Salah satu cara terbaik dan efektif untuk mempertahankan pertumbuhan dan perkembangan bisnis Anda adalah dengan meningkatkan user engagement. Terutama bagi Anda yang menggunakan SaaS (Software as a Service). Anda harus bisa memberikan apa yang pelanggan butuhkan, namun disaat yang bersamaan juga memberikan edukasi terkait bisnis Anda.
Lalu bagaimana cara meningkatkan user engagement dengan SaaS? Strategi pemasaran apa yang bisa Anda lakukan untuk mempertahankan pertumbuhan dan juga perkembangan bisnis? Jawaban selengkapnya bisa Anda temukan di bawah ini!
BACA JUGA: SaaS Adalah: Pengertian, Cara Kerja & 7 Strategi Bisnisnya
Mengapa Perlu Meningkatkan User Engagement?
Ketika Anda menggunakan SaaS sebagai salah satu strategi pemasaran, maka sudah seharusnya Anda mengharapkan adanya keterlibatan pelanggan. Terutama untuk terus memenuhi kebutuhan mereka dan meningkatkan kepuasannya. Sebab tanpa pelanggan, bisnis Anda tidak akan menjadi besar.
Tujuan utama dari meningkatkan user engagement adalah untuk meningkatkan angka retensi pelanggan dan juga meningkatkan kepuasan mereka. Sehingga nantinya, penjualan bisnis Anda akan meningkat dengan mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang.
Keterlibatan pelanggan dengan Saas merupakan strategi interaksi yang bisa membantu Anda untuk mengetahui apa yang dipikirkan mereka tentang produk dan/atau layanan bisnis. Dengan meningkatkan user engagement, Anda juga bisa memberikan customer experience yang lebih baik lagi. meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi churn, dan bahkan bisa meningkatkan penjualan dari jalur referral program.
Maka dari itu, Anda betul-betul mengetahui dan memahami customer journey setiap pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan keterlibatan dengan memberikan pengalaman yang dipersonalisasi. Sehingga Anda bisa mengetahui apa yang pelanggan butuhkan dan memberikan solusi yang tepat.
Pelanggan yang puas dengan kualitas produk dan/atau layanan yang bisnis Anda berikan akan sering melakukan pembelian berulang. Hal ini akan bertambah lebih baik jika mereka mereferensikan produk bisnis Anda kepada orang lain. Dengan begitu, Anda bisa melebarkan pasar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.
Ukuran Dasar dalam Meningkatkan User Engagement
Sebelum membahas cara meningkatkan user engagement dengan SaaS, ada baiknya Anda mengetahui beberapa ukuran yang bisa dijadikan patokan. Ukuran ini merupakan KPI (Key Performance Indicator) dasar yang bisa mengukur seberapa jauh pelanggan terlibat. Namun perlu diingat bahwa, keterlibatan pelanggan yang terjadi itu berbeda-beda. Mulai dari log-in, menggunakan fitur tertentu, melakukan tindakan yang diinginkan, dan lain halnya.
Di bawah ini adalah beberapa ukuran dalam meningkatkan user engagement yang perlu Anda ketahui, yakni:
- Pemanfaatan Lisensi: seberapa banyak pelanggan yang mau membayar lebih untuk fitur premium
- Frekuensi Penggunaan: mengukur keterlibatan pengguna aktif dan mengetahui berapa jumlah pengguna tidak aktif atau yang tidak terlibat
- Waktu yang Dihabiskan: memberitahukan pengguna mana yang betul-betul menggunakan aplikasi dibandingkan yang hanya log-in saja
- Penggunaan Fitur Utama: melacak seberapa jauh pengguna berinteraksi dengan fitur yang ada di aplikasi dan fitur apa saja yang paling sering digunakan. Sehingga nantinya Anda bisa membuat pengalaman personalisasi dari fitur tersebut
- Keinginan untuk Membeli: berapa banyak pengguna yang memiliki keinginan untuk membeli fitur premium dengan melihat halaman harga produk dan memberitahukan Anda tentang perilaku apa yang bisa mengarahkan mereka ke penjualan
- Net Promoter Score (NPS): mengetahui seberapa besar kemungkinan pengguna untuk merekomendasikan produk Anda ke orang lain. Perlu dicatat bahwa, jika angka NPS rendah artinya keterlibatan pelanggan yang terjadi juga rendah, dan sebaliknya
Cara Meningkatkan User Engagement dengan SaaS
Perlu diketahui bahwa, keterlibatan pengguna merupakan metrik atau ukuran penting bagi bisnis yang menggunakan strategi SaaS. Jika Anda gagal dalam memberikan layanan yang menarik, maka bisa-bisa pelanggan akan menjadi bosan dan meninggalkan aplikasi tersebut.
Maka dari itu, ada baiknya untuk mempertahankan dan meningkatkan user engagement yang bisa menarik perhatian mereka dan disaat yang bersamaan juga mendorong penggunaan aktif. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Meliputi:
Meningkatkan User Engagement dengan Video Edukasi
Cara pertama untuk meningkatkan user engagement adalah dengan memberikan video edukasi. Anda tidak bisa terus-terus memberikan foto teks kepada mereka. Faktanya, jika Anda membuat konten yang melibatkan banyak indera manusia, maka Anda sudah memberikan konten yang menarik untuk mereka.
Video merupakan salah satu solusinya. Buatlah konten yang sesuai dengan kehidupan pengguna, solusi atas masalah yang mereka hadapi, hingga hal lain yang mereka butuhkan. Dengan begitu, mereka akan memahami bagaimana cara menggunakan aplikasi. Hal ini merupakan kunci penting untuk penggunaan berkelanjutan.
Membuat Blog untuk Mempromosikan Produk dan/atau Layanan Bisnis
Blog merupakan cara lain yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan user engagement dengan maksimal. Sebab dengan blog, Anda bisa menarik pengguna dari minat dan kebutuhan mereka, yang bisa mendorong interaksi yang lebih personal lagi. Selain itu, blog juga merupakan cara yang bagus untuk menjual produk dan/atau layanan ke pelanggan tanpa harus memasang iklan.
Personalisasi Konten untuk Meningkatkan User Engagement
Faktanya, sebanyak 44% pelanggan lebih menyukai pengalaman yang dipersonalisasi. Hal ini bisa mendorong pelanggan untuk melakukan pembelian berulang. Caranya adalah dengan membuat email personalisasi, fitur yang disesuaikan dengan karakter masing-masing pelanggan, layanan pelanggan yang dipersonalisasi, dan masih banyak lagi.
Berikan Hadiah Insentif untuk Meningkatkan User Engagement
Selanjutnya, Anda bisa mencoba cara meningkatkan user engagement dengan memberikan hadiah insentif. Coba untuk membuat konten gamifikasi dengan sistem tingkatan penghargaan tertentu. Pengguna yang paling banyak terlibat akan mendapatkan hadiah tertentu. Gunakan poin insentif untuk mengukur keterlibatan mereka.
Memaksimalkan Penggunaan UX
UX atau User Experience merupakan faktor terpenting untuk meningkatkan user engagement dengan SaaS. Berdasarkan sebuah survei, 90% pengguna akan meninggalkan aplikasi yang memiliki kinerja dan fitur yang buruk. Satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pengalaman antarmuka yang mudah digunakan dan menarik. Tujuannya adalah untuk membuat pengguna tetap terlibat.
Cari tahu apa saja masalah yang pengguna hadapi ketika menggunakan aplikasi Anda. Segera lakukan perbaikan dan berikan solusi yang bisa memuaskan dan memenuhi kebutuhan mereka. Perlu digaris bawahi bahwa, UX terbaik adalah UX yang tidak terlalu diperhatikan oleh pengguna karena tidak mengganggu pengalaman mereka saat menggunakan aplikasi.
Menggunakan Fitur In-App atau Live Chat
Pengguna membutuhkan solusi yang cepat untuk mengatasi masalahnya. Cara untuk meningkatkan user engagement adalah dengan menggunakan fitur in-app atau live chat. Dari sini, Anda juga bisa terlibat dengan melakukan interaksi. Namun perlu diingat bahwa, Anda harus memberikan respon yang cepat dan tanggap. Sebab tidak semua orang suka menunggu, terlebih dalam waktu yang lama!
BACA JUGA: Panduan Membuat Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Mulailah Meningkatkan User Engagement Bisnis Anda Bersama Benefit One Indonesia
Pelanggan merupakan sumber kehidupan dari bisnis Anda. Tanpa mereka, bisnis Anda tidak mungkin ada. Maka dari itu, Anda harus meningkatkan user engagement dengan sebaik mungkin untuk mempertahankan mereka. Anda bisa mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas atau cara lain yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.
Anda juga bisa menggunakan jasa pihak ketiga apabila tidak ingin repot dengan aplikasi SaaS. Salah satu provider yang bisa Anda andalkan adalah Benefit One Indonesia. Hadir untuk memberikan program insentif secara digital yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Membantu dalam membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Selain itu, Benefit One Indonesia sudah memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan multinasional besar dalam memenuhi kebutuhan loyalitas mereka. Kami pun memiliki orang yang ahli dalam integrasi di API/SDK/PWA, dalam penanganan administrasi & inventaris hadiah, serta tim IT yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi dan akun manajemen.
Anda pun bisa memiliki akses ke jaringan Benefit One Marketplace Regional dan semua pertanyaan serta dukungan yang dibutuhkan akan sepenuhnya ditangani oleh pihak kami. Terdapat tiga aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk SaaS adalah CERRA POINTS, SPUR, dan Flexible Solution.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!