Budaya pengakuan dan penghargaan karyawan di perusahaan memanglah penting dan utama. Tapi, pernahkah Anda memberikan program pengakuan eksternal karyawan? Hal ini berangkat dari banyaknya karyawan yang berinteraksi dan bekerja sama dengan pihak eksternal, seperti pelanggan dan klien contohnya.
Mungkin Anda memberikan penghargaan dan pengakuan berdasarkan kerja keras mereka. Akan tetapi, pihak eksternal inilah yang memberikan penilaian secara langsung terkait kinerja mereka. Misalnya saat melayani pelanggan atau sedang melakukan meeting dengan klien. Pengakuan eksternal ini juga menciptakan proses yang mudah digunakan bagi pihak ketiga untuk mengenali karyawan Anda.
Bagaimana cara kerjanya? Untuk siapa pengakuan eksternal karyawan ini diberikan? Mari kita bahas bersama di bawah ini.
BACA JUGA: Menyesuaikan Apresiasi Karyawan dengan Dinamika Industri Saat ini
Bagaimana Cara Kerja Pengakuan Eksternal Karyawan ini?
Pada dasarnya, penghargaan dan pengakuan karyawan diberikan oleh perusahaan terhadap pekerjanya yang sudah membuktikan kerja kerasnya. Artinya, program ini bekerja secara internal dan hanya di lingkup perusahaan saja. Disaat yang bersamaan pun program ini menciptakan budaya penghargaan dan lingkungan kerja yang positif.
Namun pernahkah terpikir oleh Anda bahwa, pihak lain yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan lingkup perusahaan bisa memberikan pengakuan kepada karyawan Anda? Terutama bagi Anda yang memiliki perusahaan di sektor industri jasa. Dimana setiap harinya karyawan akan berhubungan langsung dengan pelanggan atau klien dan berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik.
Tentu Anda memberikan penilaian berdasarkan pencapaian mereka. Akan tetapi, para pelanggan dan klien ini juga berhak untuk menilai dan mengakui kerja keras karyawan Anda. Oleh karena itu ada program pengakuan eksternal karyawan dimana orang di luar lingkup perusahaan dapat memberikan penilain dan menghargai kerja mereka.
Contoh sederhananya adalah ketika Anda pergi ke bank untuk menabung, maka Anda akan bertemu seorang teller. Biasanya, setelah pelayanan pelanggan selesai dilakukan, teller tersebut meminta Anda untuk memasukkan penilaian ke dalam kotak nilai. Hal inilah yang merupakan salah satu bentuk pengakuan eksternal karyawan.
Di sisi lain, pengakuan eksternal karyawan juga dapat memberi pandangan tentang bagaimana perilaku dihargai serta bagaimana budaya pengakuan dan penghargaan ini terbentuk. Pendekatan ini juga untuk membuat Anda dapat mengenali setiap kontribusi yang diberikan oleh karyawan terhadap pihak eksternal.
Manfaat Pengakuan Eksternal Karyawan
Bagi industri dan perusahaan yang memiliki karyawan di garis terdepan, bekerja secara offline, dan tidak memiliki meja, membangun budaya penghargaan selalu menjadi hal yang sulit. Dan ucapan apresiasi yang mereka dapatkan adalah terima kasih, dari pelanggan dan/atau klien.
Inilah beberapa manfaat yang bisa dirasakan ketika Anda melakukan program pengakuan eksternal karyawan. Yaitu:
- Meningkatkan moral, keterlibatan, dan retensi karyawan dengan menunjukkan kepada mereka bahwa kontribusi yang diberikan sudah diperhatikan dan dihargai
- Memungkinkan Anda untuk mengumpulkan, mengatur, dan memberikan penghargaan untuk karyawan yang mungkin tidak termasuk dalam program penghargaan karyawan yang berada di lingkup perusahaan
- Memperkuat hubungan dengan pelanggan dan/atau klien karena melibatkan mereka dalam proses pemberian penghargaan
- Membantu menciptakan budaya dan lingkungan kerja yang sehat karena turut memperhatikan kesehatan mental para karyawan
- Meningkatkan hubungan dengan pemangku kepentingan dengan menunjukkan bahwa perusahaan Anda menghargai umpan balik dari pelanggan
Contoh Bentuk Pengakuan Eksternal Karyawan
Pada prakteknya, pengakuan eksternal karyawan ini dapat dilakukan oleh setiap industri atau perusahaan yang berurusan langsung dengan pelanggan atau klien. Misalnya, industri jasa, industri retail, industri kesehatan, dan lainnya. Berikut beberapa contoh bentuk pengakuan yang bisa Anda buat untuk membantu pihak eksternal memberikan penilaian. Di antaranya:
Pengakuan Eksternal Karyawan di Industri Kesehatan
Buatlah kode QR yang mengarah ke halaman penilaian karyawan, lalu tempelkan atau pasang di tempat yang strategis. Setelah pasien atau pelanggan menyelesaikan urusannya, mintalah mereka untuk memindai kode QR tersebut lalu memberikan penilaian untuk suster dan/atau dokter yang melayaninya. Minta mereka untuk mencantumkan nama karyawan Anda agar proses penilaian menjadi mudah. Pasien atau pelanggan pun dapat mengucapkan terima kasih melalui halaman tersebut.
Karyawan di Industri Retail
Bisnis industri retail umumnya adalah toko kelontong. Karyawan ditugaskan untuk melayani dan membantu segala kebutuhan dan keperluan pelanggan. Ketika ada karyawan yang dengan senang hati membantu pelanggan saat dirinya sedang sibuk mengerjakan sesuatu, maka Anda bisa langsung menarik karyawan tersebut dan memberikan bentuk penghargaan dan pengakuan saat itu juga. Selanjutnya, Anda juga bisa memberikan hadiah atau bentuk insentif lainnya di akhir hari atau di akhir bulan saat pembagian gaji.
Pengakuan untuk Karyawan di Industri Jasa
Ada banyak industri jasa yang tersebar di penjuru kota. Salah satunya adalah sektor kuliner. Dalam bisnis ini, karyawan bertindak sebagai pramusaji untuk melayani pelanggannya. Anda bisa menempatkan kotak penilaian terkait pelayanan pelanggan yang diberikan. Indikator penilaiannya dari sangat puas, puas, biasa saja, tidak puas, dan sangat tidak puas. Berikan satu token kepada pelanggan dan minta mereka untuk memasukkannya ke dalam kotak penilaian secara jujur.
BACA JUGA: Kekuatan Gamifikasi Dalam Pelatihan Karyawan. Apa Saja?
Berikan Hadiah yang Sesuai untuk Karyawan Anda Bersama Benefit One Indonesia
Karyawan merupakan perpanjangan tangan perusahaan dengan pelanggan. Oleh karena itu, Anda harus memberikan hadiah atau imbalan yang layak, yang sesuai dengan kontribusi dan dedikasi mereka selama ini. Untuk mewujudkan hal tersebut, tentunya Anda perlu bekerja sama dengan mitra loyalitas agar tidak perlu repot memikirkan imbalan apa yang sesuai.
Dengan melakukan kerjasama, karyawan akan mendapatkan imbalan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Anda pun bisa memilih imbalan atau hadiah apa yang akan diberikan. Bersama Benefit One Indonesia sebagai one stop solution untuk masalah loyalitas, Anda bisa memilih antara hadiah digital atau hadiah fisik yang akan diberikan kepada karyawan loyal yang sudah berkontribusi.
Tidak hanya menyediakan banyak pilihan hadiah, tim Benefit One Indonesia juga akan memberikan wawasan terkait pelanggan dan karyawan yang dibutuhkan untuk kemajuan dan perkembangan perusahaan. Tim kami sudah didukung dengan teknologi terkini yang canggih dan modern, dan bisa langsung terhubung dengan sistem manajemen bisnis perusahaan Anda.Tertarik untuk mencobanya? Silakan hubungi kami melalui WhatsApp atau klik di sini untuk menjadwalkan demo dengan tim marketing kami. Cari tahu bagaimana kami bisa membantu bisnis Anda untuk maju dan lebih berkembang.