Hampir semua bisnis mengandalkan penjualan untuk menghasilkan pendapatan dan juga meningkatkan brand awareness dari produk dan/atau layanan yang dijualnya. Dalam prakteknya ada istilah sell in & sell out. Keduanya memiliki peranannya masing-masing dalam proses penjualan.
Sell in dan sell out umumnya digunakan oleh bisnis yang bergerak di industri retail atau grosir. Dimana barang pertama berasal dari supplier, lalu dioper ke distributor (sell in), dan kemudian sampai di tangan pengguna terakhir (sell out).
Agar lebih memahami lagi konsep sell in & sell out, mari kita simak penjelasan lengkap yang sudah disiapkan oleh tim Benefit One Indonesia di bawah ini.
BACA JUGA: Panduan Membuat Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan
Pengertian Sell In & Sell Out Adalah
Pada dasarnya, sell in & sell out bukanlah suatu kesatuan istilah. Melainkan dari kata “sell in” dan “sell out”, serta memiliki arti yang berbeda. Mari kita ulas satu per satu.
Pengertian sell ini adalah pembelian barang dari produsen untuk nanti dijual kembali di toko retail atau langsung ke pelanggan. Cara ini memungkinkan pengecer atau pelanggan untuk mendapatkan diskon dari jumlah barang yang dibelinya. Namun sebelumnya, pengecer harus lebih dulu mendapatkan persetujuan dari distributor untuk dijual kembali. Sehingga nantinya, kedua belah pihak bisa menjadi partner bisnis untuk jangka waktu yang panjang.
Sell in juga bisa diartikan sebagai strategi pemasaran dari produsen untuk mendistribusikan produknya ke berbagai toko retail untuk akhirnya bisa dibeli langsung oleh pengguna akhir atau end consumer. Merupakan bentuk penjualan langsung yang ditujukan untuk target audiens tertentu.
Sementara itu, pengertian sell out adalah jumlah produk yang dijual pengecer kepada pengguna akhir. Namun sell out bisa juga diartikan sebagai pembeli kedua. Dimana penjualan yang dilakukan oleh orang lain (di sini toko retail) dan menawarkannya kepada pengguna akhir.
Singkatnya, sell in & sell out ini merupakan perputaran roda bisnis agar terus terjadi penjualan sehingga tidak ada penumpukan stok yang tersimpan. Kedua proses ini sama-sama harus menjalin hubungan baik antara satu sama lain agar bisa menjadi mitra bisnis yang awet dan saling menguntungkan.
Strategi Meningkatkan Penjualan Sell In & Sell Out
Seperti yang disebutkan sebelumnya, baik sell in & sell out memiliki peranan penting dalam proses perputaran bisnis. Dimana tujuannya adalah untuk menjual produk ke pengguna akhir. Baik secara langsung maupun melalui distributor. Nah untuk memastikan angka penjual tersebut terus meningkat, ada beberapa strategi yang bisa Anda lakukan. Meliputi:
Membujuk Pengecer untuk Meningkatkan Sell In & Sell Out
Strategi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membujuk pengecer. Hal ini perlu dilakukan oleh setiap distributor. Tujuannya adalah agar pengecer mau membeli dan menjual kembali produk tersebut di toko mereka. Caranya adalah dengan memberikan data terkait margin keuntungan Anda kepada para pengecer. Dengan begitu, mereka akan tertarik untuk menjual kembali produk bisnis Anda.
Berikan Informasi yang Lengkap
Ketika distributor menyerahkan produk ke pihak pengecer, hal yang tidak boleh dilupakan adalah informasi produk. Berikan informasi yang lengkap. Mulai dari label, presentasi produk, panduan pengguna, dan hal lainnya yang bermanfaat untuk penjualan. Sehingga nanti pengecer bisa memberikan edukasi dan informasi yang lengkap kepada pengguna akhir dan mencegah terjadinya kesalahpahaman.
Melakukan Sell in & Sell Out dengan Penjualan Langsung
Perlu diingat bahwa, customer experience itu sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Jika Anda memberikan pengalaman yang baik, maka besar kemungkinan pelanggan akan kembali lagi ke bisnis Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan penjualan langsung. Dimana Anda bisa mempersuasi dan berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Di sini, Anda juga bisa memberikan edukasi secara langsung terkait produk yang ditawarkan, memberikan sample gratis, informasi produk atau toko, dan lainnya.
Memberlakukan Program Loyalitas Pada Penjualan Sell In & Sell Out
Anda juga bisa memberlakukan program loyalitas untuk meningkatkan penjualan sell in & sell out. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Seperti meningkatkan loyalitas pihak pengecer, mendorong terjadinya pembelian berulang, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan engagement. Ketika hubungan kedua belah pihak sudah berjalan dengan lancar, maka besar kemungkinan akan menjadi mitra bisnis untuk jangka waktu yang lama.
Menurunkan Persediaan Barang
Strategi ini boleh dan bisa Anda lakukan jika tingkat penjualan mengalami penurunan. Meskipun Anda mengurangi persediaan, angka penjualan bisa meningkat hingga 71%. Sebab, ada pengurangan biaya penyimpanan stok dan disaat bersamaan Anda bisa tetap memenuhi permintaan pelanggan.
Berikan Pelayanan Pelanggan Terbaik
Satu lagi strategi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan pelayanan pelanggan terbaik. Hal ini penting untuk meningkatkan penjualan sell in & sell out bisnis Anda. Mulai dari cepat tanggap dalam menjawab pertanyaan dan memberikan solusinya, mempermudah proses retur barang, hingga memberikan pengalaman positif.
BACA JUGA: 9 Strategi Direct Selling Yang Bisa Menguntungkan Bisnis
Meningkatkan Penjualan Sell In & Sell Out Bersama Benefit One Indonesia
Sebelumnya disebutkan bahwa program loyalitas pelanggan bisa meningkatkan penjualan sell in & sell out bisnis Anda. Selain meningkatkan penjualan, hal ini juga memungkinkan kedua belah pihak menjadi mitra bisnis yang awet dan saling menguntungkan untuk jangka waktu yang lama.
Faktanya, Anda tidak perlu susah-susah mencari provider atau pihak ketiga yang bisa memberikan solusi untuk strategi tersebut. Anda hanya perlu mempercayakannya kepada Benefit One Indonesia. Dengan berbagai pilihan jenis reward dan program yang ada, memungkinkan Anda untuk bisa lebih santai dan fokus pada pengembangan bisnis.
Benefit One Indonesia hadir sebagai Solusi Digital Loyalty Terlengkap untuk bisnis Anda. Kami hadir untuk membantu Anda membangun loyalitas pelanggan, mendorong tim penjualan, meningkatkan kedekatan dengan karyawan dan pelanggan, hingga memberikan solusi dan pilihan hadiah yang beragam.
Kami sudah berpengalaman sejak 2014 dan sudah dipercaya oleh lebih dari ratusan perusahaan besar di seluruh dunia. Kami menawarkan solusi pintar untuk menjaga koneksi atau kerjasama Anda dengan mitra bisnis.Cari sistem reward digital? Dapatkan loyalitas dan penghargaan tanpa batas dengan menggunakan aplikasi kami. Tunggu apa lagi? Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami sekarang!