Pernahkah Anda mendengar tentang coalition loyalty programs? Dimana beberapa brand bergabung untuk membentuk sebuah program loyalitas pelanggan bersama. Pada prakteknya, hal ini membawa keuntungan bagi banyak pihak. Termasuk salah satunya adalah peningkatan pendapatan bisnis.
Coalition loyalty programs bukanlah strategi baru untuk mempertahankan pelanggan. Dari cara ini, pelanggan bisa mengumpulkan banyak poin insentif dengan menghabiskan uang di berbagai brand. Hal ini tentu berkaitan dengan fakta bahwa 83% pelanggan yang berada di program loyalitas bisa memberikan dampak atau mempengaruhi keputusan mereka untuk membeli suatu produk dan/atau layanan dari merek tertentu.
Pada artikel kali ini, Benefit One Indonesia akan menjelaskan tentang coalition loyalty programs, manfaat, dan bagaimana cara membuatnya dengan benar.
BACA JUGA: Trade Marketing Adalah: Arti, Manfaat, Aspek, & Strateginya
Coalition Loyalty Programs Adalah
Shared loyalty programs atau coalition loyalty programs adalah sebuah konsep yang menggabungkan beberapa brand untuk bergabung dalam sebuah program loyalitas pelanggan. Keunikan dari program ini adalah memberikan kebebasan kepada pelanggan untuk menikmati dan mendapatkan lebih banyak poin insentif. Sebab, ada banyak merek yang berpartisipasi. Bahkan hadiahnya pun juga dari beberapa brand tersebut.
Pengertian lainnya dari coalition loyalty programs adalah kolaborasi dari beberapa brand di sektor industri untuk meningkatkan angka retensi pelanggan mereka. Tujuan lainnya adalah untuk memaksimalkan biaya promosi dan juga mengumpulkan data pelanggan yang sama.
Meskipun terdiri dari beberapa brand, coalition loyalty program hanya memiliki satu program loyalitas pelanggan saja. Kolaborasi ini memiliki banyak manfaat untuk pelanggan dan juga brand yang bergabung. Bisa dikatakan jika metode ini dinilai lebih fleksibel dan memberikan nilai tambah yang positif di mata pelanggan.
Manfaat Coalition Loyalty Programs Adalah
Sejatinya, coalition loyalty programs ini tidak hanya untuk pelanggan dan beberapa brand yang bergabung saja. Tetapi juga untuk pihak ketiga, si pemilik program loyalitas pelanggan. Maka dari itu, bisa ditarik kesimpulan bahwa dengan membuat, bergabung, dan juga menjadi anggota di dalamnya bisa memberikan keuntungan dan manfaat yang banyak bagi semua pihak. Di antaranya adalah:
Manfaat untuk Brand yang Berpartisipasi di Coalition Loyalty Programs Adalah:
- Memiliki lebih banyak wawasan tentang pelanggan: seluruh brand yang berpartisipasi memiliki akses untuk mendapatkan data statistik pelanggan (yang dianonimkan) agar bisa lebih memahami mereka. Sehingga nantinya bisa digunakan untuk menarik pelanggan baru atau memperluas jangkauan pasar
- Bertambahnya channel untuk promosi bisnis: ketika pelanggan bertambah banyak, maka sudah pasti saluran pemasaran untuk promosi juga ditambahkan. Bahkan beberapa brand bisa melakukan cross promotion
- Memberikan nilai lebih ke pelanggan: dengan gabungan banyak merek dalam satu program loyalitas pelanggan, maka mereka akan bisa mendapatkan hadiah yang lebih banyak dengan beragam manfaat
Manfaat untuk Pelanggan yang Bergabung di Coalition Loyalty Programs, yaitu:
- Mudah dalam pengumpulan poin insentif: pelanggan yang bergabung pada coalition loyalty programs bisa dengan mudah mengumpulkan poin insentif dalam jumlah banyak. Hal ini memungkinkan mereka untuk mencapai batas penukaran poin pada hadiah yang diinginkan
- Penuh dengan kejutan & kegembiraan: artinya pelanggan bisa berharap dengan hadiah atau suatu campaign yang dilakukan sehingga mendorong pembelian berulang
- Pengalaman pelanggan yang lebih bermanfaat: bentuk kerjasama dari beberapa brand ini memungkinkan pelanggan untuk berbelanja di banyak tempat. Dan setiap transaksi yang dilakukan, mereka akan mendapatkan poin insentif, reward, dan/atau hadiah tertentu. Hal ini juga bisa melibatkan pelanggan dan merek yang menghasilkan pengalaman pelanggan yang lebih berkesan
Manfaat untuk Pemilik Coalition Loyalty Programs, meliputi:
- Meningkatkan pendapatan: coalition loyalty programs bisa meningkatkan pangsa pasar si pemilik program dari nilai tambah yang diberikan. Dengan begitu mereka bisa meyakinkan pelanggan untuk menggunakan jasanya dibandingkan kompetitor lain
- Mendapatkan & mengumpulkan data pelanggan: program loyalitas pelanggan ini juga berfungsi sebagai titik kontak pertama bagi para bisnis ritel. Informasi dan data yang sudah dikumpulkan bisa digunakan untuk melakukan promosi personalisasi
- Meningkatkan waktu penggunaan: dengan adanya banyak penawaran dari berbagai merek, pelanggan lebih banyak menghabiskan waktu di program ini. Seperti menjelajahi banyak toko dari brand yang bergabung
Siapa yang Menggunakan Coalition Loyalty Programs?
Mungkin Anda bertanya-tanya, “apakah coalition loyalty programs merupakan jenis program loyalitas yang tepat untuk bisnis Anda?”. Pada dasarnya, metode ini bisa memberikan manfaat yang besar pada dua jenis kelompok bisnis yang berbeda, yakni:
- Bisnis ritel: seperti gerai-gerai yang ada di pusat perbelanjaan, bandara, stasiun, atau tempat umum lainnya. Dimana semua brand yang bekerjasama bergabung dalam satu lokasi
- Perusahaan yang bekerjasama dengan banyak mitra: termasuk jika bisnis Anda bekerjasama dengan cabang regional, pedagang grosir, pengecer, distributor, online shop, lembaga keuangan, perusahaan telekomunikasi, dan lembaga lainnya
Jika industri bisnis Anda berada di kedua kelompok tersebut, artinya Anda bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan coalition loyalty programs untuk pelanggan. Sehingga bisnis Anda bisa merasakan manfaatnya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Bagaimana Cara Membuat Coalition Loyalty Programs?
Tahukah Anda bahwa, pelanggan yang bergabung dengan coalition loyalty programs bisa mendapatkan 10x lipat hadiah atau reward dari pada program loyalitas tunggal? Tentu saja hal ini didukung dengan adanya banyak brand yang bergabung memberikan jenis reward terbaik untuk pelanggannya.
Berikut beberapa cara membuat coalition loyalty programs yang bisa Anda lakukan. Meliputi:
Coalition Loyalty Programs Harus Memiliki Tujuan & Strategi yang Jelas
Hal pertama dalam cara membuat coalition loyalty programs adalah memiliki tujuan dan strategi yang jelas. Program ini harus bisa menguraikan dan menjelaskan kepada pelanggan bagaimana program ini bisa memberikan nilai tambah dan juga mengembangkan bisnis dengan skala yang lebih besar lagi.
Memiliki Jaringan dan Network yang Kuat
Kunci utama dari coalition loyalty programs adalah gabungan dari beberapa brand. Hal yang harus mereka lakukan adalah saling melengkapi untuk bisa memberikan penawaran hadiah atau reward yang menarik untuk pelanggan. Sehingga pelanggan akan dengan senang hati melakukan pembelian berulang di berbagai brand yang tergabung.
Menggunakan Teknologi Terkini di Coalition Loyalty Programs
Selanjutnya, Anda harus menggunakan teknologi terkini untuk mewadahi aplikasi coalition loyalty programs. Tidak terkecuali manajemen data yang aman, pelacakan transaksi yang bisa dilakukan secara real-time, hingga proses penukaran hadiah yang lancar. Semuanya harus terintegrasi dengan sistem yang ada dari beberapa brand yang bergabung dan juga customer touchpoints untuk bisa memberikan pengalaman yang berkesan.
Membuat Profil Pelanggan yang Komprehensif di Coalition Loyalty Programs
Seperti yang disebutkan dari manfaat coalition loyalty programs di atas, baik pemilik program dan brand yang bergabung akan mendapatkan akses ke data pelanggan. Data ini berisi demografis, riwayat pembelian, preferensi, dan juga perilaku belanja mereka.
Memberikan Komunikasi & Penawaran yang Dipersonalisasi
Dari data diatas, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memberikan komunikasi dan penawaran yang dipersonalisasi kepada pelanggan. Bisa melalui email, push notification, dan beberapa promosi relevan yang disesuaikan.
Penukaran Hadiah dari Berbagai Brand
Perbedaan program loyalitas pelanggan tunggal dengan coalition loyalty programs adalah pelanggan bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan dan menukarkan hadiah dari berbagai brand. Manfaatkan hal ini untuk mendorong pembelian pelanggan. Dengan mengumpulkan poin insentif, mereka bisa menukarkan hadiah dari berbagai merek yang berpartisipasi.
Gunakan Analisis Berbasis Data
Bagaimana cara Anda mengukur efektivitas sebuah program? Yaitu dengan menggunakan analisis berbasis data. Dari sini Anda bisa mendapatkan data tentang perilaku pelanggan, hal-hal yang perlu ditingkatkan, mengantisipasi kebutuhan pelanggan, dan masih banyak lagi. Dengan begitu, brand yang bergabung bisa memaksimalkan strategi pemasaran mereka untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, serta meningkatkan angka penjualan dan pendapatan.
Memberikan Inovasi yang Berkelanjutan
Cara membuat coalition loyalty programs yang terakhir adalah dengan memberikan inovasi berkelanjutan. Tujuannya adalah agar bisnis Anda selalu terus berada di atas dari kompetitor. Lakukan inovasi pada teknologi, mekanisme reward, hingga perubahan ekspektasi pelanggan dari waktu ke waktu. Anda bisa memanfaatkan umpan balik dari pelanggan untuk memberikan meningkatkan kualitas.
BACA JUGA: Panduan Membuat Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Butuh Provider untuk Coalition Loyalty Programs? Di Benefit One Indonesia Saja!
Anda bisa menggunakan program loyalitas pelanggan untuk mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan dengan optimal. Disaat yang bersamaan juga, pelanggan akan merasakan manfaat dari nilai tambah yang Anda berikan. Baik itu dari jenis hadiah atau reward, dan beberapa fitur lainnya di dalam aplikasi.
Apabila Anda membutuhkan provider atau jasa pihak ketiga untuk mewadahi coalition loyalty programs, Anda bisa mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia. Memiliki pengalaman bekerja dengan perusahaan multinasional besar dalam memenuhi kebutuhan loyalitas mereka. Kami pun memiliki orang yang ahli dalam integrasi di API/SDK/PWA, dalam penanganan administrasi & inventaris hadiah, serta tim IT yang berpengalaman dalam pengembangan teknologi dan akun manajemen.
Anda pun bisa memiliki akses ke jaringan Benefit One Marketplace Regional dan semua pertanyaan serta dukungan yang dibutuhkan akan sepenuhnya ditangani oleh pihak kami. Terdapat tiga aplikasi pendukung yang bisa digunakan untuk SaaS adalah CERRA POINTS, SPUR, dan Flexible Solution.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!