Program insentif karyawan bank hanyalah salah satu dari motivator yang bisa membuat karyawan memberikan kinerja terbaiknya. Strategi ini merupakan yang paling populer untuk bisa menginspirasi dan mendorong karyawan dalam pencapaian kinerja yang lebih tinggi lagi.
Sejatinya, program insentif karyawan bank mempengaruhi bagaimana mereka bekerja. Terutama untuk karyawan bank yang bekerja di dalam bidang sales. Dimana selalu ada target yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan memberikan gambaran dan penjelasan terkait program insentif karyawan bank, khusus untuk Anda yang bekerja sebagai manajer atau atasan di industri bank. Selengkapnya, ada di bawah ini.
BACA JUGA: 5 Strategi Meningkatkan Customer Service Bank
Memahami Program Insentif Karyawan Bank
Sama seperti program insentif lainnya, program insentif karyawan bank adalah sebuah bentuk penghargaan yang diberikan atasan kepada karyawannya atas suatu pencapaian yang berhasil dilakukan. Tujuan utamanya tidak lain adalah untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan pelayanan pelanggan, dan juga untuk mendapatkan banyak pelanggan baru yang mau menggunakan fitur dan layanan bank.
Secara tidak langsung, memberikan program insentif karyawan bank memiliki kaitannya dengan pertumbuhan deposito. Artinya, Anda sebagai manajer bank harus memastikan bahwa karyawan mempertahankan basis deposito untuk mendanai pertumbuhan kredit.
Misalnya seperti, seorang karyawan akan mendapatkan imbalan berupa bonus uang dari hasil kartu skor penilaian berdasarkan kualitas pelayanan yang diberikan, retensi deposito, dan skor promotor bersih yang bisa menilai sejauh mana nasabah akan merekomendasikan produk bank kepada orang lain. Dari sinilah karyawan bank Anda bisa mempertahankan basis deposito dan disaat bersamaan bisa membantu pertumbuhan kredit bank.
Bentuk dari program insentif karyawan bank bisa berupa moneter dan nonmoneter. Dengan kata lain, Anda bisa memberikan insentif berupa uang atau sesuatu yang bisa menambah nilai finansial kompensasi. Atau memberikan apresiasi dalam bentuk lain berupa hari cuti tambahan, waktu kerja yang fleksibel, penghargaan karyawan terbaik bulanan atau tahunan, dan masih banyak lagi.
Manfaat dan Pentingnya Program Insentif Karyawan Bank
Industri bank juga memiliki target penjualan. Sebagai seorang manajer yang baik dan peduli, sudah seharusnya Anda memahami pentingnya memberikan kompensasi dan juga menjaga karyawan dengan cara yang kompetitif. Program insentif karyawan bank adalah salah satunya.
Cara ini bisa membantu Anda dalam meningkatkan angka retensi karyawan dan juga meminimalisir kesempatan kompetitor untuk mengambil talenta berharga Anda. Sementara itu dari sisi karyawan, program insentif karyawan bank ini bisa memberikan manfaat dan nilai tambah yang lebih dalam melakukan pekerjaan mereka.
Berikut manfaat program insentif karyawan bank yang perlu Anda ketahui, adalah:
Program Insentif Karyawan Bank Bisa Meningkatkan Produktivitas
Dalam hal ini, karyawan bisa menemukan cara kreatif untuk menentukan jumlah biaya dan meningkatkan penjualan agar bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Terutama dalam divisi sales, program insentif karyawan bank ini bisa membantu mendorong penjualan produk kepada pelanggan yang sudah ada maupun yang baru.
Meningkatkan Kerjasama & Keterlibatan Anggota Tim
Selanjutnya, program insentif karyawan bank bisa meningkatkan kerjasama dan keterlibatan anggota tim. Mereka akan saling bantu untuk menemukan jalan keluar dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengatasi masalah yang ada. Mereka akan selalu menemukan cara dan ide baru untuk bisa mencapai target yang sudah ditetapkan. Sehingga terbangun kerjasama dan keterlibatan anggota tim yang lebih baik lagi.
Meningkatkan Angka Retensi Karyawan
Di sisi lain, program insentif karyawan bank juga bisa membantu Anda mempertahankan dan mengurangi perputaran karyawan. Karyawan yang mendapatkan manfaat dan nilai lebih dari tempat kerjanya akan termotivasi untuk memberikan kinerja yang terbaik. Bahkan mereka juga bisa mencapai target yang sudah ditentukan. Menguntungkan, bukan?
Tantangan dan Resiko Program Insentif Karyawan Bank
Program insentif karyawan bank juga memiliki tantangan dan resikonya sendiri. Terlebih di ketatnya persaingan industri bank saat ini. Setiap bank berusaha untuk mempertahankan nasabah setianya dan disaat yang bersamaan juga ingin mendapatkan nasabah baru untuk memperluas jangkauan pasarnya.
Tantangan dan resiko utama dari program insentif karyawan bank adalah komunikasi dan evaluasi. Dengan kata lain, manajer dan/atau atasan harus bisa mengkomunikasikan skema program ini kepada seluruh lapisan karyawan agar mereka mengetahuinya secara jelas dan transparan.
Akan tetapi, program insentif karyawan bank juga bisa gagal apabila tidak dilakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi yang dimaksud adalah melacak dan mengetahui apakah insentif yang diberikan sudah sesuai atau belum, bagaimana dengan hasil akhir dari pemberian insentif tersebut, dan lainnya.
Pada prakteknya, sebagian besar manajer atau atasan bank tidak terlalu memperhatikan kedua hal ini. Sebab fokus utamanya adalah target yang harus dicapai. Padahal, komunikasi berkelanjutan dan evaluasi program insentif karyawan bank perlu terus dilakukan. Sehingga karyawan mengetahui target apa yang harus dicapai, apa imbalan yang akan didapatkan, hingga apa manfaat dan nilai tambah yang akan mereka dapatkan nantinya.
Oleh karena itu, program insentif karyawan bank bisa membantu pertumbuhan dan perkembangan karyawan Anda menuju yang lebih baik lagi. Tinggal bagaimana strategi yang akan Anda lakukan untuk memaksimalkan program ini.
Strategi untuk Menjawab Tantangan & Resiko Program Insentif Karyawan Bank
Perlu diketahui bahwa, fokus dan tujuan utama dari program insentif karyawan bank adalah untuk memotivasi dan mendorong kinerja yang lebih baik lagi agar target yang ditentukan bisa tercapai. Program insentif yang baik haruslah dibuat berdasarkan kebutuhan dan keinginan karyawan, serta bisa memenuhi tujuan bisnis di saat yang bersamaan.
Lalu, strategi apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi dua hal dari tantangan dan resiko di atas tadi? Sejatinya, strategi program insentif karyawan bank yang bisa Anda lakukan adalah fokus dalam membuat tujuan jangka panjang, membangun komunikasi berkelanjutan, dan melakukan evaluasi secara berkala.
Strategi ini bisa membantu seluruh anggota tim untuk mengetahui posisi mereka hingga tujuan dan target yang harus dicapai. Sementara itu, sebagai seorang manajer bank, Anda juga perlu mengawasi kinerja setiap tim. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada tim yang bekerja keras untuk mendapatkan insentif, dan ada tim yang melakukan “kecurangan” untuk mendapatkannya.
Evaluasi secara berkala juga perlu dilakukan untuk melacak kinerja setiap tim. Mengetahui sejauh mana sebuah tim bisa menyelesaikan targetnya, mengetahui kerjasama yang dilakukan, hingga kebutuhan akan program insentif karyawan bank yang cocok.
Jenis Program Insentif Karyawan Bank yang Bisa Anda Berikan
Ada beberapa jenis program insentif karyawan bank yang bisa Anda berikan. Namun perlu diperhatikan bahwa setiap jenis insentif tersebut memiliki tujuan yang berbeda. Menariknya, Anda bisa menyesuaikan tujuan tersebut seiring dengan berjalannya program tersebut.
Program Insentif Karyawan Bank Berupa Pengakuan & Penghargaan
Jenis program insentif karyawan bank yang pertama adalah pengakuan dan penghargaan. Dimana tujuan utamanya adalah untuk membuat karyawan merasa dihargai. Anda bisa menyesuaikan dan mempersonalisasi pengakuan dan penghargaan yang diberikan kepada setiap karyawan. Bahkan Anda bisa memberikannya berdasarkan setiap pencapaian yang berhasil dilakukan karyawan, baik dalam hal kecil maupun hal besar.
Insentif Berdasarkan Kinerja Karyawan
Karyawan yang sudah menyelesaikan proyek atau bisa mencapai target yang ditentukan, berhak mendapatkan insentif yang sesuai. Di kesempatan lain, Anda juga bisa memberikan jenis program insentif karyawan bank ini berdasarkan hasil evaluasi kinerja. Mereka yang mampu memberikan kinerja melebihi ekspektasi, berhak mendapatkan imbalan yang sepadan.
Imbalan Berbasis Komisi
Imbalan berbasis komisi merupakan salah satu bentuk program insentif karyawan bank berupa moneter atau uang. Biasanya imbalan ini akan diberikan bagi karyawan yang berhasil mencapai target penjualan produk tertentu. Bisa diberikan langsung ketika target penjualan berhasil dilakukan atau pada saat gajian di akhir bulan. Jenis ini sangat cocok diberikan untuk para anggota di divisi sales agar bisa mendorong penjualan produk.
Pemberian Bonus untuk Karyawan
Terakhir, Anda bisa memberikan jenis program insentif karyawan bank berupa bonus. Sama seperti komisi, bonus hanya bisa diberikan pada saat ada target yang berhasil dicapai. Akan tetapi, umumnya bonus tidak hanya berupa uang saja. Bisa berupa hari libur tambahan, voucher belanja, traktiran makan dari manajer, dan masih banyak lagi. Agar jenis program yang ini bisa maksimal, Anda perlu menetapkan target dan tujuan yang bisa dicapai dalam jangka waktu tertentu.
BACA JUGA: Customer Communication: Cara Berkomunikasi dengan Pelanggan
Memaksimalkan Program Insentif Karyawan Bank Bersama Benefit One Indonesia
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa program insentif karyawan bank memainkan peran besar dalam meningkatkan penjualan produk dan layanan. Skema insentif yang diberikan bisa membantu memberikan motivasi dan mendorong tim untuk mencapai target yang sudah ditentukan. Di sisi lain, mereka juga akan merasa dihargai dan dihormati sehingga bisa memberikan kinerja terbaiknya.
Agar bisa mengoptimalkan dan memaksimalkan program insentif tersebut,Anda bisa membuat channel program yang sesuai dan membantu kebutuhan perkembangan bisnis. Benefit One Indonesia bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut.
Tidak hanya memberikan solusi, Benefit One juga menyediakan dan memberikan ragam manfaat untuk kemudahan program insentif karyawan bank. Mulai dari banyak pilihan hadiah atau reward yang bisa diberikan, proses verifikasi yang real time dan mudah, sistem plug-and-play yang bisa diintegrasikan dengan sistem Anda, dan masih banyak lagi.
Selain itu, Benefit One Indonesia sudah memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan multinasional besar dalam memenuhi kebutuhan loyalitas mereka. Kami pun memiliki orang yang ahli dalam integrasi di API/SDK/PWA, dalam penanganan administrasi & inventaris hadiah, serta tim IT yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi dan akun manajemen.
Anda pun bisa memiliki akses ke jaringan Benefit One Marketplace Regional dan semua pertanyaan serta dukungan yang dibutuhkan akan sepenuhnya ditangani oleh pihak kami. Terdapat tiga aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk SaaS adalah CERRA POINTS, SPUR, dan Flexible Solution.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!