Seberapa pentingkah, Gen Z loyalty untuk sebuah brand? Gen Z atau disebut dengan generasi Z adalah salah satu pelanggan yang suka bergonta-ganti merek jika ada yang menawarkan harga lebih murah dan/atau lebih berkualitas. Fakta ini diperkuat oleh penelitian dari Oliver Wyman Forum yang menyebutkan bahwa sebanyak 62% pelanggan Gen Z akan melihat pilihan dari merek lain meskipun mereka sudah memiliki merek favoritnya sendiri.
Dari hasil penelitian tersebut mungkin Anda bertanya-tanya, apakah Gen Z loyalty itu selalu berubah-ubah setiap saat? Lalu apakah pelanggan Gen Z bisa dimasukkan ke dalam program loyalitas yang sudah Anda siapkan? Apakah ada strategi yang bisa mengikat mereka untuk bertahan di satu brand? Baca penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!
BACA JUGA: Viral Marketing Adalah: Pengertian, Kelebihan, & Strateginya
Sekilas Mengenai Gen Z Loyalty
Sebelumnya, sudahkah Anda mengetahui siapa yang termasuk di generasi Z ini? Pada dasarnya, orang-orang yang masuk ke dalam Gen Z adalah mereka yang lahir di rentang waktu 1996 hingga 2010. Generasi ini tumbuh bersama dengan perkembangan teknologi, perubahan iklim, keadaan ekonomi yang tidak stabil, dan juga dampak pandemi Covid-19.
Gen Z juga merupakan generasi termuda kedua setelah generasi millenial dan Alpha. Generasi ini lahir disaat teknologi internet sedang berkembang. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa Gen Z disebut sebagai generasi digital. Akan tetapi, dalam dunia bisnis, generasi Z ini merupakan pelanggan termuda yang kesetiaannya bisa dipicu dari berbagai faktor.
Layaknya generasi digital yang turut mengalami perkembangan, Gen Z loyalty juga berubah-ubah. Mereka akan cenderung mencari hubungan bisnis yang otentik, pengalaman yang dapat dipersonalisasi, hingga brand yang memiliki nilai-nilai sesuai kemauan mereka. Maka dari itu, untuk bisa menggaet dan mempertahankan kesetiaan mereka, Anda perlu memiliki strategi yang tidak hanya untuk memasarkan produk dan/atau layanan saja, tetapi juga bisa membangun hubungan yang kuat.
Fakta menariknya adalah sebanyak 74% Gen Z loyalty memilih produk yang bisa di personalisasikan dengan pengalaman mereka dibandingkan generasi lainnya (milenial, Alpha, X). Jadi, jika Anda bertanya apakah generasi ini akan setia pada suatu merek, maka jawabannya adalah iya. Hanya saja akan ada banyak brand yang menjadi favorit mereka.
Keuntungannya adalah generasi ini akan mencari informasi dari sebuah brand yang akan mereka gunakan terlebih dulu. Sebab karakteristik utama dari Gen Z adalah skeptisme. Dimana mereka akan mencari dan melakukan verifikasi terhadap semua informasi yang diberikan sebuah merek sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakannya.
Faktor yang Mempengaruhi Gen Z Loyalty
Seperti yang disebutkan di atas, Gen Z loyalty dipengaruhi oleh beberapa faktor yang pada prakteknya harus sesuai dengan cita-cita dan ambisi mereka. Apabila Anda ingin menggaet hati mereka, maka Anda harus betul-betul memperhatikan faktor-faktor ini. Nantinya hal ini tidak hanya menawarkan keterlibatan yang dipersonalisasi dan bermakna, tetapi juga bisa menjalin hubungan yang awet.
Berikut beberapa faktor yang mempengaruhi Gen Z loyalty adalah:
Belanja yang Berbasis Nilai
Faktor pertama yang mempengaruhi Gen Z loyalty adalah belanja berbasis nilai. Artinya, generasi ini cenderung akan melihat brand apa yang akan dibeli atau digunakan dan manfaatnya untuk mereka. Sederhananya, mereka akan menghubungkan dampak yang diberikan dari sebuah merek dengan keputusan berbelanja.
Penelitian Sebelum Membeli
Sudah disebutkan sebelumnya, bahwa riset, informasi, dan penelitian memegang peranan penting dalam membentuk Gen Z loyalty. Mereka akan mencari hal yang dibutuhkan sebelum melakukan pembelian di internet, media sosial, dan platform lainnya yang bisa memberikan informasi tentang sebuah brand.
Aksesibilitas Digital
Satu lagi faktor yang mempengaruhi Gen Z loyalty adalah aksesibilitas digital. Generasi ini lebih menyukai belanja secara online dibandingkan harus datang ke toko. Maka dari itu, mereka lebih memilih brand yang juga menyediakan fasilitas ini dan mudah untuk diakses.
Strategi Memenangkan Gen Z Loyalty
Meskipun generasi Z memiliki beberapa brand favorit, Anda tetap bisa memenangkan kesetiaan mereka, lho. Kunci utamanya adalah dengan menggunakan beberapa pendekatan yang sesuai. Brand Anda harus cukup fleksibel jika ingin menarik atensi mereka.
Bahkan dengan strategi yang tepat, Anda bisa mengajak mereka untuk bergabung dengan program loyalitas. Menarik, bukan? Di bawah ini ada beberapa strategi memenangkan Gen Z loyalty yang bisa Anda lakukan, yaitu:
Gunakan Gamifikasi untuk Memenangkan Gen Z Loyalty
Strategi pertama untuk memenangkan Gen Z loyalty adalah dengan menggunakan gamifikasi. Pelanggan generasi ini sangat menyukai game. Sebanyak 65% dari mereka akan menghabiskan uangnya di permainan virtual untuk membeli items yang ditawarkan. Manfaatkan hal ini dengan memasukkan elemen dan mekanisme game ke dalam program loyalitas.
Jangan lupa untuk memberikan tantangan yang nantinya bisa ditukarkan dengan hadiah apabila mereka berhasil melaluinya. Pendekatan untuk memenangkan Gen Z loyalty ini bisa menimbulkan motivasi, kesenangan, keterlibatan, dan juga partisipasi mereka untuk memainkan game tersebut.
Tawarkan Referral Program
Tahukah Anda bahwa, Gen Z suka merekomendasikan suatu produk dan/atau layanan kepada banyak orang? Hal ini bisa dilihat dari banyaknya konten UGC (User Generated Content) yang bermunculan di media sosial. Kelebihan yang akan Anda dapatkan adalah peningkatan penjualan. Dimana mereka akan lebih memilih produk yang sudah direkomendasikan oleh orang yang dipercaya.
Agar bisa memenangkan Gen Z loyalty, Anda bisa menawarkan referral program. Dengan begitu, mereka akan terus merekomendasikan produk dan/atau layanan dari brand Anda kepada banyak orang. Pastikan Anda memberikan imbalan yang sesuai, ya!
Buat Program Loyalitas yang Berbeda
Generasi Z adalah orang-orang yang tumbuh dengan perkembangan teknologi. Jadi, jika Anda ingin membuat program loyalitas, maka Anda harus menyesuaikannya dengan kemauan mereka. Buatlah program loyalitas yang berbeda dibandingkan dengan generasi lainnya. Mulai dari pengalaman yang dipersonalisasi, fasilitas yang dan hadiah yang menarik, program yang kreatif, kejutan hadiah, hingga nilai-nilai yang sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Memenangkan Gen Z Loyalty dengan Omnichannel
Pada intinya, generasi Z adalah pembeli omnichannel. Meskipun mereka menyukai pergi ke toko fisik untuk mencoba apa yang ingin dibeli, mereka juga mengharapkan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan. Intinya, untuk bisa memenangkan Gen Z loyalty, Anda harus bisa memberikan interaksi berbasis aplikasi dan teknologi di semua saluran yang ada dan setiap saat. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan berbagai macam pilihan pembayaran fleksibel.
Mendukung Sustainability
Strategi terakhir untuk memenangkan Gen Z loyalty adalah dengan mendukung sustainability atau keberlanjutan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Deloitte, 90% dari generasi ini lebih menyukai sebuah brand yang bisa memberikan manfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar. Intinya, mereka lebih menyukai merek yang mengeluarkan produk dan/atau layanan ramah lingkungan. Bahkan mereka tidak akan berpikir dua kali untuk menghabiskan uang di brand yang memiliki nilai dan passion yang sama.
BACA JUGA: Panduan Membuat Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Menangkan Gen Z Loyalty Bersama Benefit One Indonesia
Ketika Anda membuat program loyalitas yang sesuai dengan nilai, prinsip, dan tujuan pelanggan, maka Anda turut mengakui nilai dan identitas mereka. Termasuk dalam memenangkan Gen Z loyalty di era perkembangan teknologi ini.
Anda hanya perlu membuat sebuah program loyalitas yang bisa memberikan personalisasi pengalaman, pembayaran yang fleksibel, nilai-nilai sosial, menggunakan gamifikasi, hingga pilihan hadiah atau reward yang menarik. Untuk itu, Anda bisa bekerjasama dengan Benefit One Indonesia.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!