Program loyalitas pelanggan memberi penghargaan kepada pelanggan yang berulang kali berinteraksi dengan brand. Ini adalah strategi retensi pelanggan yang mendorong pelanggan untuk terus membeli dari brand Anda daripada pesaing. Semakin banyak pelanggan membeli atau terlibat dengan brand , semakin banyak imbalan yang mereka peroleh.
Bagaimana program loyalitas pelanggan bekerja?
Dengan program loyalitas, perusahaan dapat menawarkan poin atau keuntungan kepada pelanggan. Dan sebagai imbalannya, mereka menukarkan poin dengan diskon, produk gratis, hadiah, atau tunjangan orang dalam. Tujuannya adalah untuk memotivasi pembelian berulang dan membangun kepercayaan antara pelanggan dan bisnis.
Menjalankan program loyalitas pelanggan berarti Anda harus memberikan sesuatu. Baik itu diskon, obral, akses awal, dll. Tetapi hasil dari memiliki program hadiah sangat besar:
Lebih banyak referensi pelanggan.
Jika Anda memiliki program hadiah loyalitas yang bagus, orang mungkin memberi tahu teman dan keluarga mereka tentang hal itu. Lebih banyak rujukan berarti lebih banyak pelanggan.
Retensi pelanggan yang lebih tinggi.
Jika orang menemukan nilai dalam program loyalitas pelanggan Anda, kemungkinan besar mereka akan bertahan lebih lama.
Lebih banyak penjualan.
Ingin nilai pesanan rata-rata yang lebih tinggi? Menurut riset loyalitas baru-baru ini, 49% konsumen setuju bahwa mereka membelanjakan lebih banyak setelah mengikuti program loyalitas.
Advokasi brand.
Program loyalitas yang sukses dapat mengubah pelanggan tetap menjadi pendukung brand . Grup ini membantu bisnis menarik pelanggan baru dari mulut ke mulut, strategi pemasaran yang hemat biaya dibandingkan dengan iklan berbayar.
Tetapi tidak semua program loyalitas sama. Ada berbagai jenis program hadiah yang dapat Anda gunakan untuk membangun loyalitas pelanggan dan mendapatkan pembelian berulang.
Kapan menambahkan program loyalitas untuk bisnis Anda
Setiap bisnis saat ini bersaing untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan ini adalah melalui rasa terima kasih dan memberikan pelanggan pengalaman yang tidak dapat brand a temukan di tempat lain. Daripada menghabiskan waktu Anda mencari pelanggan baru, Anda dapat memulai program loyalitas untuk menumbuhkan hubungan dengan pelanggan Anda yang sudah ada.
Lakukan sesuatu secara berbeda dengan program loyalitas Anda
Selama dekade terakhir, program loyalitas pelanggan dan program penghargaan telah terbukti sebagai cara yang efektif untuk meningkatkan tingkat retensi pelanggan, meningkatkan nilai kehidupan pelanggan, memberikan layanan pelanggan yang baik, dan menginspirasi loyalitas brand . Sementara kartu punch rendah memiliki tempatnya untuk beberapa bisnis, pendekatan yang benar-benar inovatif untuk program loyalitas pelanggan dapat menciptakan nilai besar bagi pengecer.
Bagaimana Anda akan menghargai loyalitas pelanggan dengan program loyalitas Anda sendiri?
“Bangun loyalitas pelanggan sejak hari pertama dengan memastikan bahwa pengalaman pelanggan dipertimbangkan untuk setiap titik sentuh pelanggan. Ini termasuk titik sentuh sebelum, selama, dan setelah pembelian. Bahkan jika Anda tidak membuat program loyalitas sejak awal, Anda selalu dapat memastikan bahwa setiap pelanggan memiliki pengalaman pelanggan yang positif.”