Memberikan Hadiah untuk Pelanggan Dengan Cara yang Tepat

Memberikan Hadiah untuk Pelanggan dengan Cara yang Tepat

Memberikan Hadiah untuk pelanggan adalah salah satu cara menjaga koneksi bisnis dengan mereka. Selain bisa membuat mereka merasa dihargai, hal ini juga bisa memberikan dampak positif pada perkembangan bisnis Anda.

Lalu, apakah Anda sudah memberikan hadiah untuk pelanggan? Bingung bagaimana memilih hadiah yang tepat? Dalam artikel kali ini, kita akan membahas berbagai pilihan hadiah yang bisa diberikan dengan cara yang tepat. Selengkapnya di bawah ini!

Pilihan Hadiah untuk Pelanggan

Perlu diketahui bahwa, Anda bisa memberikan hadiah untuk pelanggan baru maupun yang sudah lama. Tujuannya adalah untuk mendorong pelanggan baru untuk lebih mengenal bisnis Anda, dan juga mempertahankan pelanggan setia.

Berikut ada beberapa pilihan hadiah untuk pelanggan yang bisa Anda berikan. Di antaranya adalah:

Voucher Belanja

Siapa sih yang tidak senang jika diberi voucher belanja? Pilihan hadiah untuk pelanggan ini bisa mendorong adanya pembelian ulang. Bentuk voucher yang diberikan bisa berupa potongan harga, promo buy one get one, dan yang lainnya. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang karena mereka bisa mengalokasikan budget untuk keperluan yang lain.

Free Gifts

Pilihan hadiah untuk pelanggan selanjutnya adalah hadiah gratis. Bentuk hadiah ini bisa Anda berikan untuk pelanggan lama dan pelanggan baru. Tunjukkan kepada mereka bahwa, Anda berterima kasih atas pembelian yang mereka lakukan. Pelanggan pun akan merasa senang karena mendapatkan produk gratis tanpa harus membelinya.

Rewards

Pada prakteknya, pemberian rewards sebagai hadiah untuk pelanggan bisa berupa insentive points, potongan harga, saldo elektronik, voucher belanja, dan berbagai promo lainnya. Libatkan pihak ketiga untuk membantu Anda memberikan rewards kepada pelanggan. Salah satu pihak ketiga yang bisa Anda andalkan adalah Benefit One Indonesia.

Program Loyalitas

Selanjutnya ada program loyalitas. Memang dari namanya tidak terdengar seperti hadiah untuk pelanggan. Tapi, ketika Anda sudah mendapatkan beberapa pelanggan yang bergabung, Anda bisa memberikan hadiah. Bisa berupa limited merchandise, promo khusus member yang bergabung, memberikan produk uji coba, dan lainnya. Cara ini juga sebagai salah satu strategi untuk menjaga koneksi bisnis dengan pelanggan Anda.

Cara yang Tepat Memilih Hadiah untuk Pelanggan

Ketika hendak memberikan hadiah untuk pelanggan, Anda tidak bisa memberikannya begitu saja. Dengan kata lain, Anda harus mengetahui cara yang tepat untuk memberikannya. Hal ini tentunya untuk menghindari kerugian yang bisa terjadi di masa mendatang.

Berikut beberapa cara tepat memilih hadiah untuk pelanggan yang bisa Anda lakukan. Di antaranya adalah:

Memilih dari Produk Terlaris

Pasti ada beberapa produk terlaris dalam bisnis Anda yang selalu dibeli oleh pelanggan. Misalnya dalam bisnis produk kecantikan, produk terlaris yang selalu dibeli oleh pelanggan adalah lipstick. Nah Anda bisa memberikan lipstick tersebut sebagai hadiah untuk pelanggan.

Anda bisa memberikannya sebagai reward kepada pelanggan yang selalu membeli produk yang sama, atau buy one get one, atau mendapatkan produk tersebut secara cuma-cuma dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Memilih Berdasarkan Data

Ketika Anda memberikan survey atau meminta opini kepada pelanggan, jangan lupa untuk memberikan pertanyaan “bentuk hadiah apa yang Anda sukai?”. Nantinya, data ini bisa Anda gunakan sebagai referensi memberikan hadiah untuk pelanggan. Anda bisa memilih produk mana yang paling banyak disebutkan.

Tidak hanya itu, dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan antusiasme yang tinggi dari pelanggan. Di sisi lain, Anda juga bisa mendapatkan insight penting untuk menentukan langkah atau strategi bisnis berikutnya.

Pastikan Anda Tetap Memperhitungkan Keuntungan

Cara yang tepat memilih hadiah untuk pelanggan berikutnya adalah dengan memastikan keuntungan yang didapat. Jika Anda memberikan hadiah secara cuma-cuma tanpa memperhitungkan keuntungan yang didapat, maka bisa-bisa Anda mendapatkan kerugian. 

Dalam hal ini Anda bisa memikirkan beberapa strategi. Seperti membatasi pemberian hadiah dalam jumlah tertentu, memberikan hadiah untuk pelanggan yang sudah bergabung dalam program loyalitas, dan lainnya.

Memilih dari Stok Produk

Jika sebelumnya memilih dari produk terlaris, lalu bagaimana dengan produk yang stoknya masih banyak? Stok produk yang tersimpan terlalu lama dan tidak habis bisa Anda jadikan pilihan hadiah untuk pelanggan. Pastikan produk tersebut juga masih layak untuk diberikan.

Menyesuaikan Pilihan Hadiah untuk Pelanggan yang Tidak Terbatas Bersama Benefit One Indonesia

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu pihak ketiga yang bisa Anda ajak kerjasama untuk memberikan hadiah kepada pelanggan adalah Benefit One Indonesia. Ada banyak pilihan hadiah yang bisa disesuaikan dengan tujuan bisnis Anda dengan mengedepankan keuntungan dan perkembangannya.

Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.

Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!