Referral email merupakan salah satu alat pemasaran bisnis yang paling mudah untuk dilakukan. Beberapa perusahaan menggunakan email rujukan untuk mempertahankan pelanggan setia dan juga menambah pelanggan baru. Jika dilakukan dengan benar, maka metode ini bisa menjadi alat pemasaran yang paling efektif.
Apa itu referral email? Bagaimana cara menulisnya? Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami sudah menyiapkan penjelasannya dan juga beberapa template email yang bisa langsung Anda gunakan! Selengkapnya ada di penjelasan di bawah ini!
BACA JUGA: 6 Bentuk Customer Service B2C yang Bisa Diberikan untuk Pelanggan
Apa itu Referral Email?
Email rujukan atau referral email adalah sebuah pesan yang digunakan oleh pebisnis untuk menemukan potensial klien baru melalui basis pelanggan yang sudah ada. Jenis email ini memanfaatkan jaringan profesional dari basis pelanggan yang ada untuk menemukan prospek yang sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Pada prakteknya, referral email adalah kesempatan terbaik untuk memberi tahu kepada pelanggan dan calon pelanggan tentang penawaran bisnis. Perusahaan mempromosikan program rujukannya, kemudian sebagai imbalan karena sudah mempromosikan mereka, pelanggan akan mendapatkan imbalan yang sesuai.
Umumnya, isi dari referral email tidaklah jauh berbeda dengan newsletter atau email marketing pada umumnya. Ada subjek email yang menarik, alamat bisnis, isi yang menjelaskan maksud pengiriman email rujukan tersebut, tindakan yang diinginkan, serta tanda tangan atau tanda bisni di akhir email.
Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menulis email rujukan ini dalam konten yang panjang. Cukup berikan isi email yang singkat, jelas, dan padat menjelaskan informasi yang ingin disampaikan secara terperinci.
Cara Menulis Referral Email yang Baik dan Efektif
Kenyataan pahit yang perlu Anda hadapi adalah tidak semua orang mau menerima email marketing. Termasuk email rujukan ini. Bahkan sering kali orang-orang malah acuh tak acuh terhadap email pemasaran yang mereka dapatkan. Lalu, bagaimana caranya mencairkan suasana dan meminta pelanggan untuk mereferensikan bisnis Anda kepada orang lain?
Tidak perlu khawatir, sebab tim Benefit One Indonesia sudah menyiapkan cara menulis referral email yang baik dan efektif tanpa terkesan agresif atau memaksa pelanggan. Meliputi:
Berikan Subjek Referral Email yang Menarik
Subjek email adalah segalanya. Ini adalah hal pertama yang akan dilihat oleh pelanggan ketika membuka kotak masuk emailnya. Agar bisa menarik perhatian mereka untuk membuka pesan, maka Anda harus membuat judul atau subjek email yang menarik. Pastikan judulnya singkat, jelas, padat, dan diikuti dengan kata-kata yang kuat. Jika dirasa perlu, Anda bisa melakukan tes A/B untuk membandingkan kinerjanya.
Jangan Lupa Menyebutkan Program Rujukan yang Ditawarkan
Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menyebutkan program rujukan yang ditawarkan. Tujuannya adalah untuk menarik minat pelanggan agar mereka mau mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda memiliki program rujukan dan juga imbalan yang menarik, beritahu mereka! Hal ini juga akan memberikan pengalaman baru yang lebih menarik.
Beritahu Syarat dan Ketentuan yang Berlaku dalam Referral Email
Secara umum, program rujukan memiliki syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelanggan. Anda bisa memasukan informasi ini ke dalam referral email agar pelanggan mendapatkan informasi yang jelas. Sehingga bisa memudahkan mereka untuk mengikuti prosesnya.
Berikan Sentuhan Personalisasi
Salah satu cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan sentuhan personalisasi. Dalam hal ini Anda bisa menyebut nama pelanggan, mengucapkan selamat atas hari-hari penting, atau hal lainnya. Kesan touch point yang baik menjadi awal bagus agar mereka mau melakukan tindakan yang kita inginkan.
Serukan Tindakan yang Diinginkan dengan Jelas!
Call to action adalah sebuah ajakan yang diharapkan bisa mendorong pelanggan untuk melakukan atau mengikuti kampanye yang ditawarkan. Misalnya Anda ingin pelanggan untuk melakukan pembelian, maka pastikan Anda menempatkan CTA tersebut dengan jelas. Jika bisa serukan tindakan tersebut di bagian awal email. Sehingga ketika mereka membuka emailnya, mereka bisa langsung melihat ajakan tersebut.
Referral Email Juga Butuh Desain yang Menarik
Pastikan Anda sudah merancang desain email semenarik subjek yang diberikan. Tempatkan logo brand, warna, tipografi, grafik, dan hal lain yang diperlukan dengan baik. Tujuannya agar referral email Anda bisa enak untuk dilihat dan tidak membosankan.
Memudahkan Pelanggan untuk Mereferensikan Bisnis
Terakhir yang harus Anda perhatikan adalah memudahkan pelanggan untuk mereferensikan bisnis kepada orang lain. Jangan biarkan pelanggan merasa proses yang dilaluinya terlalu rumit dan membuat mereka frustasi. Berikan kode referral yang unik, dan sertakan tombol media sosial agar bisa mereka bisa membagikannya ke banyak orang.
Jenis dan Template Referral Email yang Bisa Anda Gunakan
Apabila Anda masih bingung bagaimana cara menulis email rujukan yang tepat, Anda berada di website yang tepat! Sebab kami sudah menyiapkan beberapa template yang bisa langsung Anda gunakan dan tentunya bisa membantu meyakinkan pelanggan untuk melakukan konversi. Di antaranya adalah:
Referral Email yang Berisikan Informasi
Isi dari email ini lebih berfungsi untuk memberitahu pelanggan tentang program rujukan yang Anda miliki kepada pelanggan. Template referral email ini bisa Anda gunakan jika ingin menjelaskan detail program tanpa terkesan memaksa. Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan voice of brand, kata sapaan, atau hal lainnya yang menunjukkan citra bisnis. Begini isinya:
Hi [nama pelanggan],
Dengan senang hati kami mengumumkan peluncuran program hadiah rujukan untuk semua pelanggan saat ini.
Jika Anda ingin menjadi bagian dari program referral kami, Anda cukup melakukan [sebutkan deskripsi, syarat dan ketentuan program, hingga cara kerja program].
Tentunya Anda akan mendapatkan [sebutkan hadiah atau reward yang akan diberikan], begitu pun dengan orang yang Anda referensikan.
Kami menantikan kehadiran Anda untuk bergabung dalam program rujukan ini. Silakan klik link [berikan link halaman program referral] untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau jika Anda memiliki pertanyaan.
[Berikan tombol CTA]
Mengajak Pelanggan Baru dari Program Rujukan
Selanjutnya ada email yang bisa Anda gunakan untuk meminta pelanggan mengajak orang lain menjadi pelanggan baru. Biasanya email ini dikirimkan ketika ada pelanggan yang baru saja bergabung pada program loyalitas. Isinya seperti:
Hi [nama pelanggan],
Terima kasih telah menggunakan [sebutkan produk dan/atau jasa yang sudah digunakan] kami. Dengan ini kami harap Anda memiliki pengalaman yang luar biasa dan bisa Anda bagikan kepada teman, kolega keluarga, atau orang terdekat.
Anda juga bisa mengundang mereka untuk mencoba [nama produk dan/atau jasa yang ditawarkan] dengan membagikan tautan yang ada di bawah ini.
Tentunya kami juga menawarkan [sebutkan hadiah atau insentif yang akan diberikan] untuk setiap pelanggan yang direferensikan.
[Berikan tombol CTA atau link terkait]
Last Call Referral Email
Atau disebut juga sebagai email rujukan panggilan terakhir. Jenis email ini umumnya dikirimkan untuk menimbulkan rasa urgensi. Misalnya ketika Anda memberitahukan kepada pelanggan bahwa penawaran menarik yang ada akan segera berakhir. Contoh templatenya seperti:
Dapatkan [hadiah atau penawaran menarik yang ditawarkan] saat Anda mereferensikan teman, kolega, keluarga, atau orang terdekat dalam akhir pekan ini.
Penawaran menarik ini terbatas dan hanya berlaku sampai hari Minggu [sebutkan tanggal, bulan, tahun]. Bagikan kode referral Anda sebelum waktunya habis!
Dan ketika orang yang berhasil Anda referensikan melakukan transaksi pertamanya, maka Anda berdua berhak mendapatkan [sebutkan dan jelaskan hadiah yang akan didapatkan]
[Berikan tombol CTA]
Setelah Pelanggan Memberikan Ulasan Positif
Template referral email berikutnya adalah mengajak pelanggan untuk memberikan ulasan positif. Jenis email ini bisa digunakan sebagai bentuk dari penjualan silang. Namun pastikan isi dari email yang Anda kirimkan tidak terkesan menjual, ya. Seperti di bawah ini:
Halo [nama pelanggan],
Terima kasih atas ulasan dan pengalaman positif yang Anda bagikan selama mencoba [sebutkan nama produk dan/atau jasa yang digunakan] di komunitas dan website kami.
Kami ingin tahu jika Anda memiliki teman, kolega, keluarga, atau orang terdekat yang bisa Anda ajak untuk ikut merasakan manfaat dari [sebutkan nama produk dan/atau jasa yang ditawarkan]? Kami akan sangat berterima kasih jika Anda meluangkan waktu untuk membagikan kabar baik ini.
Kami juga akan memberikan hadiah sebagai bentuk apresiasi setiap kali orang yang Anda referensikan [bergabung/berlangganan/membeli].
[Berikan tombol CTA]
Email Rujukan Sederhana
Sesuai namanya, isi dari email rujukan yang akan dikirimkan kepada pelanggan ini sangat sederhana. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa newsletter atau jenis email marketing lainnya adalah spam dan tidak ingin membukanya. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan template referral email sederhana ini untuk memberikan informasi secara singkat, jelas, dan padat. Yaitu:
Dapatkan [hadiah atau insentif yang ditawarkan] ketika Anda berhasil mereferensikan teman, kolega, keluarga, atau orang terdekat!
Caranya sangat mudah! Cukup ikuti langkah di bawah ini:
- Undang teman, keluarga, kolega, atau orang terdekat dengan membagikan kode referral Anda sampai [sebutkan jumlah orang yang diinginkan]
- Kemudian Anda berhak mendapatkan [hadiah atau insentif yang ditawarkan]
- Orang yang Anda referensikan akan mendapatkan [hadiah atau insentif yang ditawarkan]
- Selesai!
Mudah, bukan?
[Berikan tombol CTA]
Template Referral Email untuk Mendapatkan Hadiah Gratis
Terakhir, Anda bisa mencoba template email rujukan untuk memancing pelanggan dengan memberikan hadiah gratis. Persentase keberhasilan jenis email ini lebih besar dikarenakan orang-orang menyukai produk gratis. Pastikan Anda menawarkan sesuatu yang menarik cukup untuk membuat mereka berminat melakukannya.
Referensikan satu teman, keluarga, kolega, atau orang terdekat dan menangkan [produk dan/atau jasa yang ditawarkan] secara gratis!
Cukup dengan membagikan kode referral atau tautan referral Anda kepada mereka dan kami akan langsung mengirimkan [produk dan/atau jasa yang ditawarkan] ke rumah Anda setelah mereka melakukan transaksi pertama!
Tunggu apa lagi? Bagikan kode referral atau tautan referral Anda sekarang juga!
[Berikan tombol CTA]
BACA JUGA: 4 Strategi Loyalty Marketing untuk Mempertahankan Pelanggan Setia
Benefit One Indonesia, Mitra Loyalitas Terpercaya untuk Membangun Referral Email Bisnis Anda
Beberapa template referral email di atas bisa langsung Anda gunakan untuk mempromosikan program rujukan. Akan tetapi perlu diingat bahwa hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibangun dalam waktu sekejap saja. Butuh konsistensi dan juga waktu yang tidak sebentar untuk bisa membangun program rujukan yang berhasil.
Selain itu, Anda juga memerlukan orang-orang hebat di balik layar untuk mendukung keberhasilan referral email ini. Ditambah dengan dukungan aplikasi program loyalitas dari Benefit One Indonesia, Anda bisa membuat email marketing yang kuat, menguntungkan, dan mudah untuk dianalisis.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!