6 Jenis Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Hadiah gamifikasi

Hadiah gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan merupakan taktik brilian yang dapat digunakan untuk mempertahankan pelanggan dan menarik yang baru. Selain itu, gamification juga merupakan jenis loyalitas yang bisa ditujukan untuk semua target audiens berbagai umur.

Dapat dikatakan jika hampir semua orang menyukai permainan. Jika Anda ingin terus membangun bisnis dengan pelanggan dan meningkatkan pendapatan, maka Anda harus bisa memahami jenis hadiah apa yang paling diinginkan oleh pelanggan. Tidak perlu khawatir, sebab kami akan merangkum beberapa jenis hadiah gamifikasi yang bisa Anda berikan.

BACA JUGA: 5 Tips untuk Memilih Referral Incentive yang Sempurna

Apa yang Dimaksud dengan Gamifikasi dalam Program Loyalitas?

Gamifikasi dalam program loyalitas merupakan sebuah strategi pemasaran yang mengintegrasikan desain game canggih dalam kerangka loyalitas konvensional. Taktik ini melibatkan pembeli yang nantinya akan digunakan untuk meningkatkan pengalaman belanja, dan menumbuhkan kesetiaan yang mendalam terhadap sebuah merek.

Program khusus ini memanfaatkan prinsip dari sebuah game terkait mekanisme, estetika, dan cara mainnya. Gamifikasi disebar dalam lingkungan non-game. Dalam hal ini program loyalitas. Bertujuan untuk mengubah akumulasi loyalitas konvensional dan proses pencapaian pelanggan menjadi pengalaman yang imersif, interaktif, dan menawan.

Seberapa Penting Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas?

Mari kita bayangkan dan pikirkan sejenak. Bayangkan jika setiap kali Anda berbelanja atau menggunakan sebuah layanan dari brand tertentu, maka Anda menjadi bagian dari sebuah permainan game. Dengan setiap pembelian yang dilakukan, Anda akan mendapatkan lebih dari sekedar poin loyalitas.

Anda dapat membuka level baru, mendapatkan lencana untuk setiap pencapaian, atau sekedar menyelesaikan kuis-kuis seru. Pengalaman seperti inilah yang merupakan esensi dari gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan. Dimana transaksi rutin diubah menjadi sebuah pengalaman menarik dan bermanfaat untuk pelanggan dan/atau anggotanya.

Akan tetapi, faktanya seringkali perusahaan gagal dalam memberikan hadiah yang tepat untuk pelanggannya. Tidak hanya jenisnya saja, tetapi juga cara penyampaian informasinya. Padahal, insentif merupakan salah satu senjata utama yang bisa membuat pelanggan kembali lagi atau sekedar melakukan suatu tindakan tertentu.

Berikut beberapa manfaat yang akan Anda lewatkan jika tidak memaksimalkan hadiah gamifikasi dalam program loyalitas, yaitu:

  • Meningkatkan keterlibatan pelanggan
  • Meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan
  • Pengalaman pelanggan menjadi jauh lebih baik
  • Pengumpulan data untuk keperluan personalisasi
  • Memberikan motivasi melalui hadiah dan penghargaan
  • Diferensiasi merek semakin meningkat
  • Meningkatkan penjualan secara langsung dan tidak langsung
  • Bukti sosial dan pembangunan komunitas pelanggan
  • Efektivitas biaya
  • Umpan balik dari pelanggan yang cepat
Hadiah gamifikasi

Jenis Hadiah Gamifikasi Dalam Program Loyalitas Pelanggan

Hadiah memainkan peranan penting dalam keseluruhan proses gamifikasi. Sama seperti ketika Anda bermain sebuah game, jika Anda menang pada satu level maka akan ada rewards yang diberikan. Dan itulah mengapa Anda perlu mengetahui jenis-jenis hadiah gamifikasi dalam program loyalitas pelanggan. Di antaranya adalah:

Fix Action Rewards

Imbalan untuk tindakan dasar yang tetap dapat menciptakan peta buta yang transparan bagi anggota. Mereka akan tahu tindakan apa yang perlu dilakukan untuk bisa mendapatkan hadiah menarik. Persentase keberhasilan imbalan hadiah dengan cara ini sangat tinggi karena ada tiga faktor pendukung. Yaitu:

  • Kejelasan: imbalan hadiah yang jelas setiap kali melakukan tindakan tetap. Misalnya adanya imbalan setiap kali pengguna melakukan daily log in
  • Kemajuan yang terukur: setiap orang dapat melacak kemajuan mereka dan akan tetap termotivasi. Contohnya dengan menampilkan leaderboards yang berisi setiap nama pengguna yang berpartisipasi. Dari yang paling tinggi hingga yang terendah
  • Motivasi bertarget: menyelaraskan imbalan dengan tujuan utama perusahaan, mendorong perilaku ke arah kesuksesan bisnis secara keseluruhan. Seperti membuat lencana peringkat, memberikan tantangan atau misi kepada pengguna, hingga insentif yang selaras dengan budaya dan tujuan perusahaan

Hadiah Dadakan

Hadiah dadakan adalah jenis hadiah yang tidak diharapkan oleh pengguna atau pelanggan sama sekali. Bahkan tidak ada pemicu atau pemberitahuan terlebih dulu. Hadiah ini diberikan secara tiba-tiba. Hal yang membuatnya sangat efektif adalah karena setiap orang menyukai kejutan. Sehingga dapat menarik dan memotivasi pengguna untuk melakukan pembelian dan interaksi dengan merek. Bahkan mereka juga dapat berkontribusi pada pembangunan loyalitas pelanggan.

Hadiah Acak

Jenis hadiah gamifikasi selanjutnya adalah hadiah acak yang diberikan setelah pengguna menyelesaikan tindakan yang diminta. Menariknya, mereka tidak mengetahui atau menyadari bahwa yang diberikan adalah hadiah. Tujuannya adalah untuk memberikan “bumbu” untuk meningkatkan kegembiraan dan kesenangan pelanggan. Hal ini dapat mendorong mereka untuk lebih terlibat dengan brand karena ada unsur kejutannya. Maka dari itu, mereka akan terus bersaing untuk mendapatkan hadiah acak ini.

Price Pacing

Price pacing dapat diberikan jika merek tidak harus memberikan hadiah pada semua orang. Sebaliknya, jenis hadiah gamifikasi ini hanya diberikan kepada orang-orang yang sudah mengumpulkan semua misi. Misalnya misi mengumpulkan stiker atau pembelian satu set koleksi produk tertentu. Tujuan utamanya adalah untuk mendistribusikan hadiah secara teratur tetapi dalam dosis yang lebih kecil.

Hadiah Referensi

Pengguna atau pelanggan baru bisa mendapatkan hadiah referensi ini jika mereka berhasil mengajak satu orang untuk melakukan pembelian. Hadiah ini akan diakumulasi sesuai jumlah orang yang memakai link unik dan berhasil melakukan tindakan tersebut. Fokus utama dari jenis hadiah ini adalah untuk meningkatkan promosi dari mulut ke mulut yang akan meningkatkan keterlibatan pengguna dan bisnis. Di sisi lain, taktik ini dapat meningkatkan pengenalan merek dan membangun loyalitas pelanggan.

Hadiah Bergulir

Satu lagi jenis hadiah gamifikasi yang dapat diberikan adalah hadiah bergulir. Dimana hadiah ini akan diberikan kepada pelanggan atau pengguna yang sudah menyelesaikan tindakan tertentu. Contohnya seperti kontes giveaway, rolling spin, atau kupon undian berhadiah. Sistem ini membuat pelanggan akan melakukan pembelian secara terus menerus sampai mereka menang.

Misalnya satu kupon undian berhadiah baru dapat diberikan kepada pelanggan yang belanja dengan nominal tertentu. Maka pelanggan akan belanja sesuai aturan tersebut untuk mendapatkan kuponnya. Semakin banyak kupon yang dikumpulkan, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan hadiah besarnya.

BACA JUGA: Membuka Hadiah Terbaik Program Loyalitas Anda

Percayakan Hadiah Gamifikasi Anda Bersama Benefit One Indonesia

Imbalan atau hadiah gamifikasi adalah pendekatan sederhana yang mudah dilakukan untuk meningkatkan loyalitas dan keterlibatan sambil mempromosikan merek Anda. Nah, sebagai one stop solution, Benefit One Indonesia siap membantu Anda untuk memilih hadiah terbaik yang akan diberikan kepada pelanggan setia.

Keunggulan bekerja sama dengan Benefit One Indonesia adalah Anda dapat memilih jenis hadiah yang diinginkan. Ada hadiah fisik dan digital, lengkap dengan berbagai pilihan. Selain hadiah, tim Benefit One Indonesia juga akan memberikan wawasan terkait perilaku pelanggan dan memberikan laporan inovatif yang dapat digunakan untuk mengembangkan dan memajukan bisnis Anda.Penasaran? Jadwalkan demo dengan tim marketing kami di sini atau hubungi kami di WhatsApp untuk mencari tahu lebih lanjut bagaimana one stop solution dari Benefit One Indonesia dapat membantu bisnis Anda.