggan yang ada. Di antaranya adalah:
Points-based Loyalty Programs
Jenis yang pertama adalah program loyalitas berdasarkan poin. Jenis ini merupakan yang paling umum dan sering dilakukan oleh beberapa perusahaan. Caranya adalah dengan mengakumulasi poin yang didapatkan dari melakukan pembelian produk.
Nantinya pelanggan bisa menukarkan beberapa poin yang sudah dikumpulkan dengan sejumlah hadiah yang sudah disediakan. Seperti voucher belanja, produk gratis, potongan harga, dan hal menarik lainnya.
Anda juga bisa memanfaatkan hal ini untuk meningkatkan brand awareness. Caranya adalah dengan meminta pelanggan untuk membagikan hadiah yang mereka dapatkan ke media sosial, memberikan ulasan, atau dengan konten gamification lainnya.
BACA JUGA: 5 Jenis Reward untuk Karyawan yang Bisa Anda Berikan
Tiered Loyalty Programs
Tiered loyalty programs atau program loyalitas pelanggan berjenjang yang dimana mereka akan mendapatkan keuntungan berdasarkan peringkat yang diperolehnya. Artinya, pelanggan yang sering melakukan pembelian akan berada di peringkat teratas, dan sebaliknya.
Tujuannya adalah mendorong pelanggan untuk terus melakukan pembelian sehingga bisa menerima berbagai macam hadiah eksklusif atau limited. Pastikan hadiah yang akan diberikan memiliki nilai sebanding dengan jumlah yang mereka habiskan.
Keuntungan dari jenis program ini adalah ketika pelanggan sudah berada di posisi teratas, mereka akan berusaha untuk mempertahankannya dan menjadi lebih antusias. Sehingga akan ada banyak produk yang terjual.
Paid Loyalty Programs
Program loyalitas pelanggan berbayar adalah program yang diberikan kepada pelanggan jika mereka sudah membayarkan sejumlah biaya. Pembayaran ini bisa dilakukan satu kali untuk batas waktu satu tahun atau setiap bulannya.
Umumnya, nominal ini dibagi menjadi beberapa bagian. Mulai dari yang gratis hingga yang paling mahal. Hal yang perlu diperhatikan adalah bisnis Anda harus memiliki value dan manfaat bagi pelanggan agar mereka mau membayar sejumlah nominal yang ditentukan.
Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan keuntungan yang akan didapatkan pelanggan berdasarkan pilihan keanggotaan mereka. Jika Anda bisa melakukan hal ini dengan baik dan efektif, maka akan menghasilkan angka keterlibatan yang tinggi dan juga bisa meningkatkan nilai program loyalitas pelanggan jenis ini.
Value-based Loyalty Programs
Jenis terakhir adalah value-based loyalty programs atau program loyalitas pelanggan berdasarkan nilai. Tujuannya adalah untuk terhubung kepada pelanggan lebih dalam lagi. Umumnya, program ini melibatkan pembagian sejumlah persentase pembelian kepada yayasan amal.
Secara garis besar, program loyalitas pelanggan yang satu ini tidak terlihat seperti menghargai pelanggan. Tetapi program ini bisa meninggalkan kesan kepada pelanggan. Karena program ini mengajak mereka untuk berbagai dan peduli kepada orang-orang yang membutuhkan.
Bangun Program Loyalitas Pelanggan Anda Bersama Benefit One Indonesia
Pada prakteknya, tidak semua perusahaan bisa mengurus semua program loyalitas pelanggan. Maka dari itu, Anda perlu bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membangunnya. Salah satu pihak ketiga yang bisa Anda percaya adalah Benefit One Indonesia. Mengapa?
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!